Yang Perlu Traveler Tahu Mengenai Virus Corona

Mewabahnya virus corona menimbulkan kepanikan di seluruh dunia. Bukan tanpa alasan, saat ini dilaporkan lebih dari 4,500 kasus telah dilaporkan terjadi di sejumlah negara, termasuk negara adidaya Amerika Serikat.

Situasi ini juga ditanggapi secara serius oleh sejumlah negara, mulai dari proses screening dan karantina yang ketat di sejumlah “pintu masuk” negara, seperti bandara dan pelabuhan, hingga penetapan travel warning bepergian ke Tiongkok.

Nah, untuk mengetahui seberapa serius masalah ini, setiap traveler wajib tahu apa itu virus corona. Tidak hanya itu saja, traveler juga harus paham risiko yang diambil jika memang memutuskan untuk tetap pergi ke Tiongkok dalam waktu dekat. Di bawah ini adalah semua hal yang harus diketahui mengenai virus corona dan apa pengaruhnya dengan bepergian ke Tiongkok.

Image credit: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Apa itu virus corona?

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menyebut wabah ini sebagai novel coronavirus, yang berarti virus yang sebelumnya belum teridentifikasi. Sumber dari virus tersebut sejauh ini belum jelas, namun pertama kali teridentikfikasi di Wuhan, Tiongkok. Tipe virus ini awalnya datang dari hewan, sebelum akhirnya menyebar dari manusia ke manusia lainnya ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin dekat dengan orang lainnya.

Di mana virus ini muncul atau berkembang?

Mayoritas kasus ini terjadi di Tiongkok. Tercatat lebih dari 4,500 kasus yang dilaporkan terjadi di Tiongkok, dengan lebih dari setengahnya terjadi di Provinsi Hubei. Dengan 106 korban meninggal dunia sejauh ini, semuanya merupakan orang yang berada di Tiongkok.

Namun demikian, penyebaran virus ini sudah mulai meluas. Sejumlah negara di Asia seperti Thailand, Hong Kong, Taiwan, Jepang, Singapura, Korea Selatan, Malaysia, nepal, Vietnam dan wilayah Makau melaporkan adanya kasus warga yang terjangkit virus corona. Negara Eropa, seperti Prancis dan Jerman, kemudian Australia dan Amerika Utara serta Kanada juga melaporkan ada warganya yang juga terkena virus ini.

Bandara mana saja yang terpengaruh karena situasi ini?

Image credit: Rudy & Peter Skitterians

Satu yang pasti, bandara Wuhan. Pemerintah menutup operasional bandara sejak merebaknya kasus ini, yang artinya tidak ada penerbangan masuk dan keluar dari Wuhan. Bandara Internasional Hong Kong juga menutup akses untuk pendatang yang berasal dari Cina daratan, termasuk membatalkan 50 persen penerbangan dan menolak visa turis dari Cina. Bus jarak jauh juga untuk sementara ini tidak melakukan pelayanan, termasuk untuk perjalanan dari/ke Beijing dan Shanghai.

Bandara internasional di sejumlah negara Asia, Eropa dan Amerika juga melakukan screening ketat pada setiap “pintu masuk” bandara. Sejumlah maskapai juga melakukan pembatalan penerbangan menuju ke Shanghai, Beijing maupun Hong Kong. Maskapai tersebut juga mengumumkan akan memberikan kesempatan kepada setiap traveler melakukan booking ulang atau pengambilan uang karena pembatalan tersebut.

Tempat wisata mana saja yang terpengaruh karena situasi ini?

Image credit: travelphotographer

Karena merebaknya wabah virus corona di Tiongkok, sejumlah destinasi wisata populer ikut terpengaruh. Di Beijing, mulai dari Museum Nasional Cina, Kuil Yonghe Lama, Prince Gong’s Mansion hingga Kota Terlarang sudah ditutup untuk umum. Sejumlah titik dari Tembok Besar Cina juga tidak boleh lagi diakses. Disney Resort di Shanghai dan Disneyland Park serta Ocean Park di Hong Kong juga ditutup, hal yang sama dilakukan untuk West Lake di Hangzhou.

Sementara di provinsi Hubei, hampir semua fasilitas umum ditutup, termasuk restoran waralaba McDonalds, toko lokal dan juga bioskop. Di Tibet, yang sejauh ini belum ditemukan ada kasus virus corona, juga ditutup untuk sementara waktu.

Ngotot bepergian, apa risikonya?

Jika kamu berencana untuk pergi ke Wuhan, cek lagi status pemesanan tiket kamu karena ada kemungkinan penerbangan dibatalkan. Kamu bisa mendapatkan refund dana dengan mengikuti kebijakan yang ditetapkan maskapai.

Jika memiliki agenda bepergian ke wilayah lainnya di Cina, kamu juga harus melihat status tiket perjalanan, apakah terpengaruh dengan situasi yang cukup serius ini.

Sejumlah negara juga sudah mengeluarkan himbauan untuk tidak bepergian ke Tiongkok/Cina jika bukan karena urusan yang benar-benar penting. Akan sangat penting untuk menaati imbauan tersebut.

Adakah tindakan preventif yang harus dilakukan traveler?

Sejumlah dokter dan ahli medis setuju ada hal-hal biasa yang bisa dilakukan untuk terhindar dari paparan virus, seperti mencuci tangan, menjaga etika batuk dan bersin di tempat umum, menjaga jarak dari orang yang sakit dan menggunakan desinfektan.

Langkah lain yang bisa diambil adalah dengan mengambil vaksin influenza untuk pencegahan jangka panjang. Gunakan juga masker pelindung dan terus menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Kamu juga disarankan untuk menghindari pasar hewan, bangkai hewan dan produk makanan yang datang dari hewan ketika berada di Tiongkok.

Baca juga: Virus Corona Di Wuhan, Pemerintah Keluarkan Larangan Dan Himbauan

Sekarang kamu sudah tahu informasi mengenai virus corona ini, kan? Sekarang tinggal kamu menentukan sendiri langkah terbaik untuk menghadapi virus ini. Tetap semangat dan waspada, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru