Makanan Khas Malang Yang Menggugah Selera Dan Harus Dicoba

Kamu pasti sudah mengenal kota Malang di Jawa Timur yang terkenal dengan keindahan alamnya. Namun apakah kamu sudah tahu berbagai makanan khas Malang yang unik dan sedap rasanya? Jika belum, maka kamu tidak boleh melewatkan daftar kuliner yang sudah dirangkum oleh TripZilla kali ini!

Suhu rata-rata yang cukup sejuk di Malang tentunya akan menimbulkan suasana yang semakin cocok untuk berwisata kuliner. Kekayaan kuliner khas Malang ini sangat mudah dijumpai di seantero kota Malang bahkan di luar Malang. Namun tentunya akan lebih mengasyikkan jika kamu menyantapnya langsung di tempat asalnya. Yuk, mari disimak berbagai jenis makanan yang layak dicoba di Malang!

1. Nikmati hangatnya bakso dengan kuah yang nikmat – Bakso Malang

Image credit: @ana_ike

Bakso yang ini tidak dapat disamakan dengan bakso lainnya karena memiliki ciri khas tersendiri yaitu dari jenis isian dan rasa kuahnya. Isian Bakso Malang umumnya terdiri dari bakso, mi kuning, pangsit goreng, bakwan rebus dan tahu bakso. Sedangkan kuahnya terlihat bening dengan rasa gurih ringan yang muncul dari hasil rebusan sumsum sapi.

Makanan khas Malang - Bakso
Image credit: @angelliaputry

Bakso Malang ini sering juga disebut sebagai Bakwan Malang. Kamu bisa menjumpai pedagang Bakso Malang yang juga mempunyai berbagai tambahan isian lain misalnya siomay dan risol.

Salah satu tempat makan bakso yang layak untuk dicoba adalah Bakso Damas. Di warung ini, kamu memiliki banyak pilihan gorengan yang dapat dijadikan teman menikmati bakso, misalnya ada usus goreng, ampela goreng, ati goreng, paru sapi goreng bahkan sate kikil dan sate telur puyuh. Bakso ini akan semakin nikmat jika disantap sebagai jajanan sore atau malam hari lho!

Lokasi: Bakso Damas, Jl. Soekarno-Hatta No.75, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Malang.
Harga: mulai dari 3,000 IDR per buah.

Baca juga: 22 Bakso Terenak Di Malang Yang Harus Kamu Coba

2. Makanan khas Malang yang berbeda dari soto lainnya – Soto Geprak

Makanan khas Malang - Soto Geprak
Image credit: @batutravel

Sekilas soto ini tampak seperti soto yang biasa kamu jumpai. Tapi ternyata makanan khas Malang ini memiliki keunikan dalam  proses pengolahan dagingnya, yaitu dilumatkan dengan cara digeprak atau ditumbuk. Saat ini, sudah digunakan mesin untuk menumbuk daging supaya kebersihannya lebih terjamin.  Proses tumbukan ini menjadikan tekstur daging lebih lembut dan halus. Ditambah dengan berbagai bumbu pendamping, soto ini layak kamu cicipi dengan tambahan nasi atau sebagai makanan selingan.

Kamu bisa mendapatkan soto geprak yang legendaris di warung Soto Geprak Mbah Djo. Warung ini sudah buka sejak tahun 1935 dan juga menjual menu lain seperti ayam goreng, bakso dan bebek goreng. Namun, tentu saja tidak afdol jika ke sini tanpa mencicipi soto gepraknya yang tersohor itu.

Lokasi: Soto Geprak Mbah Djo, Jl. Letjend S. Parman No. 77-79, Malang.
Harga: mulai dari 7,000 IDR.

3. Mi dengan ayam yang lembut– Cwie Mie

Image credit: @hotcuimie_malang

Apa sih keistimewaan dari cwie mie ini? Perbedaan yang umum dari cwie mie dengan menu mi lainnya adalah pada olahan daging ayamnya. Ayam yang dimasukkan sudah dihaluskan dan bukan berbentuk potongan daging. Sayur yang diberikan pun bukan hanya sawi tapi juga daun selada. Ada cwie mie yang disajikan menggunakan mangkuk terbuat dari pangsit, namun banyak juga yang menyajikannya di mangkuk biasa. Meskipun demikian, rasa dari cwie mie ini tetap berbeda karena menggunakan beberapa jenis minyak untuk bumbunya. Dapat disimpulkan, di balik penampilannya yang biasa, cwie mie ini menyimpan rasa yang tidak biasa dan perlu untuk dicoba.

Salah satu restoran cwie mie yang dapat kamu sambangi adalah Hot Cui Mie yang salah satu cabangnya berlokasi di dalam Mall Olympic Garden (MOG). Hot Cui Mie ini merupakan restoran yang memelopori penyajian cwie mie memakai mangkok dari pangsit. Kamu dapat memilih rasa cwie mie original maupun cwie mie dengan saus pedas atau tidak pedas. Semuanya menggoda untuk kamu coba.

Lokasi: Hot Cui Mie MOG, Jl. Kawi No. 20, Kauman, Kec. Klojen, Malang.
Harga: mulai dari 15,000 IDR.

4. Bakso berselimut bumbu yang tidak ada duanya – Bakso Bakar

makanan khas Malang - Bakso Bakar
Image credit: @amazingindonesiafood

Bakso yang dibakar ini tampak berwarna merah kecoklatan dan tampak sangat menggoda. Bakso daging sapi ini dibumbui dengan kecap dan juga terasa pedas, memberikan perpaduan yang nikmat di lidah. Bakso bakar ini dijual per tusuk dan dalam satu tusuk terdiri dari beberapa butir bakso. Jangan khawatir porsinya terlalu besar, karena setelah merasakannya kamu pasti tidak bisa berhenti mengunyah!

Makanan khas Malang - Bakso Bakar
Image credit: @foodgraphy_indonesia

Restoran bakso bakar yang cukup terkenal adalah Bakso Bakar Pak Man yang sudah berdiri sejak tahun 1962. Bakso bakar telah menjadi ciri khas sejak awal, bahkan tempat ini dianggap sebagai pionir bakso bakar. Terdapat tiga tingkat kepedasan yang bisa dipilih dan kamu juga bisa mengambil bihun sendiri. Ada pula varian bakso lain selain bakso bakar. Tambah kenyang dan puas deh makan di sini!

Lokasi: Bakso Bakar Pak Man, Jl. Diponegoro No. 19, Klojen, Kec. Klojen, Malang.
Harga: mulai dari 30,000 IDR.

5. Bagi kamu penggemar jahe – Angsle

Makanan khas Malang - Angsle
Image credit: @yongyen88

Angsle ini memiliki sedikit kesamaan dengan sekoteng karena kuahnya berasal dari rebusan jahe yang memberikan rasa hangat dan segar. Perbedaannya adalah pada bahan isian. Selain roti, kacang tanah, kacang hijau dan daun pandan, pada angsle juga dapat dijumpai putu mayang, ketan putih kukus dan tape singkong. Kuah angsle pun tampak tidak bening seperti sekoteng karena diberi santan.  Jika ingin mencoba, datanglah di sore hari dan dijamin rasanya akan semakin sedap saat dinikmati di tengah udara dingin.

Tempat yang banyak didatangi menikmati makanan khas Malang ini adalah di Angsle dan Ronde Akor. Angsle di sini memiliki rasa gurih dan manis yang seimbang dari campuran susu, santan dan kacang hijau. Indera penciuman pun dimanjakan dengan aroma pandan yang wangi dan lembut. Jangan terlalu malam datang ke sini kalau tidak mau kehabisan, ya!

Lokasi: Angsle & Ronde Akor, Jl. Sempu No. 10, Kasin, Kec. Klojen, Malang.
Harga: mulai dari 7,000 IDR.

Baca juga: 15 Kuliner Malang Legendaris, Kelezatannya Sudah Teruji Zaman

6. Makanan khas Malang yang gurih dan lezat – Rawon

Makanan khas Malang - Rawon
Image credit: @grace_graciana

Jangan takut dulu melihat warna kuahnya yang hitam! Warna ini dihasilkan dari kluwek pilihan yang menghasilkan rasa gurih dan bisa bikin kamu ketagihan. Isian rawon adalah daging sapi dengan lemaknya dan lebih nikmat jika rawon dimasak dengan bahan bakar arang karena membuat bumbu lebih meresap. Tidak heran jika rawon disebut sebagai makanan raja-raja zaman dahulu dan sudah terkenal hingga ke mancanegara dengan sebutan black soup.

Warung Rawon Rampal adalah warung yang masih mempertahankan cara memasak dengan menggunakan arang. Hasilnya adalah rawon yang gurih dan penuh aroma. Warung yang kondang ini juga pernah didatangi Presiden Joko Widodo dan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, lho! Mereka saja terpikat dengan kelezatan rasanya, jadi sebaiknya jangan sampai terlewat untuk mampir ke sini!

Lokasi: Warung Rawon Rampal, Jl. Panglima Sudirman No. 71A, Kesatrian, Kec. Blimbing, Malang.
Harga: mulai dari 20,000 IDR.

7. Makanan khas Malang yang jarang ditemui – Sate Kelinci

Makanan khas Malang - sate kelinci
Image credit: @lyssahoo

Kelinci lazim dikenal sebagai binatang peliharaan yang lucu dan manis. Namun di Malang, kamu juga dapat mencoba menikmati sate kelinci yang memiliki rasa lezat dan bermanfaat untuk kesehatan. Konon katanya, menikmati sate kelinci dapat memberikan rasa hangat di badan dan dagingnya lebih enak dibandingkan daging ayam. Kamu juga dapat memesan lontong atau nasi untuk melengkapi sajian sate kelinci ini.

Di rumah makan Sate Kelinci dan Gule Kelinci, kamu bisa menemukan sate kelinci yang enak dengan harga yang terjangkau. Daging kelinci yang kenyal terasa lain dari yang lain dan ini dapat menjadi tambahan yang seru bagi pengalaman kulinermu di kota Malang.

Lokasi: Sate Kelinci dan Gule Kelinci, Jl. Raya Singosari No. 71, Pagentan, Kec. Singosari, Malang.
Harga: mulai dari 30,000 IDR.

8. Memanjakan lidah dengan gurih dan lembutnya sumsum – Sop Sumsum

Image credit: @sop_sumsum_pak_kayin

Jangan terkejut jika kamu melihat potongan tulang kaki sapi yang berukuran besar terhidang. Di dalam tulang inilah terdapat sumsum yang sangat digemari dan bisa kamu nikmati dengan menggunakan sedotan. Selain ukuran yang besar, bumbu yang diracik dalam kuah sop juga menambah kelezatannya sehingga menu ini menjadi sangat populer di Malang.

Makanan khas Malang - sop sumsum
Image credit: @sop_sumsum_pak_kayin

Tempat terbaik menikmati makanan khas Malang ini adalah di warung Sop Sumsum Pak Kayin, dan bagi yang baru pertama mencoba jangan khawatir! Kamu akan diberitahu bagaimana cara menikmati sop sumsum ini agar rasa yang kamu dapatkan lebih maksimal. Kamu pun dapat memilih dari tiga jenis tulang yang ada yaitu biasa, istimewa dan tulang super.

Lokasi: Sop Sumsum Pak Kayin, Jl. Cengger Ayam I No. 10, Tulusrejo, Kec. Lowokwaru, Malang.
Harga: mulai dari 20,000 IDR.

9. Kreasi tahu yang sederhana namun memikat lidah – Tahu Lontong

Makanan khas Malang - Tahu Lontong
Image credit: @sbykulinerinfo

Tahu lontong ini disebut juga dengan tahu tek, terdiri dari tahu yang digoreng setengah matang dan disajikan dengan lontong. Selain itu juga dilengkapi dengan kentang goreng, taoge, irisan ketimun, taburan kerupuk dan disiram bumbu cair dari kacang tanah dan petis. Bila suka, kamu dapat memesan telur untuk ditambahkan dalam tahu lontong ini. Harganya sangat terjangkau dan tampilannya sederhana tetapi rasanya tidak akan mudah untuk dilupakan.

Tempat yang terkenal di Malang untuk menikmati kuliner ini adalah Depot Tahu Lontong Lonceng. Di sini, kamu dapat memilih menggunakan lontong atau nasi untuk pelengkap tahu. Tahu, lontong dan kecap yang dijual adalah buatan sendiri dan tanpa pengawet. Sederhana namun sehat, rasanya enak dan ramah di kantong.

Lokasi: Depot Tahu Lontong Lonceng, Jl. Martadinata No.66, Kotalama, Kec. Kedungkandang, Malang.
Harga: mulai dari 9,000 IDR.

10. Olahan tempe penambah selera makan – Mendol

Makanan khas Malang - Mendol
Image credit: @koh_aming

Makanan berbentuk agak bulat dengan tekstur berbutir-butir ini sangat khas Malang dan agak sulit ditemui di tempat lain. Terbuat dari kedelai yang nyaris basi, rasanya malah menjadi gurih dan digemari banyak orang. Mendol ini disebut juga perkedel tempe dan biasa dijual sebagai pelengkap hidangan lain misalnya rawon.

Tempe yang sudah lama ditumbuk kasar dan dicampur dengan berbagai bumbu seperti bawang putih, lada putih, jahe, cabe, kaldu, garam dan daun jeruk. Setelah itu dibentuk bulat lonjong kemudian digoreng.

Jika kamu datang ke Waroeng Bejo, kamu dapat menjumpai menu ketan mendol. Ketan yang gurih dihidangkan bersama mendol yang digoreng akan menambah selera makanmu dan cocok untuk jadi pilihan jajanan di tengah hari.Perlu nih untuk dicoba saat sedang kulineran di Malang!

Lokasi: Waroeng Bejo, Perumahan Green Village Jl. Terusan Sengkaling No. 08, Mulyoagung, Kec. Dau, Malang.
Harga: mulai dari 5,000 IDR.

11. Varian tempe yang otentik – Tempe Bungkil

Makanan khas Malang - Tempe bungkil
Image credit: @firtahapsariapsari

Tempe yang satu ini berbeda dari tempe yang biasa kita kenal lho! Bedanya adalah karena bahan bakunya bukan dari kedelai, tetapi dari bungkil kacang tanah. Teksturnya lebih kasar namun memiliki rasa yang lebih gurih daripada tempe berbahan kedelai.

Image credit: @pawon_mbak_iwed

Tempe bungkil ini dapat digoreng dengan atau tanpa tepung, keduanya sama-sama enak untuk dinikmati.

Kalau penasaran dengan makanan khas Malang ini, kamu bisa membelinya di pasar-pasar tradisional seperti Pasar Kebalen atau Pasar Kedungkandang. Di sini tempe bungkil dijual per balok dan siap untuk digoreng sesuai selera. Bisa juga dibawa untuk buah tangan karena tempe bungkil ini hanya ada di Malang.

Lokasi: Pawon Mbak Iwed, Jl. Teluk Pelabuhan Ratu Timur No. 37, Arjosari, Kec. Blimbing, Malang.
Harga: mulai dari 3,000 IDR.

12. Nikmatnya percampuran ayam dengan kuah santan gurih – Orem-orem

Makanan khas Malang - Orem-orem
Image credit: @the.lucky.belly

Kalau melihat fotonya saja sudah tampak menggiurkan, bukan? Orem-orem ini berisikan tempe goreng dan ayam dengan kuah santan kental. Di dalamnya juga ada lontong untuk pelengkap. Orem-orem ini bisa dinikmati dengan telur asin dan mendol agar rasanya semakin mantap.

Salah satu lokasi terbaik mencoba makanan khas Malang ini adalah di Warung H. Abdul Manan. Warung ini sering disebut juga Orem-orem Comboran. Kuah santannya gurih dan berpadu dengan mendol yang garing di luar membuat orem-orem ini selalu laris manis. Selain itu porsinya mengenyangkan dengan harga yang sangat terjangkau lho!

Lokasi: Warung Orem-Orem, Jl. Irian Jaya No. 1, Sukoharjo, Kec. Klojen, Malang.
Harga: mulai dari 8,000 IDR.

13. Makanan khas Malang yang istimewa – Sate Gebug

Image credit: @jktfoodlova

Sate gebug ini ukurannya lebih besar dari sate pada umumnya dan harganya memang relatif lebih mahal. Tapi jangan sampai hal ini membuatmu mengurungkan niat karena kamu tidak akan menyesal jika mencoba kuliner yang satu ini. Kata gebug berarti dipukul dalam bahasa Jawa dan menggambarkan proses pengolahan daging satenya yaitu dipukul dengan ulekan batu agar empuk sebelum direndam dalam bumbu.

Bumbu yang digunakan untuk sate gebug ini adalah bumbu rempah-rempah dan dihidangkan bersama sambal kecap. Terbayang perpaduan kelembutan daging sapi berempah yang dibalur dengan sambal kecap, tidak heran jika sate gebug menjadi salah satu makanan khas dan legendaris di Malang.

Berbicara tentang sate gebug, kamu dapat menemukannya di Warung Sate Gebug 1920 yang legendaris. Sesuai namanya, warung ini dibuka sejak tahun 1920 dan menjajakan hanya sate dengan daging berkualitas tinggi. Pengolahan satenya pun benar-benar bersih dan ditumbuk sampai dagingnya sangat lembut, dibumbui dengan kecap pilihan untuk menyempurnakan rasa. Kamu harus banget deh mencoba makan sate di sini!

Lokasi: Warung Sate Gebug 1920, Jl. Jenderal Basuki Rahmat, Klojen, Kec. Klojen, Malang.
Harga: mulai dari 20,000 IDR.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Alam di Batu, Malang yang Ngehits Banget!

Nah, banyak sekali makanan khas Malang yang dapat kamu coba, kan? Keunikan dan kekayaan rasanya dapat menambah khazanah kulinermu, jadi jangan lewatkan kesempatan untuk berwisata kuliner di Kota Apel ini, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru