Australia Buka Perbatasan Untuk Turis Asing Mulai 21 Februari 2022

Australia buka perbatasan dan siap menerima semua traveler, turis dan pebisnis dari luar negeri yang sudah divaksin mulai 21 Februari 2022.

Sebelumnya, pemerintah Australia sudah terlebih dulu membuka perbatasan pada November tahun lalu untuk pelajar internasional dan warga asing dengan keahlian khusus. Namun, setelah sejumlah pertimbangan, perbatasan kini dibuka untuk semua pemegang visa resmi yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19.

Diungkapkan Perdana Menteri Australia Scott Morisson, semua anggota kabinetnya setuju dengan kebijakan pembukaan perbatasan untuk warga negara asing yang sudah menjalani vaksinasi secara lengkap, dan harus bisa menunjukkan bukti telah divaksin.

“Menjalani vaksinasi Covid-19 secara lengkap merupakan persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk Australia,” ungkap Morisson, seperti dikutip Associated Press, Senin (7/2).

Namun demikian, pemerintah Australia belum menjelaskan secara lebih lengkap dan jelas mengenai skema perjalanan yang akan diberlakukan nantinya.

“Apakah nanti skemanya dalam bentuk program yang sudah kami jalankan bersama dengan Selandia Baru atau Singapura (VTL-Vaccinated Travel Lane), dan kemudian dengan Jepang dan Korea Selatan, yang sudah mengizinkan pelajar internasional dan backpacker dan migran dengan keahlian khusus untuk kembali ke Australia, sekarang kami akan memperluas untuk masyarakat internasional yang bisa kembali,” lanjut Morisson.

Ditambahkan oleh Menteri Dalam Negeri Karen Andrews, traveler yang ingin masuk ke Australia namun belum menjalani vaksinasi Covid-19 tetap diizinkan untuk masuk, dengan catatan harus menunjukkan bukti medis yang sudah diverifikasi bahwa yang bersangkutan belum bisa divaksin.

Pemerintah Australia, melalui regulator kesehatan mereka, mengakui vaksin dari Pfizer, AstraZeneca, Moderna dan tujuh vaksin lainnya, termasuk Sinovac dan Sinopharm, untuk digunakan oleh traveler internasional.

Adapun situasi Covid-19 di Australia, termasuk varian Omicron, sudah terkendali, dan bahkan menunjukkan tren penurunan.

Meskipun diumumkan lebih lambat, rencana Australia buka perbatasan terhitung lebih cepat dari Selandia Baru, yang pekan lalu sudah mengumumkan pembukaan perbatasan mereka secara  bertahap mulai 27 Februari 2022 mendatang.

Baca juga: Australia Segera Menerima Traveler Internasional Dengan Vaksin Sinovac

Setelah pintu perbatasan Australia kembali dibuka, apakah kamu mulai membuat rencana untuk melakukan perjalanan ke Negeri Kangguru dalam waktu dekat? Jika iya, ikuti peraturan dan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan di sana, ya!

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru