15 Kuliner Padang Lezat Selain Nasi Padang Yang Bikin Gagal Diet

Kamu pasti sepakat kalau nasi padang adalah kuliner khas Padang yang sangat lezat. Nah, ternyata masih banyak, kuliner dan makanan khas Padang lainnya yang wajib kamu coba. Dijamin bakal bikin kamu gagal diet!

Aneka Makanan Khas Padang

1. Soto Padang

Image credit: @shecreatbelly

Kalau kamu perhatikan, tiap daerah di Indonesia punya olahan kuliner soto, seperti Soto Madura, Soto Lamongan, dan Soto Bangkong Semarang. Padang juga tak mau ketinggalan soal kuliner soto ini. Soto Padang merupakan hidangan berkuah dengan isian daging goreng kering, bihun serta perkedel kentang. Rempah soto yang berpadu dengan perasan air jeruk nipis serta sambal yang khas memberikan sensasi segar pedas yang tak terlupakan.

2. Sate Padang

makanan khas padang
Image credit: @thefoodsnap

Beberapa diantara kamu pasti sudah ada yang jadi fans berat sate padang. Bahan utama sate padang adalah daging sapi. Sama seperti sate pada umumnya, tampilan sate padang tidak jauh berbeda dengan sate lain. Hanya saja saus kuning yang mencolok dan bertekstur seperti bubur menjadi ciri khas sekaligus daya tarik utama hidangan ini. Sausnya merupakan paduan rempah-rempah air rebusan kuah kaldu daging. Hmm.. yummy banget!

3. Gulai Kapau

Image credit: @neocreateart

Gulai kapau merupakan salah satu menu sayur nasi kapau. Nasi kapau secara tampilan memang mirip seperti nasi padang, namun memiliki beberapa jenis lauk dan sayur yang berbeda. Gulai kapau berbahan dasar kol,nangka dan kacang panjang. Kuah gulainya berwarna kuning dengan cita rasa sedikit asam yang membuatnya berbeda dari gulai nasi padang. Penasaran kan seperti apa rasanya?

4. Gulai Tambunsu

makanan khas padang
Image credit: @dunia.minang (kiri), @adha_farell (kanan)

Satu lagi menu lauk khas nasi kapau yaitu gulai tambunsu. Gulai tambunsu merupakan hidangan berbahan dasar usus sapi yang diisi dengan adonan telur dan tahu. Tampilan dari santapan ini membuat usus di gulai mirip seperti sosis isi telur. Kuahnya yang kental akan membuat siapapun ingin tambah terus!

5. Ikan Asam Padeh

Image credit: @masakan_mak_nyus

Buat kamu pecinta kuliner pedas dan hangat pasti suka dengan hidangan yang satu ini. Ikan yang digunakan biasanya ikan tongkol atau patin dengan ukuran sedang. Kuliner ini bisa dibilang kaya akan bumbu rempah meliputi lengkuas, kapulaga, serai hingga kemiri dan jahe. Komposisi asamnya menjadikan kuah ikan asam padeh ini sangat segar. Sajian ikan asam padeh sangat cocok dinikmati bersama keluarga di kala cuaca sedang mendung atau hujan.

6. Lontong Telur Gulai Paku

makanan khas padang
Image credit: @gaga_antariksa

Sudah bisa ditebak dari namanya, kuliner khas Padang ini terdiri dari lontong, telur dan sayur gulai paku. Gulai paku sendiri merupakan jenis santapan gulai dengan bahan utama tumbuhan pakis yang masih muda, sedangkan kuahnya menggunakan santan dan kaldu udang. Oleh karena itu, gulai ini memiliki citarasa seafood yang unik. Lontong telur gulai paku merupakan kuliner malam yang bisa kamu temui di Ongkrongan Turagari alias angkringannya orang Padang.

7. Dendeng Batokok dan Dendeng Balado

Image credit: @hobimasak.id (kiri), @andry_punya (kanan)

Dendeng khas Padang ini juga merupakan salah satu kuliner khas Padang yang jadi favorit semua orang. Bahan utama dari dendeng batokok dan balado adalah irisan daging sapi yang ditumbuk sehingga menjadi pipih. Perbedaan mendasar dendeng batokok dan dendeng balado adalah pada bumbu sambalnya. Jika dendeng batokok menggunakan cabai hijau, dendeng balado menggunakan cabai merah. Awas jangan sampai tertukar ya.

8. Martabak Kubang

makanan khas padang
Image credit: @padangfoodpedia

Martabak kubang atau yang sering dikenal dengan nama martabak Mesir ini tampilannya tidak jauh beda dengan martabak telur biasa. Tapi jangan salah, martabak kubang memiliki cita rasa rempah yang gurih dan enak. Nama kubang berasal dari nama suatu daerah di Kabupaten Lima Puluh Kota yang merupakan tempat munculnya martabak yang satu ini. Adonan isiannya bisa berupa cacahan daging rendang atau daging goreng yang dibumbui rempah-rempah. Martabak kubang biasanya disajikan dengan kuah kecap manis asam yang segar. Rasanya dijamin tidak kalah dengan olahan martabak kekinian deh!

9. Gulai Itiak

Image credit: @patalado

Kalau di Jawa ada bebek goreng Madura, maka di Padang ada gulai itiak yang tidak kalah enaknya. Bebek yang digunakan adalah bebek muda atau itik yang dibakar terlebih dahulu. Aroma bakar yang bercampur rempah dalam gulai membuat sensasi makan gulai itiak ini enaknya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

10. Bika Talago

makanan khas padang
Image credit: @yusrizal3001

Bika talago terbuat dari adonan sederhana yang terdiri dari tepung beras, kelapa parut dan gula. Ada bika yang menggunakan gula putih dan ada pula yang menggunakan gula merah. Nama Talago diambil dari lokasi favorit menikmati bika khas Padang yang berlokasi sekitar 10 kilometer sebelum Bukittinggi. Di sini kamu juga bisa melihat proses pembuatan bika dengan menggunakan tungku tradisional. Aroma pembakarannya memberikan sensasi makan bika yang istimewa.

11. Kue Mangkuak Sayak

Image credit: @msnieke_photoworks

Sesuai dengan namanya, kue mangkuak sayak memang merupakan kue yang berbentuk mangkuk. Kalau dari fotonya terlihat mirip serabi ya. Uniknya, kue dari tepung beras ini dibakar menggunakan batok kelapa dan disajikan langsung bersama batoknya. Aroma wangi dari batok kelapa membuat cita rasa kue ini semakin unik. Isian kue mangkuak biasanya adalah adonan gula merah yang lembut dan manis. Biar makin gurih, kamu bisa menambahkan parutan kelapa muda ke atasnya.  

Aneka Kue Khas Padang

12. Ampiang Dadiah

makanan khas padang
Image credit: @lisanastasia

Dalam bahasa Padang, ampiang artinya emping lunak, sedangkan dadiah artinya susu kerbau yang telah difermentasi. Setelah ampiang dan dadiah dicampur, ditambahkan kuah gula aren yang dilengkapi oleh kelapa parut. Ampiang dadiah biasa disajikan dengan es serut yang bikin segar. Tidak hanya bikin haus hilang tapi juga bikin kenyang!

13. Pisang Kapik

Image credit: @riandafastino (kiri), @takanakafe (kanan atas), @mammakeymbar (kanan bawah)

Jajanan khas Bukittinggi ini sering dikenal dengan nama pisang jepit. Cara memasaknya sangat unik lho. Pisang yang digunakan adalah pisang jenis Tambatu yang mula-mula dikuliti lalu dibakar utuh di atas bara arang batok kelapa. Setelah matang, pisang dijepit dengan alatnya hingga pipih dan melebar. Pisang yang sudah dijepit disajikan di atas daun pisang dengan taburan yang disebut unti. Unti merupakan kelapa parut yang sudah dimasak dan dicampur dengan gula merah. Pisang kapik yang gurih manis siap dihidangkan bersama minuman hangat favoritmu.

14. Sala Lauak

makanan khas padang
Image credit: @wancicih

Camilan bola-bola kuning ini punya cita rasa gurih dan pedas yang unik. Bahan utamanya adalah tepung beras yang diolah dengan aneka rempah seperti kunyit dan daun salam. Dibentuk seperti bola, sala lauak berisi potongan ikan asin yang gurih dan memberikan sensasi unik di setiap gigitannya. Makanan khas Padang ini bisa dimakan bersama lontong gulai dan sate.

15. Keripik Sanjai

Image credit: @panielfirnando (kiri), @mantazaka (kanan)

Keripik sanjai adalah cemilan kerupuk dari singkong yang sudah sangat terkenal seantero negeri. Orang banyak mengenalnya sebagai keripik balado, padahal ada banyak jenis keripik sanjai yang lain lho. Di antaranya ada keripik sanjai tawar dengan rasa asli singkong yang ditambah garam dan keripik sanjai saka yang memberikan cita rasa manis dari olesan gula merah.

Bonus: Minuman Khas Padang, Teh Talua

makanan khas padang
Image credit: @nofrins

Minuman ini terdiri dari teh, gula dan telur ayam kampung dengan sedikit perasan jeruk nipis. Komposisinya mirip dengan STMJ (Susu Telur Madu Jahe) namun hanya menggunakan teh dan telur saja. Teh talua biasanya diminum oleh para petani sebagai penambah stamina. Pada lapisan atas teh talua akan didimonasi oleh tampilan busa, sedangkan bagian tengahnya berwarna putih dan bagian dasarnya berwarna kecoklatan. Unik sekali, bukan?

Baca juga: 23 Destinasi Wisata Di Padang Dan Sekitarnya Yang Akan Membuat Liburanmu Berkesan

Sudah siap untuk menjelajahi makanan khas Padang? Pastikan perutmu dalam keadaan kosong biar bisa menikmati aneka kuliner khas Padang yang menggugah selera ya. Dijamin bakal bikin kamu gagal diet!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru