14 Destinasi Wisata Banjarmasin Dan Sekitarnya yang Asyik Untuk Liburan

Banjarmasin dikenal sebagai kota seribu sungai. Ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan ini dulunya memang merupakan wilayah delta yang dikelilingi oleh Sungai Barito, Sungai Kuin dan Sungai Martapura. Banjarmasin dapat dengan mudah dan cepat dicapai melalui Surabaya baik melalui angkutan laut maupun udara.

Jika menginginkan liburan dengan suasana yang berbeda, kamu bisa coba kunjungi Banjarmasin. Ada destinasi wisata yang seru dan asyik untuk liburanmu. Cek info selengkapnya di sini ya.

1. Serunya Melihat Suasana Pasar Terapung, Lok Baintan

Image credit: @dryhenmiham

Siapa sih yang tidak kenal dengan pasar terapung Banjarmasin? Pasar tradisional yang berada terapung di atas sungai ini jadi salah satu destinasi wisata andalan Banjarmasin. Di sini kamu bisa merasakan suasana pasar namun di atas sungai.

Aneka sayur, buah serta barang kebutuhan pokok lain dijual di atas perahu, dan ternyata masih ada beberapa penjual yang menerima sistem barter lho.

2. Menikmati Senja Yang Syahdu Di Jembatan Sungai Barito

Image credit: @f.tama24

Sesuai namanya, jembatan ini melintas dengan gagah di atas Sungai Barito. Jembatan ini sering digunakan untuk kegiatan bridge jumping oleh anak-anak muda Banjarmasin. Dulu di area jembatan dekat bantaran sungai banyak terlihat bekantan, primata khas Kalimantan.

Kamu juga bisa bersantai menikmati senja sambil berwisata kuliner di warung-warung makan yang tersedia di sekitar bantaran Sungai Barito.

3. Bercengkrama Dengan Satwa Ramah, Taman Wisata Pulau Kembang

Image credit: @irfan18

Pulau Kembang terletak di tengah Sungai Barito. Pulau ini sebenarnya merupakan delta yang terbentuk secara alami dan membentuk pulau yang dihuni oleh kawanan kera. Ya, pulau ini merupakan area konservasi kera ekor panjang dan bekantan.

Image credit: @wira_

Selain bisa berkenalan dengan kawanan kera yang bersahabat, kamu juga bisa berfoto ria di hutan mangrove nya yang instagramworthy.

4. Wow, Kalimantan Punya Rumah Jomblo lho!

Image credit: @rievan_nino

Bangunan kayu sederhana di Banjarbaru ini menyita banyak perhatian warga. Tidak hanya bentuknya yang unik dan berbeda dari rumah lain di sekitarnya, rumah ini juga terletak di sebuah gundukan tanah merah yang membuatnya makin eksotik.

Tidak ada yang pernah masuk ke dalam rumah tersebut karena kondisi tanah yang curam dan tidak stabil. Meski begitu, berfoto dari luar saja sudah sangat menyenangkan bukan?

5. Danau Unik Berwarna Biru, Danau Biru Cempaka

Image credit: @dryhenmiham

Pesona danau berair biru tidak hanya bisa kamu jumpai di Pulau Bangka Belitung. Bekas tambang pasir di Banjarbaru kini jadi destinasi wisata baru yang kekinian. Salah satunya adalah Danau Biru Cempaka yang tidak jauh dari jalan raya Trans Kalimantan. Tanahnya yang berwarna merah memberikan warna kontras dengan air galian yang jernih dan berwarna biru.

6. Tenang Dan Indahnya Danau Caramin Bikin Betah

Image credit: @oyee_forever (kiri), @lintaaanng (kanan)

Danau lain yang tidak kalah cantik di sekitar Banjarmasin adalah Danau Caramin. Danau ini juga merupakan bekas tambang pasir yang cukup luas. Di danau ini kamu bisa berfoto ria di aneka spot instagramworthy yang telah disediakan atau berjalan-jalan keliling danau dengan perahu tradisional yang disebut perahu kelotok.

7. Bukit Teletubbies Ala New Zealand, Bukit Rimpi Pelaihari

Image credit: @wahyufhotogram

Kalimantan yang subur dengan hutan hujan tropisnya membuat suasana hijau terbentang sepanjang mata. Meski tidak memiliki gunung berapi, namun ternyata Banjarmasin juga punya panorama bukit ala New Zealand yang hijau sepanjang tahun, namanya Bukit Rimpi Pelaihari. Lokasinya sangat mudah dan dapat ditempuh dari Kota Banjarmasin melalui Jalan Trans Kalimantan, dijamin kamu betah berlama-lama di sini!

8. Seru-seruan Di Taman Labirin Pelaihari

Image credit: @mirna3503 (kiri), @fitria_latifah07 (kanan)

Tidak jauh dari Bukit Teletubbies, kamu bisa mampir ke taman labirin. Di sini kamu bisa asyik berfoto dengan latar belakang taman labirin yang mengesankan. Labirin di sini juga menggunakan tanaman asli dan bukan tanaman sintetis, sehingga kesannya lebih alami dan asri. Kamu juga bisa bermain dengan rusa dan kerbau kalimantan yang berada satu kompleks dengan taman labirin ini.

9. Indahnya Alam Kalimantan Dari Puncak Hutan Tahura Sultan Adam

Image credit: @riniiandrian

Kurang lengkap rasanya jika berlibur ke Kalimantan tapi tidak berkunjung ke areal hutannya. Salah satu kawasan hutan yang telah lama jadi destinasi wisata adalah hutan Tahura Sultan Adam.

Lokasinya berada di Martapura, kurang lebih 2 jam perjalanan dari Banjarmasin. Di hutan ini terdapat sebuah bukit yang terkenal akan keindahan kabut pagi harinya. Meski kamu harus trekking untuk mencapai destinasi ini, tapi pemandangan di atas puncak hutannya tidak akan tertandingi.

10. Wisata Bukit Kekinian Yang Mirip Raja Ampat, Bukit Matang Kaladan

Image credit: @harris_jaya_skd

Jika ingin perjalanan menuju kawasan perbukitan Kalimantan lain yang tidak kalah indahnya, kamu bisa coba berkunjung ke Bukit Matang Kaladan. Lokasinya tidak jauh dari puncak hutan Tahura. Di sini kamu bisa mendapatkan pemandangan hutan dan danau dengan pulau-pulau unik di tengahnya.

Image credit: @rievan_nino

Tersedia pula aneka spot berfoto ria dengan latar belakang pemandangan Bukit Matang Kaladan yang siap mengguncang timeline instagrammu.

11. Melihat Kota Banjarmasin Dari Ketinggian, Menara Pandang Banjarmasin

Image credit: @hafizbiru

Di area dalam Kota Banjarmasin, kamu juga bisa mendapatkan pemandangan Pulau Kalimantan yang aduhai dari atas menara pandang. Berdiri di atas empat lantai, menara pandang memiliki cakupan pemandangan yang cukup luas. Lokasinya tidak jauh dari pasar terapung. Di sini kamu bisa berburu foto pemandangan Kota Banjarmasin dengan leluasa.

12. Belajar Sejarah Kalimantan Di Museum Wasaka dan Museum Lambung Mangkurat

Image credit: @chikalnazmi

Wisata sejarah juga harus menjadi salah satu wisata yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Banjarmasin. Ada setidaknya dua museum yang harus kamu kunjungi, yaitu museum Wasaka dan museum Lambung Mangkurat. Museum Wasaka lokasinya berada di tepi Sungai Martapura dan memiliki bangunan unik rumah panggung berwarna hijau yang terbuat dari kayu.

Image credit: @photoshoot4_

Sedangkan Museum Lambung Mangkurat lokasinya di Kota Banjarbaru. Museum ini juga memiliki desain yang sangat unik dan tidak biasa. Di samping itu, kamu juga bisa mempelajari banyak hal terkait sejarah dan budaya masyarakat Banjar.  

13. Oleh-oleh Cantik Khas Kalimantan Selatan, Pasar Intan Martapura

Image credit: @wisata.kalsel

Liburan tentunya tidak bisa lepas dari kegiatan belanja oleh-oleh. Salah satu barang khas Kalimantan Selatan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh adalah intan. Martapura, kota tetangga Banjarmasin, telah lama dikenal sebagai tempat penggosokan intan. Di sini kamu bisa memborong aneka perhiasan intan di pasar khusus, pasar intan Martapura. Harganya berkisar dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah dengan kualitas yang tentunya sangat terjamin. Seru sekali bukan?

14. Berburu Kain Khas Banjarmasin, Kampung Sasirangan

Image credit: @elfaeff

Kalau di Jawa ada kain batik, maka di Banjarmasin ada kain Sasirangan. Kain khas Banjarmasin ini juga bisa kamu jadikan oleh-oleh yang menarik lho. Untuk membelinya kamu tinggal pergi ke Kampung Sasirangan yang merupakan pusat produksi kain khas Banjarmasin ini.

Baca juga: Wisata Kuliner Di Pontianak Yang Bakal Memanjakan Lidah Dan Perut Kamu

Seru sekali bukan menikmati pesona alam Borneo di Banjarmasin? Oleh karena itu, liburan jangan cuma ke kota yang itu-itu saja. Sudah saatnya untuk berlibur ke tempat baru. Nah, Banjarmasin bisa jadi salah satu kota yang kamu jadikan tujuan liburanmu selanjutnya. Ditunggu kunjungan liburanmu ke Banjarmasin ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru