Nomor Telepon Darurat Yang Wajib Diketahui Semua Traveler Di Indonesia

Siapa yang tahu apa yang mungkin dan bisa terjadi saat kamu jalan-jalan dan liburan ke tempat baru? Tidak hanya pengalaman mengesankan dan kesan menyenangkan, hal-hal buruk juga mungkin bisa saja kamu rasakan, seperti jatuh sakit, kemalingan atau terkena musibah lainnya. Karena itu penting sekali memiliki asuransi sebagai bekal perjalanan kamu. Hal lain yang juga wajib kamu tahu adalah memiliki nomor telepon darurat, yang bisa dikontak sewaktu-waktu.

Di banyak film-film Hollywood, kita sering melihat dan mendengar jika 911 sebagai nomor darurat yang bisa dihubungi setiap saat. Karena sistem yang terintegrasi dengan baik, nomor tersebut bisa dihubungi jika kamu membutuhkan bantuan polisi, tenaga kesehatan dan mobil ambulans hingga pemadam kebakaran.

Tapi, tahukah kamu bahwa nomor telepon darurat tersebut hanya berlaku di Amerika Serikat dan beberapa negara lain, dan tidak bisa digunakan di Indonesia? Ya, Indonesia memiliki sejumlah nomor telepon darurat yang bisa dihubungi untuk memberikan bantuan kepada penelepon. Sayangnya, sistem yang dimiliki belum terintegrasi dengan baik, yang membuat penelepon harus menghubungi nomor yang berbeda terkait pertolongan yang dibutuhkan. Nomor-nomor berapa saja itu? Di bawah ini, TripZilla Indonesia sudah mengumpulkan nomor-nomor tersebut buat bekal kamu. Cekidot, ya!

1. Nomor telepon polisi

Kamu bisa mengubungi nomor 110 jika ingin membutuhkan bantuan polisi.

2. Nomor telepon ambulans dan Kemenkes

Untuk jasa layanan ambulans, kamu bisa menghubungi nomor 118. Sedangkan untuk menghubungi layanan Kementerian Kesehatan, kamu bisa mengontak nomor 119. Nomor tersebut juga bisa dihubungi untuk informasi dan pelayanan terkait Covid-19.

3. Nomor kontak pemadam kebakaran

Melihat tragedi kebakaran dan ingin membutuhkan petugas Damkar untuk mengatasinya, kamu bisa menghubungi nomor 113. Selain pemadaman kebakaran, petugas Damkar juga bisa dipanggil untuk insiden kedaruratan lainnya, seperti menangkap hewan liar dan berbahaya, serta banyak lagi lainnya.

4. Nomor kontak SAR (Search and Rescue)

Nomor telepon 115 bisa dihubungi untuk meminta bantuan dari badan SAR untuk semua insiden kedaruratan, terutama terkait bencana alam dan sebagainya.

5. Nomor telepon darurat terpadu

Jika Amerika Serikat memiliki 911, pemerintah Indonesia menjadikan nomor 112 sebagai nomor telepon darurat terpadu sejak 2015. Dijelaskan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), nomor tersebut bisa dihubungi terkait hal-hal darurat yang mencurigakan, berbahaya atau mengancam nyawa, seperti kecelakaan, kebakaran dan semua hal terkait dengan keamanan.

Baca juga: 5 Asuransi Perjalanan Covid-19 Yang Bisa Kamu Pilih Untuk Persiapan ke Luar Negeri

Selain mengetahui nomor-nomor di atas, menjadi hal yang penting untuk memasang aplikasi Layanan Darurat 112 di smartphone kamu. Aplikasi tersebut memiliki fitur Mobile Application for Field Responder, yang memungkinkan penggunanya bisa melakukan panggilan darurat dengan menekan Panic Button yang tersedia di aplikasi tersebut. Penting sekali memahami bahwa nomor tersebut hanya dihubungi untuk situasi kedaruratan dan bukan untuk main-main. Jadi, masukkan nomor-nomor tersebut atau pasang aplikasinya di smartphone kamu sebagai salah satu tindakan berjaga-jaga atas semua kemungkinan terburuk yang bisa terjadi, ya!

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru