Itinerary Liburan ke Korea Selatan Hemat Bersama Keluarga 5H4M

Dengan meningkatnya popularitas drama Korea dan lagu-lagu Korea Pop (K-Pop), tidak heran kalau Korea Selatan menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan mancanegara. Negara yang telah berkembang pesat dalam 50 tahun terakhir ini memang menawarkan banyak destinasi keren yang patut masuk dalam daftar bucket-list kamu.  

Ingin segera mengajak keluarga untuk liburan ke Korea Selatan? Itinerary jalan-jalan ke Korea Selatan hemat selama 5H4M ini bisa menjadi panduanmu. Siap?

Kedatangan di Korea Selatan

Bandara Internasional Incheon | Image credit: Wikimedia

Selamat datang di Bandara Internasional Incheon! Beberapa cara untuk masuk ke kota Seoul dari bandara yang berada di kota Incheon ini termasuk taksi, airport limousine, kereta biasa jalur Airport Railroad dan kereta khusus Airport Express (AREX).

Masuk ke Seoul dengan kereta biasa jalur Airport Railroad dari bandara | Image credit: Wikimedia (kiri, kanan)

Dari keempat cara tersebut, cara termurah untuk mencapai Stasiun Seoul, di pusat kota, adalah menggunakan kereta biasa jalur Airport Railroad – 4,950 KRW (~Rp 64.000). Dibutuhkan sekitar satu jam lebih untuk masuk ke kota dengan opsi transportasi ini, dan tidak ada sistem pemesanan kursi. Jadi tidak menutup kemungkinan kalau kamu harus berdiri sepanjang perjalanan ke kota dengan kopermu kalau kereta sedang penuh.

Image credit: Wikimedia (kiri), Klook (kanan)

Durasi perjalanan dengan kereta biasa hampir sama dengan bus airport limousine meski harga tiket bus lebih mahal – 10,000 KRW hingga 18,000 KRW (~Rp 129.000 hingga Rp 232.000), tergantung pada destinasi dan rutenya. Akan tetapi, kamu pasti akan mendapat tempat duduk dan tergantung pada lokasi penginapanmu, mungkin ada baiknya menggunakan bus. Pasalnya tidak semua stasiun kereta di Seoul dilengkapi dengan fasilitas eskalator dan lift. Bayangkan saja membawa stroller anak atau koper yang berat, dan harus naik turun tangga untuk keluar stasiun kereta!

Klook Pro-tip: Layanan bus airport limousine disediakan oleh berbagai perusahaan dan memang tiketnya dapat dibeli langsung di tempat. Tetapi jika kamu khawatir dengan kendala bahasa, kamu bisa membeli tiket airport limousine dari salah satu providernya dari Klook sebelum keberangkatan!

Kereta AREX, cara termudah untuk masuk ke Seoul dari bandara | Image credit: Klook

Untuk traveller yang smart, kereta AREX dari Bandara Internasional Incheon ke Seoul merupakan alternatif yang menarik. Kereta AREX akan membawamu tanpa berhenti dari bandara ke Stasiun Seoul dalam waktu sekitar 45 menit. Selain lebih cepat, kamu juga akan digaransi mendapat tempat duduk.

Tiket satu arah dijual seharga 9,000 KRW (~Rp 116.400) untuk orang dewasa dan 7,000 KRW (~Rp 90.500) untuk anak-anak. Namun jika memesan tiket kereta AREX melalui Klook, kamu bisa mendapatkannya dengan harga serendah 6,500 KRW (~Rp 84.000) per orang! Lumayan, kan? Dari Stasiun Seoul (yang dilengkapi dengan eskalator dan lift), kamu bisa melanjutkan perjalanan ke hotel dengan taksi jika membawa banyak koper dan anak kecil.

Klook Pro-tip: Sebelum keberangkatan ke Korea, sebaiknya kamu memesan kartu sim lokal 4G atau perangkat Wi-Fi untuk menghemat biaya roaming saat berlibur. Kamu bisa mendapatkan unlimited data 4G mulai dan dari 24,600 KRW (~Rp 318.156). Untuk yang ingin mendapatkan koneksi yang bisa dipakai bersama, kamu bisa menyewa router Wi-Fi yang dimulai dari semurah 3,000 KRW (~Rp 38.800) per hari. Apa pun pilihan keluargamu, pastikan kamu tidak lupa untuk mengambilnya di bandara sebelum menuju kota!   

Hari Pertama – Kembali ke Jaman Dahulu & Menjadi bak Keluarga Raja di Pusat Kota Seoul

Siapa bilang semua pusat kota besar itu kehilangan pesona sisi tradisionalnya? Seoul bukti nyata kalau tempat-tempat tradisional ternyata masih hidup berdampingan dengan yang moderen!

Upacara pergantian penjaga istana di Gyeongbokgung yang bisa kamu lihat setiap pergantian jam | Image credit: Wikimedia

Terdapat empat istana keluarga kerajaan Korea jaman Joseon dahulu di pusat kota Seoul yang masih berdiri hingga sekarang. Salah satu istana utama dan terbesarnya yang bisa menjadi destinasi wisata di Korea pertamamu adalah Istana Gyeongbokgung.

Warna-warni Gyeongbokgung di musim gugur |  Image credit: Jen’s Wanderstories

Struktur istana pertama di bangun di tahun 1395, namun karena banyaknya peperangan yang dialami Korea Selatan, banyak bagian dari Istana Gyeongbokgung sudah melalui banyak ronde reparasi dan restorasi. Meski pada awalnya terdapat lebih dari 330 gedung dan bagian berbeda dalam istana, kini hanya kurang dari separuh yang masih berdiri.

Jangan lupa ambil foto keluarga di Gyeongbokgung dengan hanbok! | Image credit: Imago Pictura

Untuk menikmati istana bak keluarga kerajaan, kami sarankan untuk menyewa hanbok sebelum menuju Gyeongbokgung. Hanbok merupakan pakaian tradisional Korea yang tersedia dalam berbagai kombinasi warna, bahan kain dan model dan digunakan sebagai pakaian sehari-hari orang Korea jaman dahulu.

Selain menjadikan foto-foto liburanmu berwarna dan Instagramworthy, tiket masuk ke Istana Gyeongbokgung juga gratis kalau menggunakan hanbok. Worth it sekali! Agar tidak bingung mencari tempat penyewaan hanbok, kamu bisa memesan sesi penyewaan hanbokmu dari Klook sebelum keberangkatan juga.

Klook Pro-tip: Siapkan jaket ekstra untuk si kecil saat ke Gyeongbokgung karena biasanya angin bertiup cukup kencang di sana.

Cara ke Istana Gyeongbokgung: Naik Seoul Subway Jalur 3 ke Stasiun Gyeongbokgung dan keluar dari Exit 5 atau ke Stasiun Anguk di jalur yang sama dan keluar di Exit 1.

Image credit: Wikimedia

Setelah puas menikmati istana raja dan foto-foto cantik dengan hanbok, lanjutkan harimu ke Bukchon Hanok Village. ‘Hanok’ merupakan tipe rumah jaman dahulu di Korea. Meski kini pusat kota Seoul dipenuhi gedung-gedung tinggi yang menjulang ke langit, masih ada beberapa daerah perumahan rumah tradisional hanok, termasuk Bukchon Hanok Village ini lho!

Image credit: Bukchon Son Mandu (atas, bawah)

Sembari melanjutkan sesi foto-foto instagramworthy, wajib deh mampir ke Bukchon Son Mandu saat ke Bukchon Hanok Village. Mandu merupakan hidangan semacam pangsit ala Korea, dan Bukchon Son Mandu adalah salah satu tempat yang sempurna untuk mencobanya. Restoran ini berasal dari Korea Utara dan sudah menyajikan mandu sejak tahun 1950 lho!

Klook Pro-tip: Bukchon Hanok Village berada di atas bukit jadi sebaiknya menggunakan sepatu nyaman kalau ingin mengunjunginya.

Cara ke Bukchon Hanok Village: Naik Seoul Subway Jalur 3 ke Stasiun Anguk dan keluar dari Exit 1 atau 2.

Insadong | Image credit: Mario Sánchez Prada (atas),  Republic of Korea (kiri bawah), Korea Tourism Organisation (kanan bawah)

Destinasi selanjutnya adalah Insadong – pusat budaya di tengah kota Seoul yang tidak bisa di capai dengan jalan kaki dari Bukchon Hanok Village. Di daerah Insadong, kamu akan menemukan banyak restoran tradisional, rumah teh, galeri seni dan juga toko-toko souvenir kalau kamu sudah pengin belanja oleh-oleh.

Image credit: Korea Tourism Organisation (kiri), Jen’s Wanderstories (kanan)

Salah satu bangunan menarik yang bisa kamu kunjungi saat jalan-jalan ke Insadong adalah Ssamzigil. Shopping mall outdoor yang tidak terlalu besar memiliki struktur unik dimana semua lantainya terhubung tanpa eskalator mau pun tangga (meski masih tersedia tangga di samping untuk keadaan darurat!).

Image credit: Jen’s Wanderstories (kiri),  Korea Tourism Organisation (kanan)

Dalam Ssamzigil, terdapat banyak toko yang menjual pernak-pernik customisable kalau kamu ingin mencari kenang-kenangan yang unik dari liburanmu. Jalan terus hingga lantai paling atas, kamu akan menemukan rooftop garden dengan satu bagian khusus dimana para couples bisa meninggalkan jejaknya secara permanen di Ssamzigil.

Klook Pro-tip: Untuk keluarga dengan anak kecil, kami rekomendasikan untuk mengunjungi Insadong pada hari Sabtu siang setelah pukul dua siang atau hari Minggu. Pasalnya pada hari-hari tersebut, mobil dilarang masuk ke daerah Insadong dan sang buah hati pun bisa dengan leluasa menelusuri jalanan Insadong.

Cara ke Insadong: Naik Seoul Subway Jalur 3 ke Stasiun Anguk dan keluar dari Exit 6. Dari pintu keluar stasiun, lanjut jalan lurus dan jalanan utama Insadong akan berada di sebelah kirimu.

Hari Kedua – Menikmati Keindahan Wisata di Gyeonggi-do

Gyeonggi-do, provinsi yang mengelilingi kota Seoul, menyimpan banyak destinasi wisata istimewa. Salah satunya, Nami Island yang mendunia karena drama Korea, Winter Sonata.

Image credit: Rufustory

Nami Island merupakan pulau yang terbentuk setelah pembangunan bendungan di Sungai Han bagian Utara dan juga dikenal sebagai Republik Naminara. Meski masih termasuk dalam negara Korea Selatan, Nami Island telah mendeklarasikan kebebasan dan kebijikan diplomasi dan budaya dari negaranya.

Dua cara untuk menyebrang ke Nami Island | Image credit: Jen’s Wanderstories (kiri), 짚와이어 zipwire (kanan)

Terdapat dua cara untuk menyebrang ke Nami Island: Menaiki kapal feri selama kurang lebih lima menit atau dengan cara yang lebih memompa adrenalin dan cepat – zipline alias flying fox. Tiket kapal feri untuk sementara ini gratis dan sudah termasuk saat membeli ‘visa’ masuk ke Nami Island yang seharga 10,000 KRW (~Rp 128.000) untuk orang dewasa dan 4,000 KRW (~Rp 51.000) untuk anak-anak. Tetapi setelah 30 Juni 2018, harga akan kembali ke normal dan naik 3,000 KRW (~Rp 38.500).

Jika berminat menggunakan zipline, kamu harus menyiapkan biaya 38,000 KRW (~Rp 487.000) per orangnya. Apa pun pilihanmu untuk menyebrang, semua orang hanya bisa menaiki kapal feri untuk kembali ke daratan utama (biaya tambahan tidak dipungut untuk arah kembali).

Nami Island yang cantik di semua musim | Image credit: Naminara Republic

Pulaunya sendiri tidak terlalu besar dan bisa kamu nikmati dalam sekitar tiga hingga empat jam. Meski memang dibuat terkenal oleh Winter Sonata, setiap musim menawarkan pemandangan yang memiliki pesona masing-masing. Meski kamu sudah pernah mengunjungi Pulau Nami, pastikan kamu kembali lagi saat musim lainnya untuk pengalaman yang berbeda!

Image credit: Naminara Republic

Nami island juga merupakan destinasi wisata ke-14 di dunia untuk dinobatkan sebagai Taman Ramah Anak UNICEF (UNICEF Child-friendly Park). Tidak heran, di Pulau Nami terdapat banyak fasilitas yang dibangun khusus anak-anak. Mulai dari perpustakaan buku bergambar, pusat kesenian hingga wahana kereta UNICEF, semuanya bisa kamu nikmati di Nami Island. Seru!

Cara ke Nami Island: Dari Seoul, naik kereta ITX dari Stasiun Yongsan ke Stasiun Gapyeong dalam perjalanan sekitar satu jam. Tiket bisa kamu dapatkan untuk seharga 5,200 KRW (~Rp 67.000) satu kali jalan. Dari Stasiun Gapyeong gunakan Gapyeong Tour Bus untuk menuju ke Nami Island. Tiket untuk menggunakan Gapyeong Tour Bus seharga 6,000 KRW (~Rp 77.500) dan berlaku untuk sepanjang hari.

Setelah puas mengelilingi Nami Island, kamu juga bisa melanjutkan wisatamu ke Petite France.

Image credit: 쁘띠프랑스_Petite France

Dari namanya saja, pasti sudah bisa menebak kalau destinasi wisata ini merupakan miniature kota Perancis. Kalau kamu merasa tempat ini terlihat begitu familiar, itu karena Petite France sudah digunakan sebagai tempat syuting beberapa drama Korea ternama termasuk My Love From the Star!

Image credit: 쁘띠프랑스_Petite France

Selain melihat-lihat kota kecil ala Perancis dari luar, terdapat beberapa rumah di Petite France yang bisa kamu masuki dan juga museum-museum seni. Saksikan sendiri interior rumah Perancis kuno, lukisan dan seni ala Perancis lainnya dan tentunya tidak lupa juga untuk mengabadikan momen di sana ya! Kalau kamu datang pada jam yang pas, mungkin kamu juga bisa menonton musical yang sedang ditayangkan di sana.

Klook Pro-tip: Berlibur dengan anak-anak tidaklah mudah. Namun dengan paket tur satu hari Nami Island dan Petite France ini, kamu bisa menikmati harimu tanpa kekhawatiran. Lengkap dengan transportasi dua arah dari Seoul dan pemandu berbahasa Inggris, kamu hanya perlu bertemu di meeting point yang ditentukan dan mengikuti perjalanan yang sudah direncanakan untukmu!

Dari sekarang hingga 30 Juni 2018, kamu menggunakan promosi khusus Bedug Salebration lebaran ini dan lebih menghemat lagi saat membeli paket tur ini dari Klook lho. Nikmati potongan langsung 7% hingga Rp 350.000 dengan kode promo BEDUG350. Buruan!

Hari Ketiga – Bermain di Theme Park!

Liburan ke Seoul tidak lengkap tanpa kunjungan ke salah satu theme park ikoniknya – Lotte World atau Everland.

Bagian outdoor Lotte World theme park | Image Credit: Klook
Bagian indoor Lotte World theme park | Image credit: Fredik Rubensson

Lotte World merupakan theme park unik dengan bagian indoor dan outdoor. Bagaimana pun kondisi cuaca pada saat kamu berkunjung, kamu pasti bisa menikmati wahana-wahananya yang seru.  

Image credit: Korea Tourism Organisation

Terdapat lebih dari 47 wahana yang bisa kamu coba. Beberapa yang harus kamu coba di Lotte World adalah the Hot Air Balloon, Atlantis dan tentunya, trio the Gyro Drop, Gyro Swing dan Gyro Spin. Tidak sabar ingin coba? Sebelum itu, jangan lupa untuk membeli tiket masuk satu hari ke Lotte World kamu dari Klook kalau mau menghemat hingga 25,000 KRW (~Rp 325.000) per tiket! Lumayan, kan?

Klook Pro-tip: Kalau kamu ingin menghindari antrian panjang di Lotte World, gunakan Lotte World Magic Pass – tiket khusus untuk mereservasi tempat di wahana-wahana populer! Kamu bisa memilih jam yang diinginkan untuk menaiki wahana tersebut melalui aplikasi khusus di smartphone kamu dan datang pada waktu yang sudah ditentukan untuk langsung menaiki wahananya.

Image credit: Rufustory (kanan)

Setelah menghabiskan hari di Lotte World, kamu juga bisa menikmati atraksi-atraksi lain di komplek Lotte seperti Seoul Sky, observatory tertinggi ketiga di dunia. Ada pula pilihan jalan-jalan di Lotte Mall untuk yang suka shopping.

Cara ke Lotte World: Naik Seoul Subway Jalur 2 atau 8 ke Stasiun Jamsil dan keluar dari Exit 4. Lotte World terhubungkan langsung dengan stasiun kereta.

Wahana T-Express di Everland | Image credit: Everland

Selain Lotte World, terdapat pula Everland theme park yang dikenal untuk salah satu roller coaster paling unik dan seram yang terbuat dari kayu (T-express). Meski Everland berada di luar kota Seoul, kamu masih dapat menjangkaunya dengan Seoul Subway dan kereta khusus Everland.

Image credit: Everland (kiri, kanan atas, kanan bawah)

Selain wahana bermain yang sudah mendunia, Everland dilengkapi pula dengan fasilitas tambahan asyik seperti kebun binatang, Carribean Bay waterpark dan taman bunga. Anak-anak pun tidak akan bosan karena banyaknya yang bisa dilihat dan dicoba di sini.

Image credit: Klook

Beli tiketmu dari Klook dan dapatkan diskon hingga 30% harga tiket masuk ke Everland-mu. Selain menghemat biaya, kamu tidak perlu mengantri di tempat untuk membeli tiket lagi karena voucher yang didapatkan dari Klook bisa langsung digunakan untuk masuk.

Klook Pro-tip: Karena lokasi Everland yang cukup jauh dari kota, kami rekomendasikan untuk mengunjungi Everland dengan fasilitas shuttle bus ini. Keluargamu akan dijemput dari salah satu stasiun kereta utama di Seoul: Stasiun Yeongdeungpo, Stasiun Sindorim, Stasiun Sinnonhyeon dan Stasiun Gangnam dengan mengunakan shuttle bus nyaman. Perjalanan juga hanya menempuh waktu satu jam – praktis! Jangan lupa juga untuk menggunakan promosi khusus Bedug Salebration untuk menikmati potongan langsung 7% hingga Rp 350.000 dengan kode promo BEDUG350 ya.

Hari Keempat – Beristirahat dan Relaxing ala Orang Korea

Setelah bermain seharian di theme park di hari ketiga, ada baiknya mengambil satu hari untuk beristirahat dan mengumpulkan tenaga sebelum pulang dari Seoul. Yang namanya liburan, tujuannya tidak untuk membuat capai diri sendiri, kan?

Image credit: Dragon Hill Spa

Aktivitas ‘spa’ kadang diasosiasikan dengan biaya yang mahal namun di Seoul tidaklah begitu! Jjimjilbang adalah tempat spa ala orang lokal dengan fasilitas seperti ruang sauna, tempat pijat, jacuzzi bahkan ruang game dan kantin. Tempat ini pastinya tidak asing lagi untuk kamu para pecinta drama Korea!

Image credit: Dragon Hill Spa

Kalau sudah tidak sabar ingin mencoba spa ala Korea yang murah meriah itu, kunjungi Dragon Hill Spa di hari ketigamu. Dragon Hill Spa merupakan salah satu jjimjilbang terbesar di Seoul dengan delapan lantai dan fasilitas yang sangat memadai.

Kolam berendam Family Spa (kiri) dan outdoor (kanan) di Dragon Hill Spa | Image credit: Dragon Hill Spa

Mulai dari ruang sauna kristal hingga kolam berendam indoor dan outdoor, Dragon Hill Spa siap memanjakan badanmu dengan treatment terbaik. Untuk kamu yang merasa tidak nyaman menggunakan kolam rendam umum, ajak keluargamu untuk menggunakan fasilitas Family Spa. Kalau masih belum puas melepas penat, terdapat juga paket-paket spesial pijat lainnya di sana.

Image credit: Dragon Hill Spa

Karena banyaknya wisatawan asing yang mengunjungi jjimjilbang ini, staff yang bertugas di sana pada umumnya bisa berbahasa Inggris. Lokasinya pun dekat dengan stasiun kereta sehingga mudah untuk dikunjungi. Untuk kemudahan lebih lagi, kamu bisa memesan tiket masuk ke Dragon Hill Spamu melalui Klook sebelum keberangkatmu.  

Klook Pro-tip: Kunjungi Dragon Hill Spa pada hari biasa. Selain harga tiket yang lebih murah, kamu juga bisa menikmati fasilitasnya dengan lebih leluasa!

Cara ke Dragon Hill Spa: Naik kereta Seoul Subway Jalur 1 ke Stasiun Yongsan dan keluar dari Exit 1.

Jika sudah merasa fresh kembali, waktunya untuk menuju salah satu surga wanita di Seoul, Myeongdong. Myeongdong merupakan wilayah di Seoul dimana kamu akan menemukan semua toko merek kosmetik Korea favoritmu.

Selain belanja kosmetik, kamu juga bisa mengunjungi N-Seoul Tower, salah satu ikon Kota Seoul saat mengunjungi Myeongdong. Dari Myeongdong, naiki kereta gantung ke puncak Gunung Namsan dimana N-Seoul Tower berada.

Dari atas, kamu akan disuguhi dengan pemandangan 360 derajat kota tapi jika ingin mendapat pengalaman yang lebih berkesan, silahkan naik ke observatory deck tower. Tiket observatory N-Seoul Tower dapat dibeli secara online sebelum kedatangan di sini seharga 6,200 KRW (~Rp 80.500).

Image credit: Klook

Akhiri harimu di Myeongdong dengan menonton pertunjukan Nanta Show. Pertunjukan yang sudah ditampilkan di berbagai penjuru dunia ini akan menghiburmu dengan musikal perkusi moderen non-verbal yang bertema memasak. Kamu dijamin akan keluar dari teater pertunjukan dengan perut yang kram karena tertawa melihat aksi komedik Nanta crew.

Cara ke Myeongdong: Naik kereta Seoul Subway Jalur 4 ke Stasiun Myeongdong dan keluar dari Exit 7 atau 8.

Hari Kelima – Belanja Oleh-oleh dari Gwangjang Market dan Dongdaemun

Di hari terakhir, siapkan diri dan koper untuk belanja hingga puas sebelum pulang.

Image credit: Jen’s Wanderstories

Untuk sarapan dan tempat pembelian aneka suvenir dan jajanan tradisional, Gwangjang Market adalah destinasi yang harus kamu tuju. Dengan lebih dari 5,000 toko, Gwangjang Market merupakan pasar tradisional permanen pertama di Korea. Kamu bisa menemukan segala sesuatu di sana mulai dari rumput laut, kacang madu almond khas Korea hingga Hanbok (pakaian tradisional Korea).

Image credit: Jen’s Wanderstories

Sebelum terlena oleh semua yang bisa dibeli di sana, jangan lupa untuk mengisi perut dengan makanan tradisional seperti Pajeon (pancake ala Korea) di bagian makanan pasar. Semua di jual dengan harga yang relatif murah pula lho! Pastikan saja kamu tidak mengunjungi pasar ini pada hari Minggu pada saat kebanyakan tokonya sedang tutup ya.

Cara ke Gwangjang Market: Naik kereta Seoul Subway Jalur 1 ke Stasiun Jongno 5-ga dan keluar dari Exit 8 atau naik Seoul Subway Jalur 2 atau 5 ke Stasiun Euljiro 4-ga dan keluar dari Exit 4.

Image credit: Jen’s Wanderstories

Jika para wanita ingin mencari pakaian murah yang trendy di Korea, Dongdaemun tempatnya! Terdapat setidaknya empat hingga lima mall yang mirip dengan Platinum Mall di Bangkok bersebelahan satu dengan yang lainnya di daerah Dongdaemun. Lebih kerennya lagi, kebanyakan dari toko-tokonya tidak tutup hingga pukul empat pagi setiap harinya. Kalau kamu benar-benar pecinta shopping, kunjungan ke Seoul tidak lengkap deh kalau belum ke Dongdaemun!

Masukkan alamat email kamu
& nikmati promo menarik dari Klook!

Thank you for your subscription.

Bagaimana teman-teman #TripZillaTraveller? Apa sudah siap liburan ke Korea hemat bersama keluarga? Jangan lupa gunakan kesempatan promosi khusus Bedug Salebration dari Klook kalau mau menghemat lebih ya! Dari sekarang hingga 30 Juni 2018, semua pembelian dari Klook bisa dapat potongan langsung 7% hingga Rp 350.000 dengan kode promo BEDUG350 lho. Selamat berlibur!

Baca juga: Itinerary Liburan Keluarga ke Jepang Satu Minggu

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru