Diskon Tiket Pesawat Diberlakukan Mulai Maret 2020

Kabar gembira buat kamu yang berencana untuk bepergian dengan menggunakan pesawat. Pemerintah Republik Indonesia memberikan paket insentif khusus untuk membantu pariwisata Indonesia mengatasi dampak mewabahnya virus corona dalam bentuk diskon tiket pesawat.

Dalam keterangan persnya, Selasa (26/2) di Jakarta, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menyatakan pemerintah sangat concern untuk menerbitkan beberapa kebijakan yang sangat penting untuk menyelamatkan industri pariwisata, yang pada akhirnya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat lokal yang bekerja di industri ini.

Salah satu kebijakan yang diambil adalah dengan memberikan diskon tiket pesawat di sepuluh destinasi domestik, yaitu:

  1. Denpasar
  2. Yogyakarta
  3. Batam
  4. Labuan Bajo
  5. Lombok
  6. Malang
  7. Manado
  8. Tanjung Pandan
  9. Tanjung Pinang
  10. Silangit

Dirjen Perhubungan Udara kementerian Perhubungan, Novie Riyanto, menjelaskan, ditentukannya sepuluh destinasi di atas sudah dikoordinasikan dengan semua kementerian dan lembaga terkait, dan sudah dikoordinasikan dengan baik bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Ditambahkannya, diskon tiket pesawat tersebut berlaku dengan kuota 25 persen dari setiap penerbangan, dan besarannya berbeda pada masing-masing kelas di setiap penerbangan.

Lebih lanjut dijelaskan, diskon tiket pesawat untuk penerbangan full service dipatok 45 persen dari harga tiket, sementara untuk medium class mencapai 48 persen dan untuk penerbangan low cost carrier (LCC) dipatok dengan diskon 50 persen dari harga tiket.

Diskon tiket pesawat mulai diberlakukan Maret 2020
Image credit: Bilal El-Daou

Diskon tersebut rencananya akan mulai diberlakukan mulai Maret 2020 hingga tiga bulan ke depan. Harapannya, penerbangan domestik bisa memiliki daya saing tinggi dan rencananya pada musim lebaran nanti, kebijakan ini akan direview kembali.

Pemberian potongan harga tiket pesawat ini seharusnya menjadi kabar menggembirakan bagi penggiat pariwisata Indonesia, yang belakangan ini harus memutar otak karena terdampak penyebaran wabah virus corona dari Tiongkok. Jumlah wisatawan asing yang menurun ikut memukul bisnis pariwisata di Indonesia. Belum lagi masih tingginya harga tiket pesawat sejak awal tahun lalu.

Baca juga: Asyik! Harga Tiket Pesawat Rute Domestik Diturunkan

Nah, dengan kabar menggembirakan yang diumumkan pemerintah tersebut, apakah kamu siap berburu tiket pesawat yang jauh lebih murah mulai bulan depan?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru