Program Mudik Motor Gratis Diselenggarakan Lagi

Lebaran 2019 bakal segera tiba, sejumlah program mudik pun mulai digagas berbagai pihak. Salah satu program yang bisa kamu ikuti adalah program mudik motor gratis.

Program yang digagas oleh Kementerian Perhubungan sejak 2014 tersebut memfasilitasi pemudik untuk bisa pulang ke kampung halamannya dengan membawa motor, tanpa harus mengendarai kendaraannya. Dikutip dari Antaranews, pemerintah berharap dengan adanya program mudik motor gratis ini, masyarakat yang berencana mudik dengan menggunakan motor bisa memaksimalkan program ini dengan harapan bisa menekan angka kecelakaan di jalan raya dan mengurangi angka kematian.

Di tahun keenam program mudik motor gratis, Kemenhub kembali menggandeng PT KAI untuk memberikan angkutan motor dengan menggunakan moda kereta api. Untuk tahun ini, Kemenhub siap mengangkut hingga 18,096 sepeda motor secara gratis.

Perlu dicatat, program mudik motor gratis ini hanya berlaku untuk motor, sementara pengendara alias penumpangnya tetap dibebani harga tiket, yang harganya sesuai dengan kota tujuan.

Untuk bisa ambil bagian dalam program ini, calon peserta bisa melakukan pendaftaran secara online melalui website Departemen Perhubungan, atau mendaftar langsung di stasiun-stasiun yang telah ditunjuk, seperti Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Kemayoran, Stasiun Cikarang dan Stasiun Kiara Condong dengan Stasiun Depok Baru dan Stasiun Tangerang menyusul. Pendaftaran sendiri sudah berlangsung sejak Selasa, 12 Maret hingga 25 Mei 2019.

Selain melakukan pendaftaran secara online, peserta juga harus membawa KTP dan SIM yang berlaku, serta Kartu Keluarga. Ada pun besaran motor yang bisa diangkut adalah yang memiliki kapasitas mesin tidak melebihi 150cc.

Image credit: Joss

Peserta mudik motor gratis yang mendaftar di awal, pada 25 Maret hingga 13 Mei 2019, akan mendapatkan keistimewaan dalam bentuk fasilitas pembelian tiket KA Ekonomi Komersial dan PSO sebanyak maksimal tiket, dengan catatan selama kuota tiket yang dialokasikan masih tersedia.

Ada pun untuk waktu pengantaran dan pengangkutan motor akan dimulai pada 27 Mei hingga 2 Juni 2019, dan dilanjutkan pada 8 Juni hingga 13 Juni 2019. Per harinya, motor yang diangkut dengan menggunakan kereta api diperkirakan mencapai 1,392 motor.

Baca juga: Tiket Kereta Api Lebaran Mulai Dijual 25 Februari 2019

Nah, siapa di antara kamu yang tertarik ikutan program mudik motor gratis ini?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru