14 Menu Sarapan Pagi Di Bandung Untuk Memulai Petualangan Kuliner Kamu

Bandung punya destinasi wisata kuliner yang lengkap. Mulai dari matahari terbit hingga hari gelap, kamu bisa menemukan aneka tempat makan dengan sajian yang variatif. Misalnya untuk menu sarapan di Bandung, kamu dapat membuka hari dengan macam-macam hidangan lokal yang nikmat dan menarik.

TripZilla Indonesia merekomendasikan berbagai lokasi populer dengan menu sarapan di Bandung yang menarik untuk dinikmati di pagi hari. Cek di bawah ini, ya!

1. Tidak ada kata diet untuk sarapan di Lotek Mahmud Bandung

sarapan di bandung
Image credit: @foodgallerybdg

Kalau berada di Bandung, jangan ragu untuk menyiapkan perut agar bisa makan sarapan pagi dalam porsi besar. Lotek Mahmud adalah tempat yang dapat kamu kunjungi dengan menu unggulannya yaitu lotek.

Mirip seperti gado-gado, bedanya saus kacang dalam lotek dicampur kencur dan kamu juga akan menemukan sayur bayam, kacang panjang dan kapri. Harum dan menyehatkan! Selain lotek, kamu pun bisa menikmati rujak, nasi lengko dan nasi bakmoy di sini.

Lokasi: Jl. Mahmud IV No.9, Pamoyanan, Kec. Cicendo, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

2. Ramai-ramai menyerbu Bubur Ayam Serbu Rame

Image credit: @cutlakeisha

Mungkin sesuai dengan namanya, kamu pun wajib menyerbu kedai bubur ayam ini bersama sahabatmu saat berlibur di Bandung. Selain harganya yang terjangkau, isi dalam buburnya juga banyak sehingga membuat kenyang dan puas.

Ingin menambah isian dengan jamur, ati ampela, kulit atau pangsit? Boleh-boleh saja. Kkamu akan mendapatkan rasa serta tekstur yang semakin meriah di mulut. Alhasil, walaupun hanya semangkuk bubur namun tidak akan membuatmu cepat lapar apalagi kalau kamu kalap saat memesan!

Lokasi: Jl. Cisitu Lama, Dago, Kecamatan Coblong, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 06.30 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 1,000 IDR

3. Mencoba menu sarapan pagi sejuta umat di Nasi Kuning Sumur Bandung

sarapan di bandung
Image credit: @bubueataway

Nasi kuning dengan rasanya yang gurih mampu membuat siapa pun luluh dan ingin menyantapnya. Demikian juga dengan Nasi Kuning Sumur Bandung yang sangat populer. Untuk menu sarapan, konon tersedia pilihan hingga 10 jenis lauk lho! Jadi walau hanya dijajakan di gerobak, ternyata nasi kuning ini menyediakan lauk yang lengkap. Wah siapa yang tahan untuk tidak mencicipinya?

Lokasi: Jl. Sumur Bandung, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Bandung
Jam Buka: Senin – Sabtu, 05.00 WIB – 10.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

4. Semangkuk mie yang gurih dan bikin ketagihan di Mie Naripan

Mie Naripan akan memanjakan lidahmu dengan tekstur kenyal yang pas serta rasa gurih dan manis di sepanjang kunyahan. Ditambah topping yang melimpah, seporsi mie akan membuatmu tersenyum gembira.

sarapan di bandung
Image credit: @keluarmakan

Kamu dapat memilih ingin mencoba yamien manis, yamien asin, mie kuah atau bihun dengan pilihan cara penyajian. Tidak cuma itu, Mie Naripan juga menyediakan bakso goreng hingga suikiaw yang enak. Versi bekunya juga ada untuk dibawa pulang. Praktis!

Lokasi: Jl. Sumber Sari No. 34, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 07.30 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

5. Sederhana namun legendaris, itulah Kupat Tahu Gempol

Image credit: @miss_kuliner

Sesuai namanya, tempat makan ini telah berdiri di Jalan Gempol sejak tahun 1965. Pemiliknya mempertahankan citarasa jaman dulu agar tetap sama hingga kini. Jika kamu ingin bernostalgia atau justru baru pertama kali mencoba, maka seporsi kupat tahu ini wajib dicoba. Kombinasi lontong, tauge dan tahu dengan siraman saus dan taburan kerupuk ini memang sederhana. Tapi justru itu yang membuat rasanya ngangenin. Coba saja sendiri!

Lokasi: Jl. Gempol Kulon No.53, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 12.00 WIB
Harga: Mulai dari 18,000 IDR

6. Sarapan pagi dengan menu lengkap penuh gizi di Banceuy Nasi Lemak Bandung

Image credit: @madame.tjung

Identik sebagai hidangan khas dari Malaysia, Banceuy Nasi Lemak menawarkan sepiring nasi lemak dengan aneka lauk yang berprotein sebagai sumber tenaga di pagi hari. Kalau kamu tidak mau bingung memilih, ada set menu semisal set sultan atau set dori sambal rujak. Kalau mau nasimu makin semarak, tambahkan saja dengan lauk pendamping seperti paha pentung goreng berempah atau telur ceplok ¾ matang. Rasanya mantap!

Lokasi: Jl. Banceuy No.117, Braga, Kec. Sumur Bandung, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 07.30 WIB – 20.30 WIB
Harga: Mulai dari 7,000 IDR

7. Bakso tahu yang tidak ada matinya di Batagor Haji Yunus

Image credit: @amanglapar

Batagor alias bakso tahu goreng, apa istimewanya? Jangan dulu meremehkan Batagor Haji Yunus yang sukses berdiri sejak tahun 70an. Rasa pedas bisa tercecap dari bumbu kacangnya dan potongan bakso tahu yang besar akan menggugah seleramu. Kalau ingin makan yang segar-segar, ada menu bakso kuah yang bisa dipesan. Beragam variasi tersedia semisal mie baso urat batagor yamin atau batagor baso urat pedas yang sedap.

Lokasi: Jl. Raya Kopo No.68, RT.10/RW.01, Babakan Asih, Kec. Bojongloa Kaler, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

8. Menghilangkan hawa dingin pagi hari dengan Bubur Ayam Bejo

sarapan di bandung
Image credit: @bandungbersua

Bubur ayam adalah menu yang tidak pernah salah untuk sarapan. Apalagi jika berada di Bandung, pasti nyaman mengisi perut dengan semangkuk bubur yang hangat. Bubur Ayam Bejo yang sudah berdiri sejak tahun 1978 juga menyediakan banyak isian untuk ditambahkan ke dalam buburmu. Ada ati ampela, telur, cakwe dan tentunya suwiran ayam. Tidak hanya bubur, kamu pun bisa memesan menu lain yang tidak kalah hangatnya seperti bakso urat plus tahu dan mie ayam yamin. Mari mengunyah!

Lokasi: Jl. Baranang Siang No.41, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

9. Berpesta karbohidrat yang nikmat di Bakmi Apin

Image credit: @hangryhangryclub

Tempat makan bakmi yang enak memang mudah ditemui di Bandung, salah satunya adalah Bakmi Apin. Mie yamien asin, hot mie atau yahun yang berbahan bihun akan jadi menu yang membuatmu tidak sabar untuk segera sarapan. Tambahkan isian seperti bakso, ceker atau pangsit ke dalamnya untuk rasa yang lebih komplit. Selain itu, Bakmi Apin pun menjual menu nasi semisal nasi goreng cengek hejo, nasi cikur ayam dan nasi tim. Jadi kalau kamu sedang datang bersama orang-orang terdekatmu, lebih baik memesan aneka menu agar puas mencoba semuanya!

Lokasi: Jl. Sukajadi No.158, Pasteur, Kec. Sukajadi, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 9,000 IDR

10. Menyeruput kuah yang sedap ala Soto Sedaap Boyolali

Image credit: @infobandungkuliner

Kalau kamu biasanya tidak ingin makan nasi ketika sarapan, hati-hati karena jika berkunjung ke Soto Sedaap Boyolali, seporsi nasi akan habis tanpa terasa. Perpaduan nasi yang dicelupkan ke dalam kuah berbumbu akan membuatmu tidak berhenti menyuap.

Image credit: @infobandungkuliner

Soto ayam dan soto sapi menjadi dua menu unggulan yang ditawarkan. Selain itu ada pula soto bungkus dan tengkleng. Lengkapi pesananmu dengan aneka sate seperti sate paru, sate cingur, sate otak atau sosis solo yang lembut dan manis di lidah.

Lokasi: Jl. Trunojoyo No.25, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

11. Roti tebal dengan aroma smoky nan menggoda di Roti Gempol

Image credit: @ulasanasal

Roti Gempol menyajikan menu roti bakar yang banyak diburu penikmat sarapan. Potongan rotinya yang tebal akan terasa semakin empuk dan kenyal setelah selesai dibakar. Kamu pun akan menemukan aroma smoky yang membuat rotimu terasa makin enak.

sarapan di bandung
Image credit: @bubueataway

Selain roti putih, kamu dapat memesan roti gandum juga sebagai bahan dasar roti bakarmu. Ada pilihan topping manis yang bisa dicampur maksimal tiga macam yaitu cokelat, susu, kacang, strawberry, nanas dan sarikaya. Selain itu ada pula topping asin yaitu daging, telur dan keju. Pesan lebih dari seporsi ya, siapa tahu kamu ingin nambah setelah mencicipi satu rasa!

Lokasi: Jl. Gempol Wetan No.14, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 19.00 WIB
Harga: Mulai dari 6,000 IDR

12. Nuansa rumahan yang nyaman di Warung Kopi Imah Babaturan

sarapan di bandung
Image credit: @crazyeatinglady

Tidak hanya suasana rumahan yang ditawarkan Warung Kopi Imah Babaturan. Rasa makanannya pun nyaman di perutmu, senyaman suasananya. Resep yang digunakan pun resep otentik dari sang pemilik dan terbukti sudah banyak penggemarnya.

Image credit: @kyirfano

Nasi goreng ayam kampung dan nasi cumi cabe ijo asyik disantap untuk membuka hari. Ada pula menu yang lebih ringan seperti ketan kelapa, roti oma atau peuyeum goreng. Menunya semua enak dan harganya juga ramah di kantong.

Lokasi: Jl. Kebon Bibit No.3, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

13. Menyantap menu non halal yang ada di Mie Rica Kejaksaan

Image credit: Mie Rica Kejaksaan Official

Siapa yang belum pernah mendengar nama Mie Rica Kejaksaan? Tempat makan ini kondang ini sering dipenuhi pengunjung sejak pagi hari. Apalagi yang dicari kalau bukan semangkuk mie yang punya berbagai isian, bahkan ada yang non halal juga lho!

Image credit: Mie Rica Kejaksaan Official

Mie babi panggang merah dan mie rica babi adalah salah satu menu non halal yang banyak disuka. Isian lain juga tersedia seperti baso ikan, baso sapi dan babat. Bakso udang goreng juga jadi menu unggulan lain yang bakal memikat lidahmu. Renyahnya tekstur dengan gurih rasa udang yang kental dapat membuat beberapa bakso sekaligus habis tanpa terasa.

Lokasi: Jl. Kejaksaan No.7, Braga, Kec. Sumur Bandung, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 8,000 IDR

14. Segarnya pagi hari akan makin segar dengan Yoghurt Cisangkuy

sarapan di bandung
Image credit: Yoghurt Cisangkuy Bandung

Yoghurt Cisangkuy adalah salah satu tempat makan yoghurt yang populer sejak dulu. Ingin sarapan pagi dengan yoghurt yang manis asam? Coba sambangi tempat ini dan kamu juga bisa memesan makanan sebagai pendamping yoghurt pilihanmu.

sarapan di bandung
Image credit: Yoghurt Cisangkuy Bandung

Keunikan yoghurt di sini adalah bertekstur lebih kental dan menggunakan selai buatan sendiri. Yoghurt strawberry, lychee dan blackberry hanyalah sebagian kecil dari varian yang ada. Ingin sedikit mengunyah, maka menu kentang sosis pas untukmu. Kalau kelaparan, seporsi ketoprak dapat menjadi pengisi perut yang pas.

Lokasi: Jl. Cisangkuy No.66, Citarum, Bandung Wetan, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 7,000 IDR

Baca juga: 21 Pilihan Cafe Instagrammable Untuk Mengisi Liburanmu di Bandung

Sudah terbayang nikmatnya membuka hari dengan menu sarapan di Bandung yang menggiurkan ini di pagi hari? Jadi jangan lewatkan waktu sarapan saat berlibur di Kota Kembang, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru