Satu Jam Dari Solo, Tempat Wisata Di Karanganyar Ini Keren Dan Wajib Dikunjungi

Apa yang terbesit di pikiran kamu jika mendengar Karanganyar? Tawangmangu, Gunung Lawu atau Astana Giribangun bisa jadi merupakan hal pertama yang muncul di kepala kamu. Lumrah karena popularitas Karanganyar sebagai kabupaten tidak setenar Solo. Padahal, jika berbicara tempat wisata, Karanganyar memiliki jauh lebih banyak destinasi menarik yang harus dikunjungi.

Karanganyar identik dengan udara yang sejuk dan kuliner yang nikmat. Tempat wisata di Karanganyar juga menonjolkan keindahan alamnya. Jika kamu jeli, tidak terhitung jumlah spot instagramable yang ada di kabupaten yang berada di lereng Gunung Lawu ini.

Di bawah ini, TripZilla Indonesia merekomendasikan beberapa tempat wisata yang sudah terkenal untuk kamu sambangi di Karanganyar. Siapkan baju yang nyaman dan kamera untuk mengabadikan perjalananmu, ya!

1. Grojogan Sewu yang terkenal dengan keindahannya

Grojogan Sewu
Image credit: @roes.lim

Grojogan atau air terjun ini terletak di lereng Gunung Lawu. Kamu perlu menengadahkan kepala untuk menikmatinya karena Grojogan Sewu memiliki tinggi sekitar 81 meter. Pemandangan di sekitarnya cantik dengan tumpukan batu-batu besar dan debit air yang deras, bahkan di saat kemarau.

Kamu juga akan menjumpai kera-kera dalam perjalanan menuju air terjun. Setelah tiba, cukup duduk santai sambil menghirup udara segar dari terpaan air, dijamin ampuh untuk mengusir rasa galau!

Alamat: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

2. Beranjak sedikit dan temukan keindahan lainnya di Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog
Image credit: @ihsanudn

Air Terjun Jumog terletak tidak jauh dari Grojogan Sewu. Keindahan air terjun ini didukung dengan akses yang mudah karena terdapat lahan parkir dan disambung jalan kaki dengan jarak tidak terlalu jauh. Kamu bisa mengajak keluarga dan dan bermain air.

Air di kolamnya yang jernih dan dingin benar-benar menggoda, namun berhati-hatilah supaya tidak terpeleset. Di dalam kawasan Air Terjun Jumog juga sudah banyak penjual makanan yang berdagang di tepi sungainya sehingga kamu bisa mengisi perut sambil mendengar gemericik aliran air yang menenangkan.

Alamat: Berjo, Gandu, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

3. Menikmati dua kesegaran sekaligus di Air Terjun Sewawar Sedinding

Air Terjun Sewawar Sedinding tempat wisata karanganyar
Image credit: sewawarsedinding

Dua air terjun ini letaknya berdekatan yaitu Air Terjun Sewawar dan Air Terjun Sedinding. Air Terjun Sewawar lebih dekat dengan pintu masuk sehingga akan kamu temukan lebih dulu. Curahan air terjunnya yang pecah di bebatuan membentuk jalur-jalur air yang unik. Kalau sudah puas melihatnya sambil jajan di warung, jangan berpuas diri dan langsung pulang! Berjalanlah lagi menempuh medan yang agak curam dan kamu dapat melihat Air Terjun Sedinding. Kolamnya yang berwarna kehijauan nggak terlalu dalam dan asyik untuk berenang lho!

Alamat: Jalan Trengguli, Jenawi, Sekarang, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

4. Melihat warna-warni pedesaan yang menyejukkan mata di Telaga Madirda

Telaga Madirda tempat wisata karanganyar
Image credit: panjibullshark

Meskipun hanya telaga, jangan meremehkan keindahannya. Nama Madirda sendiri bermakna memabukkan dan panorama yang ada memang bisa membuat orang “mabuk” karena cantiknya. Permukaan air yang tenang, pepohonan di tepi telaga dan latar belakang perbukitan hijau bisa membuatmu lupa waktu. Pilih saja bagaimana caramu menikmatinya, sekedar duduk-duduk atau membawa hammock, semua sama-sama asyik. Kamu juga bisa berkemah di tepi telaga kalau tidak ingin melewatkan momen matahari terbit atau terbenam yang bikin pemandangan makin ciamik.

Alamat: Area Sawah, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

5. Menyusuri makam nan megah di Astana Giribangun

Astana Giribangun
Image credit: ramboramaa

Astana Giribangun merupakan makam dari mantan Presiden Republik Indonesia HM Soeharto dan Siti Hartinah atau yang lebih dikenal sebagai Ibu Tien. Kamu bisa mampir untuk sekedar melihat-lihat atau berziarah. Dekorasi bangunannya yang bernuansa tradisional ini menarik untuk dilihat. Selain itu, udara yang sejuk dan pemandangan asri juga menjadi bonus saat berkunjung ke makam ini.

Alamat: Jl. Astana Giribangun, Dengkeng, Girilayu, Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

6. Kebun Teh Kemuning yang cocok untuk bersantai atau seru-seruan

kebun Teh Kemuning tempat wisata karanganyar
Image credit: Wikimedia

Kalau ingin melemaskan kaki dengan jalan-jalan santai, Kebun Teh Kemuning ini bisa jadi tujuan yang pas untukmu. Hamparan hijau tanaman teh pun akan membuat matamu segar kembali. Tapi kalau ingin yang lebih greget, kamu bisa mencoba berbagai wahana seperti paralayang, outbound atau river tubing.

Image credit: @pradipta_asti_pratiwi

Selain tea walk, kamu juga bisa menjelajahi taman asyik di kebun teh Ngargoyoso, Karanganyar, lho! Juga, ada Taman Bintang Kemuning, yang dipenuhi dengan wahana berselfie, lengkap dengan gardu pandang dan pemandangan alam yang Instagenik. Ada persewaan mobil jip supaya perjalananmu terasa makin penuh petualangan. Rumah Teh Ndoro Donker yang ada di dekat Kebun Teh Kemuning ini juga jadi tempat populer yang menawarkan seduhan daun teh segar untuk kamu nikmati.

Alamat: Sumbersari, Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 04.30 – 18.30 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

7. Menikmati persawahan sebelum tiba di Air Terjun Jurang Jero

air terjun jurang jero tempat wisata karanganyar
Image credit: aryajakasatria

Sebelum tiba di Air Terjun Jurang Jero, kamu akan disuguhi indahnya pemandangan sawah dan pohon duren. Perjalanan yang lumayan jauh pun jadi tidak terasa karena lanskap yang terpampang di mata tidak membosankan. Kemudian kamu akan melintasi jembatan kecil sebelum tiba di air terjun bertingkat ini. Kondisi tempat wisata yang masih alami dan cukup sunyi meskipun berada di belakang pemukiman penduduk akan membuatmu rileks. Sederhana tapi mengesankan!

Alamat: Gerdu, Karangpandan, Kalongan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

8. Berpose di spot-spot instagramable di The Lawu Park

The Lawu Park
Image credit: berliandewirs

Berbagai hiburan menantimu di The Lawu Park ini. Kamu dapat memilih ingin melakukan petualangan dengan jip, trail, ATV, bermain aneka wahana outbound atau menonton 3D Cinema. Bayangkan asyiknya bermain di tengah udara sejuk dan Gunung Lawu sebagai latar belakang. Tidak perlu khawatir kalau sudah lelah bermain tapi malas pulang karena The Lawu Park juga menyediakan penginapan, mulai dari kemah hingga glamping. Lengkap banget, kan?

Alamat: Bulakrejo, Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 07.30 – 22.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

9. Berjalan menanjak ke Candi Cetho yang mengagumkan

Candi Cetho
Image credit: @erwindimas09

Candi Cetho ini terletak di Dusun Cetho dan dalam perjalanan menuju candi ini, kamu bisa melihat gunung-gunung di sekelilingnya. Ada Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan Gunung Lawu yang bisa membuatmu berdecak kagum.

candi Cetho
Image credit: @erdahu

Setibanya di candi, kamu dapat menjelajahi struktur bangunannya yang unik. Terdapat undakan-undakan yang pada mulanya berjumlah 14 undakan, namun yang dipugar hanya sampai 9 undakan. Dalam proses pemugaran candi Hindu ini, dibangun juga objek-objek tambahan seperti gapura besar dan patung-patung. Meskipun tidak asli, namun tetap keren untuk dilihat dan jadi latar fotomu.

Alamat: Ceto, RT.01/RW.03, Cetho, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

10. Menelusuri sejarah masa lalu di Candi Sukuh

candi Sukuh
Image credit: @ling_noiy

Menurut perkiraan para ahli, Candi Sukuh ini didirikan di akhir abad ke-15 Masehi. Terdiri dari tiga teras yang bersusun, ada anggapan bahwa tujuan dibangunnya Candi Sukuh adalah untuk meruwat. Ada pelataran dan gerbang-gerbang dengan banyak arca dan relief yang sarat sejarah. Jika datang di siang hari, kamu dapat menemukan kabut turun menyelimuti kawasan candi. Pendeknya, kalau kamu menggemari wisata budaya, Candi Sukuh ini wajib untuk dikunjungi!

Alamat: Tambak, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 3,000 IDR

11. Mendaki dan melihat pemandangan dari ketinggian Gunung Lawu

Gunung Lawu
Image credit: Wikimedia

Gunung berketinggian 3,265 mdpl ini terkenal indah banget. Ada empat jalur pendakian yang dibuka yaitu lewat Cemoro Kandang, Candi Cetho di Jawa Tengah atau Cemoro Sewu dan Singolangu di Jawa Timur. Dalam perjalanan ke puncaknya, kamu dapat menemukan Warung Mbok Yem yang kondang karena dianggap sebagai warung tertinggi di Indonesia. Unik kan?

Setelah mengisi perut di Warung Mbok Yem, kamu bisa melanjutkan perjalanan hingga tiba di tiga puncaknya yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan yang tertinggi adalah Hargo Dumilah. Sepanjang perjalanan naik atau turun gunung, kamu akan dibuat terpesona dengan kecantikan lereng-lereng gunung yang asri. Nggak akan terlupakan, deh!

Alamat: Gondosuli Kidul, Gondosuli, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 20,000 IDR

12. Bukit Paralayang Ngargoyoso yang bikin perasaan melayang

tempat wisata karanganyar
Image credit: @kijanglawu (kiri bawah) @setyo_rizky (kiri atas) dan @lubisjilani

Bukit ini akan makin mantap kalau dikunjungi pada sore hari atau menjelang matahari terbenam. Udara pegunungan yang sejuk dan lanskap kota Karanganyar dari ketinggian akan membuatmu terpana bila dikombinasikan dengan sensasi langit senja.

Sesuai namanya, Bukit Paralayang Ngargoyoso dimanfaatkan untuk berolahraga paralayang. Selain itu disediakan pula fasilitas berkemah yang akan bikin kamu puas menikmati waktu santai di sini. Akses ke bukit berketinggian 1,300 mdpl ini mudah dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua atau empat. Asyik banget untuk tempat kumpul bareng keluarga nih!

Alamat:  Segorogunung, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 3,000 IDR

13. Berbasah-basah ria di Tubing Goasari Ngargoyoso

tempat wisata karanganyar
Image credit: Resto & River Tubing

Nah, kalau mau seseruan di sungai, river tubing ini boleh kamu jajal. Di Resto & River Tubing, kamu bisa mendapatkan paket untuk tubing sejauh mulai dari 500 meter hingga 3 kilometer, dokumentasi dan makan kudapan. Arus sungai yang cukup deras bisa membuatmu berdebar-debar sehingga mungkin kamu nggak sadar kalau ternyata perjalanan tubing sudah selesai. Ajak gengmu mencoba river tubing dan bisa jadi pengalaman ini bakal kamu ingat terus!

Alamat:  Jl. Ngranten Wetan RT. 04, Puntuk, Puntukrejo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Buka: Senin – Sabtu pukul 08.30 – 17.00 WIB, Minggu pukul 08.30 – 21.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 60,000 IDR

14. Gunung Mongkrang yang bikin kamu mendaki tipis-tipis

Gunung Mongkrang | tempat wisata karanganyar
Image credit: dvandii_

Ingin melihat perbukitan hijau dan suasana dari ketinggian tapi nggak mau terlalu capek? Atau belum pernah mendaki jadi takut gagal muncak? Kalau ini yang kamu pikirkan, maka kamu perlu mencoba datang ke Gunung Mongkrang. Berketinggian 2,194 mdpl ini, Gunung Mongkrang ramah bagi pendaki karena medannya yang jelas dan mudah. Jika ingin mendaki sedikit saja, kamu dapat menemukan puncak pertama yaitu Bukit Candi I dan II. Tetapi ini bukan puncak sesungguhnya. Untuk tiba di puncak Gunung Mongkrang, kamu perlu mendaki lebih jauh dan butuh waktu antara 2-3 jam dari titik awal pendakian. Pilih yang mana nih?

Alamat:  Desa Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

15. Berkeliling mencari spot instagramable di Taman Hutan Raya Mangkunagoro

tempat wisata karanganyar
Image credit: suryomulyo6

Dari pintu gerbang, penampakan Taman Hutan Raya alias Tahura ini sudah menjanjikan pepohonan yang rimbun dan udara segar yang berlimpah. Kalau ingin berfoto-foto dengan nuansa alam nan apik, datang saja ke Tahura Mangkunagoro ini! Selain sebagai tempat rekreasi dan wisata di Karanganyar, Tahura ini juga menjadi tempat penelitian.

Bosan dengan pohon? Memasuki Tahura, kamu juga akan menemukan mata air atau sendang yang dinamai Sendang Raja, Air Terjun Parang Ijo, Goa Angin dan Goa Jepang. Wisata alam yang komplit dalam satu tempat ada di sini. Tahura Mangkunagoro juga tempat yang bagus untuk berwisata bareng keluarga karena dilengkapi dengan taman bermain anak-anak dan camping ground juga, lho!

Alamat:  Dusun Sukuh, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 3,000 IDR

16.  Bermain di Tenggir Park yang dikelilingi hutan pinus

Tenggir Park ini adalah taman hiburan yang punya banyak spot foto dan wahana. Ada taman bunga, rumah-rumahan honai dan sepeda layang yang bakal membuatmu deg-degan tapi seru.

Image credit: @jojomanifesto

Di rumah honai, kamu juga bisa menyewa kostum dan aksesoris khas Papua untuk berfoto sehingga hasil fotomu jadi lebih unik. Tenggir Park yang terletak di ketinggian ini terkadang diselimuti kabut yang bisa membuat suasana jadi semakin adem.

tempat wisata karanganyar
Image credit: @suryomulyo6

Alamat:  Tambak, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

17. Bukit Sekipan yang meriah dengan aneka miniatur

Bukit Sekipan | tempat wisata karanganyar
Image credit: Bukit Sekipan

Bagi penggemar spot foto-foto miniatur, Bukit Sekipan ini menanti untuk dikunjungi. Banyak miniatur-miniatur di dalamnya dan bakal membuatmu bingung memilih. Ada kapal pesiar yang bisa kamu naiki, miniatur rumah ala Belanda, menara Pisa, menara Eiffel dan masih banyak lagi. Beragam permainan yang dapat kamu coba di antaranya mini coaster, kora-kora, kursi terbang dan lain-lain. Tersedia juga penginapan mulai dari tipe small room hingga villa kalau kamu ingin bersenang-senang bersama keluarga besarmu.

Alamat:  Jl. Sekipan, Kramat, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 50,000 IDR

18. Angin semilir akan meniupmu di Lembah Sumilir

tempat wisata karanganyar
Image credit: maybeth.lie

Lembah Sumilir ini punya ikon Rumah Hobbit dan Taman Teletubbies yang menarik untuk dijadikan spot selfie. Untuk berfoto di salah satu balkonnya, kamu akan menaiki tangga dengan tanaman hijau yang rimbun dan bunga-bungaan di kiri kananmu. Di saat siang hari yang panas pun, suasana di salah satu tempat wisata ngehits di Karanganyar ini tetap terasa teduh dan sejuk. Fasilitas hammock tersedia kalau kamu ingin bersantai sejenak di sini. Setelah puas berfoto-foto, kamu dapat mencoba wahana ATV, memanah, outbound hingga kolam renang. Hubungi juga pengelola Lembah Sumilir jika kamu tertarik untuk berkemah di camping ground yang ada.

Alamat:  Dsn.Milir Desa, RT.01/RW.14, Sumbersari, Kemuning, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

19. Menambah pengetahuan di Rumah Atsiri yang menarik

Image credit: Rumah Atsiri Indonesia

Rumah Atsiri Indonesia ini menawarkan wisata edukatif yang unik seputar essential oil. Wisata yang tersedia misalnya tur aromatic garden, melihat museum essential oil, mengikuti workshop ilmiah dan makan di restoran dengan citarasa atsiri. Tempat seluas 23,660 meter persegi ini nyaman banget dan sudah tertata rapi sehingga kamu dijamin betah berlama-lama menghirup wewangian di sini. Kalau ingin membawa wewangian sebagai buah tangan, kamu juga bisa mengunjungi merchandise shop yang ada sebelum pulang.

Alamat:  Jl. Watusambang, Watusambang, Plumbon, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 50,000 IDR

20. Berpose di pesawat dan helikopter ala Taman Dirgantara Edupark

tempat wisata karanganyar
Image credit: tria_aja17

Taman ini dikenal juga dengan nama Edupark Intan Pari Karanganyar dan di dalamnya kamu dapat menemukan pesawat dan helikopter. Selain berfoto dari luar, kamu pun bisa masuk ke dalamnya. Pesawat yang ada unik karena diberi nama Lawu Air Karanganyar. Tidak hanya berfoto, kamu juga bisa berenang di sini untuk mengisi waktu senggangmu. Pilihlah waktu yang pas agar kamu bisa memperoleh latar yang keren untuk fotomu!

Alamat: Jl. Jend. Gatot Subroto, Beningrejo, Gaum, Kec. Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 7,000 IDR

21. Menjelajah bukit penuh sakura di Sakura Hills, Tawangmangu

Image credit: Sakura Hills Tawangmangu

Satu lagi tempat wisata ala Jepang di Indonesia yang bisa kamu kunjungi, yaitu Sakura Hills di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Destinasi ini baru diresmikan pada Desember 2019 dengan menghadirkan wana wisata Japan-themed. Mengusung konsep ala Jepang, pengunjung bakal melihat banyak bangunan khas Negeri Matahari Terbit ditampilkan, pun demikian dengan pohon sakura dan bunganya, serta penyewaan baju kimono. Kamu juga bisa beraksi layaknya ninja di Ninja Squad Outbound. Cosplay dengan baju samurai Jepang juga ada. Dijamin keren, lho!

Lokasi: Jl. Raya Matesih-Tawangmangu No.16, Gondosuli Kidul, Tawangmangu, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam operasional: Setiap hari, 9.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: 30,000 IDR per orang

Baca juga: 24 Destinasi Wisata Di Solo Dan Sekitarnya Yang Bisa Membuatmu Melupakan Jogja

Karanganyar memang serba ada, dengan modal keindahan alamnya banyak potensi dan tempat wisata yang bisa digali. Jangan lupa untuk menjelajah semua tempat wisata itu jika kamu berada di Karanganyar, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru