Panduan Rute Bersepeda Terbaik Di Hong Kong & Bagaimana Kamu Bisa Bersepeda Di Hong Kong Secara Virtual

Artikel mengenai panduan rute bersepeda terbaik di Hong Kong ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini. Read here for the English version.

Pada saat ini, kita semua sudah terbiasa menghadapi periode pasca-pandemi dan keinginan untuk berjalan-jalan semakin besar. Keinginan untuk mendapatkan pengalaman baru terasa semakin kuat dari waktu ke waktu, dan kita semua mencari pengalaman bepergian yang menyegarkan , agar bisa melihat sisi yang berbeda dari kawasan yang begitu dicintai, termasuk di antaranya Hong Kong!

Jika berada di kota ini, agendakan liburan kamu dengan menjelajah keindahan alam yang luar biasa dan mengunjungi pulau bebas mobil. Untungnya, cara terbaik untuk mendapatkan udara yang menyegarkan adalah dengan cara menjelajah salah satu rute bersepeda yang dimiliki Hong Kong.

Terlepas apakah kamu pesepeda pemula atau cukup berpengalaman, inilah panduan menjelajahi rute bersepeda terbaik di kawasan ini. Beberapa jam yang kamu habiskan di luar ruang akan membuat kamu bisa menyaksikan sisi yang sepenuhnya berbeda dari Hong Kong, dan bahkan menghadirkan pengalaman yang lebih impresif ketimbang nuansa perkotaan yang biasa kita tahu dan cintai.

Catatan: Banyak di antaranya checkpoint ini menawarkan layanan penyewaan sepeda, yang bahkan beberapa di antaranya membolehkan kamu memarkirkan sepeda di destinasi tujuan. Apapun itu, akan selalu menjadi hal yang bagus untuk melakukan riset sebelum melakukan perjalanan, atau langkah alternatifnya, langsung saja menuju situs Hong Kong Tourism untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Taklukkan New Territories Cycle Network lewat sekali perjalanan, atau pilih rute menengah di jalur ini

Image credit: Hong Kong Tourism Board

New Territories Cycle Network adalah jalur bersepeda paling terkenal Hong Kong, merupakan jalur sepanjang 60 km, yang dibuka pada 2020. Jalur ini akan membawa kamu ke sejumlah taman paling indah di Hong Kong, pegunungan dan juga sejumlah pulau, mulai dari Tuen Mun dan Ma On Shan hingga Yuen Long, Sheung Shui dan Sha Tin, yang mana bisa ditempuh dalam enam jam perjalanan, dan merupakan rute paling mudah dijelajahi untuk menyusuri kawasan pantai kawasan ini.

Bagian terbaiknya? Jalur ini merupakan jalur sepeda bebas kendaraan bermotor, yang berarti jalur ini sempurna untuk pemula atau jika kamu ingin bersepeda dalam grup yang besar!

Akan tetapi, jika kamu ingin menaklukkan sesuatu yang lebih mudah, kamu bisa memilih jaringan menengah yang ada di dalam jalur ini. Jalur tersebut antara lain:

1. Rute waterfront yang tenang dari Sha Tin (atau Tai Wai) ke Tai Mei Tuk

Jelajahi Shing Mun River dan Tolo Harbour dengan memulai perjalanan dari Sha Tin atau Tai Wai, dan bersepedalah ke arah utara menuju Tai Mei Tuk. Jalur ini kurang lebih memiliki panjang 22 km dan hanya butuh waktu tiga jam untuk dijelajahi.

Image credit: Hong Kong Tourism Board

Untuk memulai, berangkatlah menuju sisi selatan dari Shing Mun River dan ikuti rute sisi kiri dari sungai. Fakta menyenangkan: Apakah untuk jalan-jalan, lari pagi atau bahkan menggunakan kayak atau kapal naga, Shing Mun River merupakan spot favorit warga lokal!

Image credit: Josh Aberant

Pemberhentian pertama kamu adalah Hong Kong Science Park, yang hanya berjarak beberapa menit dari ujung utara Shing Mun River. Tempat berjalan dari institut penelitian yang impresif ini memiliki sejumlah restoran, toko serba ada dan juga rest area. Silahkan berkunjung jika ingin beristirahat dengan makan di restoran, atau makan di pinggir danau.

Bersepedalah sepanjang 6 km melalui Pak Shek Kok Promenade menuju pemberhentian kamu berikutnya, Tai Po Waterfront Park. Di sepanjang jalan ini, nikmati sejuknya tiupan angin Tolo Harbour, dan cobalah  melihat apakah kamu bisa menemukan jajaran pegunungan Pat Sai Leng di kejauhan.

Setelah Tai Po Waterfront Park, kamu hanya berjarak 8 km dari tujuan kamu, Tai Mei Tuk. Manjakan diri dengan menikmati pemandangan panorama Plover Cove!

Ketahui lebih lengkap di sini!

2. Jalur ramah pemula dari Sha Tin (Atau Tai Wai) ke Wu Kai Sha

Image credit: seaonweb via Canva Pro

Kurang lebih sama, jalur ini dimulai di Shing Mun River. Akan tetapi, terlepas dari jalur yang lebih pendek (8 km), pastikan untuk melakukan penjelajahan di sisi kanan sungai, karena destinasi kamu berada di seberang pelabuhan Hong Kong Science Park.

Image credit: seaonweb via Canva Pro

Mengingat jalur ini adalah rute yang sepenuhnya berbeda, kali ini kamu akan mendapatkan kesempatan untuk menjelajah Ma On Shan Promenade: ruang outdoor yang memiliki jalur jogging, alat fitnes dan banyak kiosk untuk menyegarkan diri. Kamu juga akan melewati Ma On Shan Park, tempat beradanya halaman rumput yang luar dan gardu pandang.

Kamu akan sampai ke Wu Kai Sha di bawah dua jam dari titik awal perjalanan. Kawasan pantai ini menjadi rumah untuk pantai yang indah dan tenang. Untuk bisa mendapatkan pemandangan terbaik dari kecantikan pantai ini, berjalanlah menuju dermaga untuk menikmati segarnya hembusan angin laut.

Ketahui lebih lengkap di sini!

3. Jalur budaya dari Yuen Long ke Butterfly Beach

Image credit: Hong Kong Tourism Board

Jalur ramah pemula sepanjang 16 km ini yang membentang di sepanjang Sungai Tuen Mun River yang tenang dari Yuen Long Town Hall ke Butterfly Beach. Di waktu yang sama, ada banyak tempat pemberhentian yang menawarkan kesempatan untuk mengintip kawasan yang kaya warisan budaya.

Ping Shan Tang Clan Gallery Cum Heritage Trail Visitors Centre akan menjadi tempat yang pertama dalam daftar landmark yang harus dijelajahi di jalur ini. Berada di kawasan perbukitan kecil, gedung bersejarah ini memiliki ruang pameran dan artefak dari budaya lokal.

Image credit: Hong Kong Tourism Board

Setelahnya, kamu bisa menuju ke Hau Kok Tin Hau Temple dan Fa Pau Exhibition hall, kuil kuno di mana orang bersembahyang untuk memberikan penghormatan kepada dewi laut Tin Hau. Jika beruntung, kamu bisa melihat ritual khusus di sini, dan juga, jangan sampai lupa menyaksikan banyaknya bunga kertas Fa Pau yang luar biasa ketika berada di sini!

Tentu saja, tidak ada yang lebih asyik selain menyatu bersama kehidupan sehari-hari seperti warga lokal dengan menghabiskan waktu di tempat-tempat populer yang ada. Wu Shan Recreation Playground, dan Butterfly Beach yang berjarak cukup dekat, merupakan salah satu tempat paling populer bagi anak-anak dan orang dewasa! Udara yang segar dan pemandangan yang indah dari tempat ini pastinya akan menjadikan istirahat kamu bernilai!

Ketahui lebih lengkap di sini!

Jelajahi jalur terpencil yang mengesankan di pulau-pulau Hong Kong

4. Jalur bebas mobil di Cheung Chau

Sebagai salah satu pulau bebas mobil di Hong Kong, Cheung Chau merupakan pulau terbaik untuk dijelajahi dengan sepeda di sepanjang dermaganya.

Image credit: Eddie Yip

Sewalah sepeda di dekat terminal feri dan nikmati pemandangan pinggir pantai dekat Tung Wan Beach, sebelum menuju ke titik tertinggi dari pulau ini: North Lookout Pavilion bersama dengan jalur Cheung Chau Family Walk. Tempat ini mungkin menjadi titik terbaik yang bisa kamu dapatkan di teluk Tai Kwan Wan dan juga menawarkan sejumlah kesempatan untuk mendapatkan foto terbaik dari pulau ini.

Saat berada di sini, mengapa tidak melengkapi pengalaman 360 dari jalur bersepeda Hong Kong ini dengan menuju ke sisi selatan pulau? Ini tipnya: Parkirkan sepeda kamu dekat dengan Sai Wan Pier dan kunjungi Cheung Po Tsai Cave dan Tin Hau Temple yang terkenal.

5. Jalur yang menembus hijaunya lanskap alami Nam Sang Wai

Bagi yang pernah ke Singapura, bayangkan Nam Sang Wai di Hong Kong seperti Little Red Dot yang ada di Pulau Ubin.

Setelah menyewa sepeda dari tempat penyewaan sepeda dekat dengan Yuen Long Station, bersepedalah selama 20 menit menuju Nam Sang Wai Ferry Pier dan belilah tiket untuk menuju ke pulau yang tenang ini. Setibanya di sini, kami menyarankan untuk bersepeda berkeliling pulau ini, atau menyusuri jalur kecil untuk mendapatkan pengalaman yang menenangkan dari Hong Kong.

Image credit: momo

Tempat ini adalah rumah bagi lanskap dari peternakan yang ditinggalkan, tumbuhan yang hijau dan waterfront, Nam Sang Wai akan membuat kamu merasa seperti meninggalkan kehidupan perkotaan. Yang terpenting, kamu tak bisa meninggalkan pulau tanpa mengambil foto dari Wedding Bridge yang terkenal, yaitu gardu pandang kecil yang berada di atas kolam yang mengesankan.

6. Jalur pinggir pantai dari Lantau Island

Meskipun Lantau Island, pulau terbesar Hong Kong, memiliki banyak jalur bersepeda (meski kebanyakan jalurnya lebih cocok bagi yang suka bersepeda gunung), kami memutuskan untuk menyoroti salah satu jalur paling ramah pesepeda pemula, yaitu jalur dari Tung Chung ke Sunny Bay.

Image credit: Thomas Won

Jalur sepanjang 15 km ini menjangkau sejumlah bagian dari jalur pantai sisi utara pulau ini, dan memiliki jalur yang rata dan keras, pas untuk pengalaman bersepeda bebas stres. Perlu diperhatikan bahwa , tidak banyak tempat beristirahat di sini dan jarak antara satu tempat ke tempat istirahat lainnya cukup jauh, jadi pastikan kamu dalam kondisi yang bugar sebelum melakukan perjalanan, ya!

Namun, jalur ini ideal untuk pengalaman bersepeda di sore hari, karena kamu akan dikelilingi langit yang cerah dan rerumputan.

Bersantailah dengan bersepeda melewati beberapa taman Instagramable di Hong Kong

Bagaimana jika kamu ingin bersepeda di Hong Kong, tapi tidak ingin melakukan perjalanan terlalu jauh? Untungnya, kami bisa memenuhi keinginan kamu. Hong Kong merupakan rumah dari sejumlah taman dengan jalur yang sempurna untuk jalan-jalan atau bersepeda dengan santai.

7. Jalur ramah keluarga melalui Cyberport Waterfront Park

Image credit: Tao An via Canva Pro

Kunjungi Cyberport Waterfront Park, taman pinggir pantai ramah keluarga yang menghadap Telegraph Bay. Bersiaplah untuk bersantai selama beberapa jam di tempat mengesankan ini yang merupakan tanah lapang yang asyik untuk piknik, titik-titik pusat di waterfront untuk melihat Lamma Island dan juga mempunyai jalur yang ramah pesepeda pemula.

8. Jalur yang indah dekat kota di West Kowloon Art Park

Image credit: Leung Cho Pan via Canva Pro

Alternatif lainnya, West Kowloon Art Park di ujung paling barat Tsim Sha Tsui menjadi lokasi paling ideal untuk menjauh dari keramaian dan keriuhan kota, tapi tak begitu jauh dari kota itu sendiri.

Sewalah sepeda dari kiosk SmartBike dengan biaya yang murah dan bersepedalah di sepanjang waterfront yang menghadap Victoria Harbour. Dengan banyaknya objek menarik di sepanjang perjalanan (restoran pinggir dermaga, skyline kota dan pemandangan pinggir laut), banyak pilihan latar berfoto yang menanti kamu.

Sebelum melakukan penjelajahan Hong Kong dengan menggunakan sepeda, ada sejumlah hal yang harus kamu ketahui.

Rencanakan rute perjalanan kamu. Ikuti etika bersepeda yang benar. Patuhi peraturan lalu lintas dan kondisi apapun yang mungkin kamu hadapi! Mengetahui apa yang harus dilakukan memastikan kamu sudah sangat siap sehingga kamu bisa mendapatkan pengalaman petualangan luar ruang sebaik mungkin.

Jelajahi Hong Kong!

Terkait dengan tujuan Hong Kong mempromosikan keberlanjutan, setujukah kamu kemunculan jalur alam dan pulau bebas mobil yang sedang naik daun sangat mengesankan? Bagaimanapun, setiap kesempatan untuk menjelajahi negara dengan cara yang berbeda harus menjadi cara yang harus ditempuh, karena menawarkan lebih banyak wawasan tentang budaya lokal.

Apakah kamu akan bersepeda menyusuri jalur bersepeda Hong Kong pada liburan berikutnya di wilayah ini?

Untuk informasi lebih banyak, kunjungi situs resmi, Facebook, and Instagram Hong Kong Tourism Board.


Dipersembahkan oleh Hong Kong Tourism Board.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru