Musim Dingin Di Nagano & Niigata: Resort Ski, Nikmati Hidangan Hotpot Di Igloo & Delapan Aktivitas Seru Lainnya

Artikel ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini. Read here for the English version.

Sebagai seseorang yang datang dari Asia Tenggara yang beriklim tropis, saya tahu kesempatan mengunjungi negara dengan empat musim pastinya tidak boleh dilewatkan. Bukannya tidak bersyukur karena mendapatkan guyuran sinar matahari yang menyehatkan nyaris di sepanjang tahun, tapi kami memang tidak pernah melihat perubahan warna di musim dingin atau saat musim gugur. Dan di Asia, hanya ada beberapa destinasi yang dianugerahi kecantikan luar biasa saat musim dingin, semi, panas dan gugur. Semua itu bisa dilihat di Jepang.

Negeri Matahari Terbit ini menarik wisatawan dari segala penjuru dunia dengan beragam macam fitur berbeda sehingga menjadikannya sebuah destinasi dengan atraksi yang terhubung satu sama lain; mulai dari gaya hidup yang sangat modern atau yang sangat tradisional, kehidupan super sibuk di kota dan santai di pedesaan hingga mekarnya bunga sakura di musim semi dan selimut salju di musim dingin. Kami pernah membawa kamu ke kota paling populer di Jepang dan menunjukkan spot terbaik menikmati mekarnya bunga sakura. Kali ini, kami akan berbagi hal lain: Kemana kami harus pergi untuk mendapatkan pengalaman musim dingin terbaik di Jepang? Kemana lagi jika tidak ke Nagano dan Niigata, ibukotanya salju di Jepang.

Berkeliling Nagano dan Niigata bisa sangat mudah, lho! Dengan JR EAST PASS (wilayah Nagano, Niigata), kamu tidak perlu khawatir lagi soal transportasi saat liburan musim dingin di wilayah ini!

Dapatkan JR EAST PASS kamu hari ini dan kamu bisa berhemat menggunakan banyak kereta di semua jalur JR East. Selain itu, kamu bisa menikmati kebebasan memilih lima hari transit dalam periode dua minggu liburan kamu.

DAPATKAN INFORMASI LEBIH LANJUT MENGENAI JR EAST PASS (WILAYAH NAGANO, NIIGATA) DI SINI

 

Nagano & Niigata – tanah impian musim dingin yang layak dikunjungi

Niigata | Image credit: shinji_w

Sebagai daerah Shin’etsu, Nagano dan Niigata dikenal karena memiliki salju yang tinggi dan pemandangan pegunungan yang menakjubkan – yang menjadikan mereka sebagai negeri impian musim dingin yang paling luar biasa. Coba bayangkan, nuansa keren Pegunungan Alpen ala Jepang yang dipenuhi salju halus.

Yang menarik adalah betapa mudahnya mengakses area-area ini dari Tokyo. Berbekal JR EAST PASS (Nagano, area Niigata), kamu bisa berpindah dari satu spot keren ke tempat cantik lainnya tanpa harus menghabiskan banyak waktu. Jadi, catat semuanya, ya!

Kami membuatkan semacam contekan keren untuk liburan musim dingin Jepang yang kamu tidak akan lupakan. Di bawah ini adalah sepuluh aktivitas yang wajib kamu lakukan dalam itinerary perjalanan ke Jepang, jika ingin memaksimalkan musim dingin di Nagano dan Niigata.

1. Berseluncur di lereng pegunungan yang tertutup salju

Semua orang tahu, di mana ada salju, orang harus bermain ski! Bercanda kok! Saya yang membuat  ungkapan itu, namun sepertinya kamu harus setuju pendapat ini masuk akal. Jika memang berseluncur dengan papan ski masuk dalam rencana liburan kamu di Jepang, Nagano dan Niigata adalah tempat yang tepat untuk itu. Kedua wilayah ini menempati peringkat satu dan dua karena memiliki resor ski paling banyak di setiap prefektur di Jepang, sehingga kamu pasti dimanja dengan banyaknya pilihan!

Gala Yuzawa untuk akses yang mudah dan kenyamanan

Image credit: Roodee

Sebuah pilihan yang sempurna untuk keluarga dan mereka yang bepergian dengan anak-anak adalah resor ski Gala Yuzawa. Apa yang membuatnya menjadi pilihan terbaik untuk para wisatawan dengan anak-anak? Yang pertama adalah lokasinya, yang dekat dengan Tokyo, lho! Dari pusat kota, kamu hanya butuh 75 menit untuk ke Gala Yuzawa dengan kereta peluru – sesuatu yang dapat kamu lakukan dengan mudah dengan JR EAST PASS. Selain itu, kereta peluru terhubung langsung ke stasiun shinkansen milik Gala Yuzawa, sehingga kamu bisa turun dari kereta dan langsung meluncur menuruni lereng gunung dalam waktu singkat!

Alasan kedua mengapa Gala Yuzawa pas buat liburan keluarga, adalah karena mereka melayani semua tingkat olahraga musim dingin, dari pemula hingga ahli. Resor ski ini menjadi rumah bagi hampir 20 lapangan olahraga salju dengan berbagai tingkat kesulitan. Bahkan anak-anak memiliki areanya sendiri, di mana mereka bisa leluasa berlatih di atas salju, dengan pengawasan tentunya.

Yang belum pernah bermain ski juga bisa memilih untuk pelajaran awal dengan pengajar yang bisa berbahasa Inggris, Cina, dan Thailand. Plus, kamu tidak perlu membawa peralatan ke resor ski ini karena semuanya bisa disewa di sini! Nah, pemegang JR EAST PASS bisa mendapatkan diskon khusus di Gala Yuzawa, lho! Menguntungkan, ya!

Tidak tertarik bermain ski, tidak masalah! Kamu bisa naik seluncuran atau mengendarai mobil salju. Tapi, jangan lupa memakai alat keamanan, ya. Safety first!

Cara menuju ke sana: Terhubung langsung ke Stasiun JR Gala Yuzawa (dilayani oleh Joetsu Shinkansen)

Lembah Hakuba untuk salju terbaik

Image credit: Ski Mania

Hakuba Valley bisa jadi pilihan tepat buat kamu yang ingin berseluncur di tengah pemandangan keren. Wah, coba lihat saja pemandangan yang menakjubkan ini. Selain itu, resor ski ini juga menjadi yang terbesar di negara ini dan terkenal dengan saljunya yang halus. Tidak percaya? Kamu harus datang sendiri ke sini untuk membuktikannya.

Image credit: alpsdake

Kamu juga wajib bangun pagi untuk bisa melihat morgenrot (bahasa Jerman yang berarti pagi yang merah, yang menggambarkan warna merah di langit sekitar setengah jam sebelum matahari terbit). Bayangkan, puncak gunung yang tertutup salju, terlihat bersinar merah! Musim dingin adalah waktu terbaik melihat fenomena alam ini, pengalaman yang luar biasa, bahkan untuk warga lokal sekalipun, termasuk masinis kereta lokal yang mengambil shift pagi pertama di Jalur Oito, jalur kereta api yang melintas sejajar dengan pegunungan.

Ada sekitar sepuluh resor ski untuk dipilih di Lembah Hakuba. Bahkan, kamu bisa mengunjungi semua resor jika mau!

Setelah berseluncur dan snowboarding sepanjang hari,  kamu bisa menikmati kehidupan malam Lembah Hakuba. Ada banyak pub dan restoran untuk dikunjungi. Lagipula, sedikit minum minuman beralkohol terdengar bisa menghangatkan diri setelah seharian berkutat dengan salju dan es.

Cara ke sana: Shuttle bus dari Stasiun JR Hakuba (dilayani oleh JR Oito Line)

Karuizawa untuk yang datang lebih awal

Image credit: Ski Mania

Waktu terbaik untuk olahraga musim dingin di Nagano dan Niigata adalah pada Februari, ketika gunungnya sudah diselimuti dengan salju yang cukup tebal. Karena itulah sebagian besar resor ski mulai buka pada bulan Desember, mengingat musim dingin di Nagano dan Niigata biasanya dimulai pada Desember hingga Maret.

Tetapi, yang ingin datang lebih awal pada bulan November juga bisa bersenang-senang, kok! Apabila waktu adalah faktor utama bagimu dan kamu sudah pesan penerbangan ke Jepang sebelum bulan-bulan puncak salju di Nagano, maka Karuizawa adalah spot terbaik buat kamu.

Resor ski ini menjadi salah satu resor yang dibuka paling awal di wilayah Nagano dan Niigata. Mereka sudah buka pada November 23. Uniknya, tempat itu menggunakan salju buatan ketika salju alami belum cukup menghasilkan kondisi yang sempurna untuk bermain ski dan snowboarding. Dengan cara ini, kamu tetap bisa bermain ski dan aktivitas musim dingin lainnya sekaligus menikmati pemandangan indah.

Cara ke sana: Naik taksi satu menit atau 10 menit berjalan kaki dari Stasiun JR Karuizawa (dilayani oleh Hokuriku Shinkansen)

2. Bersepeda “Fat Bike” dan mendaki di salju

Image credit: Shin’etsu (Nagano-Niigata) Shizenkyo Nature Park Official Website

Pernah naik sepeda gendut? Bingung membayangkannya? Sepeda gendut itu sebenarnya sepeda biasa, dengan roda yang lebih lebar dan lebih besar, yang dirancang untuk bisa dinaiki di salju. Semacam variasi monster truck yang untuk bersepeda. 

Kamu bisa merasakan udara musim dingin kala mengayuh sepeda melewati lanskap putih yang cantik yang diselingi oleh pemandangan pegunungan dan Sungai Chikuma. Kamu juga bisa mampir ke beberapa kuil tradisional dan reruntuhan Kastil Iiyama.

Image credit: plantbasedrhn

Apabila kamu lebih tertarik untuk jalan-jalan saja di sekitar area tersebut, kamu bisa coba ikuti pendakian mengenakan sepatu salju dengan pemandu. Kamu akan menjelajahi Shin’etsu (Nagano-Niigata) Taman Alam Shizenkyo dengan berjalan kaki, jadi jangan lupa untuk berhenti dan menikmati pemandangan keren di sana. Sungguh menakjubkan menyaksikan bagaimana lingkungan berubah.

Di akhir perjalanan, kamu bisa bersantai dan minum minuman hangat yang disediakan pemandu wisata. Singkatkan sekitar setengah hari untuk bersepeda “Fat Bike” dan pendakian mengenakan sepatu salju, dan bisa dikatakan kamu akan mendapatkan pengalaman yang sangat mengesankan.

Cara ke sana: Stasiun JR Iiyama (dilayani oleh Hokuriku Shinkansen dan Iiyama Line)

3. Menikmati hotpot hangat di igloo

Image credit: Shinshu-IIyama Tourism Bureau Official Website

Saya selalu tertarik dengan iglo. Memiliki pengalaman berada di igloo sudah menjadi impian saya. Nah, kamu bisa mendapatkan pengalaman ini di Desa Kamakura di Iiyama. Pergi ke sini seharusnya tidak menjadi masalah jika Anda memiliki JR EAST PASS, bahkan jika itu terletak di bagian utara Nagano.

Desa Kamakura terang di malam hari | Image credit: Shinshu-IIyama Tourism Bureau Official Website

Kamakura sendiri berarti “pondok salju” dalam bahasa Jepang, dan kamu akan tahu mengapa desa restaurant ini dinamai demikian. Banyak sekali iglo kecil atau kamakura berdiri di desa ini. Dengan latar belakang Pegunungan Alpen ala Jepang yang mengesankan, berada di sini merupakan pengalaman baru yang tidak akan terlupakan. Kamu juga bisa makan di dalam kamakura-mu sendiri, lho!

Image credit: Shinshu-IIyama Tourism Bureau Official Website

Menunya simple, yaitu satu hidangan khusus, Noroshi Nabe, hotpot yang terdiri dari daging babi Miyuki (kuliner khas Iiyami), jamur lokal, sayuran buatan sendiri, dan bola-bola nasi yang dibuat di desa ini. Bagi penggemar sejarah, tahukah kamu bahwa nama hidangan hotpot ini berasal dari Zaman Sengoku, dan ketika memakan ini kamu akan merasa seperti kamu balik ke waktu lampau, lho!

Kamu harus segera memesan tempat jika ingin merasakan pengalaman unik ini. Desa Kamakura juga hanya dibuka untuk waktu yang terbatas, dari 24 Januari 2020 hingga 1 Maret 2020! Segera pesan, ya, dan dapatkan pengalaman berada di igloo kamu sendiri di Jepang!

Cara ke sana: naik taksi 15 menit dari Stasiun JR Iiyama (dilayani oleh Hokuriku Shinkansen dan jalur JR Iiyama)

4. Menikmati keseruan festival musim dingin

Ketika ada musim yang menarik untuk setiap kegiatan, pastinya penduduk setempat akan menemukan cara untuk merayakannya. Saat musim dingin di Nagano dan Niigata, festival-festivalnya terjadi di sepanjang waktu. 

Festival Salju Tokamachi

14–16 Februari 2020

Image credit: Rebirth10

Festival Salju Tokamachi merayakan musim dingin dengan memamerkan patung salju dan es seukuran aslinya. Tokamachi adalah kota di Niigata yang sering mengalami hujan salju yang tidak terkendali. Alih-alih tertindas, warga lokal malah membuat Festival Salju Tokamachi, yang pertama diadakan pada tahun 50-an dalam upaya untuk menunjukkan bagaimana penduduk setempat secara kreatif bisa mengatasi hujan salju lebat di kota dan daerah sekitarnya.

Image credit: Tokamachi Snow Festival Official Website

Karya-karya seni menakjubkan dan kompleks sering diciptakan oleh kelompok yang terdiri dari sepuluh orang atau lebih, sehingga festival ini juga kerap disebut membawa semangat persahabatan dan kerja sama dalam kesulitan. Selain tampilan instalasi salju dan es, Festival Salju Tokamachi juga menampilkan pertunjukan cahaya dan banyak lagi atraksi lainnya. Di malam hari, karya seni dari es ini disinari, yang menjadikan pemandangannya jauh lebih ajaib untuk dilihat. Festival Salju Tokamachi digelar pada 14 hingga 16 Februari 2020.

Cara menuju ke sana: 10 menit berjalan kaki dari Stasiun Tokamachi (dilayani oleh JR Iiyama Line dan Hokuhoku Line)

Festival Lentera Nagano

06–11 Februari 2020

Image credit: 長野灯明まつり Official Facebook Page

Kamu tahu Nagano pernah menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin (pada tahun 1998), kan? Hal ini menegaskan reputasi daerah tersebut sebagai salah satu tempat olahraga musim dingin terbaik di dunia. Festival Lentera Nagano tahunan  pun dilangsungkan untuk memperingati Olimpiade Musim Dingin 1998 di Jepang.

Image credit: 長野灯明まつり Official Facebook Page (L); (R)

Selama festival ini berlangsung, Kuil Zenkoji akan dihiasi dengan lima warna khas Olimpiade, sedangkan jalannya dipasangi lentera untuk memandu jalan pengunjung ke tempat ibadah.

Cara ke sana: Berjalan kaki dari Stasiun JR Nagano (dilayani oleh Hokuriku Shinkansen)

Festival Salju Tsunan

13–14 Maret 2020

Image credit: Visit Japan From India Official Facebook Page

Salah satu festival terbesar dan paling ditunggu-tunggu adalah Festival Salju Tsunan, juga merupakan salah satu cara penduduk setempat melihat melihat garis perak dalam kondisi cuaca yang buruk. Daerah di Niigata ini juga dikenal sebagai hotspot untuk hujan salju lebat, jadi setiap tahun, warga lokal membantu mengangkat arwah dengan bersatu dan mencerahkan langit malam dengan ribuan lentera. Orang-orang juga meyakini melepaskan lentera ini ke udara sebagai cara mengirimkan keinginan dan pikiran ke surga. Sebuah gagasan yang sangat menyentuh dan menghangatkan hati semua peserta dan penonton.

Selain melepas lentera, acara besar lainnya adalah Snow Wave, kompetisi snowboarding untuk para profesional. Kamu juga bisa menonton atau mendengarkan pertunjukan musik live di setiap acara. Festival ini hanya diadakan selama dua hari, mulai 13 hingga 14 Maret pada 2020, jadi pasti akan ada banyak orang. Bagi yang ingin mendokumentasi acaranya, perlu diperhatikan, bawah menerbangkan drone itu dilarang keras!

Cara ke sana: Shuttle bus atau taksi dari Stasiun JR Tsunan (dilayani oleh JR Iiyama Line)

5. Bertemu para primata di Snow Monkey Park

Image credit: Robert Montgomery

Kamu pastinya tahu yang ini. Apabila kamu belum pernah mendengar mengenai ini, sedikitnya kamu pasti pernah melihat foto monyet sedang berendam di onsen di sebuah majalah atau pertunjukan satwa liar? Nah kamu bisa melihatnya langsung di Taman Monyet Jigokudani di Nagano, tempat kera Jepang, atau monyet salju, berada.

Kamu bisa melihat mereka berjalan melalui taman atau hanya berendam di kolam buatan dengan air panas alami. Sebagian besar primata berbulu ini tidak terpengaruh oleh pengunjung manusia. Kamu juga tidak diizinkan memelihara atau memberi makan hewan-hewan ini, ya! Namun kamu bisa mengamati mereka sesuka hati, kok! Pas kamu di ini, coba temukan kera alpha atau hanya menonton mereka berinteraksi satu sama lain dan dapatkan kesempatan sekali seumur hidup ini untuk berada dalam jarak dekat dengan makhluk-makhluk ini.

Kamu juga bisa mengagumi kota-kota onsen yang menawan dalam perjalanan ke Taman Monyet Jigokudani, atau singgah dan mandi di suatu tempat di sepanjang jalan. Sepertinya asyik, ya?

Cara ke sana: Naik bus satu jam dari Stasiun JR Nagano, dilanjutkan dengan berjalan kaki 30 menit

6. Menyaksikan “Penyeberangan Tuhan” di Danau Suwa

Image credit: JNTO

Danau terbesar di prefektur Nagano, Danau Suwa memiliki reputasi memikat wisatawan dan penduduk lokal karena sisi mistiknya. Bukan hanya indah dan menjadi inspirasi bagi Itomori, desa tepi danau fiksi yang diledakkan oleh meteor dalam film animasi “Your Name”, atau “Kimi no Na wa”, tapi juga karena fenomena alam musim dingin yang disebut “Omiwatari“, yang membuat banyak orang berkunjung ke sini. Dalam bahasa Inggris, Omiwatari berarti “Penyeberangan Tuhan”.

Nama itu diberikan penduduk setempat setelah perairan danau membeku, membuat es mengembang dan meluas karena fluktuasi suhu antara siang dan malam. Retakan ini sering memotong air beku sehingga tampak seperti sesuatu yang sangat besar melintasi danau, dan alasan mengapa namanya Penyeberangan Tuhan . Sayangnya, fenomena Omiwatari semakin jarang terjadi sekarang, karena global warming.

Image credit: Suwako Kanko Kisen (L); (R)

Jika kamu tidak cukup beruntung melihat Omiwatari terjadi secara langsung, jangan khawatir, sebab ada banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan di sungai Suwa, seperti mencoba berjalan melintasi permukaannya yang licin, atau memancing ikan wakasagi!

Cara ke sana: Akses: 10 menit berjalan kaki dari Stasiun JR Kamisuwa (dilayani oleh Jalur Chuo)

7. Menikmati pemandangan yang indah dari Hakuba Mountain Harbor

Image credit: 白馬岩岳 Hakuba Iwatake Facebook Page

Dengan ketinggian 1.289 meter dari permukaan air laut, Hakuba Mountain Harbour pastinya menjadi tambahan yang fantastis untuk dikunjungi di Nagano. Tempat melihat pemandangan, yang dibangun pada 2018, menghadap ke pegunungan Hakuba yang menakjubkan. Hakuba Mountain Harbour juga dirancang untuk tidak mengganggu alam, jadi kamu mungkin akan merasa seolah-olah berada di puncak pegunungan Hakuba. Yang pasti, tempat ini menjadi spot ideal melihat pemandangan bersalju di kaki gunung.

Image credit: 白馬岩岳 Hakuba Iwatake Facebook Page

Selain menikmati pemandangan yang menakjubkan ini, kamu juga bisa mengunjungi toko roti yang ada di sana. Kami menyarankan mencoba salah satu ‘croissandwiches’ renyah mereka (sandwich croissant), menikmatinya dengan secangkir kopi panas atau cokelat panas. Untuk hidangan penutup, nikmati muffin apel, sajian paling laris di sini. Yum!

Cara menuju ke sana: 20 menit perjalanan bus dari Stasiun JR Hakuba (dilayani oleh JR Oito Line)

8. Berjalan-jalanlah menyusuri jalan setapak pohon cedar yang indah di Togakushi

Image credit: Togakushi

Di dalam hutan Jepang ini terdapat sebuah kompleks dengan tiga kuil, di mana kamu bisa mencari tahu mitos yang mengilhami tempat-tempat ibadah ini – seperti dimana dewi matahari bersembunyi dan meninggalkan seluruh dunia dalam kegelapan. Saya pribadi terkejut mendengar tentang legenda ini, karena cerita itu adalah salah satu cerita favorit saya.

Image credit: Togakushi

Setelah kamu sudah mengetahui kisah-kisah yang mengelilingi Togakushi, berjalan-jalan santai di sepanjang jalan ikonik yang dibatasi oleh pohon-pohon cedar. Pesona yang ditawarkan sangat luar biasa, dan menjadi jauh lebih istimewa ketika jalan ini ditutupi dengan selimut salju yang halus. Kamu bisa menjelajah wilayah ini dengan sepatu salju, apabila saljunya terlalu tebal untuk dijelajahi sendiri. 

Naik bus ke Togakushi memungkinkan Anda untuk memulai tamasya, bahkan sesaat setelah Anda turun dari Stasiun JR Nagano. Ini adalah sesuatu yang saya selalu nantikan, sebab dengan ini saya bisa melihat permata-permata area tersebut tanpa ada ketegangan fisik. Tips: Ambil waktu transit ini sebagai kesempatan untuk bersantai sebelum melanjutkan pendakian ke Togakushi!

Cara ke sana: 50 menit perjalanan bus dari Stasiun JR Nagano (dilayani oleh Hokuriku Shinkansen)

9. Bersantai di onsen luar ruang

Image credit: Bernie Ongewe

Karena Nagano dan Niigata adalah destinasi musim dingin yang seru, lumrah jika tempat-tempat ini juga memiliki pemandian air panas! Salah satu pengalaman Jepang paling otentik yang bisa kamu lakukan adalah perjalanan terapi ke onsen. Orang Jepang telah lama menghangatkan diri dengan cara ini, dan kamu bakal tahu alasannya mengapa!

Namun, di destinasi seperti Niigata dan Nagano, sangat dianjurkan untuk mencoba rotenburo, atau onsen luar ruangan, di mana suhu tinggi air panas bumi secara alami sangat kontras dengan udara musim dingin yang berhembus lembut di sekitarmu. Ada banyak resor ski dan hotel yang juga memiliki onsen di dalam hotel. Berikut adalah beberapa pilihan teratas kami di area ini:

Maguse Onsen

Maguse Onsen adalah contoh pemandian dengan pemandangan yang menakjubkan. Berada di lingkungan dengan banyak tanaman hijau di sekeliling, dan wangi aroma pinus segar di luar ruangan, kamu bisa menikmati berendam air panas sembari melihat pemandangan indah yang tidak akan bisa kamu lupakan, Pegunungan Alpen ala Jepang dan kemegahannya yang tertutup salju. 

Matsudai Shibatouge Onsen Unkai

Image credit: Matsudai Shibatouge Onsen Unkai Official Website

Onsen ini juga memiliki semua yang kamu inginkan dari sebuah onsen luar ruang, mulai dari kolam air panas alami, pemandangan yang indah, dan udara dingin yang sejuk di sisi gunung Niigata. Matsudai Shibatouge Onsen Unkai menjadi opsi dari beberapa onsens, di mana kamu bisa melihat pemandangan lautan awan di kaki gunung. Sepertinya keren, ya! Mereka juga membuat satu hidangan lezat buatan tangan untuk dinikmati!

Echigo Yuzawa Onsen

Ingin merasakan onsen untuk umum? Kamu bisa mengunjungi daerah Echigo Yuzawa, di mana banyak lereng ski dan onsen untuk umum. Onsen di sini mungkin tidak semewah jenis mata air panas resor, tetapi memberikan kamu pengalaman bagaimana penduduk setempat menikmati waktu berendam mereka. Daya tarik onsen di sini adalah lokasinya yang dekat dengan lereng bersalju. Setelah bermain ski, kamu bisa mudah menuju ke onsen umum terdekat untuk berendam.

Juga, ada banyak restoran di dekat stasiun Echigo-Yuzawa, lho! Jadi saat lapar, kamu bisa langsung menikmati semangkuk ramen, tepat sebelum naik kereta ke tujuan berikutnya.

10. Nikmati kunjungan singkat ke Resort View Furusato

Image credit: East Japan Railway Company

Selamat, kamu sudah berada di ujung liburan musim dingin di Nagano dan Niigata. Petualangan ini bisa jadi membuat kamu lelah, tapi kami berani berjanji semuanya akan terbayar dengan pengalaman yang luar biasa, dari Nagano dan Minami-Otar hingga Matsumoto, Shinano-Omachi, dan Hakuba.

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Kami pikir kamu pantas mendapatkan beberapa istirahat setelah semua aktivitas olahraga musim dingin ini. Jadi, cara apa yang lebih baik untuk menikmati pemandangan ini selain melakukan perjalanan dari ujung ke ujung di Resort View Furusato, sebuah kereta hybrid dengan rute khusus untuk melihat pemandangan terbaik di wilayah ini? Furusato diterjemahkan sebagai “kampung halaman,” yang kemudian menunjukkan gagasan menarik bahwa melewati daerah-daerah ini akan benar-benar menunjukkan kota-kota kecil di Jepang ini.

Image credit: East Japan Railway Company

Kamu bisa menyaksikan pesona musim dingin yang ikonik terbuka tepat di depan mata, pemandangan lanskap bersalju yang identik dengan Nagano dan Niigata dari kenyamanan tempat duduk kamu.

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Pesona Pegunungan Alpen ala Jepang akan membuat kamu terpesona, pun demikian dengan danau dan sungai yang jernih. Desa pegunungan yang unik menjadi tempat perhentian sempurna, karena menawarkan banyak kegiatan, dari mencicipi makanan tradisional hingga berbelanja oleh-oleh, dan selfie atau wefie. Kamu juga bisa melakukan tur mini, lho!

Kamu bisa melakukan semua ini dan banyak lagi lainnya selama kamu bisa memanfaatkan JR EAST PASS, yang memberi Anda tumpangan tak terbatas di atas Resort View Furusato dan juga Kereta Joyful lainnya!

Cara menuju ke sana: Kereta berjalan antara Stasiun JR Nagano dan Stasiun JR Minami-Otari, melewati Obasute, Matsumoto, Hotaka, stasiun Shinano-Omachi.

Baca juga: Menikmati Joyful Trains Nagano & Niigata: Mulai dari Mencicipi Sake, Menikmati Pemandangan Laut, Mengunjungi Galeri Seni, Ke Planetarium dan Banyak Lagi Lainnya!

Sekarang, kamu pasti tahu liburan di Nagano dan Niigata sangat menyenangkan, dan menjadi spot yang pas memaksimalkan waktu kamu di wilayah Shin’etsu. Tetapi, yang akan membuat liburanmu menjadi tak terlupakan adalah kenyamanan dan kemudahan yang ditawarkan JR EAST PASS. Biarkan JR EAST PASS mengurus kebutuhan transportasi darat kamu selama di Jepang dan nikmati keseruan dalam liburan musim dingin yang pantas kamu dapatkan!

The JR EAST PASS (wilayah Nagano, Niigata) menawarkan PERJALANAN TANPA BATAS di semua JR East Rail Lines di area yang sudah ditentukan, dan juga berlaku untuk Narita Express dari dan ke Bandara Narita, Tokyo Monorail dari dan ke Bandara Haneda dan semua jalur Shinkansen.

Dengan JR EAST PASS, kamu juga bisa mendapatkan perjalanan gratis menggunakan Joyful Trains yang unik dan lebih banyak lagi di sini. 

Pass ini berlaku untuk penggunaan selama lima hari dalam periode 14 hari setelah pembelian, yang memberikan kamu fleksibilitas dan waktu yang leluasa untuk menjelajah setiap area tanpa harus terburu-buru ke tempat berikutnya.

Buatlah pemesanan di awal secara gratis hingga satu bulan sebelum keberangkatan, dan kamu bisa mendapatkan pass kamu di Jepang atau melalui agen perjalanan terdaftar di luar negeri.

Sssttt! Pass ini 1000 Yen (~129,000 IDR) lebih murah jika kamu melakukan pembelian melalui agen perjalanan!

Hubungi setiap agen perjalanan di bawah ini untuk membeli JR EAST PASS (wilayah Nagano, Niigata) dan naiki salah satu Joyful Trains ke destinasi kamu!

 

H.I.S Tours & Travel
Tel: 021-5741701
Website

Wendy Tour
Tel: 021-29426820
Website


Dwidaya Tour
Website
Smailing Tour
Website
Golden Rama Tours & Travel
Website
TX Travel
Website
Bayu Buana Travel Services
Website
Antavaya Tour
Website
Wita Tour
Website
Panorama JTB
Website

 


Dipersembahkan oleh JR East (East Japan Railway Company).

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru