Lantai 9 Dan 10 Candi Borobudur Ditutup Untuk Umum

Jangan terkejut jika kamu tidak bisa lagi naik ke puncak Candi Borobudur mulai hari ini, baik untuk wisata harian hingga wisata khusus menikmati sunset dan sunrise. Soalnya Balai Konservasi Borobudur (BKB) menyatakan lantai 9 dan 10 Candi Borobudur ditutup untuk umum hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Ditutupnya lantai 9 dan 10 dilakukan sebagai salah satu langkah pelestarian dan konservasi untuk memperbaiki teras atas Candi Borobudur. Dalam rilisnya, Kepala Seksi Konservasi BKB Yudi Suhartono menjelaskan, ada sejumlah kerusakan terjadi di bagian stupa atas Candi Borobudur.

“Perilaku pengunjung yang kurang mendukung pelestarian tersebut lebih sering dijumpai di bagian teras tingkat 8, 9 dan 10 Candi Borobudur. Salah satu akibat yang bisa dilihat pada stupa yang sering diduduki atau dipanjat adalah ausnya padma pada bagian lapik stupa, nat-nat bantu di lantai teras dan stupa 9 dan 10,” ungkap Yudi dalam rilisnya, seperti dilansir Detikcom, Kamis (13/2).

“Oleh karena itu, Balai Konservasi Borobudur berencana membatasi kunjungan ke Candi Borobudur hanya sampai pada lantai 8, sedangkan lantai 9 dan 10 ditutup untuk kunjungan umum, sunrise maupun sunset, dimulai pada tanggal 13 Februari 2020. Pengunjung masih bisa melihat dan menikmati puncak stupa pada lantai 8,” lanjutnya.

Image credit: Geoffery iGV

Selama periode penutupan level atas Candi Borobudur ini, pihak BKB akan melakukan monitoring struktur stupa teras dan stupa induk Candi Borobudur, termasuk di antaranya monitoring keterawatan batu, monitoring kestabilan struktur, monitoring dampak kunjungan dan monitoring lajur kerusakan nat batu struktur stupa induk.

Meski level atas Candi Borobudur ditutup, wisatawan masih bisa leluasa melakukan kunjungan dan menikmati pemandangan warisan dunia kebanggaan Indonesia ini di level yang terbatas. Selain itu, ada banyak cara lain mengagumi keindahan Candi Borobudur, termasuk di antaranya pelesir ke desa di sekitarnya dan mengagumi keajaibannya dari kejauhan.

Baca juga: 5 Cara Menikmati Borobudur Antimainstream Anak Zaman Now

Tidak mengurungkan niat untuk berkunjung ke Candi Borobudur di sesi liburan kamu berikutnya, kan?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru