Destinasi Wisata Belanja Solo Yang Khas, Unik Dan Menarik Dikunjungi

Kota Solo, yang juga disebut sebagai Surakarta, punya banyak pesona. Selain daya tarik alam dan bangunan bersejarahnya, Solo juga memiliki sejumlah destinasi wisata belanja yang bisa dikunjungi.

Asyiknya lagi, banyak destinasi wisata belanja yang menjual barang-barang khas Solo yang menarik untuk dikunjungi. Lokasi mana saja yang wajib kamu kunjungi saat di Solo? Yuk cek rekomendasi TripZilla Indonesia di bawah ini untuk pengalaman belanja yang berkesan!

1. Belanja kain yang cantik di Pasar Klewer

Image credit: j.marta19 

Kalau ke Solo, tidak afdol jika kamu tidak melirik batik untuk dibeli. Baik untuk orangtua, teman atau pasangan, batik Solo selalu jadi pilihan yang tepat untuk buah tangan. Salah satu destinasi wisata belanja, yang merupakan pusat tekstil terbesar di Solo yaitu Pasar Klewer wajib untuk kamu sambangi.

Image credit: cosmasgozali 

Asal nama Pasar Klewer yang sudah ada sejak masa penjajahan Jepang ini adalah karena dulunya para pedagang menaruh kain-kain dengan tidak beraturan alias kleweran dalam bahasa Jawa. Sekarang, Pasar Klewer sudah tertata rapi dan acara belanjamu dijamin terasa nyaman, lho!

Alamat: Jl. DR. Radjiman No.5A, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB

2. Barang antik yang bikin lapar mata di Pasar Triwindu

Image credit: widevibes

Bagi kamu yang tertarik barang-barang vintage, Pasar Triwindu adalah lokasi yang wajib dituju. Isi pasar ini terlihat meriah sekaligus estetis karena banyaknya barang-barang antik yang dipajang di etalase. Selain untuk belanja, Pasar Triwindu ini juga asyik untuk berfoto, lho!

Image credit: dewimalcorps

Berdiri sejak tahun 1939, kamu bisa mendapatkan mulai dari perabotan, dekorasi rumah, uang kuno sampai senjata kuno di sini. Jika kamu menggunakan barang antik yang dibeli di sini untuk mendekorasi rumahmu, pasti akan menciptakan kesan yang unik. Bikin penasaran, kan?

Alamat: Ngarsopuro, Jl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 16.00 WIB

3. Tempat belanja serba ada di Javenir

Image credit: JAVENIR Pusat Oleh-oleh

Javenir yang adalah singkatan dari Java Souvenir. Sesuai namanya, destinasi wisata belanja ini memang menjual berbagai buah tangan khas Solo. Javenir cocok untuk kamu yang tidak mau capek-capek menawar harga atau berkeliling pasar untuk mendapatkan barang yang kamu inginkan. Tempatnya pun luas, rapi dan nyaman.

Image credit: JAVENIR Pusat Oleh-oleh

Mulai dari kain batik, baju batik, aksesoris, pernak-pernik kecantikan hingga makanan ringan ada di sini. Semuanya sudah dikemas dengan baik sehingga mudah untuk diberikan langsung sebagai oleh-oleh. Varian yang dijual pun sangat beragam dan pasti bikin kamu puas memilih.

Alamat: Jl. Adisucipto No. 48, Solo
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 22.00 WIB

4. Menghayati proses pembuatan batik di Kampung Batik Kauman

Image credit: Kampung Batik Kauman Solo

Membeli kain batik di pertokoan sudah biasa. Tapi melihat cara pembuatan dan membeli langsung dari perajin batik? Tentunya ini lebih berkesan dan bisa kamu lakukan di Kampung Batik Kauman. Kamu juga tidak akan kekurangan tempat memilih batik karena ada lebih dari 30 perajin batik di kampung ini.

Image credit: Kampung Batik Kauman Solo

Untuk berkeliling, kamu bisa berjalan kaki atau naik becak menyusuri gang-gangnya. Tidak hanya melihat bagaimana batik dibuat, kamu juga bisa belajar membatik lho! Setelah itu, jangan lupa membeli batik yang dijual di sini ya!

Alamat: Jl. Cakra, Kauman, Kec. Ps. Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 21.00 WIB

5. Belanja dan mengagumi arsitektur di Kampung Batik Laweyan

Image credit: koransolopos 

Satu lagi kampung batik yang layak dikunjungi yaitu Kampung Batik Laweyan. Saat ke sini, sambil berbelanja matamu akan dimanjakan dengan nuansa arsitektur kunonya. Mendapat pengaruh dari China, Jawa, Eropa dan Islam, maka rumah-rumah yang ada di sini dapat memancing kekagumanmu.

Image credit: herdik

Untuk pengalaman yang lebih maksimal, cobalah mengikuti kursus membatik yang ada di sini! Setelah itu, kamu pun bisa mampir ke kedai Wedangan Rumah Nenek yang menjual aneka penganan khas Solo semisal kue apem dan kue ledre. Seru!

Alamat: Jl. Dr. Rajiman No.521, Laweyan, Kec. Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah 57148
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 20.00 WIB

6. Bertualang rasa di Pasar Gede Harjonagoro

Image credit: ms.petualang  

Pasar yang biasa disebut dengan Pasar Gede ini lebih banyak menjual makanan dalam bentuk bumbu, makanan mentah atau matang. Jadi saat berbelanja di sini, kamu bisa sekaligus berwisata kuliner. Di Pasar Gede ini pun banyak dijual berbagai kuliner khas Solo yang menggoyang lidah.

Image credit: ps.gede_solo

Kamu dapat membeli lenjongan yang memberi sensasi manis kenyal. Terdiri dari beberapa penganan seperti tiwul, getuk, ketan, cenil dan klepon lalu diberi parutan kelapa dan gula menggugah untuk dicicipi. Makanan lain adalah cabuk rambak yaitu irisan lontong dengan saus dari kelapa, dan dimakan bersama kerupuk nasi alias karak. Unik dan renyah!

Alamat: Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: Senin – Sabtu, 08.30 WIB – 16.30 WIB

7. Belanja penganan yang legendaris di Toko Roti Orion

Image credit: anggi_wardhani

Toko Roti Orion ini legendaris karena selain sudah berdiri sejak tahun 1932, kualitas rasanya pun tetap lezat hingga sekarang. Kalau ke Solo, sempatkan mampir di sini untuk membeli oleh-oleh penganan nikmat yang dijual. Atau mungkin kamu ingin menyantapnya sendiri?

Image credit: jiufang_swara

Di dalam bangunan toko roti, penganan mulai dari kue kering hingga jajanan pasar berderet dan bisa membuatmu lapar mata. Ada juga minuman seperti sirup produksi sendiri. Dagangan paling terkenal adalah kue lapis Mandarijn yang terdiri dari lapis biasa atau lapis spesial. Meskipun sederhana tapi rasanya yang lembut dengan gurih dan manis yang seimbang terbukti membuat banyak orang ketagihan. Berani coba?

Image credit: ronnieprt

Alamat: Jl. Jend. Urip Sumoharjo No.80, Purwodiningratan, Kec. Jebres, Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 18.00 WIB

Baca juga: Satu Jam Dari Solo, Tempat Wisata Di Karanganyar Ini Keren Dan Wajib Dikunjungi

Dijamin berbagai destinasi wisata di atas akan membuatmu puas belanja dan mendapat pengalaman yang tidak terlupakan saat liburan ke Solo. Jadi, kapan kamu berwisata ke kota ini?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru