5 Destinasi Wisata di Vietnam yang Tidak Boleh Dilewatkan

Artikel ini diterjemahkan dari versi bahasa Inggris ini. Read the English version here.

Saya menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di Vietnam ketika memasuki perbatasan timur laut negara ini. Saat itu, saya sedang menaiki bus menuju ke Hanoi dari Nanning, Cina. Pemandangan sekitar yang menjadi lebih asri dan tropis sepanjang perjalanan menuju ke arah selatan membuat saya tidak sabar untuk segera berwisata di Vietnam.

Saya teringat bagaimana langit masih tampak gelap di pagi buta ketika saya tiba di perbatasan Vietnam. Walaupun saya pernah diperingatkan tentang petugas imigrasi yang galak di sini, proses imigrasi untungnya berjalan lancar! Selain harus mengantri panjang dan membawa turun semua koper dari bus, tidak ada hal lain yang bisa menghalangi kegembiraan saya untuk menjelajahi Vietnam yang sudah sampai di depan mata.

Sejak saat itu, Vietnam selalu menjadi destinasi wisata yang spesial bagi saya. Banyak lokasi indah yang wajib dikujungi dan pengalaman menarik yang harus dilakukan di sini. Berikut ini adalah 5 destinasi wisata di Vietnam yang tidak boleh kamu lewatkan dan rekomendasi aktivitas yang bisa kamu lakukan di sana!

1. Hoi An

Image credit: xiquinhosilva

Hoi An adalah destinasi wisata yang sedang naik daun di wilayah pesisir Vietnam Tengah. Perpaduan unik hasil peninggalan masa kejayaan kota ini sebagai pelabuhan perdagangan di abad ke-15 hingga ke-19 menjadi daya tarik yang mengundang kunjungan wisatawan mancanegara. Di kota tua Hoi An, kamu bisa melihat jejak peninggalan kota pelabuhan yang masih terawat baik. Kamu juga tidak boleh melewatkan kesempatan untuk menikmati jalanan Hoi An yang dihiasi lampion indah dan warna-warni pada malam hari.

Datang ke sini jika… Kamu suka menjelajahi kota tua yang santai dengan keragaman budayanya.

Jangan datang jika… Kamu membutuhkan suasana modern dan laju kehidupan yang cepat.

Pengalaman yang tidak boleh dilewatkan…

  1. Mengunjungi Kota Tua Hoi An yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Telusuri jalanan tua, toko-toko kecil serta rumah tua di sini. Sempatkan juga untuk mengunjungi Japanese Bridge yang bersejarah dan ikonik!
  2. Memesan pakaian, sepatu atau tas di salah satu toko penjahit di kota. Hoi An memiliki budaya penjahit yang khas dengan lebih dari dua ratus penjahit yang masih beroperasi di sini.
  3. Bersepeda ke Pulau Cam Nam yang tenang. Kamu bisa menghindari hiruk pikuk kota Hoi An dengan berkeliling di pulau yang tenang ini.

2. Ho Chi Minh City

Ho Chi Minh City (Saigon) adalah salah satu destinasi wisata di Vietnam yang paling sering dikunjungi. Kamu bisa melihat bagaimana gedung-gedung pencakar langit yang modern saling berdampingan dengan arsitektur tua peninggalan zaman kolonial Perancis. Kota ini menawarkan beragam pilihan aktivitas bagi semua jenis wisatawan, mulai dari toko trendi dan museum bersejarah hingga makanan lezat dan kafe untuk nongkrong sore. Bagi kamu yang ingin mengunjungi Terowongan Cu Chi dan Delta Sungai Mekong, kamu bisa menjadikan Ho Chi Minh City sebagai kota persinggahanmu.

Datang ke sini jika… Kamu menyukai kota yang ramai dan memiliki perpaduan khas antara arsitektur klasik dan modern.

Jangan datang jika… Kamu membenci jalanan ramai yang dipenuhi sepeda motor.

Pengalaman yang tidak boleh dilewatkan…

  1. Museum Sisa Perang (War Remnants Museum) adalah salah satu museum yang paling sering dikunjungi di Vietnam. Kamu bisa mempelajari sejarah kelam Perang Vietnam di sini.
  2. Berbelanja dan mencoba hidangan lokal yang lezat di Pasar Ben Thanh. Pasar ini sangat populer di kalangan turis sehingga kamu harus siap menghadapi keramaian di sini ya!
  3. Kantor Pos Pusat adalah salah satu gedung indah yang bergaya khas Perancis di pusat kota. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi interiur gedung yang tidak kalah menakjubkan dengan tampilan luarnya ini!

Baca Juga: 7 Itinerary Vietnam Terbaik untuk Libur Natal dan Tahun Baru

3. Sapa

Kota Sapa yang terletak di daerah pegunungan Vietnam Utara ini memiliki pemandangan yang tenteram dan dikelilingi oleh desa-desa yang didiami oleh berbagai etnis minoritas. Meskipun kota ini lebih jarang dikunjungi jika dibandingkan dengan Ho Chi Minh City dan Hanoi yang terkenal, Sapa merupakan destinasi wisata di Vietnam yang paling cocok bagi kamu yang ingin melakukan pendakian. Kamu bisa menikmati pemandangan gunung yang indah, sawah berteras yang memukau dan cuaca yang sejuk di sini!

Datang ke sini jika… Kamu menyukai pemandangan alam dan ingin memperoleh pengalaman selain travelling di kota.

Jangan datang jika… Kamu menginginkan sinar matahari, pasir dan laut di lokasi ini.

Pengalaman yang tidak boleh dilewatkan…

  1. Mendaki ke puncak Gunung Fansipan yang merupakan gunung tertinggi di daerah Indocina dan menikmati pemandangan menakjubkan dari sana. Sebagai alternatif, kamu juga bisa menaiki kereta gantung untuk menikmati pemandangan ini.
  2. Menyusuri hutan dan singgah di Air Terjun Cinta (Love Waterfall). Jangan lupa untuk membawa pakaian renangmu ya kalau kamu ingin bermain air di sini!
  3. Mengunjungi penduduk setempat – suku Hmong dan suku Dao di Ta Phin, sebuah desa kecil di luar kota Sapa. Kamu bisa mengamati kehidupan sehari-hari penduduk desa ketika mereka sedang memanen di ladang, memasak dan juga menenun pakaian tradisional mereka. Bahkan, kamu juga bisa ikut melakukan aktivitas tersebut dengan mereka loh!

4. Hue

Image credit: Daniel Mennerich

Hue adalah pusat pemerintahan kerajaan terakhir di Vietnam yakni Dinasti Nguyen dan juga merupakan ibukota Vietnam dari tahun 1802 sampai 1945. Kota bersejarah yang dilintasi Sungai Perfume di Vietnam Utara ini memiliki banyak tempat-tempat menarik seperti benteng kerajaan Imperial Citadel yang harus kamu kunjungi. Meskipun tidak sepopuler kota lain, Hue merupakan destinasi wisata di Vietnam yang tidak boleh kamu lewatkan!

Datang ke sini jika… Kamu suka menjelajahi situs peninggalan bersejarah dan ingin mempelajari sejarah Vietnam secara mendalam.

Jangan datang jika… Kamu menganggap sejarah dan alam itu membosankan.

Pengalaman yang tidak boleh dilewatkan…

  1. Mengunjungi Kota Kerajaan (Imperial City) di Hue yang besar dan indah. Kamu bisa menjelajahi benteng kota ini dan mengamati gedung-gedung peninggalan bersejarah di sini.
  2. Di kota ini, terdapat tujuh Makam Kerajaan (Imperial Tombs) yang bisa kamu kunjungi. Dua makam yang paling populer di sini adalah Makam Raja Minh Mang and Khai Dinh.
  3. Jangan lewatkan kunjungan ke Pagoda Thien Mu. Kamu bisa memanjat tangga hingga ke puncak pagoda ini dan menikmati pemandangan Sungai Perfume yang tenang.

Baca Juga: 18 Destinasi Wisata Terbaik Tahun 2018 Versi TripZilla

5. Hanoi

Destinasi wisata di Vietnam yang tidak boleh kamu lewatkan adalah ibukota Vietnam yang menawan – Hanoi. Arsitektur bergaya Perancis dengan balkon-balkon cantik yang menghadap ke jalan menghiasi berbagai sudut kota ini. Kamu bisa menemukan daerah ramai yang sibuk dan juga daerah sepi yang ditumbuhi pepohonan di kota ini. Satu aktivitas yang wajib kamu lakukan adalah menikmati makanan lezat dengan harga terjangkau di Hanoi. Kota ini menawarkan beragam aktivitas mulai dari shopping, makan, minum hingga objek wisata menarik yang bisa kamu datangi.

Datang ke sini jika… Kamu ingin menjelajahi kota yang ramai dan mengunjungi bangunan-bangunan indah.

Jangan datang jika… Kamu tidak suka berjalan-jalan di kota dan mencoba makanan lokal.

Pengalaman yang tidak boleh dilewatkan…

  1. Menjelajahi Kota Tua yang dipenuhi kafe, restoran dan beragam jenis toko. Kamu juga bisa menikmati semangkuk pho dan secangkir kopi khas Vietnam sambil mengamati kesibukan kota Hanoi di sini.
  2. Berjalan santai menyusuri Danau Hoan Kiem (Danau Pedang). Danau bersejarah yang indah ini sering dikunjungi oleh penduduk setempat dan wisatawan terutama di akhir pekan.
  3. Mengikuti misa di Katedral St. Joseph dan mendengarkan nyanyian paduan suara yang merdu di gereja yang indah ini.

Baca Juga: 10 Jalur Pendakian Terindah di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

Tentunya masih banyak lagi tempat-tempat menakjubkan yang bisa kamu kunjungi di Vietnam. Bagi kamu yang belum pernah ke Vietnam, 5 destinasi wisata di Vietnam ini bisa dijadikan sebagai inspirasi untuk merencanakan penjelajahanmu di negara ini! Selamat berpetualang!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

8 Tempat Terkeren di Eropa yang Wajib Dikunjungi Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Ingin mempercantik instagram kamu atau melihat keindahan Eropa secara langsung? 8 tempat terkeren di Eropa ini wajib kamu kunjungi sekali seumur hidup!

22 Destinasi Wisata di Bengkulu Yang Akan Membuatmu Jatuh Cinta

Jalan-jalan ke Bengkulu jangan hanya lihat bunga raksasa. Ada 22 destinasi wisata di Bengkulu yang wajib kamu kunjungi.Keindahannya bisa bikin jatuh cinta!

9 Tempat Wisata Di Nusa Penida, Bali Dengan View Keren

Kalau ke Bali, wajib mampir ke Nusa Penida. Yuk simak 9 tempat wisata di Nusa Penida cantik dan instaworthy ini!

Artikel Terbaru

Hotel Di Ho Chi Minh City, 14 Pilihan Penginapan Yang Cozy

Hotel di Ho Chi Minh City ini bisa jadi pilihan seru untuk akomodasi liburan di Vietnam.

Wisata Hanoi, Aktivitas Menyenangkan Untuk Kunjungan Pertamamu

Kamu akan mendapatkan pengalaman yang sepenuhnya baru jika liburan ke Hanoi. Tak percaya? Well, kamu harus merasakannya langsung!

Hotel Di Hanoi Untuk Akomodasi Dan Penginapan Liburan Kamu

Sudahlah instagramable, hotel di Hanoi dalam daftar ini juga relatif terjangkau!