Itinerary Wisata Lombok 3H2M Untuk Liburan yang Tak Terlupakan

Tidak kalah dari Bali, Lombok punya daya tarik wisata tersendiri yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Meski sempat diguncang gempa beberapa waktu yang lalu, namun keelokan wisata Lombok masih bisa kamu lihat dan rasakan sampai sekarang.

Nah, untuk mempermudah perencanaan perjalananmu, berikut ini adalah itinerary wisata Lombok untuk liburan 3 hari 2 malam yang pasti tidak akan bisa kamu lupakan. Siap? Baca sampai habis ya.

Transportasi

Untuk menuju ke Lombok, kamu bisa memilih moda transportasi pesawat atau kapal laut. Jarak antara bandara dan pelabuhan hanya berkisar satu jam perjalanan berkendara dengan mobil. Pilihannya tinggal kamu sesuaikan saja dengan alokasi dana liburanmu. Untuk kapal laut kamu bisa memulai perjalanan dari Bali ataupun Surabaya. Harga tiketnya masing-masing berkisar 40,000 IDR dan 87,000 IDR. Sedangkan untuk transportasi dalam dan antar kota di Lombok kamu bisa menyewa motor atau mobil hingga menggunakan layanan jasa ojek online.

Hari Pertama – Kedatangan dan Jelajah Eksotisme Alam Lombok Selatan

Image credit: @jokspratamaa

Usahakan sampai di Lombok pada pagi hari, sehingga kamu masih punya cukup waktu untuk perjalanan menuju Lombok Selatan. Banyak tempat menginap di sekitar Kota Mataram dengan harga dan fasilitas yang bervariasi. Namun, jika ada budget berlebih kamu bisa memilih menginap di pantai selatan Lombok dengan pemandangan yang aduhai.

Image credit: @nomadicjulienfan

Nah, kembali ke itinerary. Tempat wisata yang bisa kamu datangi pertama kali adalah Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan dan Batu Payung. Ketiganya berada dalam satu kawasan teluk kecil yang berdekatan. Mengunjungi tempat wisata yang berdekatan bisa menghemat waktu, apalagi jika kamu menginap di Mataram.

Image credit: @jovi_travel (kiri), @dr.yeo (kanan)

Bukit Merese sendiri adalah bukit yang menghadap langsung ke pantai. Padang rumput yang luas menjadikan bukit ini sangat indah sekali. Kamu bisa mendengarkan deburan ombak serta hembusan angin pantai yang bisa membuatmu tidur saking rileksnya.

Image credit: @quechidoesviajar_ (kiri), @luhputugina (kanan)

Tidak jauh dari Bukit Merese ada Pantai Tanjung Aan. Pantai ini merupakan salah satu kawasan Pantai Mandalika. Pasir putih dan air pantai yang biru dijamin akan membuatmu enggan untuk pulang. Nah, dari Pantai Tanjung Aan kamu bisa menuju Batu Payung menggunakan perahu atau menempuh jalur darat.

Image credit: @wan_achan

Di pantai ini kamu bisa menemui batu dengan bagian bawah yang lebih kecil dari atasnya. Meski tidak terlalu mirip seperti payung, namun batu ini memang seolah menjadi payung bagi orang yang berada di bawahnya. Seru sekali, bukan?

Hari Kedua – Dari Pantai Menuju Panorama Pegunungan

Image credit: @fikri.m.r

Puas bermain-main di sekitar pantai, pada hari kedua kamu bisa mengganti suasana liburan dengan panorama alam pegunungan beserta air terjun yang menyegarkan di sisi utara Lombok. Perjalanan dari Lombok Selatan ke Utara tentu akan menguras waktu dan energi. Jadi pastikan kamu berangkat pagi dan menyiapkan segala keperluan logistik selama perjalanan.

Image credit: @dedik_armawan

Tujuan pertama di hari kedua adalah Bukit Pergasingan. Dari bukit inilah tampak Gunung Rinjani yang kokoh berdiri. Sayangnya, sampai ketika artikel ini diterbitkan Gunung Rinjani masih dalam status ditutup akibat gempa beberapa waktu yang lalu. Namun, tidak perlu kecewa. Pemandangan dari Bukit Pergasingan ini akan sedikit mengobati keinginanmu mendaki Gunung Rinjani. Sabar ya!

Image credit: @wilsonsshuang

Nah, berikutnya kamu bisa menuju Air Terjun Mangku Kodek. Sedikit berbeda dengan air terjun pada umumnya, Air Terjun Mangku Kodek memiliki dinding khas yang menyerupai lorong batu. Pasti akan menyesal jika tidak mampir ke sini.

Image credit: @esinsilia

Setelah puas bermain di dua tempat tadi, maka saatnya bergerak menuju Gili yaitu Gili Trawangan dan Gili Meno. Rencanakan untuk menginap di salah satu Gili. Sangat disarankan untuk menginap di Gili Trawangan karena jika beruntung bisa sampai sebelum senja, kamu bisa mendapatkan momen sunset yang menakjubkan.

Hari Ketiga – Bersantai Sepuasnya di Gili

Image credit: @misstourist (kiri), @carryoncand (kanan)

Sebenarnya ada tiga Gili yang bisa kamu kunjungi, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Pilihlah salah satu dari Gili tersebut untuk bisa dijelajahi pada hari terakhirmu. Gili Trawangan adalah Gili yang paling besar. Saran saya, habiskanlah waktu liburan hari ketigamu di sini.

Image credit: @alexkyddphoto (kiri), @zoemonicakj (kanan)

Meski banyak banguann roboh akibat gempa Lombok, namun kini perlahan kondisi dan situasi di Gili mulai berangsur membaik. Di Gili Trawangan kamu bisa melakukan beragam aktivitas yang tidak akan membuatmu bosan. Mulai dari melihat kawasan penyu, bersantai di pantai, hingga snorkeling menjelajahi alam bawah laut yang cantik dan memesona. Awas jangan sampai lupa pulang ya.

Baca juga: 18 Destinasi Wisata Di Lombok Dengan Panorama Yang Mengagumkan

Sebenarnya, masih banyak sekali tempat wisata di Lombok yang belum masuk dalam itinerary di atas. Namun, tentunya tiga hari saja tidaklah cukup untuk bisa menikmati keindahan Pulau Seribu Masjid ini. Yuk, liburan ke Lombok!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru