Makan Burger Mengurangi Usia Hidup Hingga 36 Menit, Waduh!

Ingin panjang umur? Jika iya, pertimbangkan untuk tidak mengkonsumsi burger. Pasalnya, hasil studi yang dilakukan di Amerika Serikat menemukan fakta bahwa mereka yang makan burger atau hot dog bisa mengurangi usia hidupnya bisa berkurang hingga 36 menit. Kok bisa?

Nah, penelitian itu sendiri dilakukan peneliti dari University of Michigan, yang diterbitkan dalam jurnal Nature Food. Penelitian tersebut dilakukan terhadap 5,800 makanan yang ada, mengevaluasi kandungannya dan mengurutkan berdasarkan manfaat untuk konsumennya, dalam hal ini manusia, dan juga memiliki dampak atau tidak terhadap lingkungan.

Khusus untuk makanan cepat saji, seperti hot dog, burger, sandwich dan juga makanan manis, hasil penelitian menunjukkan mereka yang makan makanan tersebut akan mengurangi menit demi menit usia hidup. Alasannya adalah efek negatif yang ada dari daging olahan yang terkandung pada makanan-makanan tersebut.

Tidak hanya berdampak negatif pada manusia, daging olahan dan hasil turunannya ternyata juga memiliki efek kurang baik bagi lingkungan, terutama dalam hal jejak karbon yang ditimbulkan dari setiap pemrosesan makanan.

Lalu, jika makan burger dan hot dog bisa mengurangi usia penikmatnya, adakah makanan yang bisa memperpanjang umur mereka yang memakannya? Hasil penelitian menjawab hal tersebut dengan kabar gembira, bahwa ada sejumlah makanan yang bisa menambah usia hidup penikmatnya. Makanan tersebut antara lain buah-buahan, sayuran non-tepung dan campuran, sereal cepat saji dan biji-bijian yang dimasak dengan baik. Bahkan dari penelitian tersebut diketahui makan satu porsi kacang bisa menambah usia hidup manusia hingga 26 menit setiap harinya.

Tidak cuma memperpanjang usia mereka yang mengkonsumsinya, bahan makanan dari kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan juga seafood juga jauh lebih ramah lingkungan.

Dijelaskan Katerina Stylianou, yang melakukan penelitian ini sebagai bahan studi doktoral dan postdoctoral di Department of Public Health Information and Data Strategy di Detroit Health Department, secara umum, mengganti 10% kalori yang dibutuhkan tubuh dari daging dan daging yang diproses dengan buah campuran, sayur, kacang dan makanan laut yang sudah ditentukan bisa mengurangi jejak karbon hingga sepertiga dan memberikan kesempatan kepada mereka yang makan makanan tersebut mendapatkan 48 menit kehidupan yang sehat per harinya.

Baca juga: Dibayar 4 Juta Rupiah Untuk Mencicipi Donat, Mau?

Fakta yang mencengangkan, bukan? Nah, mulai sekarang, sepertinya kamu sudah tahu dan boleh memilih untuk memperpanjang atau memperpendek umur dengan mengkonsumsi makanan yang tepat.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru