19 Aktivitas Wisata di Bangkok yang GRATIS dan Seru

Artikel ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini. Read here for the English version.

Ingin traveling ke Thailand tetapi saldo tabungan lumayan cekak? Tenang, ada beragam aktivitas wisata di Bangkok yang gratis tapi tetap menyenangkan. Berikut daftarnya.

1. Menonton pertandingan Muay Thai yang seru abis di MBK Shopping Centre

Image credit: @dirtcheapwithchasbruns

Setiap Rabu malam, MBK Shopping Center menjadi tuan rumah bagi MBK Fight Night, tempat para ‘pejuang’ Muay Thai lokal dan internasional bertarung dalam serangkaian pertandingan. Acara ini diadakan di ring tinju terbuka yang terletak di depan pusat perbelanjaan, sehingga siapa saja bisa menyaksikan dan ikut bersorak-sorai. Dengan host yang berkomentar dengan penuh semangat, ring girls yang menawan, dan lampu yang terang-benderang, pertarungan ini tetap terasa nyata meskipun tidak dipungut biaya untuk menontonnya. Jadi, pastikan MBK Fight Night harus ada di dalam daftarmu, ya!

Stasiun Terdekat: National Stadium BTS Station.

2. Menantang Rasa Takut dengan Mengunjungi Sathorn Unique Ghost Tower

Image credit: @bauzeitgeist

Sedang mencari sedikit sensasi untuk liburanmu? Aktivitas wisata di Bangkok yang gratis berikutnya adalah mengunjungi Sathorn Unique Ghost Tower, sebuah gedung pencakar langit yang sudah lama ditinggalkan oleh penghuni dan bahkan pemiliknya. Konon tanah tempat bangunan ini berdiri adalah bekas kuburan, dan seorang turis Swedia yang melakukan bunuh diri pada tahun 2014 menghantui gedung ini. Sayangnya, untuk bisa memasuki Sathorn Unique Ghost Tower saat ini, dibutuhkan ‘izin khusus’ dari para penjaga. Mungkin ada baiknya kamu melihat-lihat gedung ini dari jarak yang aman. Tidak mau kan, ‘diikuti’ hantu Thailand selama liburan?

Stasiun Terdekat: Saphan Taksin BTS Station.

3. Berdekatan dengan Alam di Lumpini Park

Image credit: @soymarkoni (kiri) dan @the_rooftopguide (kanan)

Dinamai seperti tempat kelahiran Buddha di Nepal, Lumpini Park adalah salah satu taman terbesar di Bangkok. Sebagai tempat aktivitas wisata di Bangkok yang gratis dan sempurna, kamu bisa kabur dari keramaian dan hiruk pikuk kota di sini. Ditambah dengan pepohonan dan bunga-bunga tropis, mata dan pikiran pun jadi sejuk, deh. Berjalan-jalan santai; sekadar duduk-duduk menikmati sore bersama warga lokal; atau jika kamu ingin lebih aktif, ikuti sesi aerobik pada petang hari – gratis!

Stasiun Terdekat: Sala Daeng BTS Station / Silom or Lumphini MRT Station.

4. Menyapa Buaya di Wat Chakrawat

Image credit: @viengtravel (kiri) dan @dutchbangkokian (kanan)

Mumpung sedang berada di Chinatown, kamu bisa mampir ke Wat Chakrawat untuk melihat buaya hidup. Praktik mengadopsi reptil ini dimulai ketika para biku menemukan satu ekor buaya di Sungai Chao Phraya, tepat di samping kuil. Sekarang ada tiga buaya yang dipelihara – meski kamu tetap harus berhati-hati saat ‘menonton’ makhluk ganas ini.

Cara Menuju Lokasi: Naik perahu ke Ratchawong Pier, berjalan menyusuri Ratchawong Road dan belok kiri di gang kecil pertama, lalu masuk kuil dari pintu selatan.

5. Bergaul dengan Turis Lainnya di Khao San Road

Image credit: @hantmf (kiri) dan @lizagracee (kanan)

Mendengar nama Khao San Road, yang terlintas di benakmu pasti ‘pesta’ dan ‘backpacker’. Ya, daerah ini merupakan pusat kesenangan bagi traveler yang punya anggaran terbatas – dari mulai akomodasi, tempat pijat, agen perjalanan, sampai restoran atau bar, hampir semuanya tersedia dengan harga yang cukup terjangkau. Di sini kamu bisa bertemu dan seru-seruan dengan turis dari berbagai negara, aktivitas wajib di Bangkok!

Stasiun Terdekat: Siam, National Stadium atau Ratchathewi BTS Station. Dari sana, taksi adalah pilihan paling praktis, karena tidak ada koneksi Skytrain langsung ke Khao San Road. Pastikan taksimu menggunakan meter untuk menghindari penipuan harga.

6. Merasakan Sensasi Berdekatan dengan Kereta Lewat di Maeklong Railway Market

Image credit: @miraclewindow

Keunikan dari Maeklong Railway Market adalah, para pedagang memajang barang dagangan di sepanjang rel kereta api. Ketika hendak lewat, kereta akan membunyikan bel peringatan sehingga para penjual dan pembeli punya waktu untuk menepi. Selepas kereta berlalu, produk-produk kembali digelar dan bisnis akan berjalan seperti sedia kala. Tentu saja hal ini akan membuat kamu lumayan deg-degan menanti jadwal kereta berikutnya, dan ingat untuk jaga jarak yang aman. Utamakan keselamatan daripada sebuah post di Instagram!

Stasiun Terdekat: Victory Monument BTS Station, Exit 4, lalu melanjutkan perjalanan dengan naik minivan dari bawah jalan tol selama dua jam.

7. Ikut Melayang di Bangkok Butterfly Garden and Insectarium

Image credit: @meganrubyjoy (kiri) dan @phiroon_j (kanan)

Bagi kamu yang lebih suka berinteraksi dengan fauna eksotis, luangkan waktu untuk mampir di Bangkok Butterfly Garden and Insectarium. Sebuah kubah kaca yang megah menjadi rumah bagi puluhan spesies kupu-kupu dan serangga, yang juga dihiasi oleh tanaman dan bunga-bunga yang unik. Kamu bisa berpiknik atau menyewa sepeda untuk mengelilingi habitat kupu-kupu ini. Kamu juga akan menambah pengetahuan di ruangan khusus yang menampilkan segala macam informasi tentang kehidupan serangga. Liburan bikin semakin pintar? Boleh juga!

Stasiun Terdekat: Mo Chit BTS Station / Chatuchak Park MRT Station.

8. Berjalan-jalan di Sekitar Chatuchak Weekend Market

Image credit: @jan007__

Memang aktivitas wisata satu ini membutuhkan uang, tetapi berbelanja di Chatuchak Weekend Market adalah sesuatu yang sulit untuk dilewatkan karena ada lebih dari 15,000 toko yang menjual berbagai macam barang. Namun begitu, harga produk-produk di sini tergolong sangat murah sehingga tidak akan bikin kantong bolong. Tidak hobi berbelanja pun tidak masalah, kamu tetap bisa menikmati pemandangan warga lokal dan wisatawan asing yang berinteraksi dengan penuh semangat. Kamu juga bisa mencoba bejibun street food khas Thailand yang sedap. Jika kamu bepergian dengan teman-temanmu, ingat untuk memastikan titik pertemuan karena sangat mudah tersesat di sini!

Stasiun Terdekat: Mo Chit BTS Station, Exit 1 atau 3 / Chatuchak Park MRT Station, Exit 1 atau Kamphaeng Phet MRT Station, Exit 1.

9. Dapatkan Kedamaian Batin di Wat Mahathat

Image credit: @custoddy_21

Ingin reconnect dengan jiwa melalui meditasi? Tidak ada tempat yang lebih baik daripada Wat Mahathat, salah satu kuil tertua di Bangkok. Ada sesi berbahasa Inggris yang diadakan setiap hari dan terbuka untuk para pengunjung, gratis! Cek jadwal kelas ‘Vipassana’ yang populer, dan perhatikan bagaimana masalah hidupmu perlahan memudar.

Cara Menuju Lokasi: Naik perahu ke Tha Chang Pier, lalu berjalan ke arah Mahathat Road.

10. Mampir untuk Menghirup Wangi Bunga di Pak Khlong Talat

Image credit: @amandixx

Ingin memberikan kejutan untuk travel partner dengan sesuatu yang indah tetapi bisa dibeli dengan harga terjangkau? Pasar Bunga Pak Khlong Talat buka 24 jam, tetapi waktu paling pas untuk mampir adalah pagi-pagi sekali sebelum matahari terbit – saat para penjual sedang memperbarui stok mereka. Mawar, anggrek, lili, dan berbagai bunga impor seperti tulip, bisa kamu temukan di sini. Benar-benar aktivitas mengawali hari yang meningkatkan mood!

Cara Menuju Lokasi: Naik perahu ke Saphan Phut Pier (Memorial Bridge), keluar dari dermaga belok kiri.

11. Mendaki Tangga hingga ke Puncak Wat Saket dan Menikmati Pemandangan 

Image credit: @craigschuler

Wajar jika Wat Saket dijuluki ‘Gunung Emas’, karena ‘chedi’ berwarna keemasan di atap kuil biasanya menjadi hal pertama yang akan dilihat pengunjung. Untuk tiba di puncak, kamu harus menaiki 300-an anak tangga yang mengitari kuil tersebut. Worthy banget, karena di atas kamu bisa melihat panorama kota Bangkok yang indah. Ingin melihat Wat Saket pada waktu yang lebih semarak? Datanglah pada bulan November, ada pameran kuil selama Loy Krathong. Tetap waspada ya, tempat ini dijamin penuh sesak pada waktu-waktu ini!

Cara Menuju Lokasi: Naik kapal ke Maharaj Pier, lalu melanjutkan perjalanan dengan taksi.

12. Mengetahui Sejarah di Balik Ayunan Raksasa di Wat Suthat

Image credit: @faygirlicious

Sorotan utama Wat Suthat bukan (hanya) desain interiornya yang megah atau pahatan batu Cina yang rumit. Bangunan ini terkenal karena adanya ayunan raksasa merah yang berdiri megah di pintu masuk kuil. Dengan tinggi 21,15 meter, ayunan ini dulunya digunakan dalam sebuah perayaan, dimana para pria muda akan memanjat untuk mengambil sekantong koin perak dengan gigi mereka. Setelah banyak kasus cedera parah dan bahkan kematian, kegiatan tersebut dihentikan pada tahun 1932. Sekadar mampir dan melihat-lihat, mengapa tidak?

Cara Menuju Lokasi: Naik kapal ke Tha Chang Pier, lalu melanjutkan perjalanan dengan taksi.

13. Menumbuhkan Kreativitas di Bangkok Art and Culture Centre

Image credit: @eileenkeem_ (kiri) dan @around.the.atlas (kanan)

Kalau kamu ingin sesuatu yang lebih modern, maka Bangkok Art and Culture Centre adalah tempat yang tepat! Menampilkan berbagai pameran dan galeri dari seniman lokal dan internasional, kamu yang pecinta seni mungkin akan merasa ‘seperti di rumah’. Ada juga beberapa kafe dan toko kecil yang manis di gedung ini. Cocok banget buat kamu yang ingin slow down dari ritme kota Bangkok yang cepat.

Stasiun Terdekat: National Stadium BTS Station, Exit 3.

14. Menyaksikan Tarian Tradisional Thailand di Kuil Erawan

Image credit: @hirokichiii (kiri) dan @altaiworldphotography (kanan)

Kuil Erawan awalnya didirikan pada pertengahan 1950 untuk menenangkan para roh yang dianggap mengganggu pembangunan Hotel Erawan (sekarang Grand Hyatt) yang mewah. Sekarang, bangunan kecil ini berfungsi sebagai tempat pemujaan bagi dewa Brahma, Phra Phrom. Warga lokal memiliki kepercayaan, jika meletakkan persembahan di sini, keinginan mereka akan terkabul. Wisatawan pun berbondong-bondong mengikuti. Maka dari itu, pada waktu-waktu tertentu diselenggarakan tari tradisional Thailand untuk menghibur pengunjung. Ini dia aktivitas wisata di Thailand yang gratis tapi tetap memberikan pengalaman unik!

Stasiun Terdekat: Chit Lom BTS Station.

15. Menyelami Kehidupan Malam di Patpong

Image credit: @momotaro_world

Kawasan Patpong memang merupakan ‘distrik lampu merah’. Namun begitu, pasar dengan barang branded ‘imitasi’ serta kafe-kafe yang buka hingga tengah malam, menjadi sebuah tontonan yang menarik. Sepertinya, tujuan wisata yang satu ini cuma untuk kamu yang pemberani (dan sebaiknya ke sini beramai-ramai).

Stasiun Terdekat: Sala Daeng BTS Station / Silom MRT Station.

16. Berjalan-jalan Menyusuri Tepi Sungai di Asiatique Night Market

Image credit: @park_gh77

Berbelanja barang-barang yang unik, menyaksikan pertunjukan boneka Thailand (dan kabaret), bersantap malam, atau sekadar berjalan-jalan – Asiatique tempatnya! Pasar malam di tepi sungai Chao Praya ini memadukan arsitektur Eropa dan budaya Asia, pas untuk kamu yang sedang mencari bahan untuk post Instagram. Tentu saja, pengalaman naik kapal juga merupakan aktivitas wisata di Bangkok yang gratis dan tidak boleh dilewatkan.

Cara Menuju Lokasi: Naik BTS sampai Saphan Taksin BTS Station, lalu naik ferry shuttle gratis.

17. Menonton Pertunjukan Shadow Puppet di Khlong Bang Luang Artist Village

Image credit: @willis380225

Khlong Bang Luang Artist Village terdiri dari komunitas seniman dan pecinta seni yang berkomitmen untuk mempromosikan tempat ini sebagai pusat budaya. Awali penjelajahanmu dengan mengunjungi kafe dan arena pertunjukan di tengah-tengah kawasan, Baan Sinlapin atau Artist’ House. Setiap saat, ada pameran lukisan atau karya seni dari seniman berbagai aliran. Ketika mengunjungi tempat ini, pastikan kamu menyaksikan pertunjukan shadow puppet yang digelar setiap hari kecuali Rabu. Mengenakan kostum hitam legam, para penampil ‘menghidupkan’ wayang boneka untuk menceritakan adegan-adegan dari kisah epik Ramakien. Dengan cerita yang sederhana namun penampilan luar biasa, kamu pasti terkagum-kagum – apalagi saat mereka mulai berakrobat!

Cara Menuju Lokasi: Naik BTS ke Wongwian Yai BTS Station, lalu melanjutkan perjalanan dengan taksi.

18. ‘Berkeliling Dunia’ di Terminal 21

Image credit: @mr.yonn

Belanja lagi? Well, tidak harus, kok! Pusat perbelanjaan 9 lantai ini punya tema unik di setiap lantainya, yang dirancang seperti suasana kota-kota besar di seluruh dunia, antara lain: London, Tokyo, dan San Fransisco. Ini hampir sama dengan kamu melihat-lihat negara lain, ya kan? Selain itu, ada banyak showcase yang bikin kamu terhibur sampai lupa berbelanja. Aktivitas wisata di Bangkok yang gratis dan patut dipertimbangkan, nih.

Stasiun Terdekat: Asok BTS Station / Sukhumvit MRT Station

19. Menikmati Perpaduan Budaya di Chinatown

Image credit: @ibisbangkokhaosan

Sebagaimana terdapat di hampir seluruh dunia, ada juga Chinatown di Bangkok. Kuil, kuliner, dan pemandangan unik yang memadukan budaya Cina dan Thailand bisa kamu temukan di sini. Situs wisata seperti China Gate dan Wat Mangkol Kamalawat (Dragon Lotus Temple) akan membuatmu merasa seperti berada di Cina – dan bukannya di Bangkok!

Cara Menuju Lokasi: Naik perahu ke Ratchawong Pier, lalu berjalan menyusuri Ratchawong Road.

Baca Juga: 22 Itinerary Asia Tenggara Satu Minggu untuk Liburan yang Sempurna

Siapa bilang liburan pasti menguras tabungan? Dengan rekomendasi aktivitas wisata di Bangkok yang gratis di atas, tak perlu khawatir lagi. Jadi, kapan mau berangkat ke Bangkok?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru