7 Jalur Kereta Api Indah Indonesia Untuk Perjalanan Liburan Tak Terlupakan

Naik kereta api.. Tuut…tuut…tuut, siapa hendak turut?” Masih ingat dengan penggalan lagu anak-anak tersebut? Naik kereta api memang akan selalu jadi perjalanan yang menyenangkan. Selain bebas macet, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah sepanjang perjalanan.

Nah, tahukah kamu kalau di Indonesia terdapat beberapa jalur kereta api indah yang bisa kamu jadikan referensi aktivitas liburanmu selanjutnya. Tidak hanya pemandangan sawah dan pegunungan, kamu bahkan bisa berjalan di atas sungai hingga menyusuri Pantai Utara Jawa. Mau tahu jalur kereta api mana saja yang punya pemandangan indah? Baca terus sampai habis ya.

1. Jalur Kereta Api Argo Parahyangan

Image credit: @sonyarifin

Kereta api Argo Parahyangan merupakan kereta rute Jakarta – Bandung dan sebaliknya. Seperti kamu tahu, Bandung terletak di wilayah dataran tinggi. Tidak heran bila selama perjalanan kamu akan dimanjakan dengan pemandangan pegunungan serta jalur berkelok menembus sawah ladang yang hijau. Indah sekali!

Image credit: @lebinarrailfans

Kalau kamu belum pernah ke Bandung naik kereta, kamu bisa mencobanya untuk liburan akhir pekan. Dijamin kamu akan terpana dengan keindahan yang ditawarkan selama perjalanan.

2. Jalur Kereta Api Argo Anggrek Pagi

Image credit: @dhimaz_dimsy

Pernah bermimpi naik kereta api menyusuri pesisir pantai? Mimpi indahmu ternyata bisa jadi kenyataan lho! Caranya sangat mudah. Kamu hanya tinggal naik kereta api Argo Anggrek yang melayani tujuan Surabaya Pasar Turi – Jakarta dan sebaliknya.

Image credit: @anjarwicaksono

Namun, pastikan untuk memilih jam keberangkatan pada pagi hari ya karena dengan begitu kamu bisa leluasa menikmati pemandangan yang ada. Dengan menaiki kereta ini kamu bisa menikmati pemandangan pantai utara Jawa karena rel keretanya persis di pinggir pantai lho! Penasaran? Yuk, coba naik kereta Argo Anggrek!

3. Jalur Kereta Wisata Ambarawa

Image credit: @yosefdianpr

Nah, kalau kereta yang satu ini memang bukan kereta komersial ya. Meskipun begitu, jalur perjalanannya sangat mengesankan. Apalagi kalau bukan kereta wisata Ambarawa. Dengan menaiki kereta ini kamu tidak hanya akan disuguhi pemandangan persawahan tapi juga pegunungan hingga suasana pedesaan. Menarik sekali, bukan?

Image credit: @nasruddines

Sesuai namanya kereta api ini hanya dijalankan setiap akhir pekan dan hari libur nasional. Pada waktu-waktu tersebut terdapat tiga kali keberangkatan kereta mulai pukul 10.00, 12.00 dan 14.00 WIB. Namun, karena kuota terbatas maka kamu harus berburu tiketnya jauh hari sebelumnya ya.

4. Jalur Kereta Api Mutiara Selatan

Image credit: @sonyarifin

Masih ingat dengan jalur kereta Hogwarts Express-nya Harry Potter? Indonesia juga punya jembatan kereta yang mirip dengan jalur kereta ke Hogwarts. Jembatan kereta tersebut bisa kamu temui jika menaiki kereta api Mutiara Selatan.

Image credit: @dimas.f_

Kereta api Mutiara Selatan melayani rute Surabaya – Bandung via Malang. Perjalanan yang cukup panjang tidak akan membosankan karena ditemani pemandangan indah sejauh mata memandang.

5. Jalur Kereta Api Lodaya

Image credit: @bayuslankers02

Jalur kereta api menuju Bandung memang sangat indah. Salah satu yang bisa kamu nikmati adalah jalur kereta api Lodaya yang menghubungkan Kota Solo dan Bandung. Bukan hanya sebatas pemandangan gunung, tapi kamu juga akan melihat suasana desa dan ladang perkebunan yang berkesan. Damai dan tenang deh pokoknya!

6. Jalur Kereta Api Pasundan

Image credit: @sonyarifin

Hamparan sawah yang luas dengan latar belakang pegunungan adalah pemandangan utama yang bisa kamu saksikan dari kereta api Pasundan. Jalur kereta api yang satu ini menghubungkan rute Surabaya dan Bandung Kiaracondong. Naik kereta pasundan dijamin kamu akan terpukau dengan pemandangan sepanjang perjalanan.

7. Jalur Kereta Lori Wisata Kalibaru

Image credit: @jainurrochman

Kereta wisata tidak hanya bisa kamu temui di Ambarawa tapi juga di Jember. Namun, berbeda dengan kereta pada umumnya, kereta yang satu ini berbentuk lori. Lori dulunya merupakan sarana angkutan kayu ataupun hasil perkebunan. Kini, kamu juga bisa menikmati sensasi menaiki lori sambil berkeliling ke perkebunan di sepanjang Stasiun Jember dan Banyuwangi. Seru sekali, bukan?

Baca juga: Keliling Eropa Dengan Kereta: 10 Perjalanan Kereta Keren Untuk Dicoba

Terbukti kan, naik kereta api tidak selamanya membosankan. Bahkan, kini kamu bisa menjadikannya sebagai aktivitas liburan dengan memilih jalur-jalur yang memiliki pemandangan indah. Yuk, naik kereta api!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru