8 Kuliner Pedas Di Jogja Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Kamu bisa menemukan apa saja di Yogyakarta, termasuk soal kuliner. Mulai dari masakan dengan sensasi rasa manis, gurih hingga asin, kamu bisa menemukan banyak varian. Yang paling menantang adalah mendapatkan kuliner pedas di Jogja.

Untungnya, banyak warung makan di Jogja yang menawarkan sensasi pedas yang membakar lidah. Apakah bakal mengesankan? Tentunya. Rasa manis khas Jogja dipadupadankan dengan gurih pedas yang maknyus dijamin akan membuatmu mendapatkan pengalaman rasa yang menakjubkan saat berwisata kuliner di kota pelajar ini.

Siap menantang diri menikmati kuliner pedas yang istimewa di Jogja, kunjungi delapan tempat di bawah ini untuk mendapatkan pengalaman terbaik. Yummy!

1. Balungan menantang ala Sogul Jugak

Memangnya balungan (tulang) bisa dimakan? Well, jika kamu mengunjungi Sogul Jugak, pertanyaan itu bakal terjawab dengan sendirinya.

Image credit: @jogjabikinlaper

Di warung ini kamu bisa menikmati sop atau gulai balungan ayam dengan sensasi rasa pedas dan gurih. Jangan juga bersikap jaim dan siap untuk “kotor-kotoran” karena cara makan yang disarankan adalah tanpa sendok atau garpu, alias menggunakan tangan langsung untuk menggerogoti sisa daging di tulang. Dijamin meleleh, lho!

Lokasi: Jl. C. Simanjuntak, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, mulai 18.00 hingga 22.00
Harga: Mulai dari 11,500 IDR per porsi

2. Sensasi segar pedas Sop Merah Bu Asih

Jangan berharap bakal menikmati sop mainstream dengan kuah bening yang gurih di warung ini. Malahan, jika memesan sop merah, kamu akan mendapatkan kuliner pedas yang istimewa, yang bakal membuatmu mengenang Jogja dengan sangat manis.

Image credit: @giatmakan

Sop merah dari Bu Asih menawarkan sop dengan isian potongan kubis, wortel, seledri, daun bawang dan suwiran ayam dengan kuah kaldu melimpah yang menyegarkan. Tidak hanya menyegarkan, ada juga pasta cabai, yang pastinya akan memberikan sensasi tersendiri. Cobain, deh!

Lokasi: Jl. Kolonel Sugiyono No.74, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, 10.00 hingga 22.00
Harga: Mulai dari 11,000 IDR

3. Kuliner malam yang meledak di Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg tidak selalu identik dengan kuliner yang manis, lho! Di gudeg mercon Bu Tinah, kamu akan mendapati gudeg dengan sensasi pedas, yang juga ada manisnya!

Image credit: @gembulfoodie

Buka hanya saat malam, gudeg Bu Tinah memiliki isian yang kurang lebih sama dengan penjual gudeg lainnya. Bedanya adalah sambal mercon yang nikmat dan pedas luar biasa. Bayangkan, setidaknya lima kilogram cabai diolah untuk menyajikan sambal ini per harinya. Dijamin huhhah, deh!

Lokasi: Jl. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, 21.00 hingga 02.00
Harga: Mulai dari 15,000 IDR per porsi

4. Miyada, mie ayam dengan cita rasa membakar lidah

Miyada menyajikan mie ayam yang istimewa. Yang menjadikannya berbeda dengan warung mie ayam lainnya adalah level pedas yang membakar lidah penikmatnya.

Image credit: @jogjamakanmakan

Di warung ini, kamu bisa menemukan mie ayam dengan rasa buah naga atau coklat. Yang paling menyita perhatian adalah bumbunya yang pedas.

Lokasi: Jalan Pramuka # 3 Rt.28 Rw.07, Pandeyan, Umbulharjo, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, mulai 10.00 sampai habis
Harga: Mulai dari 7,000 IDR

5. Dibuat melek oleh entog slenget Kang Tanir

Entog slenget Kang Tanir memang pas untuk tombo ngantuk. Tidaknya hanya segar, pedasnya juga bikin mata melek. Dagingnya juga empuk, manis dan pedas, pas untuk menemani kamu di udara yang dingin.

Image credit: @jogjaeatguide

Tongseng menjadi sajian yang ditawarkan oleh Kang Tanir. Cara memasaknya juga masih menggunakan alat tradisional, yang memberikan cita rasa khas tersendiri. Dijamin puas, deh!

Lokasi: Jl. Pakem – Turi, Pules Lor, Donokerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, mulai 16.00 hingga habis
Harga: Mulai dari 25,000 IDR per porsi

6. Disambar petir sate Pak Nano

Yups, saking pedasnya, sensasi menikmati sate Pak Nano memang seperti disambar petir. Pedas abis, dan pastinya memunculkan sensasi terbakar di lidah.

Image credit: @sate_petir_pak_nano

Dengan bahan dasar dari daging kambing, sate petir Pak Nano menjadi spesial karena irisan bawang merah, tomat dan kubis serta irisan cabe rawit yang sangat banyak sebagai topping. Karena itulah sate Pak Nano menjadi begitu spesial dan sangat ngehits di dunia kuliner pedas di Jogja.

Lokasi: Jl. Jogja Ring Road Sel. No.90, Menayu Kidul, Tirtonirmolo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, mulai 12.00 hingga 19.00
Harga: Mulai dari 20,000 IDR per porsi

7. Menguji kekuatan lidah di Oseng Mercon Bu Narti

Tidak ada tempat terbaik untuk menguji kemampuan lidah mengatasi rasa pedas selain di oseng-oseng mercon Bu Narti. Yang tidak tahan pedas, mending tidak usah datang ke sini.

Image credit: @rickxs_

Dari namanya saja, warung ini sudah mengedepankan sensasi rasa pedas. Daging koyor yang diolah bersama dengan cabe yang jumlahnya keterlaluan dijamin bakal membakar lidah penikmatnya. Anehnya, warung ini tidak pernah sepi pembeli. Kamu tertarik mencobanya?

Lokasi: Jl. KH. Ahmad Dahlan Jl. Purwodiningratan No.110, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, mulai 17.00 hingga 00.00
Harga: 15,000 IDR per porsi

8. Pedas nampol ala rica-rica Pak Fadhil

Salah satu olahan daging enthog yang juga menjadi buruan banyak orang adalah rica-rica Pak Fadhil. Sensasi pedas dari kuliner ini juga diakui banyak pihak.

Image credit: @wicaksonoardhee

Dengan mengusung semangat tradisional, termasuk penggunaan alat masak yang masih jadul, kuliner yang dihadirkan malah menambah cita rasa tersendiri yang mengesankan. Bayangkan bisa menikmati menthog besar, yang dimasak dengan beragam bumbu rempah dan cabe rawit dalam jumlah banyak, dijamin bakal kepedesan.

Lokasi: Jl. Kapten Piere Tendean No.16, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, mulai 11.00 hingga 22.00
Harga: Mulai dari 25,000 IDR per porsi

Baca juga: 12 Kuliner Unik Di Jogja Untuk Pecinta Makanan Ekstrim

Nah, tertarik menikmati kuliner pedas saat liburan ke Jogja? Sudah tahu tempat yang paling rekomendasikan untuk menikmati sajian tersebut, kan? Jadi, tunggu apa lagi? Cepetan liburan ke Jogja!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru