Angkut Penumpang Covid-19, China Tangguhkan Dua Penerbangan Asal Indonesia

Otoritas penerbangan sipil China (CAAC) memutuskan untuk menangguhkan izin masuk maskapai penerbangan asal Indonesia setelah diketahui mengangkut penumpang yang positif Covid-19.

Dalam keterangan tertulisnya, CAAC menyebutkan setidaknya ada enam penumpang pesawat Sriwijaya Airlines dengan nomor penerbangan SJ-3124 dari Jakarta ke Wuhan pada 6 November menunjukkan hasil positif pada tes usap. Karena alasan tersebut, CAAC menangguhkan penerbangan asal Indonesia tersebut di jalur Jakarta-Hangzhou untuk nomor penerbangan SJ-3184 mulai Senin (23/11), sementara jalur Jakarta-Wuhan dengan nomor penerbangan SJ-3124 dibatalkan, demikian seperti diwartakan Antaranews.

Namun Sriwijaya Air bukan satu-satunya maskapai yang jalur penerbangannya ditangguhkan karena penumpangnya positif Covid-19. Pesawat Air French dengan nomor penerbangan AF-198 dari Paris ke Pudong Shanghai, serta KL-831 dengan jurusan Amsterdam-Hangzhou dan PK-854 (Islamabad-Xian), serta maskapai Eithiopian Airlines dengan nomor penerbangan ET-606 (Addis Ababa-Guangzhou) dan Air China dengan nomor penerbangan CA-722 (Minsk-Zhengzhou) juga ditangguhkan selama sepekan.

Bentuk penangguhan penerbangan dari otoritas penerbangan sipil China tersebut merupakan bentuk sanksi dan kontrol dari pemerintah China atas penanganan Covid-19 yang dilakukan maskapai. Selain memberikan sanksi, CAAC juga memberikan penghargaan berupa penambahan jadwal penerbangan jika tidak ada penumpang positif dalam penerbangan sebelumnya.

Perlu diketahui, untuk bisa terbang ke China, calon penumpang pesawat wajib melakukan tiga kali tes sebelum terbang, masing-masing 72 jam dan 36 jam sebelum keberangkatan, ditambah tes IgM 48 jam sebelum terbang. Jika hasil ketiga tes tersebut menunjukkan negatif, penumpang tersebut akan mendapatkan sertifikat kesehatan.

Setibanya di China, para penumpang juga wajib melakukan tes kembali, yaitu tes usap satu kali di bandara tujuan, dan dua kali tes usap selama masa karantina 14 hari di fasilitas yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Baca juga: Emirates Puncaki Daftar Maskapai Penerbangan Teraman, Bagaimana Dengan Indonesia?

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru