Makanan Khas Lampung Yang Tak Boleh Dilewatkan Saat Berkunjung Ke Tapis Berseri

Kapan terakhir kali kamu berkunjung ke Lampung? Pernah mencicipi makanan khas Lampung? Jika pernah, sensasi dan cita rasa seperti apa yang kamu dapatkan?

Sejatinya, makanan khas Lampung memiliki cita rasa yang berbeda-beda, tergantung di daerah mana kamu berada. Namun, semua orang sepakat jika kuliner yang disajikan bakal menggoyang lidah. Buat kamu yang belum pernah menikmati makanan khas Lampung dan penasaran seperti apa bentuknya, yuk simak daftarnya di bawah ini!

1. Seruit makanan khas lampung

Seruit | makanan khas Lampung
Image credit: @leenaa.hamiid

Ikan bakar menjadi bahan utama dari kuliner ini. Ikan yang dibakar dengan sempurna dihidangkan setelah terlebih dulu dicampur degng sejumlah varian sambal terasi khas Lampung, termasuk tempoyak dan mangga muda. Tambahan lalapan menjadikan kuliner ini menawarkan rasa yang lebih nikmat.

2. Gabing makanan khas lampung

Makanan khas Lampung ini terbuat dari batang kelapa yang masih muda, yang diiris tipis dan direbus hingga lunak. Selain itu, tambahan bumbu rempah penuh cita rasa juga ditambahkan untuk meningkatkan kualitas rasa. Di dalam hidangan ini, kamu bisa menemukan banyak pilihan isian, dari jamur, daging segar dan banyak lagi lainnya.

3. Pindang makanan khas lampung

Lampung juga memiliki pindang khas yang tak kalah nikmat. Disajikan dengan kuah yang memiliki warna kuning cerah, pindang menawarkan cita rasa yang mengesankan karena sensasi gurih dan segar, serta aroma yang kuat, yang datang dari daun kemangi yang dimasukkan ke dalam kuah.

4. Mie Lampung

Mie Lampung | makanan khas Lampung
Image credit: @betty_judith

Mie Lampung menjadi salah satu sajian yang harus dicoba saat berkunjung ke Lampung. Tekstur mie yang kenyal dan tidak lembek menjadi ciri khas dari hidangan ini. Selain itu, mie juga mendapat taburan daging dan bumbu, yang menjadikan sajian Mie Lampung selalu berhasil mencuri perhatian. Isian kuliner ini juga variatif, dari bihun ayam, kwetiau ayam, nasi tim hingga pangsit.

5. Tempoyang

Di Kalimantan, hidangan ini sering disebut tempoyak. Namun di Lampung, makanan yang terbuat dari olahan durian ini lebih dikenal sebagai tempoyang. Pada intinya adalah makanan pelengkap ini merupakan olahan dari daging buah durian, yang difermentasikan hingga lima hari, sebelum kemudian dicampur dengan ikan, yang jenisnya bisa dipilih dari ikan mujair, ikan teri, ikan mas dan lainnya.

6. Umbu makanan khas lampung

Seperti apa makanan yang terbuat dari rotan? Kamu bisa mencobanya langsung pada makanan khas Lampung bernama umbu. Bahan utamanya adalah rotan muda, yang direbus dalam waktu yang relatif lama hingga menjadikannya lunak. Setelahnya, umbu bisa disajikan dalam bentuk sayuran oseng aau juga dilalap.

7. Gulai Taboh

Image credit: Ayu Sylvia

Lampung juga memiliki makanan gulai yang tidak boleh dilewatkan. Bedanya, bahan utamanya tidak menggunakan daging kambing, ayam atau sapi, melainkan menggunakan ikan. Gulainya sendiri juga sedikit berbeda, menggunakan ubi-ubian dan kacang-kacangan, yang dimasak di dalam santan dengan campuran kacang hijau dan jenis kacang lainnya, plus rebung dan kentang. Tambahan daun sirih dan terasi ke dalam gulai menjadikan makanan khas Lampung ini menarik untuk dicicipi.

8. Panggang Lampung

Menjadikan ikan sebagai bahan utama, makanan ini menawarkan ikan yang diolah dengan cara diasap atau dipanggang dalam waktu yang relatif lama, bisa dinikmati dengan nasi panas dan cocolan sambal yang pedas nikmat.

9. Pisro

Menggunakan bahan utama ikan betok atau tembakang, pisro menjadi salah satu pilihan kuliner khas Lampung yang wajib dicoba. Ikan sendiri digoreng hingga kering sebelum kemudian digabungkan dalam bumbu kental perpaduan antara bumbu rempah khas Lampung dan gula aren yang manis.

10. Sambal Tempoyak Udang

Image credit: Dapur Mama Sederhana

Yang doyan sambal pedas sebagai pendamping untuk apapun makanan kamu, jangan sampai melewatkan kesempatan mencicipi nikmatnya sambal tempoyak udang. Sambal ini terbuat dari tomat dan cabe, plus bahan lainnya seperti pete, kunyit dan bahan pelengkap, yaitu udang. Selain pedas, kamu bisa mendapatkan cita rasa yang beraneka macam, namun menyegarkan.

11. Sambal Asam Kembang

Lampung juga memiliki sejumlah varian sambal yang menarik dan mencuri perhatian, antara lain sambal asam kembang. Sambal ini dibuat tanpa harus menambahkan cuka. Rasa asam sendiri didapat dari bahan-bahan alami, seperti potongan buah mangga muda yang dimasukkan ke dalamnya. Sambal ini pas dijadikan makanan pendamping untuk kuliner apapun pilihan kamu.

12. Pempek Lampung

Pempek Lampung
Image credit: @the.lucky.belly

Tidak hanya Palembang yang memiliki pempek, Lampung juga memiliki kuliner khas ini. Yang membedakan pempek Lampung dengan Palembang adalah kuahnya yang lebih kuat, dengan tambahan campuran ikan dan menggunakan gula aren asli. Penasaran dengan rasanya?

Baca juga: 13 Pantai Cantik Di Lampung Yang Harus Kamu Kunjungi

Nah, apakah kamu tertarik menikmati makanan khas Lampung yang penuh cita rasa ini?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru