Jalur Pendakian Gunung Rinjani Dibuka April 2019, Aturan Diperketat

Tertarik mendaki Gunung Rinjani di Lombok? Well, kamu sudah bisa melakukan persiapan mulai sekarang karena jalur pendakian Gunung Rinjani dibuka kembali pada April 2019 mendatang.

Adalah Kepala Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Sudiyono yang mengungkapkan kembali dibukanya empat jalur pendakian yang ditutup sejak Lombok diguncang gempa pada 29 Juli 2018 silam. Namun demikian, tidak dijelaskan secara pasti kapan empat jalur pendakian Gunung Rinjani tersebut sudah bisa dilalui.

Diungkapkan Sudiyono kepada Kompas, empat jalur pendakian yang akan dibuka antara lain jalur Sembalun, Senaru, dan Timbanuh, dengan jalur Air Berik sudah dibuka sejak 19 November hingga 31 Desember silam. Namun, pembukaan jalur pendakian Gunung Rinjani ini hanya akan dibuka secara terbatas.

Sebelumnya, pihak TNGR akan melakukan survei lapangan sebagai persiapan awal sebelum ditentukan tanggal pasti pembukaan jalur pendakian Gunung Rinjani. Untuk sementara ini, batas pendakian juga ditetapkan hingga Plawangan, tanpa turun ke Danau Segara Anak.

Image credit: @billydjokosetio

Aturan untuk bisa naik ke Gunung Rinjani juga diperketat. Dilansir dari Detik Travel, Selain menggunakan sistem tiket online sejak November silam, akan ada pembatasan jumlah wisatawan yang bisa melakukan pendakian. Sistem tiket nantinya akan menggunakan sistem check in dan check out, yaitu tiket dipesan melalui sistem online, dengan bukti tiket yang memiliki barcode dicetak, di mana di dalam tiket tersebut akan terlihat jalur pendakian yang akan diambil, mulai dari naik hingga turun. Pemegang tiket juga diwajibkan melakukan pelaporan saat naik dan turun.

Selain itu, sistem pengelolaan sampah juga akan diatur sedemikian rupa, yaitu dengan sistem pack in dan pack out, yaitu barang yang dibawa naik akan didata, termasuk barang apa saja yang berpotensi menjadi sampah, dan ketika turun akan dicek kembali sesuai manifest awal.

Ditambahkan Sudiyono, pihaknya juga akan melakukan pengendalian pengunjung dengan random checking izin pendaki di jalur pendakian Gunung Rinjani, untuk mencegah pendaki ilegal.

Baca juga: Itinerary Wisata Lombok 3H2M Untuk Liburan yang Tak Terlupakan

Nah, dengan jalur pendakian Gunung Rinjani dibuka lagi bulan depan, siapa di antara kamu yang tertarik menikmati keindahan Lombok dari ketinggian?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

  • Dibayar 31 Juta Untuk Menikah Di Italia, Siapa Mau?

    Siapa di antara kamu yang memiliki impian bisa menikah di Italia, merasakan nuansa romantis dan pastinya memiliki kenangan mengesankan seumur hidup? Jika kamu adalah salah satunya, ada kesempatan yang tidak boleh kamu lewatkan. Satu kawasan di Italia, Lazio, menawarkan insentif sebesar 2,000 Euro, atau sekitar 31 juta rupiah, kepada pasangan yang hendak menikah untuk menggelar […]

Artikel Terbaru