6 Cara Agar Cepat Tidur Saat Di Pesawat, Bus Atau Kereta Api

Tidur menjadi momen yang paling ditunggu bagi yang sudah lelah beraktivitas dan melakukan perjalanan. Tidur juga menjadi momen yang menyenangkan untuk bisa tubuh kembali bugar. Namun, tidak sedikit yang mengalami kesulitan bisa segera tidur ketika momen istirahat datang. Banyak hal yang memengaruhi, dari masalah pekerjaan yang ada dalam pikiran, atau kerinduan akan orang-orang terkasih. Namun, ada cara agar cepat tidur yang bisa kamu terapkan.

Langkah dan cara yang dimaksud ini bisa membantu kamu memaksimalkan setiap momen yang kamu miliki untuk beristirahat. Bahkan menurut penelitian, tidur berkualitas selama lima menit di tengah kesibukan sangat membantu untuk mengembalikan mood dan kebugaran untuk kembali menjalani rutinitas.

Bagi mereka yang rutin melakukan perjalanan, tidur saat berada di pesawat, bus atau kereta api juga sangat membantu. Dengan begitu, setibanya di tujuan, yang bersangkutan sudah dalam kondisi fit dan siap beraktivitas.

Nah, cara agar cepat tidur yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti metode yang disebut The Military Method. Metode ini dipraktekkan di sekolah United States Navy Pre-Flight untuk menciptakan rutinitas, yang bisa membantu pilot mendapatkan tidur berkualitas selama dua menit atau kurang. Dengan pelatihan yang tepat, metode ini diklaim bekerja secara efektif, bahkan ketika yang bersangkutan telah meminum kopi. Penasaran dengan The Military Method sebagai salah satu cara agar tidur cepat? Yuk simak di bawah ini!

1. Buat wajah kamu serelaks mungkin

Pejamkan mata kamu, bernafaslah secara perlahan dan mendalam, kemudian longgarkan semua otot di wajah kamu. Buat otot rahang, pipi, mulut, lidah, mata dan semua yang bisa kamu kendalikan serelaks mungkin. Sederhananya, iklaskan otot di wajah kamu untuk bersantai dan tidak tegang barang sejenak.

2. Lemaskan bahu dan tangan kamu jadi cara agar cepat tidur lanjutan

Selain membuat otot wajah lebih relaks, kamu juga harus melemaskan otot-otot pada bagian bahu dan tangan. Pertama, sandarkan kepala kamu ke sandaran kepala kursi, lemaskan otot leher dan biarkan tubuh menyatu dengan kursi yang kamu duduki, atau kasur yang kamu tidur.

Setelahnya, lemaskan juga otot pada tangan, mulai dari bisep, trisep dan otot pada jari tangan. Jangan lupa untuk tetap bernafas secara perlahan dan mendalam.

3. Menenangkan dada

Dengan semua otot di wajah, leher, bahu dan tangan dalam kondisi relaks, seharusnya tak sulit untuk kamu melemaskan bagian dada. Ambil nafas dalam-dalam dan buang dengan perlahan. Lakukan secara berulang dengan tetap memejamkan mata.

4. Lemaskan otot di kaki jadi salah satu cara agar cepat tidur

Jika tubuh bagian atas sudah dalam kondisi tenang dan relaks, lakukan hal yang sama pada tubuh bagian bawah. Kamu bisa memulai dengan bertahap, dari kaki kanan dengan melemaskan otot yang ada, berlanjut di kaki kiri.

5. Berhenti memikirkan hal apapun

Bukan hal yang mudah untuk tidak berpikir mengenai berbagai macam hal yang mungkin terbesit di kepala. Bahkan, ketika mendapatkan saran untuk tidak memikirkan apapun, kamu bisa berpikir untuk tidak memikirkan tentang apapun, bukan begitu?

Untuk membantu kamu di tahap ini, kamu bisa membayangkan gambaran khusus di kepala kamu. Bayangkan sesuatu yang menenangkan. Gambarkan dirimu berada di dalamnya, berbaring nyaman menikmati setiap momen bersantai.

6. Tidak berhasil? Cara agar cepat tidur berikutnya adalah mengulang kata “jangan berpikir” selama 10 detik

Jika cara di poin nomor #5 tidak berhasil, kamu bisa mengulang kata-kata “jangan berpikir” di kepala selama 10 detik. Setidaknya, langkah tersebut bisa membuat pikiran yang membuat kamu terjaga bisa teralihkan. Ingat, lakukan semua tahapan di atas dengan mata terpejam, otot tubuh relaks dan dalam situasi nyaman.

Baca juga: Efek Kurang Tidur Ternyata Serius, Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental

Disclaimer: Mungkin langkah dan cara agar cepat tidur di atas tidak berhasil dalam percobaan pertama. Namun, jika upaya dan usaha dilatih dan dilakukan secara berulang, akan semakin mudah untuk kamu tidur lebih cepat. Tapi, yang terpenting adalah apakah tidur kamu berkualitas atau tidak. Usahakan untuk mendapatkannya di setiap kesempatan beristirahat, ya!

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru