Bangkok Hingga Pattaya Akan Membuka Perbatasan Mulai 1 Oktober

Thailand terus bergerak untuk membuka pintu perbatasan seluas-luasnya untuk masuknya wisatawan asing. Langkah terbaru yang disiapkan adalah dengan membuka perbatasan masuknya traveler asing ke sejumlah kota besar di Thailand, termasuk di antaranya Bangkok, Chiang Mai, Hua Hin dan Pattaya, untuk traveler yang sudah divaksin mulai 1 Oktober 2021.

Kabar tersebut diumumkan otoritas pariwisata Thailand (TAT) setelah sukses menjalankan program pembukaan perbatasan dengan skema Phuket Sandbox dan Samui Plus dalam beberapa bulan terakhir.

Rencana pembukaan tersebut sedikit mundur dari jadwal awal karena mewabahnya virus Covid-19 varian delta di Thailand. Sebelumnya, TAT berencana membuka Krabi, Chiang Mai dan Pattaya pada 1 September, Bangkok pada 1 Oktober dan sisanya akan menyusul.

Diumumkan pejabat dari Kementeriaan Pariwisata Thailand, yang dilansir The Straits Times, pembukaan sejumlah kota selain yang disebutkan di atas, seperti Chiang Rai, Koh Chang dan Koh Kood, akan dilakukan pada pertengahan bulan dan peningkatan perjalanan wisawatan yang lebih besar lagi akan direncanakan dengan negara-negara tetangga tahun depan.

Pemerintah Thailand memang terus bergerak untuk menghidupkan kembali dunia pariwisata mereka setelah diterpa badai Covid-19 dalam setahun terakhir. Membangkitkan kembali dunia pariwisata menjadi prioritas utama mengingat pendapatan Thailand dari sektor ini di tahun 2019 merupakan seperlima dari produk domestik bruto.

Sejak pemerintah Thailand membuka perbatasan dengan skema Phuket Sandbox, sekitar 26,400 wisatawan asing sudah masuk ke Thailand dan langsung menuju Phuket dengan jumlah pendapatan mencapai 1,6 miliar baht. Namun, jumlah tersebut masih di luar target pemerintah, yang berharap setidaknya ada 100,000 traveler asing masuk ke Thailand sebelum September berakhir.

Data dari Badan Kesehatan Dunia, WHO, menunjukkan bahwa Thailand baru tuntas menjalankan program vaksinasi ke penduduknya sebanyak 7,7 juta warga. Jumlah tersebut hanya mencakup 11% dari total populasi di Thailand.

Baca juga: Warga Negara Indonesia Bisa Masuk Thailand, Tapi Syaratnya Super Ribet!

Dengan Bangkok, Pattaya dan Chiang Mai bakal segera membuka perbatasan untuk masuknya wisatawan asing, tidak ada salahnya kamu mulai bersiap, termasuk di antaranya menjalani vaksinasi Covid-19 secara lengkap untuk bisa bepergian ke Thailand. Tetap jaga protokol kesehatan, ya!

 

Preview image credit: Florian Wehde – Unsplash

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru