Biaya Refund Tiket Kereta Api Dikembalikan 100 Persen Selama Darurat Virus Corona

PT Kereta Api Indonesia mengeluarkan kebijakan untuk mengembalikan seluruh biaya tiket kereta bagi penumpang yang mengajukan permohonan refund selama masa darurat virus corona.

Kebijakan ini dikeluarkan setelah sebelumnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menetapkan perpanjangan status keadaan tertentu darurat bencana wabah virus corona selama 91 hari, mulai 29 Februari hingga 29 Mei 2020.

Dalam keterangannya, Minggu (22/3), Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional 1 Jakarta Eva Chairunisa menjelaskan, kebijakan pengembalian 100 persen biaya mulai berlaku pada hari Senin (23/3) untuk calon penumpang yang melakukan pembatalan dan pengajuan refund mulai 23 Maret hingga 29 Mei 2020.

Kebijakan tersebut berlaku bagi perorangan dan rombongan dengan melampirkan identitas dan bukti pembelian tiket di stasiun. Bagi yang melakukan pembelian melalui KAI Access, pembatalan bisa dilakkukan dari aplikasi yang sama.

Kebijakan yang diterapkan PT KAI ini merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19 dari sektor transportasi.

Sebelumnya, PT KAI juga telah membuat kebijakan pengembalian biaya refund tiket kereta api sebesar 100 persen pada penumpang yang membatalkan perjalanannya disebabkan memiliki suhu badan di atas 38 derajat celcius. Pemeriksaan suhu badan dilakukan sebelum calon penumpang masuk dan naik ke kereta api.

Untuk pembatalan tiket kereta api, langkah-langkah yang bisa dilakukan tergantung pada proses pembelian tiket, apakah melalui loket secara langsung atau melalui aplikasi. Langkah pembatalan bisa dilihat di bawah ini.

Tahap pembatalan tiket kereta api di stasiun

1. Datang langsung ke stasiun dan mengisi formulir pembatalan
2. Menyerahkan formulir pembatalan ke loket
3. Menunggu proses validasi selama 30 hari
4. Mengambil dana refund di loket yang sudah ditentukan atau di rekening bank yang sudah diberikan

Tahap pembatalan tiket kereta api di KAI Access

1. Login ke KAI Access
2. Masuk ke menu My Trips/Perjalanan Saya
3. Masuk menu e-Ticket
4. Memilih nama penumpang yang akan dibatalkan perjalanannya
5. Mengkonfirmasi pembatalan tiket
6. Menunggu informasi dan proses validasi selama 30 hari
7. Mengambil dana refund di loket yang sudah ditentukan atau di rekening bank yang sudah diberikan

Baca juga: Tur Virtual, Cara Lain Berwisata Saat Lockdown Dan Social Distancing

Sudah tahu caranya untuk mendapatkan kembali dana dan biaya refund tiket kereta api, kan?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru