Mudik Lebaran 2021 Dilarang Secara Resmi Oleh Pemerintah

Mudik lebaran 2021 akhirnya resmi dilarang oleh pemerintah, dengan mempertimbangkan risiko penyebaran dan penularan Covid-19 di tengah pandemi yang masih belum terkendali.

Kebijakan pemerintah tersebut diumumkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendi di Jakarta, Jumat (26/3). Diungkapkannya, kebijakan tersebut berlaku untuk seluruh masyarakat.

“Tahun 2021, mudik ditiadakan berlaku untuk ASN, TNI-Polri, karyawan BUMN, karyawan swasta, pekerja mandiri, dan seluruh masyarakat,” kata Muhadjir Effendy dalam jumpa pers virtual.

“Sehingga upaya vaksinasi yang sedang dilakukan bisa menghasilkan kondisi kesehatan yang semaksimal mungkin sesuai yang diharapkan. Cuti bersama Idul Fitri 1 hari tetap ada namun tidak boleh ada aktivitas mudik,” lanjut Muhadjir.

Larangan mudik akan dimulai pada 6-17 Mei 2021. Sebelum dan sesudah tanggal tersebut, masyarakat diimbau untuk tidak melakukan pergerakan atau kegiatan-kegiatan yang ke luar daerah kecuali benar-benar dalam keadaan mendesak dan darurat.

Ditambahkan Muhadjir Effendi, seluruh kementerian dan lembaga akan melakukan komunikasi publik yang baik tentang peniadaan mudik ini. Selain itu, nantinya akan ada aturan-aturan terkait peniadaan mudik ini.

“Mekanisme pergerakan orang dan barang akan diatur kementerian dan lembaga terkait. Untuk kegjatan keagaman dalam rangka menyambut Ramadan akan diatur Kemenag, dan berkonsultasi dengan organisasi keagamanan,” kata Muhadjir.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo juga mengingatkan kepada jajaran kepala daerah terkait masih tingginya risiko penularan Covid-19 di Indonesia, meskipun terlihat adanya penurunan angka harian positif. Jokowi juga meminta semua pihak untuk tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin tinggi.

Baca juga: Cuti Bersama 2021 Dipangkas Lima Hari, Atur Ulang Cuti Kamu, Guys!

Nah, tidak ada salahnya mulai menyusun sejumlah rencana mulai sekarang untuk merancang kegiatan selain mudik saat lebaran 2021 mendatang, karena aktivitas ini sudah dilarang oleh pemerintah. Punya rencana lain?


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru