12 Makanan Khas Banjarmasin Nan Menggiurkan, Lezat Dan Wajib Dicoba

Banjarmasin menjadi kota terbesar di Kalimantan Selatan. Ada banyak pesona wisata dan budaya yang menarik untuk dinikmati. Salah satu di antaranya adalah kuliner dan makanan khas Banjarmasin, yang memiliki cita rasa berbeda dibanding lainnya.

Makanan khas Banjarmasin tercipta dari akulturasi sejumlah budaya. Rasa yang ditawarkan pun berbeda-beda. Kamu bisa menemukan makanan dengan cita rasa gurih, manis, segar dan pedas, juga yang lainnya. Secara keseluruhan, ada kekayaan rasa dalam setiap kuliner khas Banjarmasin. Penasaran dengan pilihan makanan khas Banjarmasin yang wajib kamu coba? Yuk, lihat daftarnya di bawah ini!

1. Soto Banjar, dijamin menyegarkan

makanan khas banjarmasin
Image credit: @a___dama

Untuk menu yang segar-segar, kamu bisa menemukan Soto Banjar. Ada banyak penjual yang menjajakan Soto Banjar di sekitaran Kota Banjarmasin. Maklum, kesegaran yang ditawarkan membuat banyak orang terkesan dan menjadikannya sebagai makanan utama.

Lalu, adakah perbedaan Soto Banjar dengan soto lainnya? Ada! Soto Banjar memiliki kuah yang lebih bening. Selain itu, Soto Banjar biasanya dinikmati tidak dengan nasi putih, melainkan ketupat. Menarik, bukan?

2. Sop mutiara, makanan khas Banjarmasin dengan kuah susu yang hangat

Image credit: Larissa B

Sop mutiara menjadi salah satu kuliner khas lainnya yang bisa dinikmati. Sensasi hangat ditawarkan kala menikmati sop mutiara ini. Isian utamanya adalah bakso daging ayam, dengan kuah yang menghangatkan. Kuahnya sendiri terbuat dari perpaduan susu, pala, bawang merah dan bawang putih. Dijamin akan memberikan kehangatan bagi penikmatnya.

3. Nasi kuning Banjarmasin, bumbunya khas banget

makanan khas banjarmasin
Image credit: Jennys Cornelia

Sedikit perbedaan dengan nasi kuning di wilayah lain di Indonesia menjadikan nasi kuning Banjarmasin populer. Perbedaan itu terdapat pada pilihan beras yang digunakan, yaitu beras pera. Tambahan daun salam juga serai menjadikan nasi kuning yang disajikan lebih wangi. Dengan menggunakan bumbu yang tepat, plus topping beragam terutama lauk bumbu habang dan serundeng, sensasi nasi kuning Banjarmasin menjadi lebih mengesankan.

4. Nasi itik gambut, tawarkan sensasi rasa pedas manis

Image credit: Maureen Tan

Yang tertarik makan dengan makanan dengan rasa yang kuat, nasi itik gambut bisa jadi pilihan. Dengan menggunakan berbagai bumbu khas lokal, terutama cabai, kamu bakal menikmati sajian kuliner dengan daging itik yang kuat rasa bumbunya dan sedikit pedas. Kuliner ini disajikan dalam bungkusan daun pisang, yang menghadirkan cita rasa dan aroma yang lebih spesial.

5. Cacapan asam, acar khas Banjar

Untuk menambah kenikmatan dalam mengudap kuliner khas Banjarmasin, cacapan asam biasanya dipilih sebagai pendamping. Kuliner ini mirip dengan acar. Bahan utamanya adalah buah-buahan yang dicincang. Sementara bumbunya menggunakan asam jawa, cabai, bawang merah dan garam. Sensasi asam dan pedas menjadi rasa yang ditawarkan.

6. Ketupat kandangan, makanan khas Banjarmasin gurih nikmat

Image credit: Zaenal Alamsyah

Satu lagi kuliner yang menarik untuk dicicipi, ketupat kandangan. Bahan utamanya adalah potongan ikan haruan atau ikan gabus, yang cara masaknya diasap. Opsi lainnya adalah dengan menggunakan ikan patin dan ikan gurame. Disajikan bersama dengan potongan ketupat, kuliner ini menawarkan rasa yang segar dan gurih dengan tambahan utama kuah santan, telur dengan rempah-rempah khas. Yummy!

7. Sambal acan, cocolan yang mantab

Menikmati makanan khas suatu daerah tidak akan lengkap rasanya jika tidak ada sambalnya. Di Banjarmasin, kamu bisa menjadikan sambal acan sebagai pelengkap utama. Sambal ini dibuat dari berbagai buah-buahan, seperti gandaria, mangga, jeruk limau, terong asam, binjai dan pastinya cabai. Bayangkan menikmati ikan bakar atau ikan goreng dengan sambal acan ini, dijamin nikmat!

8. Patin baubar, pepes yang mengesankan

Di Banjarmasin, kamu juga bisa menemukan pepes ikan patin, yang oleh masyarakat lokal lebih dikenal sebagai patin baubar. Dengan bumbu rempah melimpah dan cara memasak yang khas, pepes patin ini hadir dengan rasa yang istimewa. Sensasi pedas tapi nikmat bakal menggoyang lidah penikmatnya.

9. Manday, camilan istimewa

Apa jadinya jika kulit cempedak diawetkan dan kemudian dimasak? Yang penasaran boleh mencoba Manday, camilan khas Banjarmasin. Manday sendiri merupakan kulit cempedak yang diolah sedemikian rupa, mulai dari diawetkan, dicampur garam dan diisolasi dalam ruang tertutup di periode waktu tertentu. Cara menikmatinya, manday harus digoreng atau dibakar sebelum kemudian disantap. Seperti apa rasanya? Coba saja langsung!

10. Bingka, makanan khas Banjarmasin manis dan lembut

Bingka merupakan makanan khas Kalimantan, yang juga tersedia di Banjarmasin. Sensasi bingka yang ditawarkan di Kalimantan Selatan juga kurang lebih sama dengan daerah lain, manis dan lembut. Varian rasanya juga banyak, memungkinkan setiap orang menikmati bingka sesuai dengan keinginan rasa yang diharapkan.

11. Lontong orari, gurih dan lezat abis

Image credit: Yuniari Nukti

Di Banjarmasin, menu sarapan yang bisa jadi pilihan adalah lontong orari. Dalam satu porsi kamu akan mendapatkan lontong, irisan labu, buncis, ikan gabus dan telur. Kuahnya santan gurih dengan bumbu kemerahan. Dijamin mantab!

12. Bubur baayak, makanan tradisional yang menyehatkan

Bubur baayak juga bisa menjadi menu sarapan dan makan siang kamu. Terbuat dari tepung beras, bubur ini berwarna kecoklatan dengan tekstur kental. Lauknya bisa beragam dengan sensasi rasa dan khasiat yang menyehatkan.

Baca juga: 14 Destinasi Wisata Banjarmasin Dan Sekitarnya yang Asyik Untuk Liburan

Tertarik menikmati makanan khas Banjarmasin yang mana?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru