7 Tempat Makan Seafood di Bali Tanpa Harus Ke Pantai

Mendengar kata Bali, mungkin yang terlintas di benakmu adalah pantai. Sudah tentu, kuliner yang cocok dinikmati di pantai adalah seafood. Namun begitu, makan seafood di Bali tidak harus ke Jimbaran atau Kuta, atau tempat makan yang dekat pantai saja, lho!

Wisata kuliner seafood di Bali sekarang tersedia di berbagai tempat. Seperti warung dan restoran yang direkomendasikan oleh Tripzilla berikut, para pengunjung selalu meninggalkan komentar positif. Yang mana yang berada di urutan pertama daftar wajib kunjungmu?

1. Warung Tulen

Image credit: Warung Tulen

Nama Warung Tulen sudah sangat terkenal di kalangan pecinta seafood. Warung yang posisinya agak nyempil di daerah yang lumayan sepi ini hanya menyediakan empat menu, yaitu ikan, udang, cumi, dan kerang – semuanya dibakar. Setiap pemesanan paket dengan nasi, sudah termasuk kangkung plecing.

Image credit: Pie Susu Bli Man

Semakin malam, tempat ini semakin ramai oleh pembeli. Ada juga pengunjung yang memilih untuk bawa pulang karena meja dan kursinya cukup terbatas. Selain rasa kerang bakarnya yang maknyus, yang membuat mereka tetap setia mengantre di Warung Tulen adalah harganya yang bersahabat. Konon, harga kerang bakar di Warung Tulen termasuk yang paling murah dibandingkan warung-warung seafood sejenis.

Lokasi: Jl. Abimanyu No.17, Dangin Puri Kauh, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar.
Jam Buka: Setiap hari, 17.30 hingga 00.00
Harga: Mulai dari 25,000 IDR (1 porsi kerang bakar)

2. Kerang Kerung

Image credit: @kerangkerung

Tempat makan seafood satu ini baru saja pindah dari Bandung ke Bali, dan banyak penggemarnya yang bersedih. Maklum, warung ini punya menu-menu yang unik. Sebagai contoh, ‘oyster bakar mozzarella’ di atas, menggiurkan banget ya! Kerang Kerung juga sering mengadakan promo, sehingga pas untuk kantong traveler yang ingin berhemat.

Image credit: @kerangkerung

Meskipun menyediakan aneka jenis seafood seperti cumi dan udang, tapi Kerang Kerung benar-benar spesialis kerang. Tersedia berbagai macam jenis kerang, antara lain kerang ijo, kerang dara, kerang tiram, dan kerang totok. Dimasak dengan saus spesial Kerang Kerung dengan taste asam-manis-pedas, pastinya bikin ketagihan!

Lokasi: Jl. Teuku Umar Barat No.99X, Pemecutan Kelod, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar.
Jam Buka: Setiap hari (kecuali Senin), 17.00 hingga 01.00
Harga: Promo 100,000 IDR untuk 4 orang

3. Warung Gurih Gurih

Image credit: @warung_gurihgurih

Ingin makan seafood di Bali di tempat yang lebih nyaman? Warung Gurih Gurih bisa jadi solusi. Rumah makan yang sering dijadikan tempat pertemuan oleh kantor atau komunitas ini, juga menyediakan menu lain seperti ayam dan bebek. Lebih banyak pilihan untuk dinikmati bersama.

Image credit: @warung_gurihgurih

Beberapa menu Warung Gurih Gurih yang recommended antara lain, kerang bakar yang dimasak dengan cara caramelized dan sate cumi bakar. Serunya, tak perlu khawatir berdesakan karena warung ini lumayan luas, ada lantai dua juga, lho!

Lokasi: Jl. Tukad Barito Timur (Dekat Gang Tukad Barito V), Renon, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar.
Jam Buka: Setiap hari, 11.00 hingga 22.00
Harga: Mulai dari 50,000 IDR per orang

4. Warung Mami

Image credit: @iinwidiati

Satu lagi tujuan makan seafood di Bali yang terkenal dengan sensasi mengantre, hehe. Warung Mami dianggap legendaris di antara para traveler atau pecinta kuliner karena rasanya yang tak tergantikan. Para pengunjung pun harus siap menunggu minimal satu jam untuk dapat merasakan kelezatan ikan, udang, atau kerang bakar di Warung Mami.

Image credit: @bennykurniawansoe

Penantian selama itu sangat worthy karena Warung Mami hanya menyajikan seafood segar. Kalau stok seafood sudah habis, mereka akan segera tutup atau bahkan tidak berjualan pada hari itu. Jadi, ada baiknya kamu menelepon terlebih dahulu sebelum berangkat ke sana, ya!

Lokasi: Jl. Uluwatu II No.30X, Jimbaran, Kec. Kuta Selatan, Kabupaten Badung.
Jam Buka: Setiap hari, 13.00 hingga habis (biasanya sore sudah habis)
Harga: Mulai dari 35,000 IDR (kerang)

5. Warung Lais

Image credit: @warunglais

Ingin bermalam mingguan dengan kekasih sambil makan seafood di Bali? Warung Lais merupakan tempat makan yang lumayan santai, dengan harga yang terjangkau dan pelayanan bersahabat. Di sini, setiap paket makan sudah termasuk dessert seperti buah atau jelly.

Image credit: @warunglais

Di Warung Lais, kamu bisa melakukan reservasi khusus, ditambah dengan papan nama atau tulisan ucapan sesuai acara yang ingin kamu rayakan. Kalau lebih suka makan di rumah untuk event tertentu, kamu bisa order tumpeng, paket ‘megibung’ (makan ramai-ramai beralaskan daun pisang), atau paket ‘ngejot’ (semacam nasi kotak dengan besek). Menunya variatif dan memuaskan!

Lokasi: Jl. Nangka Selatan No.193, Dangin Puri Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar.
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 hingga 22.00
Harga: Mulai dari 40,000 IDR (paket seafood dan nasi)

6. Sambal Shrimp

Image credit: @sambalshrimp

Punya anggaran lebih untuk makan seafood di Bali? Ada restoran di Seminyak yang harus kamu coba. Menu andalannya yaitu ‘Sambal Shrimp’, udang segar yang direbus dengan bumbu pedas; dan “Lime & “Kemangi” Shrimp”, udang segar yang dibumbui rempah rahasia dan disajikan dingin! Penasaran, dong?

Image credit: @sambalshrimp

Selain udang, Sambal Shrimp juga terkenal dengan hidangan kepitingnya yang luar biasa lezat. Satu porsi ‘Swimmer Crab in Mt. Devil Chili’ atau ‘Crab Lava Soup’ sebenarnya cukup untuk dua hingga tiga orang, tetapi para wisatawan mancanegara sanggup menghabiskan sendiri saking enaknya! Tempat makan seafood di Bali yang lumayan mewah ini juga menyajikan pertunjukan Tari Bali pada malam-malam tertentu.

Lokasi: Jl. Kayu Aya No.6 Lt.2, Seminyak, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung.
Jam Buka: Setiap hari, 11.00 hingga 00.00
Harga: Mulai dari 110,000 IDR untuk 1 porsi udang (200 gram)

7. Hippie Fish

Image credit: @hippiefishbali

Sedang berjalan-jalan di Ubud, tiba-tiba ingin makan seafood? Jangan khawatir, ada Hippie Fish yang baru buka pada akhir tahun 2018. Restoran seafood yang mengusung tema ‘Mediterranean’ ini punya menu-menu yang menggoda, seperti Fregola (pasta, seafood, bawang putih, dan kemangi), Tuna Salad, Fritto Misto (cumi goreng tepung bumbu lemon), dan tentunya lobster segar. Wajar saja, kokinya didatangkan langsung dari Italia sehingga resep dan rasa masakan di Hippie Fish sangat otentik.

Image credit: @introvertwhotravels

Hippie Fish terletak tidak jauh dari Puri Ubud, tepatnya persis di depan Pasar Ubud. Tempatnya instagrammable banget dengan sofa yang cozy dan interior yang mengingatkanmu akan bukit-pantai di Santorini, Yunani. Pengunjungnya lumayan padat pada sore hari karena ada promo cocktail, jadi pilih waktu makanmu dengan cermat ya.

Lokasi: Jl. Raya Ubud No.14, Ubud, Kec. Ubud, Kabupaten Gianyar.
Jam Buka: Setiap hari, 11.30 hingga 22.30
Harga: Mulai dari 65,000 IDR untuk 1 porsi udang

Baca Juga: 5 Tempat Glamping Bali Dengan Atmosfer Asyik Dan View Keren

Tak perlu bingung lagi mau makan seafood di Bali. Saatnya menyiapkan anggaran, booking tiket pesawat dan penginapan, segera meluncur untuk memburu seafood terenak di Bali!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru