Aplikasi WhatsHalal Mudahkan Traveller Berburu Makanan Halal

Kerap ragu dan bingung memilih makanan yang akan disantap kala plesiran ke luar negeri, terkait dengan halal atau tidaknya kuliner pilihan kamu? Jangan khawatir, mulai sekarang, berbekal aplikasi WhatsHalal, kamu bisa menentukan sajian mana yang boleh disantap dari sudut pandang agama.

Ya, memilih makanan saat bepergian ke luar negeri bisa menjadi masalah tersendiri, terutama bagi mereka yang beragama Islam. Pasalnya, ada standar halal yang harus dipenuhi, baik dalam hal bahan, cara pengolahan hingga teknik memasak dan penyajiannya.

Untungnya, ada aplikasi baru yang akan membantu traveller Muslim untuk membuat keputusan terkait makanan apa yang bisa disantap. Aplikasi yang dimaksud adalah aplikasi WhatsHalal, yang rencananya akan diluncurkan pada akhir April 2019.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi ini?

Aplikasi WhatsHalal rencananya akan diluncurkan di Singapura, Malaysia, Indonesia dan Australia. Aplikasi ini nantinya akan memberikan informasi kepada penggunanya apakah makanan yang akan dikonsumsi halal atau tidak. Pengguna tinggal melakukan pemindaian pada barcode atau daftar bahan.

“Scanner halal” ini nantinya akan mengidentifikasi apakah produk tertentu halal atau tidak, dengan didasarkan pada foto produk, barcode dan daftar bahan dasarnya. Tiga metode identifikasi ini akan dicocokkan dengan data yang terus diupdate di setiap waktu.

Image credit: WhatsHalal

Cara menggunakannya, pengguna bisa melakukan pengambilan gambar pada makanan yang dimaksud, setelahnya kemudian diverifikasi oleh tim WhatsHalal dengan melihat apakah makanan, atau bungkus makanan yang diambil, memiliki sertifikat halal dari MUI-nya Singapura, Malaysia, Australia atau juga Indonesia. Jika ada sertifikat/logo halal, produk tersebut akan secara otomatis akan diklaim halal untuk dikonsumsi.

Jika tidak ada sertifikasi/logo halal pada bungkus, maka bahan makanan akan dianalisa. Pengguna nantinya akan diminta melakukan pemindaian pada bahan makanan produk tersebut melalui aplikasi sebelum kemudian ditentukan apakah produk tersebut halal atau tidak.

Pembuat aplikasi, Azman Ivan Tan dan Salehin Amat Kasim, berharap aplikasi ini bisa menjadi panduan dan membantu traveller muslim menentukan produk yang dikonsumsi halal atau tidak. Namun, keduanya memastikan bahwa aplikasi ini diciptakan tidak untuk mendikte keputusan pengguna.

Baca juga: 22 Aplikasi Smartphone yang Bermanfaat Untuk Setiap Traveller

Siapa di antara kamu yang tertarik menggunakan aplikasi ini saat plesiran ke luar negeri?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru