6 Aktivitas Seru Dan Keren Saat Liburan Di Singkawang Untuk Perayaan Imlek Dan Cap Go Meh

Bingung pergi ke mana saat tiba perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Indonesia? Well, sejatinya banyak destinasi seru dan aktivitas mengesankan yang bisa kamu lakukan di perayaan Tahun Baru warga Tionghoa itu, lho! Salah satu yang bisa kamu lakukan, datang langsung dan liburan di Singkawang, kota di Kalimantan Barat dengan jumlah warga etnis Tionghoa yang cukup dominan.

Faktanya, perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Singkawang menjadi salah satu perayaan dan tradisi termegah yang selalu dirayakan seluruh lapisan masyarakat, tidak ubahnya seperti perayaan Idul Fitri bagi umat Islam dan perayaan Natal bagi Kristiani.

Selain itu, saat Imlek dan perayaan Cap Go Meh, nuansa Tiongkok di Singkawang begitu terasa. Kamu pasti dibuat terkesima dan merasa berwisata ke Asia Timur saat liburan di Singkawang. Mulai dari pemandangan, budaya hingga kulinernya, hampir semuanya bernuansa Tionghoa saat Imlek dan Cap Go Meh.

Nah, bagi kamu yang tertarik mendapatkan sensasi yang asyik kala liburan di Singkawang, di bawah ini sejumlah rekomendasi kegiatan dan aktivitas seru dan keren kala Imlek dan perayaan Cap Go Meh di little Hong Kong-nya Indonesia, dan juga kota yang dinobatkan sebagai Kota Paling Toleran pada akhir 2018 versi Setara Institute ini. Cekidot, ya!

1. Berburu spot Instagenik bernuansa Hong Kong

Percayalah, banyak spot berfoto keren di Singkawang dengan nuansa Hong Kong saat perayaan Imlek dan Cap Go Meh.

Image credit: @fahlevierendi

Di Vihara Tri Dharma Bumi Raya, ada dua burung phoenix dari lampion yang bisa menjadi background berfoto kamu.

Image credit: @muhammad_ridha_mochtar

Selain itu, sepanjang Jalan Diponegoro, Jalan Sejahtera, Jalan Budi Utomo dan Jalan Setia Budi, ada banyak lampion yang menjadi ‘atap’ setiap perjalanan kamu berkeliling Singkawang. Jangan sampai melewatkan momen berfoto di sini, ya!

Image credit: @bufensung

Spot lain saat liburan di Singkawang yang tidak bisa dilewatkan, terutama kala Imlek dan Cap Go Meh adalah di kawasan Pecinan Jamthang Singkawang. Berada di seberang Kelenteng Kon Shin Thi Kiung, Jalan Pertanian, Kali Asin, Sedau, Singkawang Selatan, kamu akan mendapati hiasan lampion yang memeriahkan suasana jalan dengan rumah warga yang dihias lampu warna warni.

Image credit: @saricung

Nuansa Tionghoa tempo dulu sangat terasa di tempat ini, yang menjadikan wilayah ini sangat Instagenik.

Kamu punya rekomendasi tempat lain yang bisa dikunjungi? Share dengan menggunakan #TripZillaTraveller untuk kesempatan difitur di IG Tripzilla Indonesia, ya!

2. Mengunjungi Rumah Keluarga Tjhia

Rumah keluarga Thjia menjadi salah satu cagar budaya di Singkawang. Selain karena usianya yang sudah 100 tahun lebih, ada sejarah panjang yang tersematkan di rumah, yang kini dihuni oleh generasi keenam keluarga Tjhia Hiap Seng ini.

Image credit: @urjewel0294

Arsitektur rumah menunjukkan kekhasan rumah-rumah khas Hong Kong di masa silam. Bukan berlebihan karena yang membangun pertama rumah ini membawa arsitek langsung dari Tiongkok untuk mendirikan rumah ini.

Image credit: @amelitha

Yang menjadikan rumah ini harus dikunjungi, selain letaknya yang berada tidak jauh dari Vihara Tri Dharma Bumi Raya, adalah karena nuansa khas Tiongkok yang tersaji. Kamu bisa melihat ornamen asli yang masih dipertahankan, seperti papan nama yang terpasang di atas pintu rumah, yang pemilik rumah saat ini sampai tidak mengerti arti dari aksara Cina yang tertulis di papan tersebut.

Image credit: @mcveles.es

Selain bisa menikmati nuansa yang asri dari rumah ini, kamu juga bisa menikmati jajanan khas Tionghoa, Choipan, dengan cocolan sambelnya yang pedas dan nikmat.

Image credit: @dllysruln

Selain itu, tidak jauh dari rumah ini, kamu juga bisa menikmati mural, yang pastinya bisa dijadikan spot berfoto kamu yang keren.

3. Memahami seni dan kebudayaan lokal di Singkawang Cultural Center

Image credit: @lnygrc

Tidak ada aktivitas yang lebih seru dan asyik selain bisa mendapatkan informasi penting mengenai tempat yang kita kunjungi. Saat liburan di Singkawang, tempat yang tepat untuk itu adalah Singkawang Cultural Center (SCC).

Image credit: @singkawangcultural

Di sini, kamu tidak hanya bisa melihat beragam produk kebudayaan dan kesenian yang ada di Singkawang, tapi juga mendapatkan informasi mengenai sejarah perkembangan kota ini. Tempat ini juga dijadikan sebagai Rumah Budaya dengan terdapat sejumlah fasilitas, termasuk di dalamnya adalah perpustakaan dan kuliner spot.

Image credit: @edwinarko

Yang tertarik untuk menikmati kuliner Singkawang juga bisa mendapatkan sejumlah pilihan makanan untuk dipilih. Lokasinya yang masih di pusat kota Singkawang juga menjadikan akses ke SCC mudah dijangkau.

4. Seru-seruan di pesta rakyat Singkawang

Sepanjang perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Singkawang, ada sejumlah festival dan keseruan yang bisa diikuti.

Image credit: @desainkite

Stadion Kridasana, Singkawang menjadi salah satu spot yang bisa kamu datangi. Tidak hanya dimeriahkan dengan beragam pameran yang diikuti oleh UMKM produk dan jasa dari pengusaha lokal, kamu juga bisa menyaksikan pentas seni dan budaya yang akan dihelat mulai dari 3 hingga 20 Februari 2019. Acara ini juga dimeriahkan oleh banyak artis lokal dan nasional.

Selain itu, ada banyak spot berfoto yang Instagenik yang bisa menjadi jujukan kamu. Jangan sampai kelewatan, ya!

Image credit: @donny_phang

Destinasi lain yang bisa kamu kunjungi adalah Pasar Malam Modern Singkawang Grand Mall. Berlokasi di lahan parkir Singkawang Grand Mall, kamu bisa menikmati nuansa pasar malam yang seru dan penuh keceriaan.

Image credit: @ambritsno86

Ada banyak wahana bermain yang bisa kamu ikuti, mulai dari kereta api mini untuk anak-anak hingga bianglala. Ada juga live music di hari tertentu dan pasar kuliner yang buka setiap malam. Pasar malam modern ini akan berakhir pada penghujung Februari 2019.

5. Berburu bunga sakura di Singkawang

Siapa bilang bunga sakura hanya mekar di Jepang? Di Singkawang, kamu juga bisa menikmati mekarnya bunga khas Jepang itu dengan indahnya.

Image credit: @ademutiara_h

Bunga sakura yang mekar di Singkawang memang bukan bunga sakura asli. Namun, keindahannya tidak kalah, kok! Kamu bisa menjadikan pohon sakura ini sebagai background berfoto kamu yang Instagenik.

Image credit: @hl.lay

Sejumlah spot berfoto bunga sakura yang bisa kamu datangi antara lain di halaman Vihara Tri Dharma Bumi Raya dan Waterboom Taman Cinta Pajintan.

6. Menyaksikan keseruan perayaan Cap Go Meh

Image credit: @vegaviditama

Liburan di Singkawang kamu bisa disudahi dengan menyaksikan perayaan Cap Go Meh, yang tahun ini jatuh pada 19 Februari.

Image credit: @ky_kz

Selain bisa melihat dua replika singa raksasa setinggi 8,8 meter, yang bakal memecahkan rekor MURI, ada sejumlah agenda seru lain yang bakal memeriahkan perayaan ini.

Image credit: @destiawanwijaya

Sehari sebelum perayaan, kamu bisa menikmati warna-warni lampion dan Prosesi Tolak Bala oleh para rohaniawan dan dilanjutkan Prosesi Sembahyang Dewa Langit (Ket Sam Thoi). Puncaknya adalah aksi unik para Tatung yang bisa dinikmati di sepanjang jalan utama kota Singkawang dari pagi hingga menjelang Dhuhur. Acara kemudian dilanjutkan dengan Altan dan Lelang sebelum ditutup dengan prosesi pembakaran Replika 12 Naga di Vihara Buddhayana Roban (Chai Thong).

Baca juga: Wisata Kuliner Di Pontianak Yang Bakal Memanjakan Lidah Dan Perut Kamu

Nah, siapa di antara kamu yang tertarik liburan di Singkawang saat perayaan Imlek dan Cap Go Meh tahun ini?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru