Bromo Hillside, Cafe Di Bromo Yang Viral Karena View Dan Nuansanya

Bingung ke mana menghabiskan waktu untuk akhir pekan mendatang? Sempatkan waktu dan tenaga untuk mengunjungi Gunung Bromo. Selain menikmati pesona sunrise di Bromo, kamu juga menghabiskan waktu di Bromo Hillside, cafe yang viral dan instagramable!

Tidak sedikit netizen yang dalam beberapa pekan terakhir membagikan feeds video maupun foto di berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Youtube Short maupun TikTok. Bukan tanpa alasan, cafe ini memang menawarkan sesuatu yang berbeda dari kebanyakan cafe lainnya. Penasaran seperti apa? Yuk, simak informasi yang dikumpulkan TripZilla Indonesia dari berbagai sumber mengenai Bromo Hillside ini!

1. Lokasi dan rute ke Bromo Hillside

Cafe ini berada di Kabupaten Malang, tepatnya di Kecamatan Poncokusumo atau lebih populer dengan julukan Simpang Jemplang. Untuk alamat lengkap Bromo Hillside adalah Dusun Jarak Ijo, Ngadas, Kec. Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasi cafe ini tepatnya berada di dekat pintu menuju ka kaldera Bromo, atau lautan pasir Bromo melalui jalur Jemplang.

Untuk bisa sampai ke cafe ini juga bisa dikatakan relatif mudah.  Dari pusat Kota Malang, kamu cukup mengikuti petunjuk menuju ke arah Gubugklakah untuk sampai ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Setelahnya, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke arah Coban Trisula sebelum sampai ke pintu masuk TNBTS. Waktu perjalanan kurang lebih satu jam perjalanan. Jarak antara pusat Kota Malang dengan cafe ini kurang lebih berjarak 40 kilometer-an.

Akses menuju cafe ini juga mulus dengan jalan sudah diaspal. Namun, pengendara kendaraan bermotor, baik mobil maupun motor, harus berhati-hati karena jalannya menanjak dan memiliki sejumlah belokan yag ekstrim.

2. Informasi mengenai tiket masuk

Untuk bisa masuk ke Bromo Hillside, ada dua macam tiket yang harus dibayarkan oleh pengunjung. Tiket pertama adalah tiket masuk ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang harganya 29,000 IDR untuk weekdays atau Senin-Jumat, dan 34,000 IDR untuk weekend dan hari libur untuk wisatawan nusantara. Bagi yang datang bersama warga negara asing, tiketnya adalah 220,000 IDR untuk weekdays dan 320,000 IDR untuk weekend per orang. Pemesanan tiket dilakukan secara online dengan mengunjungi situs resmi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di sini.

Setelah memastikan memiliki tiket masuk ke kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, kamu juga harus membeli tiket masuk ke kawasan cafe ini. Untuk harga tiketnya adalah 35,000 IDR untuk dewasa dan 25,000 IDR untuk anak-anak. Ada juga paket tiket masuk 50,000 IDR, yang mana pengunjung nantinya akan mendapatkan kopi dan camilan. Pembelian tiket bisa dilakukan secara langsung di lokasi.

3. Jam operasional

Cafe Bromo Hillside ini sendiri buka 24 jam pada akhir pekan. Sementara hari Senin sampai Jumat beroperasi hanya dari pukul 8.00 hingga 17.00 WIB.

Jika memungkinkan, kamu bisa datang ke cafe ini saat cuaca cerah untuk mendapatkan pengalaman terbaik. Datang jelang sunset juga bisa menjadi hal yang mengesankan untuk menambah kesan yang positif mengenai tempat ini.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by journeygoblog (@ragatpratama81)

4. Apa saja yang bisa dilakukan di Bromo Hillside?

Cafe ini berada di ketinggian 2,400 mdpl, yang membuatnya mendapat label sebagai cafe tertinggi di Jawa Timur. Dari lokasi di mana cafe ini berada sudah menawarkan sesuatu yang mengesankan, dari atmosfer dan udara yang sejuk hingga pemandangan yang menarik. Untuk lebih lengkapnya, penjelasan mengenai aktivitas yang bisa dilakukan di Bromo Hillside bisa dilihat di bawah ini.

– Nongkrong sembari menikmati berbagai menu asyik di cafe

Ada berbagai menu makanan dan minuman yang asyik dinikmati di cafe ini. Bahkan beberapa menu disiapkan secara khusus untuk si kecil, yang memungkinkan mereka untuk bisa tetap makan dan perut terisi sambil menikmati segala hal yang menarik di cafe ini. Pilihan menunya sendiri variatif, dengan gaya masakan western dan Asia, dari spaghetti hingga sop buntut hangat yang menyegarkan. Piihan menu minuman juga menarik, dari sekadar kopi panas hingga berbagai pilihan soda.

– Menjelajah sky bridge dengan view istimewa

Daya tarik utama dari Bromo Hillside adalah sky bridgenya yang istimewa. Berada di kawasan rooftop, sky bridge ini mengelilingi cafe tersebut dengan akses pemandangan 360 derajat. Viewnya pun istimewa, dari lanskap Gunung Bromo hingga pesona Gunung Arjuna, Gunung Semeru, Gunung Kawi dan banyak lagi lainnya.

– Menambah feeds foto dan video untuk medsos kamu

Dengan latar belakang yang keren, cafe yang kece, view yang mengesankan, suasana yang menenangkan dan sejuk serta kuliner menggoyang lidah, banyak hal di sini yang bisa kamu tambahkan di media sosial kamu. Ayo berlomba membuat feed terbaik dan jangan lupa bagikan karya kamu di media sosial TripZilla Indonesia, ya!

5. Fasilitas yang tersedia di Bromo Hillside

Tak usah bingung dengan fasilitas yang tersedia di cafe ini. Kamu bisa berlibur dengan tenang karena fasilitasnya super lengkap. Sebelum pintu masuk, kamu sudah bisa menemukan area parkir yang luas untuk meletakkan kendaraan kamu, baik itu mobil ataupun motor. Fasilitas pendukung lainnya juga siap, seperti kamar mandi, tempat ibadah dan masih banyak lagi lainnya.

6. Persiapan yang harus dilakukan

Sebelum mengunjungi cafe di Bromo ini, ada sejumlah persiapan yang harus dilakukan. Salah satu yang paling utama adalah dengan mempersiapkan kendaraan dalam kondisi terbaik mengingat rute menuju cafe ini relatif menantang. Periksa kembali kondisi rem, tekanan ban dan pendukung keselamatan lainnya.

Selain itu, kamu juga harus memesan tiket masuk ke TNBTS sebelum melakukan perjalanan agar proses pendaftaran bisa berjalan lancar. Pastikan juga kamu sudah menjalani vaksinasi Covid-19 lengkap dan sertifikat tersedia di aplikasi SatuSehat (dulunya PeduliLindungi).

Untuk outfit yang bisa dikenakan tentunya disesuaikan dengan karakter kamu. Selain outfit OOTD untuk menunjang momen berfoto, kamu bisa mempersiapkan jaket atau baju hangat lainnya karena cuaca dan suhu udara di kawasan Bromo relatif dingin. Gunakan alas kaki yang nyaman dan membawa obat-obatan yang dibutuhkan. Kamu tidak diizinkan membawa makanan dari luar kala mengunjungi cafe ini, ya!

Baca juga: Cafe di Bromo dengan Pemandangan Alam Yang Tiada Duanya

Sudah tahu gambaran umum mengenai Bromo Hillside, kan? Agendakan perjalanan kamu sekarang juga, ya!

Preview image credit to: Rizza

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru