Panduan Membeli Dan Menggunakan Korea Rail Pass Untuk Liburan Ke Korea Selatan

Punya keinginan bisa jalan-jalan dan liburan hemat di Korea Selatan? Hal itu sangat memungkinkan, lho! Bahkan untuk berpindah dari satu kota ke kota lain, kamu bisa mengerem pengeluaran khusus untuk biaya transportasi seminimal mungkin. Caranya dengan bepergian menggunakan kereta api dan memaksimalkan fasilitas Korea Rail Pass untuk wisatawan.

Image credit: Korea Expose

Korea Rail Pass, atau yang familiar disebut KORAIL Pass, adalah tiket terusan kereta api khusus untuk wisatawan asing yang berkunjung ke Korea. Dengan memiliki KORAIL Pass ini, wisatawan bisa menaiki semua rute kereta yang dioperasikan oleh KORAIL dalam periode tertentu, sesuai dengan masa berlaku tiket. Bagi yang mengadopsi semangat liburan hemat maupun budget, Korea Rail Pass menjadi opsi paling tepat dan ekonomis untuk menjelajah semua provinsi di Korea.

Cara kerja Korea Rail Pass ini kurang lebih sama dengan JR Pass di Jepang dan Eurail Pass di Eropa. Cara mendapatkannya pun cukup mudah, pun demikian dengan cara menggunakannya. Namun bagi kamu yang belum terbiasa menjalani proses pembelian tiket terusan dan melakukan pemesanan tempat duduk, tahapan di bawah ini bisa membantu kamu untuk menjalani semua proses dengan mudah.

Tipe Dan Harga Korea Rail Pass (KORAIL Pass)

Sebelum masuk ke tahapan pembelian dan pemesanan tempat duduk, akan lebih baik mengetahui tipe dan harga KORAIL Pass ini.

KORAIL Pass memiliki dua tipe tiket terusan, yaitu Consecutive Pass dan Flexible Pass. Perbedaan dari dua tipe tiket terusan ini adalah Connsecutive Pass bisa digunakan sebagai tiket terusan untuk tiga atau lima hari secara beruntun, sementara Flexible Pass mengsyaratkan tiket terusan bisa digunakan untuk dua atau empat hari yang dipilih.

Sementara untuk harganya bisa dilihat dalam daftar di bawah ini.

Image credit: Visit Korea

Dari daftar tiket tersebut, ada sejumlah catatan yang harus diperhatikan:

  • Anak-anak di bawah usia 4 tahun tidak dibebankan biaya dengan catatan didampingi oleh satu wali yang membayar ongkos dewasa reguler
  • Anak-anak usia 4 hingga 12 tahun dikenakan biaya 50% dari tarif ongkos dewasa reguler
  • Saver pass: Untuk kelompok dua hingga lima orang dengan jadwal perjalanan yang sama
  • Youth pass: Untuk usia antara 13 dan 25 tahun, atau siswa yang memegang kartu ISIC (International Student Identity Card, yaitu kartu identitas status pelajar atau mahasiswa yang sudah mendapat pengakuan di level internasional. Dengan memiliki kartu ISIC, kamu akan mendapatkan kemudahan mengenai kebutuhan pendidikan, hiburan hingga travelling khas anak-anak muda.)
Image credit: Taste of Coex

KORAIL Pass bisa digunakan untuk menumpang ke semua kereta yang dioperasikan oleh KORAIL, antara lain untuk kereta reguler (TX, KTX-Sancheon, ITX-Saemaeul, ITX-Cheongchun, Saemaeul, Mugunghwa, Nuriro) dan kereta wisata (Central Inland Circle Train (O-Train), Baekdudaegan Valley Train (V-train), Jeongseon Arirang Train (A-Train), South Coast Train (S-Train), West Gold Train, Peace Train (DMZ-Train)). Namun, KORAIL Pass tidak berlaku untuk SRT, metro dan kereta wisata sementara.

Cara Mendapatkan KORAIL Pass

Untuk bisa mendapatkan Korea Rail Pass, atau KORAIL Pass, kamu bisa melakukan pembelian melalui situs resmi KORAIL, yang bisa kamu klik di sini.

Kamu tinggal masuk ke Halaman Reservasi dan masukkan semua informasi yang dibutuhkan, mulai dari tipe tiket terusan yang dipesan, tipe penumpang, tanggal perjalanan dan data diri seperti nama penumpang, nomor paspor, email dan juga password, yang nantinya akan digunakan untuk mengakses kode pemesanan kamu.

Setelah mengisi semuanya, kamu tinggal melakukan pembayaran melakukan kartu kredit. Setelah tiket terusan tersedia, kamu bisa mencetaknya dan masuk ke tahap berikutnya.

Image credit: Salam Korea

Melakukan Reservasi/Pemesanan Tempat Duduk

Sebelum melakukan perjalanan menggunakan kereta yang masuk jaringan KORAIL, kamu harus melakukan pemesanan tempat duduk. Proses reservasi bisa dilakukan melalui website atau dengan datang langsung ke stasiun.

Pemegang KORAIL Pass bisa melakukan pemesanan sebelum tiba di Korea dengan melakukan pemesanan melalui laman ‘My Reservation‘ di website KORAIL. Pemesanan tempat duduk melalui website bisa dilakukan hingga 31 hari sebelum tanggal perjalanan.

Dalam laman ‘My Reservation‘ dari website KORAIL tersebut, kamu akan diminta mengisi sejumlah informasi, di antaranya email dan password atau nomor KORAIL Pass. Setelahnya, kamu bisa memilih tanggal, kereta, rute dan nomor tempat duduk. Setelah semua terisi dengan benar, kamu bisa mencetak tiket dan siap untuk pergi.

Cara lain dengan datang langsung ke stasiun dengan membawa hasil cetak KORAIL Pass. Informasikan ke petugas di bagian tiket mengenai tanggal perjalanan kamu, sekaligus menyerahkan paspor untuk didata. Petugas akan melayani dan memesankan tempat duduk, sekaligus meng-issued tiket kamu.

Melakukan Perjalanan Dan Penyerahan Tiket

Dalam tiket perjalanan kamu terdapat sejumlah detail penting yang harus dipahami, yaitu Nomor Kereta, Nomor Gerbong dan Nomor Tempat Duduk. Untuk bisa mendapatkan tempat duduk yang memang menjadi ‘bagianmu’, kamu bisa melihat layar LCD di stasiun kereta untuk mengetahui di mana harus berada. Pastikan juga kamu datang 15 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta dan duduk di tempat yang seharusnya! Tiket juga jangan sampai hilang hingga sampai tiba di stasiun yang dituju.

Perlu dicatat, kamu harus membawa dan menunjukkan KORAIL Pass, tiket kereta dan paspor saat pengecekan tiket oleh petugas di dalam kereta. Pastikan juga KORAIL Pass yang kamu miliki tercantum nama yang sama dengan pemilik paspor. Pengguna YOUTH Pass dengan pemegang ISIC juga harus bisa menunjukkan kartu ISIC. Apabila ada pelanggaran aturan penggunaan KORAIL Pass yang tidak sah, denda yang dibebankan cukup berat, yaitu tarif reguler ditambah 10 kali dari nilai tiket yang dikenakan denda. Waduh!

Baca juga: Itinerary Liburan ke Korea Selatan Hemat Bersama Keluarga 5H4M

Nah, pada dasarnya proses pembelian dan penggunaan Korea Rail Pass cukup mudah, kan? Kamu tinggal membeli KORAIL Pass, beli tiket kereta dengan menggunakan tiket terusan tersebut, kemudian naik ke kereta! Tertarik memiliki KORAIL Pass sebelum jalan-jalan hemat ke Korea?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru