Amankah Liburan Ke Hong Kong? Ini Tips Yang Harus Diketahui Untuk Wisata Nyaman

Amankah liburan ke Hong Kong? Pertanyaan itu kerap muncul di berbagai saluran, menyusul aksi protes dan unjuk rasa warga Hong Kong atas RUU Ekstradisi yang digagas pemerintah, yang dinilai akan menghambat kebebasan dalam berdemokrasi.

Ada pun Hong Kong mengalami krisis politik sejak Juni silam. Media massa lokal dan internasional terus mengabarkan kondisi terkini di Hong Kong, yang dalam beberapa pekan terakhir dipenuhi dengan aksi unjuk rasa yang diikuti hingga puluhan, bahkan ratusan ribu warga Hong Kong, yang tidak jarang berakhir dengan bentrokan dengan petugas keamanan.

Melihat situasi politik di Hong Kong, beberapa negara sudah mengeluarkan travel alert untuk warganya. Meski begitu, kondisi ini tidak berarti Hong Kong tidak aman untuk dikunjungi.

Image credit: @veeceecheng

Bagi yang berencana tetap liburan ke Hong Kong, meski dengan situasi politik yang kurang kondusif tersebut, di bawah ini adalah tips yang bisa kamu ikuti untuk wisata yang aman dan nyaman. Ikuti, ya!

1. Pantau terus perkembangan terbaru melalui Badan Pariwisata Hong Kong

Website (bisa diklik di sini) dan sosial media Badan Pariwisata Hong Kong tidak jarang memberikan pengumuman dan informasi kondisi terkini Hong Kong, termasuk di antaranya notifikasi, update serta saran untuk wisatawan terkait destinasi wisata dan pengaturan transportasi publik untuk membantu wisatawan merencanakan liburan ke Hong Kong.

2. Menjauh dari pusat unjuk rasa dan tidak menggunakan kendaraan umum

Pusat konsentrasi massa yang berunjuk rasa kerap terjadi di kawasan publik, seperti jalan raya hingga kawasan wisata Tsim Tsa Tsui, Sheung Wan dan Causeway Bay. Potensi terjadinya kerusuhan juga cukup besar di wilayah ini. Karena itu, sangat penting bagi wisatawan menghindari wilayah-wilayah tersebut.

Penggunaan transportasi umum juga tidak direkomendasikan. Pasalnya beberapa lokasi seperti stasiun kereta, termasuk Stasiun Central, bahkan bandara, kerap menjadi titik berkumpul massa unjuk rasa dan ini bisa mengurangi kenyamanan dan keamanan wisatawan.

3. Menghindari penggunaan pakaian dengaan warna hitam dan putih

Kebetulan, dua warna pakaian tersebut menjadi identitas tersendiri bagi massa pengunjuk rasa. Karena itulah, agar tidak dianggap sebagai bagian dari massa unjuk rasa atau demonstran, hindari penggunaan pakaian berwarna hitam maupun putih.

4. Simpan kontak KJRI Hong Kong

Terlepas dari situasi dan kondisi yang bakal dihadapi selama liburan ke Hong Kong, sangat penting untuk kamu menyimpan nomor kontak KJRI untuk layanan bantuan dan advokasi selama berada di Hong Kong. Nomornya adalah +852 6894 2799 atau +852 6773 0466 atau +852 5294 4184.

5. Unduh aplikasi Safe Travel

Image credit: kemlu.go.id

Kementerian Luar Negeri mengeluarkan aplikasi Safe Travel, yang berfungsi membantu wisatawan dari Indonesia selama liburan ke luar negeri untuk meningkatkan kehati-hatian. Yang menarik dari aplikasi ini adalah adanya Panic Button alias tombol darurat untuk kepentingan darurat. Aplikasi bisa diunduh di sini.

Baca juga: Aktivitas Seru Dan Unik Untuk Traveler Muslim Saat Liburan Akhir Tahun Di Hong Kong

Yang ingin liburan ke Hong Kong, tetap waspada, ya! Atau kamu juga bisa memilih destinasi liburan lain yang lebih kondusif, lho!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru