Efek Kurang Tidur Ternyata Serius, Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental

Bagaimana kualitas tidur kamu? Apakah mencukupi atau kamu merasa kurang banget? Apapun itu, kamu sepertinya harus tahu hasil penelitian terbaru, bahwa kurang tidur memiliki efek yang sangat merugikan buat kesehatan mental. Waduh!

Yups, peneliti di School of Aging Studies di University of South Florida, Amerika Serikat melakukan penelitian secara khusus terkait efek dari tidur kurang dari enam jam setiap malam. Jumlah tersebut dinilai sebagai batas minimal bagi orang dewasa untuk beristirahat dan mendapatkan kesehatan optimal.

Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel kurang lebih 2,000 orang dewasa di Amerika Serikat, yang relatif sehat dan memiliki pendidikan tinggi. Peneliti mencatat kesehatan mental dan fisik dalam catatan harian selama delapan hari.

Hasilnya, empat dari sepuluh orang mengalami kehilangan momentum untuk tidur, sekitar 1,5 jam dari jumlah waktu mereka biasa tidur. Kehilangan waktu tidur tersebut berimbas pada munculnya emosi negatif, seperti marah, mudah gugup, merasa sendiri, gampang tersinggung dan frsutrasi.

Selain itu, dilihat dari kondisi fisik, efek kurang tidur juga terlihat seperti masalah pada sistem pernafasan atas, pusing dan masalah pencernaan.

Masalah pada kesehatan mental dan fisik ini terus meningkat hingga partisipan penelitian ini memiliki waktu tidur lebih dari enam jam.

“Banyak di antara kita yang berpikir kita bisa menebus utang tidur di akhir pekan dan lebih produktif di hari kerja. Akan tetapi, hasil dari penelitian ini menunjukkan sekali saja kita mengubah pola tidur di malam hari bisa secara signifikan memengaruhi fungsi tubuh harian,” ungkap Soomi Lee, asisten profesor di School of Aging Studies di University of South Florida, Amerika Serikat.

Image credit: Sasin Tipchai – Pixabay

Hasil penelitian Lee sebelumnya juga menemukan bahwa kehilangan waktu tidur selama 16 menit sudah bisa memengaruhi performa kerja. Selain itu, hasil penelitian lainnya menunjukkan menurunnya waktu tidur bisa menurunkan tingkat rasionalitas, yang mana hal ini penting dalam menghadapi stres dan kesehatan harian.

Hasil penelitian juga menunjukkan jika kurang tidur menjadi suatu kebiasaan, akan sulit untuk tubuh sepenuhnya pulih dari masalah kurang tidur ini.

Baca juga: Studi: Orang Yang Kerja Di Rumah Juga Pacaran, Tidur Siang Dan Ngesex Di Jam Kantor

Nah, penting sekali untuk bisa menjaga pola dan kualitas tidur kamu karena memiliki efek yang cukup krusial bagi kesehatan fisik dan mental. Jangan sampai telat tidur, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru