19 Destinasi Wisata Di Garut Yang Anti-Mainstream, Keren Dan Instagramwothy

Bingung liburan ke mana di akhir pekan ini? Bosan dengan wisata di Bogor dan Bandung yang itu-itu saja? Mengapa tidak mencoba mengunjungi destinasi wisata di Garut, yang ternyata tidak kalah keren dan istimewa?

Garut memang terkenal dengan dodolnya. Tapi daya tarik kota yang berjarak empat jam perjalanan darat dari Jakarta tersebut sangat melimpah, terutama keindahan alamnya. Keberadaan Gunung Papandayan dan Gunung Guntur membuat lanskap Garut begitu memesona, tidak bisa diabaikan begitu saja.

Karena alasan tersebut yang menjadikan Garut sebagai must visit places untuk liburan kamu berikutnya, terutama kamu yang mulai jenuh dengan wisata di Bandung dan Bogor. Tertarik menjelajahi kekayaan alam dan pesona yang ada, destinasi wisata di Garut ini bisa menjadi panduan untuk menjelajahi kota yang disebut Charlie Chaplin sebagai Swiss van Java. Cekidot, ya!

1. Lembah gunung yang menawan hati Karacak Valley

Image credit: @herculesega

Berada di lereng Gunung Karacak, di perbatasan Tasikmalaya dan Garut, Karacak Valley menjadi spot yang asyik untuk didatangi.

Bukan hanya karena nuansa alami yang ditawarkan, tapi juga pemandangan apik perkotaan dari kejauhan. Belum lagi hutan pinus yang mengelilingi perkebunan kopi yang terlihat begitu indah.

Lokasi: Jalan Karacak Valley, Margawati, Garut Kota, Sukanegla, Garut Kota, Kabupaten Garut
Harga tiket: 10,000 IDR untuk dewasa dan 5,000 IDR untuk anak-anak

2. Curug yang Instagenik Curug Rahong

Image credit: @taufik_itsmylife

Alam Garut memang istimewa, terutama bila berbicara keindahan curug yang ada. Salah satu yang menyita perhatian adalah Curug Rahong.

Image credit: @ramdanauthentic

Berada di lingkungan yang asri dan alami, Curug Rahong juga menjadi destinasi wisata di Garut yang cukup Instagenik. Aliran air yang dibelah oleh batu saat jatuh ke pelimpahan menjadikan pemandangan yang keren di bingkai foto kamu. Airnya yang jernih juga menambah alasan untuk bersenang-senang di dalamnya.

Lokasi: Sukajaya, Cisewu, Kabupaten Garut
Harga tiket: gratis

3. Keindahan yang tersembunyi Curug Jaga Pati

Image credit: @irpannurzaman22

Curug Jaga Pati menjadi salah satu keindahan yang tersembunyi yang tersaji di alam Garut. Air terjun yang elok dan berkelok itu menyajikan pemandangan yang istimewa.

Image credit: @ynnarfnr_

Curug ini memiliki setidaknya tiga level jatuhan air, semuanya juga bisa dinikmati dari kejauhan. Tidak hanya menawarkan rasa adem di hati bagi yang menikmatinya, Curug Jaga Pati juga memberikan kehidupan bagi lingkungan di sekitarnya karena menjadi sumber penghidupan di sepanjang alirannya.

Lokasi: Neglasari, Cisompet, Garut
Harga tiket: Gratis

4. Pantai tanpa pasir yang indah Pantai Puncak Guha

Image credit: @wintalstn

Ya, kamu akan kesulitan menemukan pantai berpasir putih atau hitam di destinasi wisata di Garut ini, karena memang spot yang dimaksud adalah tebing tinggi dengan pemandangan Laut Selatan.

Dari sini, kamu bisa menikmati luasnya Samudera Hindia dan ombak yang menggelegar. Tiupan angin khas Laut Selatan juga menjadi warna-warni yang bisa kamu rasakan. Momen terbaik adalah menjelang sore, ketika matahari menuju ke peraduannya. Syahdu banget!

Lokasi: Sinarjaya, Bungbulang, Purbayani, Caringin, Kabupaten Garut
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

5. Leuwi dengan background ciamik Leuwi Korsi

Image credit: @annisaanf_

Bagi selebgram yang juga petualang, Leuwi Korsi bisa menjadi destinasi wisata di Garut yang harus kamu kunjungi. Bukan hanya memberikan tantangan tersendiri untuk mencapainya, tapi juga menawarkan spot yang Instagramworthy.

Image credit: @rahmatkurniawan17

Perpaduan pemandangan air sungai berwarna biru dengan background bebatuan yang unik dan menarik, berpola columnar joint dengan bentuk heksagonal dan berkolom-kolom, menjadi panorama yang tidak akan kamu temukan di mana pun selain di sini.

Lokasi: Desa Bungbulang, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut
Harga tiket: Gratis

6. Nuansa hutan pinus yang asyik Kamojang Ecopark

Image credit: @jfrmml

Nuansa alam natural memang menyuguhkan pemandangan yang asyik, tapi destinasi wisata di Garut yang di-setup oleh warganya juga tidak kalah menarik. Salah satunya adalah Kamojang Ecopark.

Image credit: @bryanbugara

Berada di kawasan hutan pinus wilayah Samarang, Kamojang Ecopark menawarkan beragam fasilitas penghilang stres, mulai dari udara yang sejuk, pemandangan yang istimewa dan spot berselfie yang variatif. Tertarik berkunjung?

Lokasi: Jl. Samarang Garut, Cisarua, Samarang, Kabupaten Garut
Harga tiket: 15,000 IDR per orang

7. Kemegahan yang tidak terelakkan Curug Sanghyang Taraje

Image credit: @edho_ft

Mendengarkan jatuhnya air dari kejauhan saja kamu sudah menebak kemegahan Curug Sanghyang Taraje ini, dan melihatnya langsung dengan mata kepala sendiri menjadi penegasnya.

Image credit: @rezamaulanamalik

Curug ini ‘menumpahkan’ debit air dalam jumlah besar, terutama di musim penghujan. Karenanya, bukan hal yang aman berenang di bawahnya. Apalagi ketinggian air terjun mencapai puluhan meter. Untuk menikmatinya, kamu bisa melihat dari bukit di seberang dengan nuansa yang sejuk dan asyik untuk bersantai.

Image credit: @sdverdana

Lokasi: Kp. Kombongan, Pakenjeng, Pamulihan, Kabupaten Garut
Harga tiket: 6,000 IDR per orang

8. Menelusuri kealamian di Garut Selatan Curug Nyogong

Image credit: @yola_astuti

Tidak sulit menemukan spot asyik menikmati keindahan alam dan nuansa yang natural di Garut. Salah satu yang bisa kamu tuju adalah di Curug Nyogong.

Image credit: @darnet78

Pemandangan aliran air dari sungai Cisanggiri yang berbelok melewati bebatuan besar sebelum jatuh ke pelimpahan menjadi main attraction curug ini. Sementara kemegahannya tidak usah ditanya lagi, pun demikian dengan keindahan alam di sekitarnya. Kamu bisa menikmati atmosfer yang betul-betul asyik untuk menghabiskan waktu di tempat ini.

Lokasi: Kp. Sawahpasir, Mekarwangi, Cihurip, Mekarwangi, Cihurip, Kabupaten Garut
Harga tiket: Gratis

9. Sekadar menjauh dari keramaian Pamulihan, Garut

Image credit: @aklampk_

Sejatinya Pamulihan merupakan nama satu kecamatan di Garut, namun banyak sekali keindahan yang ditawarkan di sejumlah tempat, termasuk di antaranya kebun teh di wilayah Panawa.

Destinasi wisata di Garut ini bahkan bisa direkomendasikan menjadi tempat untuk melarikan diri dari kegaduhan perkotaan. Udara yang sejuk dan alami serta atmosfer yang tenang dengan pemandangan alam yang luar biasa indah dijamin akan membangkitkan mood positif kamu.

Lokasi: Kecamatan Pamuliihan, Kabupaten Garut
Harga tiket: Gratis

10. Kolam setan yang mengesankan Leuwi Jurig

Image credit: @virgass

Kata setan identik dengan keburukan, tapi Leuwi Jurig membalikkan itu semua. Kolam dengan aliran sungai alami ini menghadirkan pemandangan yang istimewa dan Instagramworthy.

Image credit: @moodheads

Air jernih di antara bebatuan raksasa menjadikan destinasi wisata di Garut ini cukup ngehits di kalangan traveler Zaman Now. Tidak sekadar menjadi tempat bermain air, Leuwi Jurig juga pernah dijadikan spot untuk foto prewedding.

Lokasi: Cihikeu, Bungbulang, Kabupaten Garut
Harga tiket: Gratis

11. Kolam kecil yang menawan hati Leuwi Jubleg

Image credit: @mohammadervan

Hal yang kecil juga bisa membuat hati tersandera karena kekaguman. Di Leuwi Jubleg, bersiaplah untuk ‘menyerahkan hatimu’.

Bukan hanya menawarkan keindahan dari panorama kolam kecil di tengah bebatuan besar dengan curug kecil di salah satu sisinya, curug ini juga menawarkan atmosfer santai dan adem yang menenangkan. Belum lagi airnya yang jernih, mengundang kamu untuk mandi.

Lokasi: Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut
Harga tiket: Gratis

12. Curug kembar yang tersembunyi Curug Ciarjuna

Image credit: @eruh13

Dibutuhkan usaha ekstra untuk bisa mengunjungi destinasi wisata di Garut yang satu ini, namun sesampainya di lokasi, keindahan dan kealamian yang ditawarkan akan membayar lunas kelelahan kamu.

Image credit: @ruangtertawa_

Curug ini terbentuk dari beberapa curug tinggi yang airnya memancar dari bebatuan di dinding tebing. Ada pula satu curug utama yang debit airnya cukup besar, yang kemudian menghasilkan dua terjunan di bagian akhir. Dengan udara yang sejuk dan panorama alam yang asri, bersantai di sini sangat direkomendasikan.

Lokasi: Panawa, Pamulihan, Kabupaten Garut
Harga tiket: Gratis

13. Ngopi asyik di spot Instagenik Taman Kopi Cisurupan

Image credit: @hokusfokusphotography

Taman kopi Cisurupan menjadi salah satu destinasi wisata di Garut yang wajib dikunjungi bagi penggemar kopi, yang sekaligus ingin mengajak orang-orang terdekatnya berwisata.

Image credit: @selviaanr

Kafe bernuansa modern retro ini tidak hanya menawarkan kopi dengan cita rasa berkelas, tapi juga kesempatan untuk bermain dan berwisata dengan wahana playground dan spot selfie di sejumlah lokasi. Beberapa di antaranya Instagenik banget, lho!

Image credit: @tamankopicisurupan

Lokasi: Jalan Raya Cisurupan KM 18, Balewangi, Cisurupan, Garut
Harga tiket: Gratis

14. Air terjun yang ada dan tiada Curug Mala

Image credit: @ali_babah83

Curug ini cukup unik. Pasalnya, curug yang juga dikenal sebagai Curug Cikawung ini hanya mencurahkan airnya tergantung pada cuaca lingkungannya.

Jika musim panas dan kering, jangan harap bisa menyaksikan keindahan curug ini. Sebaliknya, Curug Mala menjadi begitu fenomenal karena keistimewaan yang disuguhkan, bukan hanya curugnya memiliki beberapa level ketinggian, tapi juga debit air yang deras, yang menghadirkan pemandangan yang eksotis.

Lokasi: Desa Girimukti Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut
Harga tiket: Gratis

15. Hutan yang Instagrammable Hutan Mati Gunung Papandayan

Image credit: @winabugi

Siapa yang menyangka ratusan batang pohon kering tanpa daun, yang berada di tanah gersang di lereng Gunung Papandayan bisa begitu Instagenik?

Image credit: @uya.chuya

Itulah pemandangan yang ditawarkan di Hutan Mati Papandayan. Nuansa kering, namun eksotis kerap dijadikan spot foto bagi sejumlah orang dan pasangan untuk momen spesial mereka.

Lokasi: Karamat Wangi, Cisurupan, Garut
Harga tiket: Gratis

16. Kawah Putihnya Garut Kawah Talaga Bodas

Image credit: @angsamaritim_

Eksotisme Kawah Putih di Bandung juga dimiliki Garut dengan Kawah Talaga Bodasnya. Saking keren dan uniknya pemandangan di sana, tidak sedikit pasangan pranikah menjadikan destinasi wisata di Garut ini sebagai lokasi foto prewedding.

Image credit: @asfmttwry

Tidak hanya menawarkan pemandangan yang asri, Kawah Talaga Bodas juga memiliki kolam semi-infinity pool dengan air hangat. Kapan lagi bersantai menikmati pemandangan yang luar biasa sembari bersantai di kolam air panas?

Image credit: @ochella

Lokasi: Wanajaya, Jalan Telaga Bodas No.5, Sukamenak, Wanaraja, Kabupaten Garut
Harga tiket: 9.500 IDR per orang

17. Curug dengan dinding yang Instagenik Curug Batu Nyusun

Image credit: @juhana_juh

Sebagaimana air terjun lain di Garut, Curug Batu Nyusun juga menawarkan panorama alam yang natural dengan atmosfer yang menyegarkan.

Yang membedakan adalah dinding tebing yang memiliki bentuk dan tekstur yang tidak biasa, seperti tumpukan batu vertikal. Dengan debit air yang tidak cukup deras, pemandangan yang tersaji pun mengesankan.

Lokasi: Kp. Cikuda, Desa Pangrumasan, Kecamatan Peundeuy, Kabupaten Garut
Harga tiket: Gratis

18. Keindahan di pelosok Garut Curug Cibadak

Image credit: @aghaniramadhan

Bermodal aliran sungai Cibadak, destinasi wisata di Garut ini menawarkan pemandangan yang asri dan menawan hati. Curug dengan dua tingkatan air terjun ini juga memberikan atmosfer yang sejuk, pas untuk bersantai.

Karena panorama alam yang natural dan juga indah, Curug Cibadak bisa menjadi destinasi yang asyik untuk bersantai, bermain air bahkan berfoto selfie.

Lokasi: Desa Cisangkal, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut
Harga tiket: 10,000 IDR per orang

19. Menjelajah gunung nan angker tapi memesona Gunung Cikuray

Image credit: @rizkysdxiiq

Banyak misteri dan mitos horor yang membayangi Gunung Cikuray. Padahal, panorama keindahan yang ditawarkan begitu memesona dan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Image credit: @chaniagosaputra

Dari puncaknya, kamu bisa melemparkan pandangan dan menikmati lanskap kota Garut yang aduhai. Atmosfer yang juga sejuk dan menenangkan menambah eksotisme untuk bisa berada di spot ini.

Lokasi: Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut
Harga tiket: Gratis

Baca juga: 10 Pemandian Air Panas di Indonesia Untuk Menyegarkan Tubuhmu

Punya destinasi wisata di Garut lainnya yang layak masuk dalam daftar anti-mainstream, keren dan Instagramworthy ini? Mengapa tidak mengh-share dengan tagar #TripZillaTraveller untuk kesempatan difitur di IG TripZilla Indonesia.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru