12 Destinasi Wisata Kota Kupang dan Sekitarnya, Hidden Gem Di Timur Indonesia

Eksotisme kepulauan di wilayah timur Indonesia seolah tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Sebut saja Pulau Sumba yang sedang naik daun, tidak ketinggalan pula Pulau Komodo yang menawarkan pesona wisata di alam liar. Nah, selain dua pulau tersebut ada juga nih destinasi wisata baru wilayah timur Indonesia yang mulai beranjak populer. Tidak lain dan tidak bukan adalah Kota Kupang.

Kupang merupakan nama kabupaten dan kotamadya sekaligus ibukota dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Lokasinya berada di sisi barat Pulau Timor yang berdekatan dengan Pulau Rote. Tidak kalah dengan pulau-pulau lain di wilayah NTT yang lebih dahulu populer, Kupang juga menawarkan destinasi wisata yang tidak kalah menariknya. Mau tau tempat mana saja yang harus kamu datangi saat ke Kupang? Yuk, baca ulasan lengkapnya di bawah ini ya.

1. Goa Dengan Aliran Air Sebening Kristal, Goa Kristal

Image credit: @raisahnatalia (kiri), @teddyanggara (kanan

Jangan bayangkan lokasi goa kristal ini jauh dari area perkotaan ya. Sebaliknya, goa ini hanya berjarak sekitar 30 menit dari pusat kota Kupang dan berada di belakang suatu areal perumahan. Dari luar, bibir goa lebih menyerupai lubang kecil di antara semak-semak. Namun ketika masuk ke dalamnya kamu akan disuguhi pemandangan kolam air tawar sebening kristal yang luar biasa indahnya.

Untuk bisa masuk ke goa kristal ini kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis. Ketika masuk ke dalam goa, kamu perlu berhati-hati ya karena pijakan batuannya sedikit licin akibat kondisi goa yang lembab. Jangan ragu untuk berenang, karena kolam goa kristal ini seolah menjadi oase di tengah teriknya matahari di kota Kupang.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

2. Pantai Dengan Pohon Lontar Seperti Di California, Pantai Lasiana

Image credit: @revinatista (kiri), @kevin_mangi1902 (kanan)

Sebagai kota yang lokasinya berdekatan dengan wilayah perairan, tidak heran jika Kupang memiliki banyak objek wisata pantai yang mempesona, salah satunya adalah Pantai Lasiana. Pantai ini dapat ditempuh dengan 15 menit perjalanan dari kota Kupang dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum setempat.

Keindahan Pantai Lasiana bukan hanya dari pasir putih dan jernihnya air pantai tapi juga dari deretan pohon lontar tua yang membuat pantai ini makin instagenik. Hanya dengan membayar 2,000 IDR per orang kamu bisa menikmati keindahan Pantai Lasiana. Fasilitas yang disediakan di pantai ini juga sudah lengkap meliputi tempat makan, homestay dan sarana MCK. Tunggulah hingga menjelang senja, maka kamu akan mendapatkan pemandangan senja yang spektakuler.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

3. Menikmati Senja Bersama Anak-anak Muda Kupang, Pantai Oesapa

Image credit: @eryradixa (kiri), @arrierichardus (kanan)

Tidak jauh dari Pantai Lasiana, ada Pantai Oesapa yang lebih ramai dikunjungi warga setempat untuk berwisata. Di sini kamu akan banyak dimanjakan dengan jajanan kuliner lokal yang unik. Selain itu areal pantainya juga disulap jadi tempat nongkrong yang unik dengan gazebo dan kursi warna warni.

Alunan musik dan sedapnya aroma jajanan di pinggir pantai akan membuatmu betah berlama-lama di sini. Tidak heran jika pantai ini jadi destinasi favorit anak muda Kupang untuk menghabiskan sore dan menunggu senja.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

4. Surga Para Pemancing, Pantai Tablolong

Image credit: @kdkgunawan (kiri), @raditaklis (kanan)

Tablolong dikenal sebagai penghasil rumput laut terbesar di NTT. Kondisi pantainya yang masih perawan membuat pantai ini sangat cocok dikunjungi untuk menikmati ketenangannya. Kamu bisa memanjakan diri sambil menikmati angin sepoi-sepoi di dalam lopo (gazebo) yang berada di sekitar pantai. Lokasinya yang tepat berada di seberang Pulau Semau membuatnya jadi tempat para ikan berlindung ketika sedang ada badai di lautan. Tidak heran bila pantai ini dijadikan tempat favorit para pemancing.

Banyak juga para wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahan alam bawah laut Pantai Tablolong. Untuk menuju ke sini akses jalannya sudah beraspal halus namun kamu harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa ojek maupun mobil. Jaraknya sekitar 1 hingga 1.5 jam dari pusat kota Kupang. Meski cukup jauh dari pusat kota, namun keindahan pantainya dijamin bikin kamu tidak menyesal berkunjung ke pantai ini.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

5. Oase Kesejukan Di Kota Kupang, Air Terjun Oenesu

Image credit: @kdkgunawan

Kota Kupang yang panas dan kering seolah tersegarkan dengan keberadaan air terjun Oenesu. Jaraknya hanya 30 menit dari pusat kota. Di sini kamu seolah menemukan sisi lain kota Kupang. Air terjun Oenesu memiliki empat tingkat dengan kolam-kolam alami yang terbentuk di sela-sela tingkatnya.

Di sekitar air terjun kamu bisa menikmati hijaunya aneka tanaman dan pepohonan rindang yang menyejukkan. Tidak perlu ragu untuk berendam di kolam air terjunnya karena fasilitas MCK sudah tersedia. Jika tidak ingin berendam, kamu bisa menikmati gemericik air dan sejuknya suasana di atas gazebo dan jembatan kecil yang dibangun khusus untuk para wisatawan. Asyik sekali bukan?

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

6. Bukit Di Atas Goa, Bukit Cinta

Image credit: @nekynitbani

Tidak jauh dari Bandara El Tari, Kupang terdapat sebuah bukit berbatu yang dinamakan Bukit Cinta. Bukit ini memang unik karena ternyata berada di atas kumpulan goa-goa kecil peninggalan penjajah Belanda. Goa ini konon katanya terhubung dengan goa Jepang yang berada di Pantai Lasiana. Wow, keren sekali ya.

Waktu favorit untuk mengunjungi bukit ini adalah sore hari dimana matahari sudah tidak terlalu terik. Bukit ini memiliki hamparan rumput menghijau yang luas dengan beberapa pohon yang berdiri tegak di antaranya. Dari atas bukit ini kamu bisa menikmati pemandangan kota Kupang dengan leluasa.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

7. Panjat Tebing Untuk Yang Berani, Gunung Fatule’u

Image credit: @calvincornelis (kiri), @ichahidayat24 (kanan)

Fatule’u dalam bahasa lokal Dawan artinya batu keramat. Konon, banyak peristiwa penting di Indonesia yang dapat diramalkan oleh batu keramat ini dengan adanya longsoran batu dari dinding puncaknya. Bukit batu ini tingginya mencapai 1.111 mdpl lho, seram juga ya.

Jika kamu berani, kamu bisa mendaki gunung ini dengan bantuan guide warga setempat. Lelah mendaki gunung Fatule’u akan terbayar dengan pemandangan indah di atas puncaknya. Gunung Fatule’u hanya dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi melewati jalan beraspal ke arah kota So’e. Kamu tidak perlu takut kelaparan, karena di kaki gunung terdapat beberapa warung untuk beristirahat.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

8. Bercengkrama Dengan Monyet Ramah, Taman Rekreasi Goa Monyet

Image credit: @em_motret

Bukan hanya di Ubud, Kamu juga bisa menjumpai area taman rekreasi yang dihuni banyak monyet di Kupang. Dulu, kurang lebih tiga ratus monyet dari empat kelompok berbeda tinggal di area taman. Meski kini jumlahnya semakin berkurang, namun taman rekreasi goa monyet ini tetap jadi tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika di Kupang.

Monyet-monyet di sini pun cukup ramah, mereka tidak suka mengganggu kedatangan para wisatawan. Kamu juga bisa memberi makan monyet-monyet ramah ini dengan buah dan kacang-kacangan. Tidak hanya bercengkrama dengan monyet-monyet yang ramah, kamu juga dapat bersantai menikmati area taman yang asri. Di sekitar taman juga terdapat beberapa goa peninggalan penjajah Jepang.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

9. Padang Savana di Pantai, Pantai Namosain

Image credit: @kakanona17

Kalau biasanya padang savana bisa kamu temukan di area perbukitan, lain halnya dengan padang savana yang ada di Kupang. Di sekitar area batu karang pantai Namosain, kamu bisa mendapati padang savana luas yang indah.

Pemandangan savana dan hamparan air laut dari Pantai Namosain merupakan perpaduan yang indah. Apalagi jika waktu senja tiba, suasana padang savana yang semakin syahdu dijamin akan membuatmu tidak ingin pulang.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

10. Indahnya Pemandangan Teluk Kupang Dari Pantai Batu Nona (Pantai Nunsui)

Image credit: @rereanindita

Pantai dengan batuan karang di bibir pantai memang cukup banyak ditemui di pantai sekitar Kota Kupang; namun bagaimana jika batu karangnya menyerupai seorang Nona? Inilah keunikan yang bisa kamu temui ketika berkunjung ke Pantai Batu Nona atau Pantai Nunsui. Lokasinya sangat dekat dengan bandara membuat wisata pantai ini kerap dikunjungi orang-orang yang akan transit menuju Pulau Alor.

Alkisah dulu ada seorang nona yang patah hati lalu bunuh diri dengan terjun dari tebing. Jasadnya tidak ditemukan namun tiba-tiba muncul batu karang yang berdiri layaknya seorang nona. Batuan yang asli ini telah terkikis air sehingga akhirnya diganti dengan patung nona di atas batu karang untuk mengenang legenda tersebut. Unik sekali bukan?

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

11. Pantai Batu Berwarna Unik, Pantai Kolbano

Image credit: @harridaryanto (kiri), @kdkgunawan (kanan)

Pantai yang satu ini keunikannya sudah diakui oleh dunia internasional lho. Beberapa media internasional seperti National Geographic memberikan ulasan khusus tentang Pantai Kolbano dan keunikannya. Pantai ini memang sudah berada di luar kotamadya maupun kabupaten Kupang, namun keindahannya membuat siapa saja yang berkunjung ke Kupang wajib mampir kemari.

Perjalanan menuju pantai ini dapat ditempuh selama 3 hingga 4 jam dengan kendaraan pribadi maupun sewaan dari pusat Kota Kupang. Pantai Kolbano ini sangat unik karena tidak memiliki pasir melainkan kerikil warna warni yang unik. Selain itu, air pantainya tidak berwarna biru jernih melainkan biru susu. Keindahan pantai ini dapat kamu nikmati secara gratis. Dari kejauhan kamu bisa melihat nelayan tradisional yang menangkap ikan. Sungguh sebuah pemandangan yang damai dan tidak mungkin bisa kamu lupakan dari timur Indonesia.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

12. Padang Pasir Ala Gurun Sahara Di Pantai Oetune

Image credit: @ernez88

Kalau sudah sampai di Pantai Kolbano maka berjalanlah sedikit ke arah barat daya menuju Pantai Oetune. Pantainya yang memiliki pasir putih yang halus serta deburan ombak yang mengagumkan.  

Tidak jauh dari area pantai kamu akan dimanjakan dengan pemandangan padang pasir ala gurun sahara yang tidak ada duanya di Indonesia. Karena padang pasir ini belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan, maka keasliannya masih terjaga dengan baik. Angin yang menerpa pantai membuat kelokan-kelokan unik di padang pasirnya. Sungguh sebuah karunia alam yang luar biasa.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

Baca juga: 14 Destinasi Wisata Di Pulau Rote, Permata Indah Di Indonesia Timur

NTT ternyata bukan cuma Pulau Sumba dan Komodo saja ya, masih banyak destinasi wisata lain yang tidak kalah menariknya dan sayang untuk kamu lewatkan. Yuk, langsung saja liburan ke Kupang!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru