Lontong Balap Enak Di Surabaya Yang Wajib Dinikmati Pecinta Kuliner

Rawon, soto, rujak cingur hingga tahu campur atau tahu tek mungkin sudah kamu coba saat wisata kuliner di Surabaya. Tapi, pernahkah kamu mencicipi kesegaran lontong balap saat berkunjung ke Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur ini?

Popularitas lontong balap memang tak semoncer rujak cingur atau sate klopo bila dikaitkan dengan Surabaya. Namun demikian, hal itu tidak mengurangi fakta bahwa sajian ini termasuk dalam salah satu kuliner khas Kota Pahlawan.

Lontong balap sendiri merupakan sajian khas, yang setiap porsinya menyajikan irisan lontong, taoge rebus, tahu goreng yang dipotong-potong, lentho dengan bumbu sambal petis yang disiram dengan kuah yang melimpah. Untuk menambah kenikmatan, lontong balap disajikan dengan makanan pendamping, seperti sate kerang dan kerupuk. Sensasi yang didapat adalah segar, gurih dan dengan bumbu petis yang mengigit. Yummy!

Lalu, mengapa disebut lontong balap? Dalam sejarahnya, penjual lontong balap menjajakan dagangannya dengan menggunakan pikulan. Karena isi pikulan relatif berat, pedagang membawanya dengan berjalan cepat, terkesan seperti balapan. Karena alasan itu yang kemudian membuat sajian ini dinamai lontong balap.

Buat yang penasaran seperti apa rasa lontong balap khas Surabaya ini, lima tempat ini menjadi destinasi yang bisa dituju untuk wisata kuliner kamu di Kota Pahlawan. Lihat daftarnya di bawah ini, ya!

1. Lontong balap Rajawali – ngehits dan istimewa

lontong balap surabaya
Image credit: @BimantaraHp

Lokasinya tak jauh dari Jembatan Merah Surabaya, kedai ini menyajikan satu porsi lontong balap dengan kualitas istimewa. Potongan tahu goreng, tauge, bawang goreng, sambal petis, kecap dan lentho sebagai pelengkap menawarkan kenikmatan dan kesegaran tersendiri. Kamu juga bisa menambah level pedas sajian kamu dengan memberikan ekstra sambal kecap yang manis dan menggigit lidah.

Lokasi: Jl. Krembangan Timur No.32D, Krembangan Sel., Kec. Krembangan, Kota SBY, Jawa Timur
Jam buka: Senin – Sabtu, 6.00 – 16.30 WIB
Harga: mulai dari 14,000 IDR per porsi

2. Lontong balap Pak Gendut – melegenda

Image credit: Lontong Balap Asli Pak Gendut

Ada banyak kedai Pak Gendut di Surabaya, namun jika ingin menikmati lontong balap otentik dari nama kedai yang sama, kamu bisa langsung menuju ke kawasan Pacar Keling, Tambaksari. Bisa dikatakan lontong balap Pak Gendut menjadi salah satu yang paling melegenda dan terkenal di Surabaya, dan kualitas rasanya juga tak usah ditanya lagi.

Lokasi: l. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.11, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Kota SBY, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 9.00 – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 17,000 IDR per porsi

3. Lontong balap Cak No – murah meriah

Image credit: Ika Puspitasari

Kedai Cak No menjadi salah satu kedai yang menyajikan lontong balap paling enak di Surabaya. Di sini, kamu bakal mendapati sajian dengan perpaduan lontong, tahu, tauge dan lentho dengan kuah yang segar dan hangat, plus sate kerang dan sambal, yang dijamin enak.

Lokasi: Jl. Bromo No.7, Sawahan, Kec. Sawahan, Kota SBY, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 7.00 – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

4. Warung Artomoro – lenthonya renyah garing

Ingin lontong balap enak dan murah, kedai Artomoro yang harus dituju. Lokasinya di Mulyorejo, dan mudah ditemukan. Satu porsi lontong balap yang disajikan juga menggoda hati. Perpaduan tahu goreng lembut, tauge segar berkuah dan lentho yang renyah garing, menghadirkan sensasi yang nikmat. Kamu harus coba!

Lokasi: Jl. Raya Manyar No.5J, Manyar Sabrangan, Kec. Mulyorejo, Kota SBY, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 9.00 – 20.00 WIB
Harga: 10,000 IDR per porsi

5. Kedai Mbah Ato – siap antre

Image credit: Coach Jimmy

Murah dan nikmat, itu kesan yang didapat setelah menikmati sajian lontong balap dari kedai Mbah Ato. Saking ramainya, kamu bakal harus sabar mengantre.

Lokasi: Jl. Argopuro, Sawahan, Kec. Sawahan, Kota SBY, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 7.00 – 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR per porsi

Baca juga: Lima Tempat Makan Rujak Cingur Di Surabaya Yang Melegenda

Tertarik menikmati yang mana?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru