Dari Seoul, Pulau Nami Hingga Busan, Inilah Itinerary Wisata Ke Korea Selatan Dengan Menggunakan Korea Rail Pass

Tahukah kamu, Korea tidak sebesar bayangan kamu, lho! Semua daerah bisa dijangkau dengan mudah, mulai dari Seoul yang begitu modern, Pulau Nami yang Instagenik hingga Busan yang penuh dengan kuliner seafood yang nyam-nyam. Asyiknya, semua tempat itu bisa didatangi hanya dalam waktu yang relatif singkat, sekitar 2,5 jam perjalanan.

Yups, perjalanan dari ujung utara ke ujung selatan Korea Selatan, dari Seoul ke Busan, bisa ditempuh dengan waktu yang sangat singkat dengan menggunakan moda kereta api. Bagi traveler pemegang paspor non-Korea, kamu bisa mendapatkan fasilitas yang mengesankan dengan menggunakan Korea Rail Pass, atau yang biasa disebut Korail Pass.

Image credit: Klook

Tidak hanya mudah dan murah, menggunakan Korail Pass memungkinkan kamu untuk melihat-lihat pemandangan alam Korea Selatan yang luar biasa dari atas kereta yang nyaman. Meski tanpa menggunakan jasa agen wisata, dijamin perjalanan kamu ke Korea Selatan akan sangat menyenangkan dan berkesan.

Kamu bisa membeli dan mendapatkan Korail Pass langsung melalui websitenya. Petunjuk cara mendapatkan dan menggunakan Korail Pass bisa kamu lihat di sini, ya! Namun, untuk lebih mudah, kamu bisa mendapatkan Korail Pass melalui Klook. Dengan mendapatkan Korail Pass dari Klook, kamu bisa menikmati akses ke hampir seluruh jalur kereta yang dioperasikan KORAIL, penyedia layanan kereta terbaik di Korea Selatan. Ada lebih dari 600 stasiun yang tersebar di 80 rute yang bisa menjadi penghubung kamu menjelajahi destinasi wisata di Korea Selatan. Kamu juga bisa mendapatkan diskon tambahan untuk akomodasi dan berbagai obyek wisata saat menggunakan Korail Pass.

PESAN KORAIL PASS KAMU DI SINI!

Bepergian dengan menggunakan Korail Pass sangat membantu banget, lho! | Image credit: Klook

Yang tertarik menggunakan Korail Pass untuk liburan hemat kamu, itinerary wisata ke Korea Selatan ini menjadi pertimbangan untuk dicontek. Jangan khawatir, hampir semua destinasi asyik di Seoul, Pulau Nami, Jeonju dan Busan masuk di dalamnya, kok!

Tetap aktif di media sosial dengan perangkat Wi-Fi di Korea, ya! | Image credit: Klook

Klook Pro-tip: Tidak ingin kehilangan kontak dengan keluarga dan sahabat di kampung halaman, atau ingin tetap aktif di akun media sosial saat liburan ke Korea Selatan? Tidak usah khawatir, kini kamu bisa tetap terhubung dengan memesan perangkat Wi-Fi dari WideMobile via Klook. Kamu bisa mendapatkan unlimited data 4G mulai dari 38,396 IDR per hari. Asyiknya, koneksi internet dari perangkat ini bisa dipakai bersama hingga lima gadget.Pastikan tidak lupa untuk mengambilnya di bandara sebelum petualangan kamu dimulai, ya!

DAPATKAN UNLIMITED DATA 4G KAMU DI SINI!

Hari pertama: Bersenang-senang di Seoul

Seoul memang ibu kota Korea Selatan yang modern. Namun sisi tradisional dan budayanya yang keren tetap dipertahankan, lho! Faktanya, banyak bangunan bernuansa futuristik, tapi tidak sedikit juga yang tetap menjaga bangunan dengan budaya dan arsitektur masa lampau.

Tidak ada salahnya memulai perjalanan wisata ke N Seoul Tower, menara radio pertama di Korea Selatan. Kamu bisa menggunakan kereta kabel untuk bisa sampai ke puncak, di mana ada pemandangan kota Seoul yang luar biasa untuk dinikmati.

N Seoul Tower, salah satu destinasi wisata paling ikonik dan historik di Seoul | Image credit: Klook

Jika datang bersama belahan hati kamu, jangan lupa untuk membawa gembok dan kuncinya sebelum berjalan ke puncak menara ini. Di sana, kamu bisa memasang gembok di tempat yang sudah tersedia, seakan menandakan bahwa gembok tersebut menjadi pengikat rasa cinta di antara kalian. So sweet banget, ya!

Kunci cinta dan mimpi kamu bersama pasangan dengan gembok cinta, ya! | Image credit: Klook

Perjalanan bisa dilanjutkan ke MyeongDong untuk berbelanja. Jarak yang cukup dekat dengan N Seoul Tower, meski tetap harus menggunakan bus, menjadikan jalan ikonik ini menjadi destinasi wajib bagi penggemar belanja dan pemburu kosmetik untuk disinggahi.

Jangan lupa berbelanja di MyeongDong, ya!

Bukan hanya untuk penggemar destinasi belanja, kamu juga bisa memanjakan perut dan lidah kamu dengan berwisata kuliner di wilayah ini. Jangan melewatkan juga kesempatan menyaksikan pertunjukan Nanta Show, hiburan musikal perkusi modern non-verbal yang bertema memasak. Aksi para artis yang lucu dan unik dijamin akan memberikan hiburan tersendiri.

Salah satu pertunjukan musikal yang tidak boleh dilewatkan | Image credit: Klook

Klook Pro-Tips: Dengan melihat ukuran dan bentuk teater, tidak ada tempat duduk dengan pemandangan yang kurang baik, namun kursi premium akan membuat anda lebih dekat dengan pertunjukan. Selain itu, kursi akan ditentukan berdasarkan urutan pemesanan dan tidak dapat dipesan. Karenanya, memesan lebih awal bisa menentukan kamu mendapatkan lokasi terbaik menikmati pertunjukan ini. Pesan lebih awal tiket Nanta Show di Klook untuk mendapatkan seat terbaik pertunjukan ini.

AYO NONTON NANTA SHOW !

Pertunjukan Nanta Show dijamin akan membekas jelas dan berkesan di ingatan | Image credit: Klook

Masih punya waktu bersenang-senang, menyambangi Lotte World menjadi keharusan. Theme park dengan dua bagian, indoor dan outdoor, ini menawarkan beragam wahana seru, asyik dan mengesankan. Ada setidaknya 47 wahana bermain yang bisa kamu coba, termasuk di antaranya the Hot Air Balloon, Atlantis dan tentunya, trio the Gyro Drop, Gyro Swing dan Gyro Spin.

Komedi putar di Lotte World yang meriah banget | Image credit: Klook

Hari kedua: Kembali ke era Joseon

Setelah beristirahat semalaman, kamu bisa langsung ‘menembus’ ke era Joseon, sekaligus menyelami keunikan budaya khas Korea di sejumlah destinasi wisata yang eksotik di Seoul.

Berkeliling Istana Gyeongbokgung dengan mengenakan Hanbok juga asyik, lho! | Image credit: Klook

Mengapa tidak memulai keseruan dengan langsung menjelajah Istana Gyeongbokgung yang ikonik tersebut. Kamu bisa melihat kediaman keluarga raja di masa lalu. Bahkan kamu juga bisa menyaru menjadi salah satu anggota kerajaan, atau sebagai warga lokal, dengan mengenakan Hanbok, pakaian tradisional Korea yang tersedia dalam berbagai warna dan model.

Klook Pro-Tips: Yang ingin masuk ke Istana Gyeongbokgung tanpa harus membayar tiket, kamu bisa mengenakan Hanbok terlebih dahulu. Dijamin keren banget, lho!

Kamu juga bisa menimba ilmu di Istana Gyeongbokgung, lho! | Image credit: Klook

Selain menikmati keindahan dan kemegahan Istana Gyeongbokgung, kamu juga bisa belajar sejarah dan budaya di dalam istana tersebut. Dengan paket wisata jelajah istana dan kuil dari Klook, dijamin kamu akan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan dan informasi yang melimpah.

SIAP BERSERU-SERUAN DI ISTANA GYEONGBOKGUNG!

Menjelajahi desa Bukchon Hanok yang Instagenik | Image credit: Scottgunn

Desa Bukchon Hanok adalah destinasi berikutnya yang pas untuk dikunjungi. Jaraknya juga hanya 15 menit perjalanan dengan menggunakan kereta dari Istana Gyeongbokgung. Kamu bisa melihat banyak rumah tradisional khas Korea dari Dinasti Joseon yang unik, sekaligus lorong-lorong Instagenik yang memisahkan satu rumah dengan rumah lainnya. Belajar mengenai budaya tradisional Korea sembari melakukan penjelajahan juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan, lho! Kamu juga akan menemukan warga lokal yang menjual gula-gula tradisional yang khas. Asyik banget, lho!

Jangan sampaii melewatkan beragam sajian dan kuliner di desa wisata ini, ya! | Image credit: Bukchon Son Mandu (atas, bawah)

Mumpung masih di Desa Bukchon Hanok, jangan melewatkan kesempatan menikmati Mandu, camilan semacam pangsit ala Korea, dan restoran Bukchon Son Mandu, restoran dari Korea Utara, adalah salah satu tempat yang sempurna untuk mencobanya. Restoran ini menyajikan mandu sejak tahun 1950 lho!

Ayam ginseng yang berkesan banget

Jangan lupa untuk mengisi perut di Tosokchon, salah satu restoran ayam ginseng terbaik di Korea. Kamu akan dibuat kagum dengan besarnya porsi makanan, juga kualitas ayamnya yang juicy dengan kekayaan cita rasanya.

Parade Natal yang seru di Everland | Image credit: Klook

Untuk menutup hari, mengunjungi Everland, theme park keren yang berada sedikit di luar kota Seoul, menjadi langkah yang tepat. Kamu bisa menjangkau lokasi ini dengan menggunakan Seoul Subway atau kereta khusus Everland.

Wahana bermain yang juga seru abis | Image credit: Klook

Selain wahana bermain, Everland juga menawarkan keseruan dalam bentuk kebun binatang, Carribean Bay waterpark dan taman bunga. Ada banyak festival dan parade unik yang juga bisa dinikmati oleh pengunjung.

Kamu bisa membeli tiket masuk ke Everland dari Klook, dan kamu akan mendapatkan diskon 30%. Selain itu, kamu juga tidak perlu mengantri di loket tiket karena voucher yang didapatkan dari Klook bisa langsung digunakan untuk masuk.

SIAP UNTUK PENGALAMAN YANG SERU DI EVERLAND!

Shuttle bus ke Everland dan Carribean Bay dari Seoul | Image credit: Klook

Klook Pro-Tips: Setelah lelah berkeliling ke Desa Bukchon Hanok dan Istana Gyeongbokgung, kamu bisa beristirahat sejenak sebelum bersenang-senang di Everland dan Carribean Bay. Caranya dengan menggunakan shuttle bus yang bisa membawa kamu ke lokasi langsung dari Seoul dan bisa dipesan dengan menggunakan aplikasi Klook. Bayangkan, perjalanan selama satu jam digunakan untuk beristirahat di tempat duduk yang nyaman, pas untuk mengisi tenaga sebelum habis-habisan di Everland dan Carribean Bay.

PESAN TIKET SHUTTLE BUS KAMU KE EVERLAND DI SINI!

Hari ketiga: Seharian di Gapyeong

Jika kamu merupakan penggemar drakor alias drama Korea, seperti Winter Sonata, My Love From the Star dan Love in the Moonlight, maka mengunjungi Gapyeong menjadi hal yang harus dilakukan. Adapun destinasi wisata yang harus dikunjungi di Gapyeong adalah Pulau Nami, Petite France, Garden of Morning Calm dan Rail Bike Park.

Nami Island yang cantik di semua musim | Image credit: Naminara Republic

Ada banyak cara dari Seoul untuk bisa sampai ke wilayah ini. Namun jika kamu memegang Korail Pass dan memiliki waktu lebih, memesan kursi untuk kereta ITX dari Yongsan Station bisa dilakukan. Perjalanan akan ditempuh tidak sampai satu jam dengan menggunakan kereta ini. Pembelian Korail Pass bisa dilakukan via Klook mulai dari 1,395,258 IDR.

DAPATKAN KORAIL PASS KAMU SEKARANG!

Pulau Nami adalah pulau yang terbentuk setelah pembangunan bendungan di Sungai Han bagian Utara. Terdapat dua cara untuk menyebrang ke Pulau Nami, menggunakan kapal feri selama kurang lebih lima menit atau dengan meluncur lewat kabel dari ketinggian, alias zipline A.K.A flying fox. Kamu pilih yang mana?

Dua cara untuk menyebrang ke Nami Island | Image credit: Jen’s Wanderstories (kiri), 짚와이어 zipwire (kanan)

Klook Pro-Tips: Karena menuju ke Pulau Nami dengan menggunakan kapal feri tidak dipungut biaya, tidak ada salahnya menyeberang dengan menggunakan Zipline. Dengan demikian, kamu mendapatkan dua pengalaman berbeda saat datang dan meninggalkan Pulau Nami, karena satu-satunya cara pergi dari pulau yang merupakan destinasi wisata ke-14 di dunia sebagai Taman Ramah Anak UNICEF itu adalah dengan menggunakan kapal feri.

Petite France yang Prancis banget! | Image credit: Klook

Puas menjelajah Pulau Nami, kamu bisa melanjutkan wisatamu ke Petite France. Destinasi wisata yang menjadi miniatur sejumlah kota di Prancis ini menjadi tempat pengambilan gambar drama Korea, My Love From The Star. Banyak hal yang bisa kamu lihat, mulai dari museum seni, interior rumah Prancis di era lampau, dan banyak hal lain yang identik dengan Prancis. Kamu juga bisa menikmati pertunjukan Marionette Dance yang dimainkan di jam-jam tertentu, lho!

Salah satu wahana yang bisa kamu coba, Rail Bike Park | Image credit: Klook

Jika memiliki waktu yang cukup, mengunjungi Garden of Morning Calm juga bisa dilakukan. Menempuh perjalanan 45 menit dengan menggunakan bus dari Petite France, kamu bisa menyaksikan taman yang luar biasa. Jika liburan di musim dingin, jangan sampai melewatkan Winter Light Festival, di mana seluruh taman diterangi oleh lampu neon yang cantik. Rail Bike Park menjadi destinasi terakhir yang bisa dikunjungi untuk menikmati pemandangan yang tidak kalah keren.

Klook Pro-Tips: Menggunakan jasa wisata bisa menjadi opsi yang menarik bagi yang tidak ingin ribet. Klook menawarkan paket wisata di empat destinasi wisata ini dengan harga yang menarik, mulai dari 479,945 IDR.

MARI MENJELAJAHI GAPYEONG DENGAN PAKET WISATA!

Hari keempat: Menikmati keseruan di Jeonju

Setelah habis-habisan dan seru-seruan di Seoul selama tiga hari, mungkin sudah waktunya menjelajah bagian Korea lainnya. Jeonju, kota yang lebih woles, bisa menjadi destinasi menarik untuk dituju.

Untuk sampai ke Jeonju dari Seoul, ada dua cara yang bisa dipertimbangkan. Yang pertama adalah dengan Mugunghwa, kereta yang berangkat dari Stasiun Yongsan dengan lama perjalanan tiga setengah jam. Namun kamu memiliki Korail Pass, yang bisa kamu dapatkan melalui Klook, kamu bisa memesan tempat duduk di kereta KTX yang berangkat ke Jeonju dari Stasiun Seoul dengan lama perjalanan tidak lebih dari dua jam.

Setibanya di Jeonju, destinasi pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Desa Jeonju Hanok, wilayah dengan jumlah rumah Hanok terbesar yang berada di pusat kota. Kabarnya jumlah rumah khas Korea yang unik dan Instagenik itu mencapai 700 rumah, lho!

Desa Jeonju Hanok yang luas dan keren | Image credit: Klook

Di sini, kamu bisa belajar mengenai sejarah dan budaya dari warga lokal. Tidak ada salahnya juga berinteraksi dengan warga setempat, yang menunjukkan keramahan yang luar biasa bagi setiap pendatang. Kamu juga bisa menyewa guest house untuk bermalam di kampung tradisional Korea ini. Bayangkan, tidak hanya bisa belajar mengenai budaya dan sejarah di Desa Jeonju Hanok, kamu juga bisa menikmati suasana kehidupan warga lokal di lingkungan yang sama secara langsung. Asyik banget, kan?

Menikmati suasana pedesaan yang asri di lingkungan khas Korea Selatan | Image credit: Klook

Klook Pro-Tips: Jika ingin sejenak menjadi warga lokal Jeonju, mengapa tidak sekalian berpakaian seperti halnya warga setempat. Melalui aplikasi Klook, kamu bisa menyewa Hanbok, alias baju tradisional Korea, selama seharian dan berkeliling desa seperti warga pada umumnya. Ada banyak pilihan model dan warna Hanbok yang sesuai dengan gaya kamu, lho!

PILIH MODEL DAN WARNA HANBOK KAMU DI SINI!

Berfoto bersama pasangan dengan menggunakan Hanbok, boleh juga! | Image credit: Klook

Yang ingin mengisi perut saat di Jeongju, kuliner yang wajib dicoba adalah Bibimbap. Apalagi Jeonju dikenal sebagai tempat lahirnya hidangan tradisional nasi khas Korea. Bibimbap sendiri adalah sajian nasi hangat yang dihidangkan dalam mangkuk dengan namul dan gochujang, saus cuka atau doenjang sebagai topping. Gorengan telur setengah matang dan irisan daging sapi biasanya ditambahkan sebagai lauk utama. Tampilan sajian yang menggugah selera ini harus dicampur dan diaduk dulu sebelum dimakan.

Bibimbap yang menggiurkan | Image credit: Klook

Tempat terbaik menikmati Bibimbap adalah di Jeonju National Palace Headquarter, di mana kamu bisa menggunakan bus 974 atau 976 dari Desa Jeonju Hanok menuju ke lokasi. Namun, ada alternatif lain yang bisa kamu pilih, yaitu Gogung Suragan yang masih berada di desa wisata ini.

Hari kelima: Menikmati keseruan di Busan

Busan menjadi pemberhentian berikutnya. Bukan tanpa alasan mengapa Busan masuk dalam itinerary wisata ke Korea Selatan ini. Sebagai kota paling padat kedua di Korea Selatan, sekaligus pelabuhan tersibuk ke sembilan di dunia, Busan menjadi saingan Seoul dalam hal wisata yang menawarkan pemandangan metropolitan serta memiliki banyaknya kegiatan yang dapat dilakukan. Belum lagi potensi kulinernya yang wah!

Untuk sampai ke Busan dari Jeongju, cara paling nyaman adalah dengan memaksimalkan Korail Pass kamu, yang bisa dibeli di Klook. Kamu bisa memesan kursi KTX Yeosu-Seoul untuk perjalanan dari Jeonju Station dan berhenti di Osong Station, kemudian beralih menggunakan KTX Seoul-Busan menuju ke Busan Station. Lama perjalanan kurang lebih dua jam 54 menit, termasuk di dalamnya proses transfer kereta selama 19 menit. Oh iya, untuk kereta yang ini dijamin bebas Zombie, tahu maksudnya, kan?

MARI KE BUSAN DENGAN KORAIL PASS!

Klook Pro-Tips: Tidak ada salahnya mengunduh aplikasi Busan Metro (logo hijau), yang memiliki fungsi peta yang akan menunjukkan tempat pemberhentian terdekat dari destinasi wisata kamu.

Destinasi pertama yang bisa kamu singgahi adalah Kuil Haedong Yonggung, yaitu kuil Buddha yang terletak tepat di tepian laut dan di ujung tebing berbatu dengan panorama spektakuler dan mengesankan. Kuil ini juga menjadi bukti bahwa modernitas di Busan tidak membuat nuansa serta unsur tradisional bisa menyatu dengan baik.

Kuil Haedong Yonggung | Image credit: midnight.here

Busan Sea Life Aquarium menjadi destinasi berikutnya dalam itinerary wisata di Korea Selatan yang tidak boleh dilewatkan. Penjelajahan selama satu jam di akuarium ini dijamin akan diakhiri dengan rasa puas dan senang. Banyak pula hal menarik yang dipamerkan di akuarium ini, termasuk di antaranya petting area untuk koleksi hewan berukuran kecil, terowongan kaca dan akuarium besar yang menjadi habitat untuk hewan laut berukuran raksasa. Tidak hanya memberikan hiburan berupa pameran hewan-hewan laut di dalam akuarium, kamu juga bisa belajar mengenai pentingnya menjaga kehidupan dan ekosistem bawah laut.

Busan Sea Life Aquarium | Image credit: Klook

Menikmati camilan khas Busan juga bisa kamu lakukan. Caranya dengan mendatangi Dotonbori untuk menikmati fishcake. Tempat ini menjual lebih dari 30 fishcake yang berbeda, mulai dari tteokbokki hingga oozy cheese fishcake. Kamu bisa memilih fishcake yang paling menarik perhatianmu, memanaskannya di microwave yang tersedia sebelum menikmatinya sambil melanjutkan petualangan di kota Busan.

SIAP BERJALAN BERSAMA IKAN DI SEA LIFE AQUARIUM!

Salah satu pilihan Dotonbori yang bisa kamu coba | Image credit: Kimishowota

Destinasi berikutnya di Busan yang bisa kamu kunjungi adalah Desa budaya Gamcheon. Pemandangan rumah penduduk berwarna pastel dengan latar belakang pemandangan gunung yang indah menjadi daya tarik tersendiri dari desa ini. Kamu juga bisa menemukan banyak toko kerajinan yang berwarna-warni.

Desa Gamcheon yang keren bila dilihat dari ketinggian

Klook Pro-Tips: Tempat terbaik untuk mendapatkan foto selfie dengan latar lanskap dari desa wisata ini adalah dengan mendatangi rooftop Community Centre.

Mencicipi masakan khas Busan juga harus dilakukan. Tempat terbaik untuk mendapatkan sensasi kuliner dengan cita rasa lokal adalah dengan mendatangi Pasar Jagalchi. Di sini, kamu bisa menemukan hasil tangkapan laut yang segar dan hidup, mulai dari gurita, kerang, timun laut hingga kepiting dan berbagai jenis ikan. Seperti halnya di Tsukiji Market di Tokyo, banyak tempat makan yang menyajikan hasil tangkapan laut yang segar ini di Pasar Jagalchi. Silahkan pilih makanan seafood favorit kamu, ya!

Pasar Jagalchi yang terkenal di Busan | Image credit: LWYang

Klook Pro-Tips: Jika kamu berencana untuk menikmati kuliner yang dimasak secara khusus di Pasar Jagalchi, sangat disarankan untuk bertanya mengenai biaya memasaknya terlebih dahulu karena bisa jadi harganya jauh lebih mahal ketimbang makan di restoran.

Masukkan alamat email kamu
& nikmati promo menarik dari Klook!

Thank you for your subscription.

Nah, tertarik dengan itinerary wisata di Korea Selatan dengan memaksimalkan Korail Pass ini? Ayo mulai merencanakan liburan kamu ke Korea Selatan bersama Klook. Dengan Klook kamu bisa merencanakan liburan hemat dan tetap menyenangkan, bukan hanya ke Korea Selatan, tapi ke banyak destinasi lainnya, termasuk Jepang, Singapura, Hong Kong, Makau, Sydney, dan banyak lagi! Jadi jangan lupa untuk selalu memeriksa Klook sebelum berangkat agar mendapatkan pengalaman liburan yang hemat dan tetap berkesan!

AYO MULAI PERJALANANMU DENGAN KORAIL PASS!

Baca juga: Itinerary Liburan ke Korea Selatan Hemat Bersama Keluarga 5H4M

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru