Badai Dahsyat 28 Desember, Ini Sejumlah Persiapan Yang Bisa Dilakukan

Badai dahsyat 28 Desember menjadi ancaman tersendiri di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, dan juga kawasan lain di sekitarnya. Prediksi dan peringatan dini tersebut diampaikan Peneliti BRIN Erma Yulihastin dalam akun Twitternya.

“Siapapun Anda yang tinggal di Jabodetabek dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022,” demikian cuitan Erma di akun Twitter, Senin (26/12).

Prediksi dan peringatan dini tersebut juga dikuatkan dengan prakiraan dari Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG). Menurut mereka, ada peluang hujan lebat dan angin kencang yang disertai petir dalam beberapa hari ke depan.

Dengan potensi dan kemungkinan yang ditimbulkan, termasuk ancaman banjir dan sebagainya, tidak ada salahnya bila kamu melakukan sejumlah persiapan khusus. Tidak harus ribet, menimbun sembako atau yang lainnya, ada sejumlah langkap simpel yang bisa kamu lakukan menghadapi ancaman badai dahsyat 28 Desember nanti. Mengumpulkan informasi dari sejumlah sumber, TripZilla Indonesia merangkumnya di bawah ini.

1. Amankan kondisi halaman dan simpan barang yang mudah terbang

Angin kuat bisa menerbangkan barang-barang dan melukai orang lain. Untuk meminimalkan kemungkinan tersebut, simpan barang-barang mudah terbang yang ada di halaman dan teras rumah ke ruang penyimpanan yang aman.

2. Bersihkan saluran air untuk menghindari kebuntuan

Sangat penting untuk menjaga saluran air dan drainase rumah kamu tetap bebas dari hal-hal yang bisa membuat terhambatnya aliran air. Jika memungkinkan, bersihkan saluran air, termasuk yang berasal dari atap hingga saluran air utama. Dengan demikian, rumah bisa terhindar dari genangan air.

3. Pangkas ranting pohon yang rawan patah

Kamu bisa memberitahukan dinas kebersihan atau dinas tata kota setempat untuk membantu membersihkan ranting dan dahan pohon yang rawan patah. Hal ini sangat penting untuk meminimalkan insiden yang tidak diinginkan. Apalagi, ranting dan dahan pohon yang tumbang bisa menimbulkan masalah lain yang jauh lebih serius.

Jika kamu memiliki kendaraan seperti mobil atau motor, akan lebih baik menyimpannya di lokasi yang aman. Menempatkannya di bawah pohon bisa menjadi kesalahan fatal yang membuat kamu menyesal.

4. Perbaiki kondisi atap rumah kamu

Jika atap rumah bermasalah, akan lebih baik untuk segera diperbaiki sebelum waktu hujan. Kebocoran pada atap bisa mengakibatkan masalah yang serius di kemudian hari, bahkan kerusakan yang lebih besar pada rumah. Kamu bisa memeriksa apakah ada kebocoran, kondisi atap secara keseluruhan hingga membersihkan saluran air di atap dari tumpukan sampah daun.

5. Memiliki asuransi rumah tinggal menjadi layak dipertimbangkan

Asuransi menjadi hal yang sangat penting dimiliki ketika menghadapi situasi yang tidak pasti seperti sekarang ini. Menghadapi cuaca ekstrim yang sering terjadi di Indonesia, asuransi rumah tinggal maupun properti pun menjadi hal yang vital untuk dimiliki. Jika kamu sudah memilikinya, cek lagi apakah asuransi propertimu bakal mengcover kerusakan yang terjadi karena bencana alam seperti badai dahsyat 28 Desember nanti atau tidak.

6. Buat rencana darurat untuk kemungkinan terburuk

Kita tidak akan pernah tahu apa yang mungkin terjadi ketika terjadi bencana alam dan cuaca ekstrim. Seperti apapun kondisinya, kamu harus memiliki persiapan dan rencana darurat menghadapi situasi terburuk.

Jika badai dahsyat 28 Desember benar terjadi, tidak ada salahnya melakukan persiapan kecil. Beberapa di antaranya mempersiapkan peralatan P3K, memastikan peralatan bertenaga baterai terisi penuh, menyatukan file dan dokumen penting, atau bahkan persiapan mengungsi seperti baju, uang dan bahan makanan yang cukup. Kamu juga harus memastikan semua orang tahu apa yang harus dilakukan.

7. Pastikan mendapatkan sumber informasi yang terpercaya

Untuk kepentingan evakuasi dan informasi, pastikan kamu mengetahui sumber yang terpercaya. Stasiun radio nasional atau satuan tugas kebencanaan bisa menjadi jujukan informasi di saat darurat.

Baca juga: 10 Perlengkapan Yang Akan Menyelamatkan Liburan Kamu Di Musim Hujan

Tujuh tips dan persiapan di atas diharapkan bisa memberikan gambaran mengenai apa yang harus dilakukan di saat krisis. Tetap waspada dan hati-hati, ya!

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru