10 Destinasi Wisata Pulau Enggano, Keindahannya Bikin Kamu Terpana

Pulau Enggano merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang berada di Samudera Hindia. Pulau ini merupakan daratan pertama yang diduduki oleh Cornelis de Houtman dalam pelayarannya menuju pulau Hindia. Secara administrasi, Pulau Enggano masuk dalam wilayah Provinsi Bengkulu.

Untuk menuju ke sini, kamu bisa menaiki perahu motor atau pesawat terbang. Dari Pelabuhan Pulau Baai, Bengkulu kamu akan menempuh perjalanan selama 12 jam. Wah, lama sekali ya. Namun, jangan khawatir, tersedia dua kali penerbangan pesawat perintis dalam seminggu dari Bandara Fatmawati Bengkulu.

Kendala di bidang sarana transportasi inilah yang membuat kondisi alam Pulau Enggano masih alami dan tidak banyak berubah. Untuk kamu yang suka berpetualang menjelajahi alam liar, Pulau Enggano jadi destinasi wisata yang tepat untuk bisa kamu kunjungi. Berikut ini daftar destinasi wisata di Pulau Enggano yang harus kamu kunjungi. Keindahan pulaunya dijamin akan membuatmu terpana.

1. Batu Lubang Pantai Koomang Yang Airnya Sejernih Kaca

Image credit: @fianbkl

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki sebuah batu besar yang menjorok ke luar. Uniknya, di bagian dasar terdapat sebuah lubang yang dialiri air laut dan membentuk sebuah laguna kecil. Keberadaan laguna ini sangat menarik karena airnya sangat jernih sebening kaca. Kamu bisa berenang sambil menikmati angin sepoi-sepoi Pantai Koomang yang menenangkan.

Image credit: @fianbkl

Lokasinya yang masih jarang dikunjungi, membuat pantai ini serasa milik pribadi. Tidak perlu berebut tempat foto dengan wisatawan lain. Asyik sekali kan? Jangan pula lewatkan snorkeling di pantai Koomang. Keindahan alam bawah lautnya juga tidak kalah dengan Wakatobi lho!

 

2. Panjat Tebing Memacu Adrenalin Di Tebing Pakiu

Image credit: @fianbkl

Tebing Pakiu lokasinya tidak jauh dari Pantai Koomang. Jika air laut sedang surut kamu bisa melihat megahnya tebing Pakiu yang nampak berwarna putih. Tebing ini ternyata memiliki banyak goa-goa kecil di dalamnya. Konon, tebing ini dijadikan benteng alami pertahanan para tentara Jepang lho.

Image credit: @cintyacp

Bagi kamu yang suka dengan aktivitas menantang bisa menjadikan area ini tempat panjat tebing. Kamu bahkan bisa bermalam dengan camping sambil menikmati matahari terbenam di Pulau Enggano.

 

3. Segarnya Bermain Air Di Danau Bak Blau

Image credit: @razi05010

Dalam Bahasa Indonesia, Bak Blau artinya mata air yang berwarna biru. Sesuai namanya, danau ini memiliki warna biru kehijauan yang alami. Kamu tidak perlu menggunakan filter aplikasi apa pun untuk mendapatkan warna birunya di foto.

Image credit: @torawidiobagoyoto

Keunikan danau ini tidak hanya tergambar dari warna airnya, tapi juga rasa airnya. Perlu kamu ketahui, danau ini terhubung langsung ke laut namun rasanya sama sekali tidak asin. Kamu bisa bebas berenang dan bermain-main air di area danau yang cantik.

 

4. Cantiknya Padang Lamun Di Perairan Kaana dan Pelabuhan Kahyapu

Image credit: @penyelamhitam

Lamun merupakan tumbuhan berbunga yang mampu beradaptasi dengan lingkungan air asin. Bentuknya mirip seperti rumput sehingga disebut pula sebagai seagrass. Pulau Enggano dengan ciri kehidupan bawah laut yang khas ternyata memiliki padang lamun yang cukup luas lho.

Image credit: @fjr_mukti

Buat kamu yang hobi snorkeling jangan sampai lewatkan bermain-main di padang lamun Pulau Enggano yang bisa kamu temui di sekitar Perairan Kaana dan Pelabuhan Kahyapu.

 

5. Eksotisnya Pantai Telapak Kaki Batu Layar

Image credit: @aku_mancing

Hampir seluruh wilayah Pulau Enggano memiliki area pantai yang cantik dan menarik. Salah satunya yaitu Pantai Telapak Kaki Batu Layar. Dinamakan Pantai Telapak Kaki karena terdapat sebuah laguna yang jika dilihat dari atas mirip seperti telapak kaki.

Image credit: @aku_mancing

Selain pantainya yang indah dengan butiran pasir putih yang mempesona, Pantai Telapak Kaki Batu Layar ini merupakan surganya para pemancing. Kamu pun bisa berkeliling area hutan mangrove yang tidak kalah menantang.

 

6. Wisata Berburu Di Taman Buru Gunung Nanu’a

Image credit: @yusrilmuhamad

Sebagai pulau yang terisolir dari dunia modern, warga setempat menggantungkan kehidupannya dari hasil sumber daya alam Pulau Enggano. Termasuk salah satunya dengan berburu. Wisata berburu ini bisa jadi aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Pulau Enggano.

Image credit: @yusrilmuhamad

Wah, bukannya berburu satwa di alam bebas itu dilarang ya? Tenang saja, berburu di Pulau Enggano dapat membantu para petani mengatasi hama pertaniannya. Salah satunya yaitu berburu babi hutan secara tradisional. Jika tidak suka berburu kamu bisa memancing di area pesisir dan memasak ikan segar hasil tangkapan sendiri. Menarik sekali bukan?  

 

7. Trekking Di Hutan Cagar Alam Teluk Klowe

Image credit: @ernyyunitta

Selain pantainya yang cantik, bagian hutan di daratan Pulau Enggano juga tidak kalah menarik. Salah satunya adalah hutan lindung Cagar Alam Teluk Klowe. Hutan di sini didominasi oleh pepohonan mangrove yang umurnya sudah sangat tua.

Image credit: @andybuluk (kiri), @riki165 (kanan)

Kamu bisa trekking di area yang lebih dalam untuk menikmati flora dan fauna langka yang ada di Pulau Enggano. Jika lapar kamu bisa berburu udang sungai untuk disantap langsung. Rasa gurih dan manis yang alami pasti bikin kamu ingin balik lagi ke sini.

 

8. Caving Di Goa Karst Pulau Enggano

Image credit: @andybuluk

Pulau Enggano ternyata memiliki goa karst yang tidak kalah indahnya. Meski belum banyak yang diketahui tentang goa ini, namun keberadaannya tentu menjadi bukti bahwa kekayaan alam yang telah diciptakan untuk Pulau Enggano ini memang tiada duanya.

 

9. Menikmati Keunikan Pantai Ujung Batu

Image credit: @fianbkl

Berbeda dengan pantai lain di Pulau Enggano, Pantai Ujung Batu ini area pesisirnya tidak terlalu luas seperti pantai yang lain. Sesuai namanya, pantai ini didominasi oleh bebatuan mirip dengan Pantai Koomang. Namun yang menarik adalah batu yang menjorok ke arah laut membentuk seperti tanjung kecil dengan beberapa tanaman yang tumbuh di atasnya.

 

10. Surfing Dan Camping Di Kahyapu

Image credit: @kahyapusurf

Untuk kamu yang gemar melakukan olahraga air wajib menjajal surfing di Kahyapu. Pantai di Kahyapu ini memang sudah lama terkenal akan ombaknya yang besar dan cocok dijadikan tempat surfing.

Image credit: @ab_rahman05

Kamu bahkan bisa menginap di pondok surfing yang dibangun di sekitar pantai. Di sini kamu juga akan dipandu oleh para guide yang sudah berpengalaman menemukan titik-titik terbaik untuk surfing.

Baca juga: 22 Destinasi Wisata Di Bengkulu Yang Akan Membuatmu Jatuh Cinta

Meski lokasinya cukup jauh dan terisolir, namun Pulau Enggano memiliki keistimewaan alam yang luar biasa mengagumkan. Di sini, kamu bisa melihat alam Indonesia yang masih asli dan terjaga. Yuk, liburan ke Pulau Enggano!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru