Cara Memutihkan Kulit Secara Alami Usai Liburan Outdoor

Apa tanda kamu sudah menjalani liburan yang luar biasa? Tak sedikit yang mengatakan tanda tersebut adalah wajah yang lebih segar, mood yang lebih baik serta kulit yang menghitam. Nah, untuk yang terakhir ini, tak sedikit orang yang mengeluhkannya, apalagi kaum hawa yang relatif menjaga penampilannya. Setelah berjemur di pantai, tracking, hiking atau kegiatan outdoor lainnya, kulit pun menghitam karena banyaknya paparan sinar matahari yang diterima. Tapi tak usah khawatir, ada cara memutihkan kulit secara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan warna kulit kamu, kok!

Tapi, perlu kamu tahu bahwa ada banyak faktor yang bisa membuat kulit kamu menghitam. Selain paparan sinar matahari berlebihan, ada juga faktor efek samping pengobatan, diet yang tidak sehat, stres atau kondisi depresi yang bisa membuat kulit berubah dari normal.

Lalu, bagaimana mengembalikan kondisi kulit menjadi normal? Untuk yang kondisi kulitnya berubah warna menjadi lebih gelap, cara memutihkan kulit secara alami di bawah ini bisa kamu coba!

1. Kurangi paparan matahari secara langsung

Cara pertama untuk memutihkan kulit usai liburan adalah dengan mengurangi dan meminimalkan paparan sinar matahari secara langsung.

Tubuh memang membutuhkan Vitamin D, yang dibutuhkan kulit dan tulang, dari sinar matahari. Namun, jangan sampai kamu menerimanya secara langsung tanpa perlindungan. Gunakan sunblock dengan SPF tinggi, atau topi yang bisa melindungi wajah, leher dan bagian bahu. Menggunakan baju yang menutup sebagian besar tubuh juga bisa menjadi cara yang diambil.

Baca juga: 10 Rekomendasi Sunscreen Traveling Friendly, Praktis dan Tahan Lama

2. Buat kulit kamu tetap lembab

Menggunakan pelembab menjadi salah satu cara memutihkan kulit yang efektif. Dengan menggunakan pelembab, kamu bisa menjaga kulit tidak kering. Masalah kulit kering bisa menjadi penyebab utama kondisi kulit menjadi gelap.

Pelembab berbentuk krim bisa dipilih karena kandungan alkohol yang minim. Sebaliknya, gunakan pelembab yang dibuat dengan menggunakan dari bahan dasar minyak alami, seperti minyak kelapa, jojoba, almon atau minyak zaitun.

3. Gunakan bahan-bahan alami

Ada banyak bahan alami yang tersedia untuk membantu memutihkan kulit dan mengembalikan tingkat kecerahannya. Bahan-bahan tersebut antara lain:

  • Madu – memiliki bahan pelembab alami dan antibakteri untuk mencegah kerusakan pada kulit. Cara mengaplikasikannya juga mudah, seperti facemask, dengan mengoleskan ke wajah, leher dan bahu. Mungkin terasa sedikit lengket, tapi efektif memutihkan dan mengembalikan kondisi kulit seperti semula.
  • Lemon – Buah lemon kaya vitamin C, yang membantu dalam pemulihan. Selain itu, buah lemon juga memiliki kandungan bahan pemutih alami. Kandungan citric acid juga membantu mengurangi bintik hitam pada wajah. Cara menggunakannya, ambil sari dari buah lemon sebanyak satu sendok makan, campur dengan madu untuk mengentalkannya. Gunakan di wajah selama 30 detik sebelum dibasuh dengan air. Cara ini mungkin harus dihindari bagi yang memiliki kulit sensitif.
  • Yoghurt – Yoghurt memiliki kandungan asam laktik, bagus dalam memutihkan kulit, mengurangi pigmentasi dan jerawat. Untuk menggunakannya, kamu bisa mencampurkan satu sendok makan yoghurt segar dengan setengah sendok makan kunyit. Gunakan di wajah selama 30 menit sebelum kemudian dibasuh.
  • Lidah buaya – Lidah buaya kaya kandungan vitamin A, C dan E. Lidah buaya juga memiliki antioksidan, yang penting untuk melindungi, mencerahkan kulit serta mengurangi risiko penuaan kulit. Kamu bisa menggunakannya dengan menggabungkan satu sendok makan pasta alami lidah buaya dan perasan lemon. Oleskan di wajah dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas.
  • Susu – Susu menjadi bahan lain yang memiliki kandungan menyehatkan buat kulit, seperti vitamin A, B3 dan bahan lainnya untuk memperbaiki kulit dan mencerahkannya. Campurkan satu sendok makan susu bubuk, satu sendok teh madu dan satu sendok teh lemon untuk dijadikan pasta. Setelahnya, gunakan di wajah dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas.

4. Rajin eksfoliasi kulit

Secara harfiah, eksfoliasi kulit berarti mengelupas kulit. Maksud dari eksfoliasi kulit adalah perawatan kulit wajah melalui proses pengangkatan sel kulit mati menggunakan bahan kimia, granular dan alat pengelupasan kulit. Eksfoliasi kulit sangat membantu dalam proses peremajaan dan memutihkan kulit.

Untuk melakukan eksfoliasi kulit, kamu bisa meminta bantuan tenaga profesional seperti dermatologis. Cara lain, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan body scrub atau sikat yang lembut.

5. Mengetahui bahan apa yang harus dihindari

Menggunakan produk kecantikan dengan kandungan bahan yang tidak sesuai dengan kondisi kulit juga bisa menyebabkan kulit menghitam. Karena itu, untuk mengembalikan kondisi kulit, mencegah iritasi dan kerusakan, kamu bisa menghindari produk kecantikan dengan kandungan berbahaya.

Baca juga: Worth To Buy! 8 Rekomendasi Skincare Terbaik untuk Kulit Berjerawat

Itulah sejumlah cara memutihkan kulit secara alami yang bisa dipraktekkan di rumah. Siap mencobanya?

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru