Bebas Visa Ke Pulau Jeju Untuk WNI Sementara Waktu Tidak Berlaku

Berencana untuk liburan ke Pulau Jeju, Korea Selatan dalam waktu dekat? Kemungkinan besar kamu akan kesulitan untuk bisa mendapatkan visa, meski ada fasilitas bebas visa ke Pulau Jeju.

Hal ini tidak bisa dilepaskan dari kebijakan baru yang dikeluarkan Kementerian Kehakiman Korea Selatan untuk menangguhkan pemberian fasilitas bebas visa ke Pulau Jeju karena mewabahnya virus corona dalam beberapa pekan terakhir.

Dari situs resmi Korea Visa Application Center (KVAC), Kementerian Kehakiman Korea Selatan mensahkan kebijakan tersebut per tanggal 4 Februari 2020. Kebijakan tersebut berlaku bukan hanya untuk warga negara Indonesia, tapi juga wisatawan dari negara lain.

Salah satu sudut Pulau Jeju | Image credit: Ambir Tolang

“Per tanggal 4 Februari 2020, karena virus Corona, diberlakukan perubahan peraturan oleh Kementerian Kehakiman Korea Selatan. Pulau Jeju tidak memberlakukan bebas visa bagi warga negara asing termasuk Indonesia,” demikian isi pernyataan yang dirilis KVAC.

Namun, tidak disebutkan sampai kapan masa penangguhan pemberian fasilitas bebas visa ke Jeju akan berjalan.

Penangguhan pemberian visa ini menjadi satu dari sekian banyak efek yang ditimbulkan dari merebaknya wabah virus Corona di Wuhan, Tiongkok. Sejumlah penerbangan dari dan menuju ke Tiongkok juga dibatalkan dan ditiadakan untuk sementara waktu. Hal tersebut ikut memberikan imbas pada tingkat kunjungan wisatawan dalam dan ke luar negeri di sejumlah negara, mengingat warga Tiongkok termasuk salah satu wisatawan yang kerap berwisata ke luar negeri.

Baca juga: Yang Perlu Traveler Tahu Mengenai Virus Corona

Menurut kamu, apakah kebijakan ini perlu didukung dan wisatawan asal Indonesia untuk sementara ini menahan diri liburan ke luar negeri demi meminimalkan risiko tertular flu yang disebabkan virus corona?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru