Cara Menghilangkan Mata Panda Dan Mengetahui Penyebabnya

Sering bepergian, yang berakibat kurang tidur dan kelelahan? Salah satu gejala yang terlihat adalah kamu mengalami mata panda. Tapi tenang saja, ada banyak cara menghilangkan mata panda yang bisa kamu ikuti.

Namun begitu, penting sekali untuk mengetahui apa itu mata panda. Mengutip dari berbagai sumber, mata panda merupakan situasi munculnya lingkaran bayangan di sekeliling mata yang berwarna kehitaman. Orang yang mengalami mata panda bisa pria, wanita bahkan anak-anak. Kondisi mata panda ini memengaruhi penampilan individu tersebut. Yang bersangkutan menjadi kurang menawan, terlihat lebih tua dan terlihat lelah.

Lalu, apa yang menjadi penyebab munculnya mata panda tersebut? Dari sejumlah penelitian, ada banyak faktor yang bisa memengaruhi kondisi tersebut, mulai dari kurang istirahat, terlalu lama menatap layar televisi, komputer maupun smartphone, paparan sinar matahari yang berlebihan, dehidrasi atau kekurangan cairan, reaksi alergi, kebiasaan minum minuman beralkohol dan merokok, faktor genetik dan juga faktor usia. Hal lain yang bisa menyebabkan masalah ini adalah gangguan kesehatan, seperti anemia, masalah pada kelenjar tiroid, dermatitis, dan defisiensi jaringan lemak di sekitar mata.

Untungnya, masalah mata panda bisa diatasi dengan sejumlah hal. Bahkan, cara menghilangkan mata panda bisa dilakukan secara alami tanpa harus menjalani terapi mahal. Beberapa caranya bisa dilihat di bawah ini!

1. Mengubah posisi tidur jadi cara menghilangkan mata panda

Posisi tidur juga bisa menjadi penyebab munculnya bayangan kehitaman di sekitar mata, atau yang biasa disebut mata panda. Dengan posisi tidur yang tepat, kamu bisa mendapatkan momentum istirahat yang nyaman dan kondisi kesehatan yang lebih baik. Kamu bisa mempertimbangkan tidur dengan posisi terlentang. Posisi ini diklaim bisa meminimalkan efek gravitasi yang bisa menyebabkan bengkak.

Namun, yang paling penting adalah kamu bisa melakukan penjadwalan untuk mendapatkan istirahat yang teratur dan berkualitas. Istirahat yang cukup menjadi salah satu cara untuk menghilangkan kondisi ini.

2. Mengurangi asupan garam dan paparan matahari berlebihan

Garam memang dibutuhkan tubuh, namun jangan sampai berlebihan. Terlalu banyak kandungan garam dalam tubuh bisa mengakibatkan tidak hanya darah tinggi, tapi juga membuat sejumlah bagian tubuh bisa menyimpan kandungan sodium yang berlebihan.

Paparan matahari yang berlebihan juga ikut memengaruhi kondisi kulit dan wajah, termasuk menimbulkan mata panda. Kamu bisa mengurangi paparan sinar matahari dengan lebih banyak beraktivitas di dalam ruang. Selain itu, penting melindungi mata dan sekitarnya dengan menggunakan kaca mata.

3. Tangani situasi alergi sebagai salah satu cara menghilangkan mata panda

Kondisi alergi kadang sedikit merepotkan untuk ditangani. Ketika kondisi tersebut datang, bukan tidak mungkin kamu harus merasakan sensasi hidung meler, badan bengkak, mata berair atau gejala lainnya. Kamu harus berkonsultasi dengan dokter mengenai cara terbaik untuk mengendalikan gejala ini. Penggunaan minyak esensial bisa menjadi salah satu cara mengatasi masalah ini.

4. Bersihkan wajah sebelum tidur

Bagi kaum pria maupun wanita, membersihkan muka sebelum tidur menjadi hal yang harus dilakukan. Selain untuk membuat pori-pori wajah lebih terbuka dan bisa bernafas, membersihkan wajah sebelum tidur juga meminimalkan potensi pembengkakan di pagi hari. Gunakan susu pembersih, cairan pembersih makeup, atau bahkan sabun wajah untuk menghilangkan semua kotoran, termasuk sisa makeup.

5. Tinggalkan kebiasaan buruk menjadi salah satu cara menghilangkan mata panda

Gaya hidup yang buruk, seperti minum minuman beralkohol, merokok dan bergadang hingga larut malam untuk hal yang tidak perlu menjadi hal yang harus dihilangkan. Aktivitas tersebut tidak hanya bisa menimbulkan kondisi mata panda, tapi juga menimbulkan gangguan kesehatan jangka panjang.

6. Lakukan relaksasi wajah secara teratur

Relaksasi wajah bisa menjadi salah satu cara menghilangkan mata panda. Anda bisa menggunakan masker wajah dengan berbagai bahan alami, seperti timun, kentang atau bahkan lidah buaya. Melakukan facial juga bisa menjadi aktivitas yang bisa mengurangi potensi munculnya bayangan pada sekitar mata. Melakukan kompres mata dengan menggunakan air dingin atau kantung teh juga bisa menjadi langkah yang diambil.

Baca juga: Cara Memutihkan Kulit Secara Alami Usai Liburan Outdoor

Itulah sejumlah cara menghilangkan mata panda secara alami yang bisa kamu ikuti. Semoga berhasil!

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru