12 Kuliner Singkawang Enak Untuk Memanjakan Lidah Kamu (Update 2023)

Pernah berkunjung ke Singkawang? Jika belum, mungkin sudah waktunya kamu menyiapkan waktu khusus menikmati sejuta pesona keindahan di Little Hong Kong-nya Indonesia ini. Dan, jangan sampai melewatkan sensasi rasa kuliner dan makanan khas Singkawang juga!

Sebagai salah satu kota dengan penduduk paling heterogen di Indonesia, Singkawang memiliki keberagaman budaya dan adat istiadat yang menarik untuk diperhatikan. Hal ini juga berlaku dengan kulinernya. Dari sajian yang identik dengan budaya Tionghoa hingga suku Melayu tersedia di Singkawang. Pun demikian dengan cita rasa yang ditawarkan.

Dan bagi kamu yang tertarik berpetualang rasa dengan menikmati kuliner Singkawang, sejumlah sajian di bawah ini bisa menjadi referensi yang pas untuk diintip saat mengunjungi Kota Amoy ini. Cekidot, ya!

1. Menikmati bakso sekaligus bakmi – Bakso Sapi Bakmi Ayam 68

Kuliner Singkawang ini menjadi salah satu yang paling ngehits bagi kalangan wisatawan dalam dan luar negeri. Bukan hanya karena banyaknya pilihan menu, tapi juga karena tekstur daging yang halus dan gurih.

makanan khas singkawang
Image credit: @tantowijayaa

Kamu bisa memilih bakso atau bakmi, atau gabungan keduanya untuk mendapatkan sensasi rasa yang istimewa. Tekstur daging bakso yang lembut dan halus membuat penikmatnya tidak bakal puas hanya dengan satu suapan. Kuahnya juga gurih dan memiliki kesan mendalam. Lokasi depot bakso yang berada di pusat kota Singkawang menjadikan kuliner ini dengan mudah dijangkau.

Image credit: @edodharmadi

Lokasi: Jl. Pangeran Diponegoro No. 68, Darat Sekip, Melayu, Singkawang Bar., Kota Singkawang, Kalimantan Barat
Harga: Mulai dari 16,000 IDR per porsi

2. Makanan khas Singkawang yang tidak seekstrim namanya – Mie Tiaw Asuk

Apa yang kamu bayangkan dari kuliner Singkawang yang ini? Berbahan dasar daging anjing? Jika memang demikian, kamu salah besar.

Image credit: @v1v1_ly

Yang dimaksud ‘Asuk’ di sini adalah paman dalam bahasa lokal Singkawang, dan mie tiaw ini mendapat sebutan tersebut karena yang memasak adalah seorang paman yang cekatan dengan spatulanya. Bila berbicara mengenai pengalaman rasa, kamu akan dimanja dengan sajian mie pipih dengan telr, tauge, daun cangkok manis dengan bumbu kecap dan perasan jeruk nipis dengan potongan udang dan daging sebagai tambahan. Rasanya dijamin nikmat!

Lokasi: Jl. Yos Sudarso Kel. Melayu, Melayu, Singkawang Bar., Kota Singkawang, Kalimantan Barat
Harga: Mulai dari 13,000 IDR per porsi

3. Bubur tidak biasa yang menyehatkan Bubur Gunting Asun

Bubur yang ini tidak terbuat dari bahan yang biasa menjadi bahan seporsi bubur, yaitu dari beras atau nasi. Bubur gunting terbuat dari potongan cakwe yang disiram kuah kental kacang hijau yang manis dan hangat.

Image credit: @ayukmangan

Tidak sedikit penjual yang menjajakan kuliner Singkawang ini di segala penjuru kota pada pagi hingga siang hari. Namun ada juga bubur gunting yang dijual pada sore hingga malam hari. Namun, tidak ada yang menyanggah jika kuliner ini asyik dinikmati sebagai camilan yang seru.

Lokasi: Jl. P. Antasari No.58-56, Pasiran, Singkawang Bar., Kota Singkawang, Kalimantan Barat
Harga: 5,000 IDR per porsi

4. Camilan lembut beragam rasa Choi Pan Keluarga Tjhia

Sejatinya banyak penjual choi pan di penjuru kota Singkawang, dan salah satu yang terkenal adalah choi pan Keluarga Tjhia. Sembari menyambangi rumah marga Tjhia yang fenomenal itu, tidak ada salahnya juga menikmati sajian kuliner khasnya.

makanan khas singkawang
Image credit: @mcveles.es

Camilan ini terbuat dari tepung beras dengan berbagai isian, mulai dari bengkoang, kucai, rebung, keladi dan kacang. Untuk menikmatinya, ada sambal sebagai pendamping untuk cocolan. Dengan taburan bawang putih goreng dan minyak wijen di atasnya, kamu tidak akan puas menikmati camilan Singkawang ini hanya dalam satu suapan.

Image credit: @emiciahui

Lokasi: Rumah Tradisional Marga Tjhia, Jl. Budi Utomo No.45, Condong, Singkawang Tengah, Kota Singkawang, Kalimantan Barat
Harga: 1,000 IDR per biji

5. Makanan khas Singkawang berbentuk salad buah – Rujak Thai Pui Ji

Penikmat kuliner sehat wajib mencoba salad buah ala Singkawang ini, yaitu rujak Thai Pui Ji, yang memiliki sensasi rasa lain dari biasanya.

makanan khas singkawang
Image credit: @photograpnesia_skw

Potongan buah-buahan segar yang dicampur dengan sambal kacang gula merah dan taburan ebi di atasnya memberikan kenikmatan tersendiri. Tambahan emping sebagai pendamping dijamin akan memberikan kesan mendalam bagi yang pernah menikmati sajian ini.

Lokasi: Jalan Salam Diman No. 8, Condong, Melayu, Singkawang Barat, Condong, Singkawang Tengah, Kota Singkawang, Kalimantan Barat
Harga: Mulai dari 15,000 IDR per porsi

6. Mie kering alternatif dengan rasa tak kalah asyik – Mie Kering Dian

Mie kering Haji Aman bisa dikatakan sudah begitu terkenal di Singkawang, tapi mie kering Dian bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dipilih bagi kamu yang menyukai kuliner anti-mainstream.

Image credit: @ernymuharny

Bakmi dengan kuah kaldu terpisah, plus potongan ayam empuk sebagai topping dan tahu bakso serta bakso di dalam kuah kaldu memberikan sensasi aroma dan rasa yang menggugah selera. Menikmati satu porsi sajian ini akan membuat siapapun memiliki kesan mendalam akan Singkawang!

Lokasi: Jalan Yos Sudarso No No.11, Melayu, Singkawang Bar., Kota Singkawang, Kalimantan Barat
Harga: Mulai 15,000 IDR per porsi

7. Menu sarapan khas Singkawang – Bubur Pekong

Yang ingin mengisi perut saat sarapan pagi di Singkawang, bubur pekong bisa menjadi pilihan yang menjanjikan. Sajian bubur dengan isian ikan teri goreng, irisan daging sapi, lobak, kacang goreng dan emping, yang disiram dengan kuah kaldu sapi dan juga tambahan daun sop dijamin akan membuat penikmatnya akan ketagihan.

makanan khas singkawang
Image credit: @yudhikecil

Saking terkenalnya, bubur sapi ini kerap menjadi jujukan banyak wisatawan lokal dan mancanegara. Alhasil, untuk bisa menikmati kuliner Singkawang ini, kamu mungkin harus bisa sedikit bersabar. Tapi, penantian kamu dijamin akan terbayarkan setelah menikmati satu porsi bubur yang depotnya berada tidak jauh dari Vihara Tri Dharma Bumi Raya di pusat kota Singkawang ini.

Lokasi: Jl. Niaga, Melayu, Singkawang Bar., Kota Singkawang, Kalimantan Barat
Harga: 15,000 IDR per porsi

8. Makanan khas Singkawang dengan kelembutan yang manis – Bubur Tahu Pasar Turi

Singkawang menjadi salah satu wilayah produksi tahu di Kalimantan Barat dan banyak varian kuliner dari bahan dasar olahan kedelai ini, salah satunya adalah bubur tahu.

Image credit: @yoggithen

Banyak tempat untuk bisa menikmati kelembutan khas dari bubur tahu Singkawang, salah satunya adalah di wilayah Pasar Turi. Penjual biasanya menjajakan kuliner ringan ini dengan gerobak. Dalam satu porsinya, kamu akan menikmati sajian bubur tahu bertekstur lembut dengan kuah manis dan hangat.

Lokasi: Jl. Pasar Turi, Pasiran, Singkawang Bar., Kota Singkawang, Kalimantan Barat
Harga: 5,000 IDR per porsi

9. Menikmati secangkir kopi nikmat di Singkawang

Meski bukan wilayah penghasil kopi di Indonesia, Singkawang termasuk menjadi salah satu kota dengan sajian kopi yang nikmat dan beragam. Beberapa tempat di bawah ini bisa menjadi jujukan wisata ngopi kamu di Singkawang.

  • Kopi Akong
Image credit: @wak_secoond

Warung kopi ini tidak mewah, namun sajian secangkir kopinya termasuk salah satu yang terbaik di Singkawang. Yang paling menarik perhatian adalah harganya secangkir kopi yang sangat murah, meski kualitas kopinya di atas rata-rata.

Lokasi: Jl. Alianyang, Melayu, Singkawang Bar., Kota Singkawang, Kalimantan Barat
Harga: 3,000 IDR per cangkir

  • Kopi Nikmat
makanan khas singkawang
Image credit: @soca.aksara (tengah), @warsito40

Menjadi salah satu destinasi wisata kuliner ngehits di Singkawang, warung kopi Nikmat mendapatkan reputasinya karena sajian kopinya, yang memang nikmat. Lokasinya yang berada di pusat kota Singkawang juga menjadikan warung kopi ini mudah dijangkau. Asyiknya lagi, banyak alternatif pilihan menu kopi yang bisa dipilih, dari kopi hitam, kopi susu dan juga teh telur.

Lokasi: Jalan Sejahtera, Singkawang Barat, Melayu, Singkawang, Kota Singkawang, Kalimantan Barat
Harga: Mulai dari 8,000 IDR per cangkir

  • Kopitiam Rusen
Image credit: @multisiahaan (kiri), @r34d1t

Salah satu coffee shop kekinian yang ada di Singkawang, namun tidak meninggalkan sisi tradisionalnya. Kopitiam Rusen berada di bangunan dua lantai dengan pemandangan Vihara Tri Dharma Bumi Raya dan city view Singkawang yang asyik. Sedangkan menu kopi yang ditawarkan juga beragam, mulai dari kopi hitam hingga kopi Vietnam. Ada juga berbagai pilihan makan berat di sini.

Lokasi: Jl. Niaga, Melayu, Singkawang Bar., Kota Singkawang, Kalimantan Barat
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

10. Menikmati soft drink lokal Singkawang – Limun Sarsi

Salah satu sajian yang tidak lekang oleh waktu di Singkawang. Warga lokal menyebutnya sebagai Sarsi. Tidak mudah menemukan minuman dengan tiga rasa, yaitu jeruk, pisang ambon dan sarsaparila itu di Singkawang.

Image credit: @bubudgituloh

Bagi yang penasaran dengan soft drink lokal Singkawang ini, kedai Mie Tiaw Asuk menjadi salah satu tempat untuk mendapatkannya. Menikmatinya bisa membangkitkan kenangan masa kecil, lho!

Lokasi: Mie tiaw Asuk, Jl. Yos Sudarso Kel. Melayu, Melayu, Singkawang Bar., Kota Singkawang, Kalimantan Barat
Harga: 9,000 IDR per botol

Baca juga: 6 Aktivitas Seru Dan Keren Saat Liburan Di Singkawang Untuk Perayaan Imlek Dan Cap Go Meh

Nah, tertarik mencoba dan menikmati makanan khas Singkawang di atas?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru