Lima Tempat Makan Rujak Cingur Di Surabaya Yang Melegenda

Kuliner apa yang identik dengan kota Surabaya? Yups, rujak cingur. Bukan sepenuhnya fruit salad, dan mungkin bukan kudapan yang pas buat para vegan. Tapi bagaimanapun juga, menikmati makanan ini sudah seharusnya menjadi kegiatan wajib yang dilakukan jika berkunjung ke Kota Pahlawan. Apalagi, rujak cingur di Surabaya terkenal top markotop.

Ya, gabungan antara potongan buah seperti belimbing, bengkuang, timun, krai dan nanas, dengan sayuran seperti kangkung dan tauge, plus tambahan irisan, tahu, tempe, hidung sapi, kikil ataupun tulang rawan telinga sapi, yang diguyur sambal petis coklat yang pedas dan nikmat, memberikan cita rasa tersendiri yang tiada bandingannya. Bayangkan, dalam satu porsi rujak cingur ini, kamu bisa mendapati beragam rasa, mulai manis, asam, gurih dan pedas, yang menyatu menjadi maknyus.

Luar biasanya, banyak tempat untuk kamu bisa menikmati rujak cingur di Surabaya, dari yang berada di dalam gang sempit, emperan rumah hingga masuk ke mall perbelanjaan bintang lima seperti Tunjungan Plaza. Namun, untuk bisa mendapatkan sensasi terbaik, lima tempat makan rujak cingur di Surabaya inilah yang harus kamu datangi. Selain melegenda, cita rasa yang ditawarkan memang berbeda dari kebanyakan. Meluncur ke sana, yuk!

1. Rujak Cingur Genteng Durasim dengan cobek yang melegenda

Rujak cingur Durasim sudah berdiri sejak 1942. Jika bukan karena rasanya yang otentik, rujak cingur Durasim mungkin tidak bertahan lama di kancah belantara wisata kuliner di Surabaya. Rasa dari sambal bumbu kacang dan petis yang begitu khas dan terasa mantap menjadi salah satu alasan mengapa rujak cingur Durasim begitu melegenda di Surabaya. Jumlah pelanggannya dari waktu ke waktu juga terus bertambah.

Image credit: @jackmagnifico

Salah satu yang menjadikan rujak cingur Durasim terkenal adalah cobek yang digunakan untuk mengolah sambal. Menurut pengelola, cobek tersebut sudah berusia 76 tahun, nyaris sama dengan usia berdirinya rujak cingur di Surabaya yang melegenda ini. Keren, kan?

Lokasi: Jl. Genteng Durasim No.29, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, mulai 10.30 hingga 17.30 WIB
Harga: 25,000 IDR per porsi

2. Rujak cingur termahal di Surabaya, Rujak Cingur Ahmad Jais

Seperti apa sih rasanya rujak cingur termahal di Surabaya, warung rujak cingur Ahmad Jais, itu? Apakah sepadan dengan harganya? Well, warung rujak cingur yang sudah menjadi langganan selebritis dan pejabat publik, termasuk di antaranya presiden tersebut bisa membuktikan orang akan tetap mencari kuliner dengan cita rasa terbaik meski harganya di atas rata-rata. Beberapa buktinya antara lain warung ini sudah bertahan lebih dari empat dekade, dan sampai saat ini masih tetap ramai dikunjungi banyak pelanggan.

Image credit: @r47natjan

Cita rasa yang ditawarkan memang lain dari pada yang lain. Khusus untuk tempe yang menjadi bagian penting dari isian rujak cingur, digoreng dengan lebih krispi. Perpaduan bumbu yang diuleg dengan pas menambah keistimewaan rujak cingur ini. Tertarik mencoba?

Lokasi: Jl. Achmad Jais No.40, Peneleh, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, mulai 11.00 hingga 17.00 WIB
Harga: 60,000 IDR per porsi

3. Ekstra mie kuning di Rujak Cingur Delta

Berbeda dengan kebanyakan rujak cingur di Surabaya, rujak cingur Delta memberikan satu tambahan isian, yang menjadikan sajian ini naik ke level yang sepenuhnya baru.

Image credit: @sbykulinerinfo

Seperti halnya sajian rujak cingur di sejumlah warung yang tersebar di penjuru kota, rujak cingur Delta juga menawarkan isian sajian yang umum, mulai dari tauge, bayam, irisan tempe, tahu, hidung sapi, kikil dan sejumlah buah segar. Guyuran bumbu petis dan bumbu kacang yang pedas memberikan sensasi tersendiri bagi penikmatnya.

Image credit: @sbykulinerinfo

Nah, yang membedakan dengan rujak cingur lain adalah tambahan mie kuning di isian rujak. Alhasil, sajian ini pun memiliki cita rasa baru yang mengesankan. Buktinya, banyak pelanggan yang suka dengan tambahan ini, yang membuat rujak cingur Delta menjadi salah satu yang ikonik di Surabaya.

Lokasi: Jalan Kayon No.46D, Embong Kemiri, Embong Kaliasin, Genteng, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya
Jam buka: Setiap hari, mulai 09.00 hingga 17.00 WIB
Harga: 34,000 IDR per porsi

4. Porsi jumbo ala Rujak Cingur Joko Dolog

Yang suka rujak cingur dan ingin menikmatinya dalam jumlah porsi yang melimpah, warung rujak cingur Joko Dolog adalah tempat yang bakal mengabulkan mimpi kamu itu. Cita rasa dan kualitasnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Kualitas bahan juga dijaga. Di sini, lidah kamu akan dimanja dengan sensasi rasa yang endes.

Image credit: @surabayafoodies

Tapi, jika tertarik mencoba rujak cingur di tempat ini, persiapkan dirimu untuk sajian dalam porsi besar. Kamu akan mendapati potongan tempe ekstra jumbo, pun sajian lain juga melimpah. Asyiknya, harganya masih dalam kategori terjangkau banget. Alhasil, dijamin kamu akan kekenyangan oleh sajian yang istimewa. Mantap!

Lokasi: Jl. Taman Apsari, Embong Kaliasin, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, mulai 10.00 hingga 16.00 WIB
Harga: 20,000 IDR per porsi

5. Perpaduan tujuh petis spesial di Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini

Lokasinya memang bukan di Surabaya, tapi rujak cingur Bu Nur Aini ini tidak kalah melegenda, lho! Malahan, kuliner ini bisa menjadi makanan khas Surabaya pertama yang kamu nikmati setelah mendarat di bandara.

Image credit: @duniakulinersurabaya

Lokasi warung rujak cingur ini memang tidak jauh dari bandara internasional Juanda, Sidoarjo. Yang menjadikannya spesial adalah perpaduan tujuh jenis petis dengan kualitas terbaik untuk guyuran sambelnya. Dengan isian yang segar dan sambal petis berkualitas, dijamin kamu akan mendapatkan sensasi terbaik untuk memulai aktivitas di Surabaya.

Lokasi: Jl. Raya Sedati Gede No.66, Bono, Sedati Gede, Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, mulai 07.00 hingga 21.00 WIB
Harga: 30,000 IDR per porsi

Baca juga: 5 Nasi Pecel Madiun Yang Legendaris Dan Ngehits Abis

Nah, kamu tertarik mencoba yang mana?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru