10 Destinasi Wisata Cantik Di Pulau Sabu Untuk Liburan Yang Berbeda

Pernahkah kamu tentang Pulau Sabu di Nusa Tenggara Timur atau NTT? Popularitasnya memang kalah dari Flores atau Pulau Komodo, tapi Pulau Sabu memiliki destinasi wisata khas Indonesia Timur yang tiada duanya.

Dikaruniai alam yang indah, pulau ini terletak di Kabupaten Sabu Raijua dan menjadi pulau paling selatan di Indonesia setelah Pulau Rote. Seperti permata yang tersembunyi, jarak Pulau Sabu yang jauh dan cuaca yang panas terik tidak menyurutkan langkah wisatawan untuk menjelajahinya. Selain alam, nuansa budaya yang masih kental juga menjadi daya tarik Pulau Sabu.


Cara menuju Pulau Sabu

Untuk mencapai Pulau Sabu, kamu dapat memilih untuk naik pesawat atau kapal feri dari Kupang. Apabila naik pesawat maka kamu perlu mengeluarkan biaya mulai dari 1,000,000 IDR untuk satu kali perjalanan, sedangkan untuk kapal feri mulai dari 85,000 IDR per orangnya. Jika menaiki kapal pun ada pilihan kapal cepat yang tersedia dengan waktu tempuh sekitar empat jam. Setibanya di Pulau Sabu, masih jarang ditemukan transportasi umum sehingga akan lebih mudah jika kamu berwisata dengan menggunakan jasa agen perjalanan.


Penasaran dengan keindahan yang ditawarkan di Pulau Sabu? Cek dulu berbagai lokasi wisata terkenal di Pulau Sabu yang direkomendasikan TripZilla Indonesia berikut ini!

1. Keunikan perbukitan Kelabba Maja yang luar biasa

Kelabba Maja | wisata pulau sabu
Image credit: kdkgunawan

Tebing saja sudah biasa, namun kalau tebing yang berbukit-bukit seperti ini baru luar biasa. Kelabba Maja memiliki kontur dan corak warna yang unik dan juga dianggap sebagai situs sejarah oleh masyarakat. Menurut kepercayaan, Kelabba Maja adalah tempat berdiamnya Dewa Maja sehingga di sini pun kamu dapat melihat batu yang dijadikan altar pemujaan untuk sang dewa.

Kelabba Maja
Image credit: amboreynaldi

Trek menanjak akan menantimu sebelum kamu menemukan keindahan alam ini. Tapi jika melihat lanskapnya ini, sangat setimpal untuk membayar jerih payahmu. Mengingat kesakralannya, jangan lupa untuk menjaga sikap dan tutur kata saat berkunjung ke tempat ini, ya!

Alamat: Pedarro, Hawu Mehara, Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

2. Jangan takut kedinginan di Bukit Salju Ledeae Hawu Mehara

Bukit Salju | wisata pulau sabu
Image credit: farhan_anggori

Boleh bergaya kedinginan, tapi kamu nggak akan benar-benar kedinginan di sini, kok! Penyebabnya adalah karena warna putih di perbukitan ini bukan salju namun kapur. Destinasi wisata di Pulau Sabu ini termasuk dalam cagar alam dan bentuknya yang unik menjadikan bukit ini terkenal sebagai spot foto yang keren.

Image credit: me_justdonaa

Mau dari jarak dekat atau jauh, penampilan Bukit Salju ini sama cantiknya. Kalau ingin mencari sisi yang berbeda, kamu bisa naik ke atasnya dan melihat pemandangan pantai dengan leluasa. Setibanya di sini, dijamin kamu akan sibuk mencari sudut-sudut yang instagramable untuk berfoto!

Alamat: Ledeae, Hawu Mehara, Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WITA – 18.00 WITA
Harga Tiket: Gratis

3. Berwisata bahari di Pantai Napae yang kondang

Pantai Napae | wisata pulau sabu
Image credit: abdul_salam_faisal

Pasir putih yang tebal seakan wajib ada di pantai agar terlihat indah. Demikian pula dengan Pantai Napae yang terkenal di Pulau Sabu. Tidak hanya pasir yang bikin nyaman, laut yang tenang pun akan membuatmu terbuai saat berada di sini. Banyaknya lopo atau saung yang tersedia dapat kamu manfaatkan untuk nongkrong cantik menghabiskan hari.

Image credit: exploresaburaijua 

Kamu dapat bermain pasir atau berenang sepuasnya untuk mengusir penat. Kemudian saat matahari terbenam, matamu akan dimanjakan pemandangan langit senja yang eksotis. Waktu pasti akan berlalu dengan tidak terasa di sini.

Alamat: Meba, Sabu Barat, Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

4. Menikmati Pantai Cemara yang punya banyak pohon cemara

Pantai Cemara
Image credit: exploresaburaijua

Sesuai namanya, di Pantai Cemara kamu bisa melihat deretan pohon cemara laut yang menambah keeksotisan pantai ini. Ombak di pantai ini juga tenang sehingga aman untuk berenang. Suasana pantainya yang tenang akan membuatmu nyaman untuk sekedar berjemur sambil membaca buku atau mengobrol di tepinya.

Pantai Cemara | wisata pulau sabu
Image credit: leoquen28

Selain pemandangan laut, kamu pun dapat menemukan para petani garam dan rumput laut. Para petani ini masih membuat garam dengan cara tradisional dan menambah keeksotisan di Pantai Cemara. Pendeknya, destinasi wisata di Pulau Sabu ini cocok banget untuk tempat melarikan diri dari hiruk pikuk perkotaan, deh!

Alamat: Jiwuwu, Sabu Tengah, Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

5. Berkeliling Pantai Rae Mea dengan cangkang kimanya

Pantai Rae Mae
Image credit: exploresaburaijua

Pantai-pantai di Pulau Sabu memang cantik dan masih alami. Pantai Rae Mea dapat memberi pengalaman berbeda karena di sini kamu dapat melihat cangkang-cangkang kima yang bertebaran di atas pasirnya. Berjalanlah hingga ke tepi pantainya dan kamu dapat mengagumi kecantikan tebing-tebing di pantai ini.

Pantai Rae Mae | wisata Pulau Sabu
Image credit: winariwukaho

Pantai Rae Mea pernah memenangi penghargaan Surga Tersembunyi Terpopuler pada tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Anugerah Pesona Indonesia. Kalau kamu sudah puas berpanas-panasan dan ingin bersantai sejenak, kamu bisa duduk di lopo alias saung yang ada di kawasan pantai ini.

Alamat: Loborai, Sabu Timur, Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

6. Pantai Kepo yang bakal membuatmu jadi kepo

Pantai kepo | wisata pulau sabu
Image credit: ekasarimulyati

Bagaimana tidak jadi kepo kalau yang akan kamu kunjungi adalah sepotong keindahan seperti ini? Pantai Kepo yang tersembunyi ini menawarkan laut biru kehijauan yang dikelilingi tebing. Jika dilihat dari atas, kamu akan memperoleh panorama yang sudah cantik. Kamu pun dapat berkeliling untuk mencari sisi-sisi lain yang bisa membuatmu berdecak kagum.

Pantai kepo
Image credit: trijuliandi_malay

Kamu perlu mencari jalan sendiri untuk turun hingga mencapai pasir pantainya. Kebanyakan pelancong memanfaatkan berbagai spot di atas bebatuan untuk menikmati keindahan Pantai Kepo. Memang harus kepo untuk menjelajahi pantai ini ya!

Alamat: Desa Halapadji, Sabu Liae, Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

7. Mengeksplorasi Kampung Adat Namata dengan baju daerahnya

Kampung Adat Namata | wisata pulau sabu
Image credit: flobamora.bae 

Rugi banget kalau melewatkan Kampung Adat Namata saat liburan atau wisata di Pulau Sabu. Peradaban megalitik yang ditandai dengan batu-batu besar yang disusun dengan bentuk tertentu memberikan nuansa khas yang tidak akan kamu dapatkan di tempat lain. Saat memasuki kampung adat ini, kamu pun wajib mengenakan baju adat Sabu. Tersedia penyewaan untuk menyewa baju adat mulai dari harga 100,000 IDR untuk satu set lengkap.

Image credit: yaa_djami 

Setelah mengenakan baju adat, akan ada pemandu yang mengantarmu berkeliling kampung adat. Terdapat berbagai peraturan adat semisal ada batu yang tidak boleh difoto dan kepercayaan warga bahwa setiap batu mempunyai kekuatan magis. Jadi jika hendak berfoto, jangan sampai menyalahi peraturan adat yang ada ya!

Alamat: Raeloro, Sabu Barat, Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

8. Jangan lewatkan cantiknya kedalaman Goa Lie Mabala

Goal Lie Mabala | wisata pulau sabu
Image credit: galerisundakecil

Berkunjung ke perut bumi memang pengalaman yang berbeda dan Goa Lie Mabala adalah spot yang harus dikunjungi di Pulau Sabu. Siapa yang bisa mengingkari keindahan goa ini, apalagi saat sinar matahari masuk di tempat yang tepat seperti ini! Dinding goa ini juga punya corak warna seperti Kelabba Maja sehingga menambah kecantikan alaminya.

Goa Lie Mabala
Image credit: vennyrozelldemu

Untuk membuat fotomu makin estetis, kamu juga bisa menyewa selendang atau ikat kepala seharga mulai dari 5,000 IDR. Kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan lokasi yang bagus untuk berfoto karena situasi di dalam goa ini cukup terang. Jangan sampai mati gaya, ya!

Alamat: Eimau, Sabu Tengah, Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur
Jam Buka: Senin – Sabtu, 09.00 WITA – 17.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

9. Bukit Lede Pemulu yang bukan sekedar bukit

Bukit Lede Pemulu | wisata pulau sabu
Image credit: exploresaburaijua

Kalau melewati Bukit Lede Pemulu, tidak perlu ragu untuk berhenti sejenak dan mengagumi kecantikannya. Hamparan rerumputan hijau yang ditimpa terik matahari ini memang sudah indah dari sananya. Berfoto-foto di tempat wisata di Pulau Sabu ini sudah jamak dilakukan karena sisi mana pun yang dipilih, Bukit Lede Pemulu akan membuat jepretanmu tampak instagramable.

Bukit Lede Pemulu
Image credit: juliahasibuan 

Kamu juga dapat melihat pemandangan laut dari kejauhan di bukit ini. Selain itu bisa juga ditemui kawanan kuda yang merumput dan menambah pesona Bukit Lede Pemulu. Menarik, kan?

Alamat: Perbatasan Desa Loborai dan Desa Mehona, Sabu Liae, Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

10. Berpetualang menjelajahi Desa Huwaga

Desa Huwaga | wisata pulau sabu
Image credit: saraelnino69

Desa Huwaga mempunyai banyak lokasi menarik yang dapat kamu kunjungi. Kamu bisa melihat pantai jika sudah kangen ingin berbasah-basahan. Ada juga Telaga Huwaga yang asyik untuk nongkrong di sore hari. Telaga ini terletak di dekat pantai dan lingkungannya yang asri membuat tempat ini semakin nyaman.

Desa Huwaga
Image credit: murnirame_ 

Kamu juga akan menemukan perbukitan yang mengingatkanmu pada Sumba. Saat cuaca cerah, tempat ini seru untuk dijadikan spot selfie. Kontur bukit yang cantik ini layak untuk diabadikan dalam koleksi foto-fotomu di Pulau Sabu.

Alamat: Huwaga, Sabu Timur, Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

Baca juga: 20 Foto Yang Akan Membuatmu Ingin Mengunjungi Flores, Indonesia

Semua obyek wisata di Pulau Sabu indah dan masih alami. Banyak tempat yang tidak dikenakan tiket masuk namun kamu diharapkan memberi donasi seikhlasnya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan agar keindahan tempat-tempat ini tetap terjaga ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru