10 Kampung Unik dan Instagramworthy di Indonesia Yang Harus Kamu Datangi

Bukan hanya kafe, sebuah kampung pun ternyata bisa instagramworthy lho. Masih segar dalam ingatan bagaimana kampung warna warni di Malang difitur oleh banyak media internasional karena booming menghiasi halaman explore instagram. Selain kampung warna warni, ternyata banyak juga lho kampung lain yang tidak kalah serunya untuk didatangi. Simak ulasannya sampai akhir ya.

1. Kampung Warna Jodipan (KWJ), Malang

Image credit: @reyrizkii

Kampung yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi ketenarannya. Kampung kumuh di bantaran kali Brantas yang satu ini disulap dengan cat warna warni, sehingga membuat siapapun pasti tertarik untuk berkunjung.

Kombinasi warna warni cerah di dinding setiap rumah yang ada di sini tidak hanya memberikan mood ceria tapi juga bisa jadi spot yang pas untuk berfoto ria dan tampil di feed instagram kamu.

Image credit: @bellagabriella07 (kiri atas), @luttop.angg (kiri bawah), @reyrizkii (kanan)

Kampung dengan tema warna warni kini bisa kamu temui di beberapa kota lain di Indonesia, seperti kampung Pelangi Semarang, kampung wisata Lubuk Linggau, hingga kampung Bulak Kenjeran Surabaya.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

Jam buka: setiap hari mulai pukul 05.00 hingga 00.00 WIB
Harga Tiket Masuk: 3,000 IDR per orang. biaya parkir 2,000 IDR untuk motor dan 5,000 IDR untuk mobil.

2. Kampung 3D Malang Dan Depok

Image credit: @cakdjenar (kiri), @putri_novelia (kanan atas), @kampung3ddepok (kanan bawah)

Tidak jauh dari KWJ, terdapat sebuah kampung unik lainnya bertema mural tiga dimensi, yaitu kampung tridi (3D) Malang. Kampung tridi dihubungkan oleh sebuah jembatan kaca unik dengan KWJ. Sesuai dengan namanya, di kampung ini kamu akan menjumpai berbagai macam variasi mural 3D yang asyik dijadikan background foto.

Image credit: @intansowongsopo

Tidak hanya di Malang, di Depok ternyata ada juga lho kampung dengan aneka mural 3D. Yuk, rencanakan pergi ke sana.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

Jam buka: setiap hari mulai pukul 05.00 hingga 00.00 WIB
Harga tiket masuk: 5,000 IDR per orang (satu kawasan parkir dengan KWJ)

3. Kampung Teletubbies New Nglepen, Jogja

Image credit: @dodiefdi

Di Jogja ternyata kamu bisa menemukan rumah berbentuk dome layaknya rumah teletubbies lho; bukan hanya satu, tapi puluhan! Rumah berbentuk kubah atau dome ini merupakan desain rumah tahan gempa dan awalnya memang diperuntukkan untuk warga yang terdampak Gempa Jogja pada 2006. Karena bentuknya yang unik maka desa ini pun banyak dikunjungi para wisatawan dan berubah jadi kampung wisata. Kalau liburan ke Jogja, jangan lupa mampir kemari ya.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

Jam buka: setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk: 3,000 IDR per orang

4. Kampung Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur

Image credit: @johaannlim (kiri), @hariayo (kanan)

Bukan cuma kampung modern saja yang terlihat instagramworthy, kampung tradisional pun juga menarik untuk dijadikan background berfoto. Sebut saja kampung Wae Rebo, Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Lokasinya yang berada di ketinggian 1,100 mdpl membuat kampung ini dijuluki kampung di atas awan. Rumah adatnya yang berbentuk kerucut adalah daya tarik utama kampung tradisional ini. Dengan latar belakang pemandangan gunung yang menjulang, Kampung Wae Rebo menghadirkan pesona kampung yang sangat instagramworthy.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

Jam buka: setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk: gratis

5. Kampung Korea, Bandung

Image credit: @cp_pekanto (kiri atas), @wulankania (kiri bawah), @ira_soerjono (kanan)

Ini dia inovasi tempat unik baru dari Bandung, namanya Kampung Korea. Meski namanya kampung, sebenarnya tidak ada penduduk tetap di sini. Yang ada hanya deretan cafe lucu dan spot foto instagramworthy yang dijamin membuatmu tidak bosan mengambil foto di sini.

Meski masih dalam tahap awal pengembangan, namun Kampung Korea ini berhasil menyedot animo pengunjung yang sekedar ingin bersantai sambil hunting foto lucu.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

Jam buka: setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 22.00 WIB
Harga tiket masuk: tidak ada tiket masuk, tapi harus pesan makanan di area food court

6. Nagari Pariangan, Sumatera Barat

Image credit: @risman3351

Siapa sangka kalau sebuah desa kecil di Sumatera Barat ini meraih penghargaan internasional menjadi desa terindah di dunia. Wow! Identitas budaya serta warisan leluhur yang masih terjaga menjadi salah satu kriteria penilaian dari penghargaan tersebut.

Masjid unik di tengah nagari menjadi ciri khas kampung ini. Masjid yang telah berusia ratusan tahun ini memiliki desain unik menyerupai bangunan di dataran tinggi Tibet. Unik sekali, bukan?

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

Jam buka: setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk: 15,000

7. Desa Adat Praijing, Sumba Barat

Image credit: @dhanoeadjie

Nah, kalau kampung yang satu ini lokasinya berada di timur Indonesia, yaitu desa adat Praijing. Di sini kamu bisa berfoto dengan latar belakang rumah adat unik yang tinggi atapnya bisa mencapai 10 meter lho.

Rumah adat Sumba sebenarnya cukup banyak tersebar di beberapa kampung adat, namun yang jumlahnya cukup banyak dan telah lama dikenal sebagai daerah wisata adalah Desa Adat Praijing di Sumba Barat.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

Jam buka: setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk: gratis

8. Desa Adat Kete Kesu, Sulawesi Selatan

Image credit: @anntific (kiri), @miralisaaa (kanan atas), @lene_tatam (kanan bawah)

Karena keunikannya, desa adat Kete Kesu pada tahun 2017 lalu berhasil meraih penghargaan Kampung Adat terpopuler pada ajang Anugerah Pesona Indonesia. Kampung adat tana toraja terkenal karena deretan tongkonan dan lumbung yang unik.

Kamu juga bisa berfoto dengan kerbau belang alias kete kesu yang harganya bisa mencapai ratusan juta. Meski bisa bebas dan asyik berfoto, kamu harus tetap perhatikan aturan yang berlaku di kampung adat ini ya.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

Jam buka: setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk: 10,000 IDR per orang

9. Desa Penglipuran, Bali

Image credit: @liviaputriwjy

Bali juga tidak mau kalah dengan daerah lain untuk urusan kampung unik. Di Bali kamu bisa menemukan salah satu desa terbersih di Indonesia yang telah jadi bahan perbincangan internasional.

Dengan kearifan lokal yang mendarah daging, Desa Penglipuran tampak terlihat anggun. Hal ini ditandai dengan janur yang dipasang di bagian depan tiap rumah. Kamu dijamin tidak akan bosan mengambil foto di sini deh!

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

Jam buka: setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WITA
Harga tiket masuk: 15,000 IDR per orang

10. Kampung Prawirotaman, Jogja

Image credit: @dellahaliananur (kiri), @justplayon (kanan atas), @artistperezoso (kanan bawah)

Kampung prawirotaman atau yang lebih dikenal dengan nama kampung bule ini berlokasi di sepanjang jalan prawirotaman Jogja. Di sini kamu bisa menemukan beragam kafe serta spot foto unik yang instagramworthy dan kekinian. Tidak heran bila banyak bule mampir kemari untuk sekedar melepas lelah atau menginap di hotel backpacker yang ada di sana. Berjalan-jalan ke sini membuatmu serasa lupa jika sedang berada di Jogja deh.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

Jam buka: setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk: gratis

Baca juga: 12 Flea Market Unik Di Indonesia Yang Harus Kamu Kunjungi

Kampung yang identik dengan kesan kuno ternyata sekarang sudah tidak berlaku lagi. Kampung telah banyak bertransformasi menjadi sebuah tempat yang unik dan bahkan instagramworthy.

Sudah tidak sabar kan untuk liburan ke tempat-tempat di atas? Jangan lupa bagikan foto-foto liburan instagenik favoritmu dengan tagar #TripzillaTraveller dan dapatkan kesempatan untuk bisa difitur di IG Tripzilla Indonesia.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru