7 Tempat Berburu Dan Beli Barang Antik Yang Asyik Di Jakarta

Apakah kamu mulai bosan dengan dekorasi rumahmu atau koleksi bajumu dan ingin membeli yang baru? Jika ya, kamu dapat mencoba datang ke tempat-tempat yang sudah terkenal dengan dagangan barang antik di Jakarta. Berbelanja di tempat ini akan jadi kegiatan yang seru karena yang dijual adalah barang bekas tetapi dengan kualitas yang baik dan desain yang tidak pasaran. Mulai dari baju, sepatu, gramofon hingga perabotan dijual dan bisa jadi kamu tidak menemukan model yang sama jika berbelanja di mall. Barang-barang koleksi yang unik seperti keris dan perangko pun bisa kamu temukan di sini!

Kamu dapat melihat beberapa referensi tempat dari rekomendasi TripZilla yang ada di bawah ini. Kiat jika berbelanja di tempat-tempat ini adalah teliti sebelum membeli dan pandai-pandai menawar. Ada barang-barang yang memang benar-benar antik sehingga dijual dengan harga mencapai ratusan juta rupiah. Namun ada juga yang menjual barang tiruan dengan kualitas yang baik sehingga matamu bisa tertipu. Yang jelas, keunikan barang-barang yang dijajakan akan membuat pengalaman belanjamu lebih asyik, dan berhati-hatilah jangan sampai kalap dan overbudget, ya!

1. Mengulik koleksi sepatu bermerek terkenal dengan harga miring – Pasar Taman Puring

barang antik jakarta

Pasar Taman Puring alias Tampur ini kondang sebagai tempat berburu sepatu bermerek terkenal. Jadi kamu yang butuh sepatu baru atau ingin menambah koleksi bisa mencoba menjelajahi tempat ini. Jika kualitasnya masih sangat baik, tidak rugi jika kamu membelinya dengan harga sedikit lebih tinggi. Sebab dibandingkan barang baru, harga yang ditawarkan sudah tentu jauh lebih murah.

Tidak hanya sepatu, namun kamu juga dapat menemukan tas, aksesoris, barang elektronik atau piringan hitam karya musisi jadul  di sini. Bisa nih sekalian belanja oleh-oleh untuk saudara atau ortu di sini!

Alamat: Jl. Kyai Maja RT. 7/RW. 1, Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 – 17.00 WIB

2. Surganya penggemar pakaian bekas – Pasar Senen

barang antik jakarta

Pasar Senen selain terkenal dengan kulakan penganan saat subuh, juga menjadi lokasi yang disasar penggemar baju bekas sepanjang hari. Tempat ini legendaris banget dan sangat ramai dikunjungi terutama saat Lebaran. Barang-barang mode yang dijual berasal dari berbagai negara seperti Korea, Singapura dan Jepang. Jika jeli, kamu dapat memperoleh pakaian bermerek dengan model unik dengan harga murah. Kisaran harganya dimulai dari 5,000 IDR hingga jutaan rupiah per potong. Kalau ingin berbeda, baju bekas yang kamu beli di sini dapat dipermak sesuai kreasi dan voila, kamu bisa mengenakan baju dengan model lain dari yang lain, deh!

Alamat: Jl. Stasiun Senen No. 101, RW. 3, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 18.00 WIB

3. Sentra barang seken bermerek keren – Pasar Ular

Pasar barang antik di Jakarta yang cukup bersih ini dikenal juga dengan nama Paul, dan banyak kisah untuk menjelaskan asal usul namanya. Ada yang mengatakan karena dulunya pasar ini adalah rawa-rawa sehingga banyak ular atau karena dahulu di sini dijual barang selundupan sehingga pedagangnya harus selicin ular. Saat ini sudah tidak ada lagi barang selundupan yang dijual, tetapi para pedagang tetap memberikan harga yang murah karena barang dagangan diambil langsung dari pelabuhan.

barang antik jakarta

Ada dua lokasi Pasar Ular, yaitu Pasar Ular Plumpang di lokasi baru dan Pasar Ular Permai yang berlokasi di tempat lama. Pasar Ular terkenal dengan dagangan celana jeans dan keramik. Perabotan keramik misalnya teko dan poci yang dijual tidak hanya barang bekas tapi ada juga yang masih baru. Selain itu kamu pun bisa menjumpai baju dan sepatu bermerek yang murah meriah di sini.

Alamat:  Jl. Plumpang Semper No. 15, RT. 15/RW. 4, Kecamatan Koja, Jakarta Utara
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 18.00 WIB

4. Aneka ragam barang bekas murah yang dapat membuatmu berhemat – Pasar Loak Kebayoran Lama

Pasar loak ini terletak di dekat Stasiun Kebayoran sehingga pasti tidak asing bagi kamu yang sering naik kereta untuk bepergian. Kamu bisa menemukan sepatu, baju, tas, kipas angin, radio, jam, handphone, kamera dan masih banyak lagi barang bekas yang dijajakan di lapak Pasar Kebayoran Lama. Buka matamu karena kamu mungkin menemukan barang loakan yang antik di sini. Asyik nih untuk tempat cuci mata sepulang kerja atau saat akhir pekan!

barang antik jakarta

Selain membeli barang bekas, kamu juga bisa menjual barang bekasmu ke lapak-lapak yang ada. Nggak boros dan malah kamu bisa mendapat tambahan uang dengan menjual koleksimu yang sudah tidak terpakai.

Alamat: Jl. Ciledug Raya No. 17, RT. 1/RW. 1, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

5. Koleksi barang antik yang ada di sini akan membuatmu bernostalgia – Pasar Jalan Surabaya

barang antik jakarta

Jika kamu sedang bepergian ke daerah Menteng, Jakarta, lewatlah di Jl. Surabaya dan matamu akan menangkap deretan toko yang menjual banyak barang antik di sepanjang sisi jalannya. Barang yang dijual sangat bervariasi dan didesain dengan gaya klasik atau modern. Mulai dari piringan hitam, pajangan, kamera, lampu hingga koper bekas yang antik dan berkualitas bagus dapat kamu temukan.

Koleksi barang antik ini saat dipajang juga menimbulkan kesan instagramable dan berkelas, lho! Jika kamu ingin mendekorasi rumah, koleksi guci dan lukisan antik juga siap menyambutmu di sini. Harga yang dipatok berkisar antara ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah sesuai dengan jenis dan kualitasnya.

Alamat: Jl. Surabaya No. 20-21, RT. 16/RW. 5, Menteng, Jakarta Pusat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB

6. Banyak barang antik bersejarah yang menunggumu di sini – Pasar Jalan Ir. H. Juanda

Pasar barang antik di Jakarta yang telah dikenal sejak tahun 1980-an ini menjajakan banyak ragam mebel dan ukiran yang antik dan cantik. Ada barang-barang yang merupakan peninggalan zaman Belanda, jadi kamu bisa membayangkan seberapa antik kualitas dagangan di pasar ini. Material yang digunakan umumnya kayu, porselen atau batu.

barang antik jakarta

Benda-benda koleksi yang tidak biasa seperti keris dan perangko juga menjadi pilihan di etalase pasar ini. Kalau kamu penyuka sejarah juga pasti akan betah berlama-lama di sini karena kekunoan dagangan yang dipajang bisa membuatmu merasa seperti time traveler!

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda, Ciputat, Jakarta Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.00 WIB

7. Penyuka buku tua wajib datang ke sini – Blok M Square

barang antik jakarta

Blok M Square dengan pusat perbelanjaannya yang selalu ramai juga menyimpan hidden gem, yaitu toko-toko yang menjual barang bekas unik. Primadona dagangan barang antik di sini adalah buku, alat musik, kaset dan piringan hitam bekas nan antik. Jika kamu kolektor, pastikan untuk mengecek lapak-lapak yang ada di sini karena mungkin kamu akan menemukan tambahan koleksi yang menarik.

barang antik jakarta

Buku-buku lama ada yang dijual dalam bentuk paket per seri di sini. Pandai-pandai menawar sehingga kamu bisa membawa pulang barang yang berkualitas dengan harga memuaskan ya!

Alamat: Jl. Melawai 5, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 11.00 WIB – 18.00 WIB

Baca juga: 10 Pasar Ikonik Di Jogja Untuk Dikunjungi Penggiat Wisata Belanja

Jadi nggak semua yang bekas dan jadul itu jelek, malah semakin kuno jadi semakin antik dan keren lho! Yuk mulai menjelajahi pasar-pasar barang antik di Jakarta ini!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru